Daftar QRIS Dapat Banyak Keuntungan untuk Transaksi Bisnis Online dan Offline

 

Keuntungan-QRIS


   Assalamualaikum. Seringkali ketika melakukan transaksi pembayaran ke pusat perbelanjaan membuat kita ngga habis pikir yaaa. Mengapa? Sebab, pusat perbelanjaan yang semestinya menyediakan kemudahan bertransaksi, namun masih belum efektif bekerja sama dengan dompet digital bahkan dompet digital yang paling umum digunakan masyarakat pun seperti QRIS. Hal ini tentunya membuat kita kesal setiap berbelanja, padahal kini banyak dompet digital yang menyediakan fasilitas tersebut guna memudahkan kita dengan satu pembayaran online saja.     Salah satunya transaksi online ketika kita lupa membawa uang cash ialah QRIS. Nah, dengan satu dompet digital seperti QRIS ini saja kita bisa melakukan transaksi untuk banyak penyedia jasa layanan pembayaran maupun mobile banking tentunya lebih menyenangkan, kan?



    Sebagai konsumen dan pemilik usaha baik online maupun offline yang bijak maka dompet digital dengan menyediakan QRIS sehingga pelanggan dapat lebih praktis dan efisien saat berbelanja. Karena bertransaksi cepat dan mudah termasuk salah satu pelayanan yang memuaskan kepada konsumen kita.


    Dengan adanya layanan terbaru berupa QRIS ini pastinya membuat konsumen tak perlu was-was lagi karena QRIS selalu memberikan kenyamanan dan kemudahan. Baiklah, sebelumnya kita berkenalan dulu dengan sistem QRIS ini. 



Apa Itu QRIS



    Apa itu QRIS ? QRIS merupakan kepanjangan dari Quick Response Code Indonesian Standard. QRIS merupakan standarisasi pembayaran dengan metode scan barcode pada ponsel sehingga memudahkan pelanggan selama bertransaksi.


    Tujuan dari QRIS yaitu untuk mengintegrasikan seluruh pembayaran non tunai seluruh Indonesia. Artinya kamu cukup menggunakan satu layanan dari sistem QRIS maka kamu tak perlu lagi mendownload aplikasi transaksi lainnya sebab dari layanan QRIS sudah terintegrasi pada bank-bank terdaftar di Indonesia.




Siapa yang Harus Menggunakan QRIS


    Bahkan QRIS tak hanya digunakan untuk kalangan tertentu saja, namun dapat juga digunakan buat seluruh kalangan pebisnis baik pebisnis online maupun offline. Penggunaan QRIS lebih efisien untuk kegiatan jual beli setiap pemilik bisnis.


    Hadirnya teknologi yang akhirnya membuat terobosan baru dengan menggabungkan atau mengintegrasikan seluruh kode QR menjadi satu jenis pembayaran. Seperti yang disebutkan di atas tadi bahwa QRIS bisa menyatukan berbagai macam kode QR dari beberapa Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang terdaftar sehingga konsumen tidak perlu lagi memiliki banyak aplikasi e-wallet untuk membayar sebuah barang dalam ponsel mereka. 


Baca juga : Transaksi Digital


    Sistem Pembayaran Indonesia ini telah banyak digunakan oleh UMKM Indonesia diantaranya sebanyak 85% pengguna QRIS atau sekitar 12 juta merupakan pelaku UMKM. Pemindai kode QR menggunakan 2 model, yaitu Customer Presented Model (CPM), dan Merchant Presented Model (MPM). Pada model CPM, transaksi pembayaran dilakukan oleh pembeli dengan menunjukkan kode QR miliknya ke penjual atau merchant. Hal ini berbeda dengan model MPM di mana merchant yang akan menunjukkan kode QR-nya untuk melakukan transaksi.


    Selain itu, masyarakat dapat lebih mudah dalam berbelanja dengan menggunakan QRIS karena telah terhubung dengan berbagai bank maupun e-wallet di Indonesia seperti, OVO, DANA, dan merchant lainnya yang terdaftar di QRIS.



Kenapa Harus Menggunakan QRIS


Cara-Pembayaran-QRIS


    Beberapa fintech di Indonesia menawarkan pilihan pembayaran melalui QRIS ini. Ya, bukan tanpa alasan yang tak jelas tapi memang QRIS banyak manfaatnya untuk pebisnis online maupun offline. Beberapa alasan mengapa para UMKM mesti menggunakan QRIS:


  1. QRIS Memudahkan dalam Proses Pembayaran


    Modernisasi pembayaran dalam berbisnis ialah memberikan alternatif pembayaran cashless atau non tunai. Jadi tiap konsumen hendak berbelanja akan dilakukan lebih mudah dan efisien. Bahkan tidak perlu pusing menaruh uang kembalian dalam bentuk fisik lagi, karena tinggal transfer sesuai kebutuhan belanja kita.


