Merajut Mimpi Manisnya Kampung Talang Babungo untuk Kini dan Nanti

September 22, 2023


Kampung-Berseri-Astra-Talang-Babungo


   "Di balik indahnya cahaya dari ujung ufuk barat tersimpan sebuah surga yang indah. Dan sudah sepatutnya Negeri Talang Babungo ini diapresiasikan selalu"


   Sebuah negeri yang berada di kecamatan Hiliran Gumanti, kabupaten Solok, di Sumatera Barat ini pernah dinobatkan sebagai Desa Terindah ke-2 di Indonesia #KitaSATUIndonesia. Hal ini yang membuat banyak masyarakat luar tertarik untuk mengunjunginya. Bahkan kami juga sebagai mahasiswa saat itu senang sekali mendapatkan kesempatan mengunjungi desa ini. Terlebih sebenarnya misi kami sama dengan harapan  masyarakat Talang Babungo yaitu untuk memberdayakan lingkungan dan alam yang nantinya dapat berguna bagi masyarakat sekitar. 


    Kedatangan kami ke sana ternyata mendapatkan respon yang positif dari masyarakat desa. Mereka sangat senang terlebih mendengarkan kabar akan diadakannya kegiatan sosial yang berlangsung selama tiga hari di Talang Babungo. Meskipun, pada dasarnya pihak kampus menyatakan bahwa tujuan kegiatan ini hanyalah simbolis sebagai penutupan kegiatan pengenalan kampus bagi mahasiswa baru saja.  Namun bagi masyarakat, semua ini bukanlah kegiatan simbolis. Ya lebih dari itu, kegiatan sosial sekaligus ekonomi berbakti yang dampaknya besar bagi mereka.


    Namun nilai lebih bagi kita, semua kegiatan seperti ini yakinlah memberikan banyak manfaat seperti memberikan kontribusi buat kita terjun langsung ke masyarakat bahkan sebagai bakti yang baik buat negeri tersebut kedepannya. 


    Ya, kegiatan ekonomi berbakti sejatinya telah tertata rapi menjadi kenangan indah bagiku. Tepat lima tahun yang lalu saat aku masih menjadi seorang mahasiswa baru. Apa-apa yang aku dapatkan selama di sana tak dapat digantikan oleh materi yang aku pelajari selama di kampus. Bahkan keberadaan Talang Babungo pastinya banyak mengajarkanku arti mimpi dan harapan. Bagaimana membangun semangat dari mimpi-mimpi memajukan desa Talang Babungo ini  yang dampaknya sangatlah besar untuk masa depan. Salah satunya untuk memberikan kehidupan-kehidupan baru kepada anak dan cucu mereka. Hal ini sejalan dengan aktivitas kami selama di sana, seperti memberikan 1000 pohon, berbagai jenis bunga, dan yang paling berharga tentu membawa memori indah yang tak bisa terlupakan. 



Membangun Semangat Desa Talang Babungo Hari Ini dan Nanti



"Janganlah melihat ke masa depan dengan mata buta. Masa yang lampau sangat berguna sebagai kaca benggala daripada masa yang akan datang." - Ir. Soekarno



        Dalam suasana kampung yang masih asri, kami mendengarkan semangat yang berapi dari sosok ketua Kampung Berseri Astra (KBA) Talang Babungo yaitu Bapak Kasri. Beliau menceritakan tentang bagaimana Talang Babungo ini dahulunya. Bapak Kasri mengatakan bahwa “Desa Talang Babungo ini dahulunya tak ada seorang pun dari luar kampung yang mau datang ke sini, boro-boro untuk berkunjung seperti yang Ananda semua lakukan ini. Desa kami ini memang saya akui sangat miskin saat itu dan tak ada yang menarik dari desa ini meski saya tau desa ini potensial yang terlihat dari alamnya yang sangat menunjang


