4 Komunitas Blogger Indonesia yang Menginspirasi Versi Sahabatulfah.com

 

Komunitas-Blogger-Indonesia

    

    Halo Buds, apa kabarnya nih? Btw, sekarang begitu terasa komunitas itu sangat besar manfaatnya, aku bisa bilang begitu karena bagiku dan bagi blogger lainnya terlebih blogger pemula bergabung berkomunitas itu penting sekali lho Buds. Aku membuktikan sendiri, bagaimana kemajuan kemampuan ngeblog aku terus terasah saat bergabung dengan komunitas. Gak menyangka padahal dulunya aku suka mengeluh, kenapa lingkunganku tidak ada yang suka menulis apalagi dunia blog. Semua orang memandang remeh saat mendengarkan itu. But, aku tidak tau harus memulai dari mana. 


    Setiap kali aku ingin menulis, beberapa orang mengira itu akan menghabiskan waktumu saja. Beberapa orang lainnya juga mengatakan cari hobi yang lain yang lebih menyenangkan aja. Emangnya menulis itu tidak menyenangkan? Sementara mereka menyamakan semuanya, pasti yang bilang begitu hobi kita berbeda. Namun aku tidak peduli apa perkataan mereka, mereka bilang apapun. Sampai saat aku memberanikan diri gabung di komunitas ngeblog. Mungkin ini jalanku, aku berasa di dalam rumah kedua yang selalu mendukung hobi aku ini.  



Dan tidak lama lagi, akhir bulan Oktober ini kita akan merayakan Hari Blogger Nasional dan Hari Sumpah Pemuda. Maka sebagai wujud kita sebagai pemuda, kita dapat menunjukkan karya-karya yang dipersembahkan untuk kemajuan literasi digital di Indonesia. Tentunya, dengan layanan #InternetnyaIndonesia yang tanpa batas. 



Perihal hobi menulisku ini, bagiku ini merupakan cerita menarik yang mesti aku ceritakan. Secarik kata yang kutulis ini mampu menghilangkan semua kegelisahan yang ada di dalam kepalaku, tulisan yang kubuat ini juga meredakan stress hingga penatku. Aku tidak tau entah kenapa menulis menjadi suatu hal yang menyenangkan, aku bersyukur dipertemukan dengan komunitas dan teman-teman ngeblog yang saling mendukung satu sama lainnya. Aku bersyukur kadang beberapa teman-teman yang membaca juga ikut terinspirasi, terhibur, bahkan merasakan manfaatnya. 



Dari cerita singkat di atas ini, beberapa teman-temanku pada bertanya. Ulfah adakah rekomendasi komunitas ngeblognya? Ini beberapa kali aku dapatkan dari dm atau inbox di media sosialku. Baiklah, biar semua jadi tau, mari kita bahas apa-apa saja komunitasnya itu.



Komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB)



Komunitas-Indonesia-Social-Blogpreneur



    Komunitas ISB termasuk komunitas pertama yang menginspirasiku. Komunitas ini rutin mengadakan seminar online, andai komunitas ini berada di kota terdekatku mungkin acara offlinenya pun aku bakalan pergi.. Beberapa program ISB yang populer ialah Selasa Sharing, ISB Ngopi, ISB Courses, ISB Trip ,terlebih dahulu di grup WA, kemudian akan ada waktu untuk kita diberikan kesempatan bertanya. Perihal apa saja yang dibahasnya akan lebih diutamakan perihal blogging dan sesekali bahas bisnis juga. 


Dan ISB Ngopi ini akan dilakukan dua bulan sekali dengan narasumber dan pembahasan yang berbeda. Selanjutnya ISB Courses, kelas blogging yang dibuka dengan peserta terbatas yang mana akan membahas perihal blogging, SEO, dan Canva. Alhamdulillah, aku pernah mengikutinya dan selama ngeblog aku terapkan ilmu yang disampaikan coach-nya.


Untuk ISB Trip, program jalan-jalan yang dapat diadakan secara offline maupun virtual. Ini semua dilakukan untuk memperkenalkan sejarah, budaya, sekaligus tempat yang menarik. Aku pun beberapa kali pernah mengikuti secara virtual, bahkan aku jadi tahu tempat-tempat yang bersejarah dari daerah yang belum dikunjungi.


