Bersama Bergerak Berdaya, Lakukan Mitigasi Perubahan Iklim dan Jaga Hutan Indonesia

Bersama-bergerak-berdaya



Belakangan ini perubahan iklim cukup ekstrim.  Suhu di bumi meningkat sepanjang harinya. Buka jendela di pagi hari, ternyata udaranya hangat. Langsung bergegas untuk mandi pagi. Tak terasa usai mandi, 5 menit kemudian keringat bercucuran lagi.   


Gerah dong! 


Maka tak heran akhir-akhir ini berita-berita  berseliweran di mana-mana. Benar! Adanya perubahan suhu. Suhu bumi sedang panas, hal ini diperhatikan begitu suhu rata-rata di bumi sebelumnya mencapai 14 derajat celcius, kini lebih dari itu.


Menurut Met Office Ingris menyatakan perkiraan suhu rata-rata global pada tahun 2023 meningkat sekitar 1,2 derajat celcius di atas suhu sebelumnya. Rekor tahun ini menjadi tahun terpanas sepanjang catatan dari tahun 1850, kemudian terjadi pada tahun 2016, dan terjadi kembali pada tahun 2023 ini yang mengakibatkan pemanasan global.


Di sinilah pentingnya peran masyarakat adat dan masyarakat kota untuk perubahan iklim dunia.     Faktanya, kita yang bertempat tinggal di Indonesia yang berada di garis khatulistiwa.  Tentunya paling cepat merasakan dampak saat terjadi perubahan iklim. 


Maka marilah sama-sama kita menjaga hutan dan lingkungan hijau. Serta tingkatkan kepedulian pada hutan Indonesia.




Jaga Hutan, Lindungi Masa Depan




Hutan Indonesia termasuk hutan terluas ke-3 di dunia. Bahkan hutan Indonesia menduduki peringkat ke-2 terbesar dari keanekaragaman hayatinya.



Sama-sama diperhatikan kondisi panas bumi yang sangat tinggi sekarang ini tentunya berdampak panjang pada hutan dan masa depan bangsa. Hutan yang selalu memberikan sumber penghidupan bagi manusia, bahkan semua bagian dari pepohonan di hutan dapat bermanfaat untuk kebutuhan masyarakat sehari-harinya.



Percaya atau tidak, merawat hutan merupakan warisan terbesar untuk masa depan kita, untuk anak-anak kita, dan untuk cucu-cucu kita. Guna hutan   sangat banyak baik dalam mengatur iklim dunia, menahan pemanasan global, mengatur kadar air, cadangan air di tanah, menahan banjir dan longsor, pun menjadi paru-paru dunia. Sebab manfaatnya yang luar biasa menjaga hidup di masa depan. Jangan sampai kita merusak hutan dengan berbagai macam tindakan kita, mulai dari kebakaran hutan dan lahan (Kahutla), penebangan pohon liar, dan   perubahan lahan hutan menjadi lahan yang baru seperti pabrik industri, serta kerusakan-kerusakan lainnya.



Perubahan Iklim 



  Dengan adanya perubahan iklim seperti ini, berbagai upaya yang mesti masyarakat lakukan agar perubahan iklim tidak menimbulkan emisi gas rumah kaca yang berlebihan. Seperti halnya muncul karbon dioksida (CO2), metana (CH4), nitrogen oksida (NOx), dan chlorofluorocarbon (CFC) atau gas lainnya di atmosfer.


Dan menurut hasil studi yang dilakukan dari Hutanituid (Hutan itu Indonesia) menyatakan ternyata hampir 82,7% masyarakat merasa prihatin tentang kondisi hutan di Indonesia. Namun sangat disayangkan hanya 27,3% saja yang sadar dengan prilaku mereka yang berdampak positif terhadap hutan Indonesia.


Padahal kita ketahui bahwa hutan Indonesia adalah penghidupan kita dan tentunya berguna buat generasi masa depan kita.



Hutan Adalah  Supermarket



Hutan dikenal sebagai supermarket, tau ngga alasannya kenapa? Ya, benar supermarket merupakan tempat yang dapat memenuhi segala kebutuhan manusia. Sehingga berbagai macam kebutuhan manusia ada di hutan. Itu diartikan jika hutan rusak maka penghidupan manusia rusak juga.


Dan hutan menyediakan segala makanan yang sehat dan bermutu. Semua yang kita makan baik dari buah-buahan, kacang-kacangan, hingga rempah-rempahan.


Gimana? Banyak sekali kan kebutuhan kita yang berasal dari hutan..



Hutan Adalah  Sumber Mata Air



Faktanya beberapa sumber mata air di dunia sebagian besar berasal dari hutan. Mata air yang jernih akan didapatkan jika makhluk hidup menjaganya. Tentunya hutan yang menjadi sumber air ini bersih karena difilter oleh pohon di hutan yang terawat juga.



Hutan Adalah Asuransi Jiwa



Bagi masyarakat adat maupun kota, hutan akan terus memberikan besar manfaatnya apabila selalu dijaga. Dan bagi masyarakat adat yang tinggalnya di sekitar hutan maka hutan menjadi rumah sekaligus kehidupan nyata sehari-harinya baginya. 


Tak hanya itu, sama-sama kita ketahui hutan di Indonesia telah memberikan banyak kehidupan buat manusia. Baik segi kebutuhan buat manusia  terutama papan dan pangannya. 


Bukankan terpenuhi segala kebutuhan kita adalah jaminan hidup kita pula? 



Hutan Adalah  Superman



Diibaratkan oleh karakter Superman, hutan memiliki jiwa yang menjadi pahlawan kita melawan perubahan iklim. Bahkan pepohonan yang mendinginkan udara, dan menghilangkan polutan. 


Lebih-lebih hutan menjadi pahlawan bagi manusia yang butuh tempat tinggal maupun ingin merasakan kenyamanan dengan bersantai.


Dengan lima aksi yang kita lakukan ini tentunya membuat kehidupan layak buat kita semua.




Kisah Ekonomi UMKM dari Produk Lokal Berbasis Alam



Siapa sih yang tidak bangga saat menggunakan produk lokal? Apalagi produk dimanfaatkan dari bahan-bahan alam yang akan memberikan keindahan luar biasa. Seperti produk Gambo Muba.



Kain-Gambo



Ternyata kain Gambo ini terbuat dari gambir. Gambir yang merupakan tanaman perdu yang hidup tumpang sari diantara perkebunan karet.


Pengolahan gambir memakan waktu yang cukup panjang. Prosesnya dilakukan oleh petani, setelah gambir diambil maka gambir dicacah dan direbus untuk selanjutnya proses ekstraksi. Proses ini bertujuan untuk mengambil cairan gambir yang akan digunakan. Cairan yang bagusnya digunakan untuk kebutuhan obat-obatan, sedangkan sisa endapan cairan gambir digunakan untuk pewarna alami membuat kain gambo.


Tahapan unik dalam membuat kain Gambo yakni masyarakat bergotong royong dalam menjumputnya. Dan ikatan pada kain harus kuat agar kain hasilnya bagus terbentuk. Proses ini selesai, maka kain didiamkan dapam rendaman pewarna alami selama sebulan.


Jika warna sudah keluar, maka kain diangkat dan dijemur di bawah sinar matahari. Lalu ikatan jumputan dilepas dan kain Gambo siap dikriyakan menjadi beragam produk yang bagus seperti jaket, baju, bandana, masker, dan lain-lain.


No comments:

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak (Komentar akan dimoderasi) dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by diane555. Powered by Blogger.