Talang-Babungo-Kampung-Berseri-Astra



    Bapak Kasri makin percaya diri saat mengetahui kini Negeri Talang Babungo yang dulunya  terabaikan menjadi sangat terkenal karena memang desanya sangat indah sekali. Bayangkan, seluruh wilayahnya terhampar nyata baik dari hutan dan sawah yang luas. Terbukti ucapan Bapak Kasri memang alamnya saja potensial ditunjukkan dengan alamnya dapat dijadikan sebagai sumber mata pencarian masyarakat sekitar. Inilah yang menjadi peluang dan sebagai penopang perekenomian  masyarakat Talang Babungo terlebih saat ekonominya menurun. Seperti halnya yang terjadi jauh sebelum Astra datang.


    Sama-sama kita ketahui Talang Babungo  sebelum Astra datang daerahnya sangat tertinggal jauh.  Bayangkan, untuk menempuh ke sananya saja kita membutuhkan waktu 2 jam 35 menit dari Padang. Berbeda jika dibandingkan dengan sekarang, jalanannya sudah lebih baik dan tidak seperti dahulu lagi yang mana dahulu itu masih sempit dan belum diaspal, sehingga sekarang hanya perlu waktu 2 jam saja jika menggunakan kendaraan bermotor menuju desanya.

    

    Nah, ide-ide cemerlang dari pemuda setempat dan Bapak Kasri menjadikan desa yang tidak terjamah dulunya oleh masyarakat luas hingga diminati oleh masyarakat luar juga. Ya, pemuda bersama Bapak Kasri kompak untuk melakukan perubahan baik untuk desanya. Melalui program Astra mereka menceritakan bagaimana sulitnya kondisi di desa Talang Babungo ini. Dan besar harapan mereka semuanya agar proposal mereka dilirik Astra. Siapa sangka, tak lama setelah proposal diajukan ke pihak Astra, Astra pun tertarik untuk membantunya. 


Kampung-Berseri-Astra-Talang-Babungo


    Persis sekitar tahun 2015 kabar baik datang, Talang Babungo menjadi satu-satunya desa di Sumatera Barat yang terpilih. Masya allah, tentunya bangga karena apa yang diharapkan oleh pemuda sekitar terwujudkan. Menjadi satu-satunya desa Sumatera Barat yang terpilih sebagai Kampung Berseri Astra (KBA) pada saat itu seakan membangkitkan semangat masyarakat sana.


     Imajinasi mereka membangun kampung terindah perlahan-lahan direalisasikan bersama KBA. Mimpi yang dibangun oleh pemuda seketika tumbuh pelan-pelan dan semakin membuktikan masyarakat untuk segera dapat menciptakan perekonomian yang lebih baik lagi dan lagi buat kehidupan kedepannya. Aamiin...



Gula Semut Jadi Penyeimbang bagi Perekonomian Masyarakat Desa


Kampung-Berseri-Astra-Talang-Babungo


    Tahukah kamu mengapa sampai saat ini gula semut banyak dilirik masyarakat di luar sana?


    Ya, gula semut terbuat dari ekstrak cairan nira pohon kelapa dan pohon aren ini ternyata mampu menjadi penopang perekonomian masyarakat daerah Talang Babungo. Lahan Talang Babungo yang terdiri dari  600 hekter yang ditumbuhi oleh lahan tebu-tebu dan 5000 meter persegi lainnya dari perkebunan lainnya membuat masyarakat semakin yakin kemiskinan akan terhempaskan segera. Karena masyarakat yang semulanya belum masif dengan lingkungannya, kini mereka berniat ingin merubah lingkungannya semakin potensial.


     Adapun hal yang patut disyukuri kini desa Talang Babungo sudah lebih maju, terbukti saat keadaan yang terpuruk dulunya kini telah disulap oleh Astra menjadi semakin berkembang. Seketika lingkungan desa semakin berbenah, kondisi masyarakat terutama perokoniamnya menjadi sangat sejahtera. Ini semua berkat keberadaan alam seperti gula semut yang telah membantu ekonomi masyarakatnya. 