ODOP atau One Day One Post, ini kegiatan menarik yang diadakan oleh ISB. Kegiatan menulis ini disediakan tema yang sudah ada, kita dapat mengembangkan tema tersebut sesuai tulisan yang kita inginkan. ODOP dilakukan selama dua minggu dan jika ada beberapa peserta yang tidak menyetor tulisannya tentu akan dianggap gugur alias tidak bisa ikut tema dalam dua minggu ini. Dalam hal ini kita dapat belajar untuk disiplin dan manage waktu dengan baik.


Kalau Bincang ISB, akan dihadirkan narasumber yang membahas banyak hal bermanfaat dari IG Live. Dan terakhir program yang diadakan yaitu BW dan IW yang membuat para blogger bisa saling support satu sama lainnya.



Komunitas BloggerHub


Komunitas-Bloggerhub



Komunitas blogger kedua yang menginspirasiku ialah BloggerHub. BloggerHub juga tidak kalah kerennya, komunitas yang sering mengadakan kegiatan webinar blogging menarik secara virtual baik lewat zoom, YouTube, hingga konten-konten bermanfaatnya di Instagram. 


Komunitas BloggerHub rutin update konten di media sosialnya. Bahkan komunitas ini juga menyediakan platform buat kita menulis artikel lewat websitenya secara gratis di sana sekarang. Kreativitas pemuda dari ngeblog dapat kita tonjolkan untuk meningkatkan jati diri pemuda Indonesia. Indonesia tentunya mengharapkan karya-karya anak bangsa terus berkembang apalagi adanya internet cepat yang memungkinkan aktivitas apapun.


Dan program yang dilakukannya hampir sama dengan komunitas ISB, hanya saja di BloggerHub lebih mengarah kepada webinar online, webinar yang dilakukan tiap minggunya dengan pembicara yang mengerti di bidang tertentu sehingga dapat menambah pengetahuan para blogger di bidangnya.



Komunitas 1 Minggu 1 Cerita



Komunitas-1M1C



Komunitas blogger selanjutnya yang menginspirasiku ialah komunitas 1 minggu 1 cerita. Komunitas ini merupakan komunitas support yang dapat membuat blogger rutin menulis tiap minggunya. Kita dapat mempromosikan tulisan kita lewat websitenya. Dan dapat “Congkak” atau memamerkan tulisan kita di grup WA tanpa dianggap pamer malah jadi sesuatu yang disukai.


Dalam websitenya kita juga dapat berkunjung ke blog teman-teman yang lainnya. Komunitas 1M1C ini juga setiap awal bulannya akan ada tema tulisan yang dirundingkan oleh anggotanya. Kalau sudah didapatkan maka kita dapat menulis sesuai tema yang ditentukan tersebut. Tidak ada sanksi untuk peserta yang tidak mengerjakan tema tersebut, namun peserta yang sudah tidak aktif selama beberapa bulan dan tidak setor tulisannya di website 1m1c akan ditendang keluar alias dikeluarkan dari grup.



 

Komunitas Blogger Perempuan


Komunitas-Blogger-Perempuan



Komunitas blogger Perempuan ini menjadi komunitas yang menginspirasiku. Karena komunitasnya banyak juga mengadakan acara-acara virtual dan lomba-lomba blog. Komunitas yang memang diperuntukkan untuk perempuan blogger dalam mengasah kemampuan menulisnya. 


Komunitas blogger perempuan juga dapat mempromosikan tulisan kita di dalam websitenya. Selain itu, ada juga beberapa forum blogger di dalamnya yang diisi sesuai niche kita. 


Dari semua komunitas blogger yang menginspirasi tersebut sahabatulfah dapat join menjadi anggotanya dari website masing-masing komunitas yang sudah disediakan agar calon peserta baru dapat register di sana. Nanti sahabatulfah juga dapat mengikuti instagramnya dan akan diarahkan masuk ke grup WA-nya. Nah di sana lah kamu dapat berkomunikasi tanpa jadi silent rider, apalagi mengenai hobi yang betul disukai ini.