  1. QRIS Menyediakan Banyak Pembayaran


    Selain kemudahan proses pembayaran seperti sat set sat set setiap bertransaksi. Tapi perlu kita ketahui bahwa QRIS ternyata menyediakan banyak pembayaran pada sistemnya. Dimulai dari e-money hingga mobile banking dari semua bank membuat konsumen merasa lebih nyaman.


    Point plusnya kamu tidak perlu mendaftarkan merchant untuk masing-masing pembayarannya sebab satu QR sudah bisa digunakan untuk semua pilihan merchant yang kita miliki.


    Keren kan?


  1. QRIS Bantu UMKM Tampil Modern dan Menarik


    Coba saja tiap pembayaran perlu satu QR yang berbeda-beda. Wahh, gak kebayang pastinya ada berapa QR yang ditampilkan pada meja kasir toko kamu. Tapi dengan adanya QRIS cuma satu QR maka bisa melayani berbagai pilihan pembayaran.


  1. QRIS Bantu UMKM Analisis Keuangan


    Pengaturan keuangan yang berantakan akan berdampak buruk pada keberlangsungan bisnismu. Semakin baik pengawasan dan pengendalian keuangan maka akan semakin baik bisnis kita kedepannya. Namun jika kita tidak mampu mengecek keuangan dengan baik, maka pada fitur QRIS UMKM akan diperbantukan untuk mengelola keuangannya sehingga UMKM tau historis riwayat transaksi tanpa kesulitan lagi.


    Memang manfaat tersebut akan kita rasakan setelah kita sebagai pemilik UMKM dan pelaku bisnis dapat menggunakan QRIS secara langsung dalam proses transaksi. Jadi tidak ada salah buat teman-teman mencoba daftar QRIS tersebut. 



Cara Membuat QRIS di sooltanPay



    Kenapa harus sooltanPay? Nah sooltanPay ialah aplikasi keuangan digital untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia yang memiliki fitur utama dalam pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), top up dan tagihan Payment Point Online Banking (PPOB), dan pencatatan transaksi. 


    Berikut cara atau langkah membuat QRIS di sooltanPay untuk meningkatkan sistem pembayaran bisnis UMKM kamu, yaitu :


1. Buka aplikasi Google Playstore pada smartphone mu. Kemudian ketik "sooltanPay" pada kolom pencarian. Dan klik install atau get. Seperti biasa pada aplikasi umumnya, setelah terunduh, kamu dapat klik open atau buka.


2. Jika kamu pengguna iPhone atau iOS, tinggal buka aplikasi sooltanPay pada website : www.sooltanPay.id lalu klik add to homescreen untuk menambahkan pada halaman utama ponselmu. Kemudian kamu klik, pilih masuk dan lanjutkan proses registrasi akunmu.


3. Lakukan registrasi sesuai yang diminta. Pada halaman utama aplikasi sooltanPay kamu pastikan meng-klik untuk mendaftar sebagai pengguna. Terus isikan nama lengkap, nomor handphone, dan kode referral. Dapatkan saldo Rp.15.000 dengan menggunakan kode referral ini "SAHABATULFAH"


4. Selanjutnya kamu akan temukan syarat dan ketentuan pemakaian pada aplikasi sooltanPay secara detail. Jika sudah, klik setuju.


5. Lalu masukkan nomor handphone dan password yang ingin didaftarkan. Klik kolom "ingat saya" untuk memudahkan kamu secara cepat setiap membuka aplikasi sooltanPay. Silahkan masukkan PIN dan klik konfirmasi.


6. Selesai, yeayy artinya kamu sudah terdaftar menjadi pengguna sooltanPay. Selamat!!


    Gimana? Nah, cukup mudah daftar QRIS lewat sooltanPay kan?


    Selain itu, banyak keuntungan yang didapatkan menggunakan sooltanPay yakni tiap transaksi kita tidak dikenakan biaya atau 0%, dapat request cetak QRIS resmi dari sooltanPay, sooltanPay menerima pembayaran QRIS dari seluruh dompet digital baik dari top up di wallet Dana, ShopeePay, LinkAja, dan mobile banking.