    Perhatian Kampung Berseri Astra paling utamanya memang di sektor ekonomi. Mengapa? Karena Kampung berseri astra datang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang selama ini tertinggal bahkan jauh dari sejahtera. Astra mengubah kampung Talang Babungo dalam sekejap. Sumber daya alam yang melimpah akan terus diupayakan, tenaga manusia semakin dikerahkan, dan ide-ide cemerlang mesti diciptakan. Gunanya tentu bisa menghasilkan uang atau cuan. 


        Lebih dari itu, melalui Astra masyarakat diberikan peluang untuk berpenghasilan dengan kekayaan gula semut. Harga jual gula semut kini tinggi dipasaran dibandingkan gula biasanya. Hal ini mampu menaikkan penghasilan masyarakat.


        Dan semakin membuka peluang begitu pabrik-pabrik gula semut mulai dibangun. Dari pabrik gula semut semakin menampakkan adanya keseimbangan ekonomi, terlihat dari berkurangnya masyarakat miskin di sana seperti yang pernah terjadi. Tentunya semua ini berkat banyaknya support dari masyarakat luar juga, dari berbagai pejabat Sumbar, mahasiswa perguruan tinggi dan sejajarnya, bahkan para wisatawan pun berdatangan untuk menyaksikan manisnya alam di desa ini. 


    Semakin hari masyarakat juga semakin bersemangat membuat perubahan ekonominya. Masyarakat semakin menggali potensi wilayahnya. Tak hanya gula semut yang menjadi tanaman andalan di desa wisata Talang Babungo ini, namun ada juga olahan gula aren, olahan singkong, tak hanya itu wisata alamnya yang terbentang luas menjadi daya tarik masyarakat luas. 


    Tak ada salahnya lho jika teman-teman ke sana mampir juga ke tempat produksi-produksi olahan tersebut. Pokoknya keren deh!



 Gula Semut dan Khasiatnya yang Membawa Kegembiraan



Gula-Semut-Talang-Babungo-Kampung-Berseri-Astra-Talang-Babungo



    Tebu yang sudah diolah kemudian diproduksi menjadi gula merah ternyata hasilnya membawa banyak manfaat dan khasiat buat kita semua. Pengelolaan alam yang baik mampu memberikan banyak kebaikan untuk masyarakat. Dan keputusan mereka mengolah tebu ini menjadi gula aren adalah keputusan yang benar. Karena gula aren inilah yang tumbuh subur dan membawa kegembiraan buat kampungnya. 


    Pak Kasri sebagai ketua KBA mengatakan “Gula semut ini bisa berkembang awalnya merasa dibantu banget dengan adanya Astra. Ini salah satu permintaan kami yang dipenuhi oleh Astra”. Karena dengan alat produksi inilah awalnya masyarakat di desa yakin untuk membuat olahan air aren atau nira. Lebih-lebih di desa Tabek ini banyak sekali batang aren yang tumbuh serta bisa dijadikan mata pencarian warga di sana. 


    Dan gula semut ini dimulai dengan jangka  waktu selama 2 hari. Untuk proses produksi dapat  dilakukan dimulai dengan memasak yang memerlukan waktu selama 5 jam hingga niro bertekstur kental. Jika telah mengental maka kita dapat mengaduk kembali dan dijemur saat kondisi benar-benar tidak basah lagi. 


    Semua proses pengerjaan ini dilakukan dengan melihat kondisi cuaca. Apakah cuaca bagus atau tidak. Jika cuaca sering hutan maka akan lama keringnya, namun jika cuaca panas maka akan cepat  kering. Karena untuk menjadi gula semut amat susah, dipastikan benar-benar kering dan tidak terasa lengket.  Begitu sudah kering maka dimasukkan ke dalam open dengan suhu 70 derajat dalam waktu 12 jam. 


    Setelah di open, maka kita lakukan penggilingan agar menjadi gula halus. Proses ini berlangsung selama 2 jam, jika sudah akan terlihat hasilnya menjadi gula aren.