PENUTUP



Tentunya aku bangga jadi blogger, apalagi semakin banyak komunitas blogger di Indonesia yang memberikan banyak pengetahuan dan pengalaman di sana. Aku bangga juga internet cepat dari IndiHome, bagian dari Telkom Grup ini telah menyokong seluruh aktivitas ngeblog aku selama ini. Sebenarnya banyak sekali komunitas blogger yang dapat kita ikuti, hanya saja mampukah kita berkomitmen setelah bergabung di komunitas tersebut. Jangan hanya jadi anggota di komunitas sebagai pemenuh kuota anggotanya saja. Namun tetap kedepankan adab pun saat ada kegiatan yang dilakukan di sana maka kita mesti ikut aktif berkomunikasi satu sama lainnya. Ini jadi peer yang mesti kita lakukan sebagai blogger, karena lewat gabung di komunitas blogger inilah kita menjadi lebih mengetahui ilmu blogging yang seluas-luasnya. 


Baiklah sekian komunitas blogger yang menginspirasi versi sahabatulfah. Terima kasih, Buds. Semoga bermanfaat.

13 comments:

  1. Dari empat yang disebutkan baru kenal dua komunitas. Bagiku komunitas blog memang berpengaruh. Biar kita juga makin berkembang, terus semangat dan banyak teman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa setuju nih, berpengaruh ya buat blogger” biar dapat lbih banyak teman sesama hobi🥰

      Delete
  2. Semuanya saya pernah berada di dalamnya. Tiga masih aktif satu sudah keluar. Ya, yg satu minggu satu cerita saya udah lama gak di sana lagi. Tapi pastinya kalau update cerita minimal satu dalam seminggu sih ya udah dilakukan dong

    ReplyDelete
  3. Hai Mbak Ulfah, komunitas blog di atas juga menginspirasiku banget dan jamannya baru ngeblog aku ikutin semuahahaha. Aku pribadi malah IIDN komunitas pertama ngeblogku namanya jg ibu-ibu yaaa. Kalau yang di atas, Sekarang cuma gabung di ISB dan bloggerhub aja. kalau blogger perempuan punya akunnya juga tempat men-challenge ikut ODOP pertama kali.

    ReplyDelete
  4. Komunitas yang memberi motivasi untuk terus menulis dan ngoprek oprek blog beneran bermanfaat buat blogger pemula

    ReplyDelete
  5. Komunitas itu penting menurutku, sebagai tempat cari ilmu dengan yang se-frekuensi

    ReplyDelete
  6. Dari semua komunitas yang disebutkan diatas, saya baru sempat bergabung ke bloggerhub saja

    ReplyDelete
  7. Aku ikut semua. Hihi...tapi yang 1M1C aku udah keluar sih karena sering gak penuhin kewajiban.Hehe, maklum masih nyambi kantoran juga. Jadi sering bolong-bolong update blognya.

    ReplyDelete
  8. Komunitas yang saya bergabung itu IIDN, Blogger Hub, Indonesia Saling Follow (di dalamnya gak hanya blogger tapi juga konten kreator). Tempat yang nyaman untuk berbagi ilmu.

    ReplyDelete
  9. 1 Minggu 1 cerita daku belum gabung nih mbak.
    Sepertinya seru karena support keren biar bisa bersemangat membuat kisah atau tulisan

    ReplyDelete
  10. Aq baru denger ada komunitas 1 minggu 1 cerita lho kak. Menariik juga ya. Kalau 3 komunitas lainnya aq udah bergabung

    ReplyDelete
  11. Bergabung dalam komunitas blogger membuat kita bisa saling belajar ya mbak
    Juga memperluas networking kita
    Aku yang belum gabung itu komunitas 1 Minggu 1 cerita

    ReplyDelete
  12. Keren banget ini, dengan komunitas ini kita bisa berbagi banyak hal untuk mendapatkan feedback terbaik untuk kebutuhan blogger itu sendiri

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak (Komentar akan dimoderasi) dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by diane555. Powered by Blogger.