Cara Upgrade QRIS di sooltanPay



    Nah, jika teman-teman sudah membuat akun sooltanPay, maka saatnya upgrade akunmu sekarang untuk memulai transaksi penjualan secara digital dan nikmati fitur-fitur keren lainnya. Yuk, kita lihat caranya :


1.  Setelah buka aplikasi sooltanPay, maka pada halaman utama silahkan klik upgrade akun. Dengan keuntungan saat melakukan upgrade akun sooltanPay yaitu gratis update akun ke premium, proses upgrade akun 1x24 jam di hari kerja. Dan klik upgrade.


2. Kemudian isikan nama lengkapmu sesuai KTP, nomor identitas sesuai KTP, upload foto KTP, dan foto diri dengan memegang KTP. Dipastikan semua pengambilan foto sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jika sudah oke klik simpan.


3. Langkah selanjutnya isikan kelengkapan alamat rumah mulai dari kabupaten atau kota, kecamatan, kelurahan, hingga alamat lengkap. Jika sudah oke klik simpan.


4. Pada bagian rekening, silahkan pilih nama bank penarikan sesuai daftar yang tersedia, isikan nomor rekening yang ingin digunakan sebagai penarikan saldo pendapatan atas transaksi digital di aplikasi sooltanPay. Perlu diketahui jika nomor rekening ini tidak dapat diubah. Pastikan pemilik rekening sama dengan nama pemilik usaha. Lalu klik simpan untuk memastikan detail rekeningmu.


5. Dan lakukan pengecekan terhadap data identitasmu hingga nomor rekening dengan teliti. Pastikan semua data telah diisi benar. Namun masih dapat diubah jika ada perubahan, Jika sudah oke klik simpan.


6. Selanjutnya pada bagian data usaha, silahkan isi kelengkapan usaha kamu, jenis usaha, dan foto diri dengan latar belakang tempat usaha kamu. Untuk detailnya, kamu dapat melihat syarat dan ketentuan upload foto toko di aplikasi sooltanPay. Selain itu, kamu juga bisa mengupload foto diri dengan produk atau jika usahamu termasuk toko online, upload screenshot profil toko dari platform online yang kamu gunakan. Jika sudah, klik simpan.


7. Langkah selanjutnya pada bagian alamat usahamu, silahkan isi detail alamatnya mulai dari kabupaten atau kota, kecamatan, kelurahan, hingga detail alamat. Jika alamat usaha kamu sesuai dengan alamat rumah, cukup klik atau centang opsi "gunakan alamat rumah" pada halaman ini. Jika sudah oke, klik simpan.


8. Upgrade akunmu sedang diproses dalam waktu 1 Hari Kerja. Lalu klik beranda. Dan tunggu hingga proses upgrade akunmu selesai, lalu kamu aktifkan fitur notifikasi aplikasi sooltanPay untuk mendapatkan notifikasi bahwa akunmu sudah selesai diupgrade.


    Salah satu keuntungan jika akunmu sudah upgrade, maka kamu dapat menikmati fitur premium dari sooltanPay berupa pembayaran digital QRIS, transaksi digital, menginput dan mengatur produk toko secara digital, mengisi modal usaha, menarik pendapatan, mendownload laporan transaksi, membuka peluang usaha dalam fitur top up dan tagihan.



    Gimana? Tunggu apa lagi, ayo daftar QRIS di sooltanPay sekarang juga. Banyak keuntungan yang ada di sooltanPay mulai dari MDR 0%, request cetak QRIS, ada banyak promo, pembuatan QRIS cuma 1 hari kerja, dan sebagainya.


    Sekian dulu tentang Daftar QRIS lewat sooltanPay. Terima kasih. Semoga bermanfaat!

2 comments:

  1. Sejak ada qris , bisa dibilang aku ga pernah bawa cash lagi mba 😄. Pokoknya kemana2 bawa hp doang deh.

    Memang praktis bangetttt.

    Yg aku suka juga, di LN, khususnya asia tenggara udah mulai diuji coba pembayaran melalui qris, yg udah duluan Thailand kan. Malaysia sedang uji coba. Seandainya aja seluruh Asia tenggara udh bisa pakai qris juga, aku ga perlu lagi bawa mata uang asing , cukup pakai qris. Palingan bawa cash dikit utk jaga2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh, salah satu kemudahan pake Qris yaa Mba… Apalagi saat belanja, kalau uangnya gak diambil jadi sydah berakhir gak jadi belanja… Untungnya skrg ada Qris nihh

      Ohyaaa, benarr tuhh Mba kalau se-Asia udah pake Qris udah gak perlu bawa2 uang asing bnyak2 lgi yaaa

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak (Komentar akan dimoderasi) dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by diane555. Powered by Blogger.