    Dan kini gula semut dihargai dengan rupiah yang terbilang tinggi. Di mana sekarang per kilonya seharga Rp. 100.000. Kebayangkan bagaimana kalau tiap satu kepala keluarga saja punya kebun tebu maka tak terbayangkan semua hasilnya mereka dalam setahun. 


Yuk semangat mendukung Talang Babungo!



 Honestay Kini, Semangat Bangun Homestay biar Tak Sekadar Mimpi




    Sekarang kita beralih ke pembangunan desa. Saat ini desa Talang Babungo sudah menjadi desa wisata. Tentunya perlu langkah yang tepat untuk menjadikan desa ini banyak peminatnya. Seperti tersedianya tempat penginapan dengan konsep desa. Artinya rumah-rumah penduduk direnovasi dijadikan sebagai homestay.


    Kasri mengungkapkan “Desa ini mau dijadikan tempat wisata, maka harus ada penginapan berupa homestay. Kita tahu bahwa desa ini sangat jauh dari perkotaan maka tak mungkin pengunjung bolak balik ke sini”  Beliau pun telah membangun sekitar 45 kamar homestay yang tersedia.


    Kamar-kamar homestay ini terbagi atas 2 tipe yaitu tipe A dan tipe B. Untuk tipe A yakni kelas penginapan  VIP dengan biayanya Rp. 170.000 per malamnya, sedangkan untuk tipe B per malamnya hanya Rp. 150.000. Tidak lupa juga dibantu oleh promosi masyarakat lewat sosial media, kini akhirnya desa Talang Babungo kerap mendapatkan simpati dari wisatawan lokal.


    Lebih-lebih, tak hanya wisatawan lokal saja namun banyak juga organisasi-organisasi yang sengaja datang untuk berlibur serta memanfaatkan kamar tersebuat. Kita sama-sama tau menikmati keindahan alam desa Talang Babungo memang sudah menjadi daya tarik sejak Talang Babungo mulai maju.


         Dan banyak mimpi kenangan masa kecil yang dapat kita nikmati seperti berenang di sungai yang airnya dingin dan menikmati tebu manis dari kebunnya langsung. Masya allah ya!



Mengelola Pariwisata Talang Babungo hingga Mendapatkan Penghargaan 


INDAHNYA-NEGERI-TALANG-BABUNGO



“Alam Takambang Jadi Guru”



    Begitu pepatah Minangkabau berbunyi, yang memiliki arti dan makna yang sangat dalam bagi kehidupan anak cucunya. Artinya ialah setiap orang Minang mau belajar dari segala kejadian dan fenomena di alam, yang selanjutnya dapat hidup selaras dengan alam yang akan menjadikannya dirinya sebagai pribadi yang lebih baik lagi serta mendapatkan rahmat kepada seluruh alam.


    Hal ini benar adanya dengan luas alam Talang babungo ini, Kasri mampu menjadikan alam sebagai guru baginya untuk terus memajukan desa ini. Dan berhasil mendapatkan penghargaan sebagai desa yang paling bersih dalam Program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Kasri bersyukur dan beruntung rasanya dengan adanya kepeduliaan dan jiwa gotong royong yang besar dari masyarakat setempat untuk mengubah desa yang miskin ini menjadi desa yang sejahtera. 


    Kini terbayar sudah, saat ini desanya telah menjadi desa aman, bersih, dan sangat indah untuk dikunjungi oleh wisatawan. Baginya kemajuan ini tak lepas dari kerja keras nenek moyang terdahulu yang telah mengelola aset lahan pertanian ini hingga dampaknya dirasakan oleh anak cucu bahkan cicit mereka sekarang.


    Semua support yang tercurah tak hanya dari pihak internal melainkan pihak eksternal juga seperti pemerintah yang  telah memberikan penghargaan luar biasa kepada kampung ini. Bahkan kepopulernya desa ini, kini banyak pula rombongan wisatawan luar negeri yang datang untuk merasakan konsep wisatanya, luar biasa kan.

    Bagi masyarakat Talang Babungo tentunya ini termasuk kebahagiaan tersendiri, sebab hasil dan usaha dan kerja keras mereka selama ini, bisa membawa desanya dikenal luas oleh banyak orang.




Memupuk Harapan Baru untuk Nagari Talang Babungo



    “Nak, jika kalian pulang nanti. Entah 10 tahun atau beberapa puluhan tahun ke depan kalian akan tetap ada dalam ingatan kami. Karena kalian pulalah sangat banyak dalam membantu kami untuk membangun desa ini hingga terus maju” Ujar seorang Ibu desa di sana kepada kami sewaktu mengadakan kegiatan sosial pada tahun 2017 lalu.


    Walau sudah lama, namun suasana dan kekeluargaan masyarakatnya masih membekas di hatiku. Saat mengunjungi desa ini, kami sebagai mahasiswa tentu membawa harapan baru buat nagari Talang Babungo. Kegiatan kami selama tiga hari tiga malam di sana tidak akan kami sia-siakan.


    Rute kami dari Padang dengan membawa banyak kehidupan baru untuk mereka. Berbahagia mereka saat mengetahui kami akan membantu mereka menanam 1000 pohon di seluruh titik di desanya, memberikan beberapa bunga, dan membangun taman bacaan alam. 


    Kedatangan kami ke sana disambut hangat oleh Bapak Kasri. Beliau memang punya jiwa semangat yang tinggi untuk desa ini “Saya tidak terbayang jika sampai saat ini desa tidak diperhatikan, mungkin tak banyak potensi di desa ini hilang begitu saja. Untungnya kesadaran kami amat cepat sehingga banyak pula support yang tak henti-hantinya dari kami untuk pembangunan desa ini.” 


    Rasa haru dan kagum ini membuahkan hasil, beberapa bulan setelah itu di tahun 2018 desa ini terpilih sebagai Desa Terindah No.2 Nasional. Masya allah!



Gelora Semangat Astra Merajut Mimpinya Talang Babungo



    Masih terlintas di ingatan Bapak Kasri pada saat desanya masih terhempas jauh, kemiskinan di mana-mana, dan semua akses kemana pun begitu sulit. Tapi apa? Semangat beliau tak pernah padam. Meski banyak rintangan dan tantangan yang dihadapi, ia pantang mundur dan tetap semangat.


    Beliau mengoptimalkan sumber daya manusianya agar terus berdaya. Terutama para anak mudanya untuk ikut berpartisipasi dalam menjalankan misi kampung dan KBA juga. Dan optimis perekonomian masyarakat yang melesu jadi sejahtera. Semua lahan pertanian yang harusnya bisa dioptimalkan karena banyaknya lahan tebu manis yang bisa diproduksi. Oleh karena itu sumber daya manusianya harus lebih cukup baik untuk mengelola itu.


    Kini, oleh Astra masyarakat diberikan alat yang memadai, tak hanya itu anak muda diberikan juga pembinaan atau pelatihan yang baik, sehingga sumber daya alam terus dimanfaatkan olehnya.


     Program Kampung Berseri Astra (KBA) nantinya harus mampu menopang tiga pilar KBA yakni sektor kesehatan, pendidikan, serta lingkungan. 

    

1. Sektor Kesehatan


    Kesehatan menjadi hal utama yang paling penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Program kesehatan KBA mampu menyediakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang kurang mampu agar mendapatkan sarana kesehatan yang memadai. Program kesehatan masyarakat ini berupa pembinaan posyandu dan adanya air bersih. 


    Sebelumnya terdapat air mereka kumuh, ya artinya masyarakat kekurangan air bersih dalam kehidupannya. Bayangkan untuk mandi saja mereka susah mendapatkan air bersih, bagaimana dengan air untuk dikonsumsi. Nauzubillah. Tentunya ini menimbulkan masalah kesehatan kulit dan penyakit lainnya. 


    Oleh Astra semua hal ini diatasi, program air bersih digaungkan untuk meningkatkan kesehatan kulit pada masyarakat sehingga masyarakat jauh hidup lebih baik lagi. Keren ngga sih!


2. Sektor Pendidikan


    Bersyukurnya, dengan adanya program Astra di bidang pendidikan ternyata masyarakat yang selama ini sangat jauh dari pendidikan menjadi lebih aware dengan pendidikannya. Astra memberikan kemajuan dalam dunia pendidikan sehingga keterbelangannya diatasi dengan segera.  Untuk program KBA anak-anak disediakan layanan pendidikan seperti beasiswa bagi masyarakat yang kurang mampu. Program ini tak lain bermaksud untuk mewujudkan anak-anak yang cerdas dan terdidik.


    Tak hanya itu, Astra menyediakan sarana fasilitas baik berupa sarana dan prasarana pendidikan. Serta membangun seperti rumah pintar. Ruma pintar ini sengaja dibuat karena sebelumnya masyarakat yang kekurangan finansial tidak mampu melanjutkan pendidikannya, sehingga banyak yang tidak bisa membeli perlengkapan sekolah. Dan kurangnya kelengkapan masyarakat ini tentunya mereka kesulitan belajar. 


    Program KBA ini hadir memberikan fasilitas buat masyarakat yang kurang mampu. Maka mereka diberikan fasilitas seperti alat-alat tulis, seragam sekolah, dan biaya pendidikan agar pendidikan mereka makin berkualitas. 



3. Sektor Lingkungan


    Sektor lingkungan juga menjadi pilar penting yang dibangun oleh Astra. Seperti program yang diberikan oleh Astra kepada Talang Babungo ialah Gerakan Seribu Bunga.  Sehingga lingkungan terus bertumbuh, asri, dan indah di sejajaran jorong desa ini. 


    Sebab konsep lingkungan dari desa ini memang tak jauh dari konsep kebersihan. Dilihat dari desa Talang Babungo dulunya sangat kumuh, lahannya yang tidak tertata dengan baik, serta perkebunan yang tidak beraturan. Maka untuk memberikan jawaban atas masalah ini, Astra benar-benar memperhatikan wilayah Talang Babungo kini agar lebih bersih kembali. Melihat Talang Babungo memang cukup baik dalam bidang pertaniannya berupa lahannya yang subur bahkan tanahnya sangat baik untuk ditanami pepohonan lebih banyak saking suburnya.


    Kebersihan tentunya menjadi fokus utama juga untuk perubahan di lingkungan Talang Babungo sehinga lingkungannya menjadi semakin asri, indah, serta tertata dengan berbagai macam bunga tumbuh yang berjejer di tengah desa. 


Penutup


    Sebagai Kampung Berseri Astra (KBA) saat ini desa Talang Babungo sudah jauh lebih maju. Faktor penunjangnya selain tanahnya yang masih asri dan terhampar luas lahan pertaniannya, juga keberadaan Astra yang sudah membawa Talang Babungo lebih optimis membangun kampungnya. Meski saat awal sangat banyak masalah yang hadir, Astra tak memandang ini sebuah hambatan, terlebih melihat adanya potensi yang luar biasa dari lahan pertaniannya. Ini yang menjadi mimpi baru sekaligus gerakan yang lebih baik lagi, sebab tujuannya memang untuk menyejahterakan masyarakat sekitar. Sehingga jadi peluang baru untuk menjadi masyarakat yang sejahtera dan bisa mengembangkan usaha mereka untuk masa depan lebih baik.


    Menjadi kampung yang terpilih sebagai Kampung Berseri Astra merupakan anugerah yang patut disyukuri. Takkan pernah terlupakan karena mimpi-mimpi dari manisnya kampung ini satu per satu terjawab sudah berkat kemauan masyarakat bagkan support dari masyarakat luar. Yuk, maju terus desa Talang Babungo!


    Kita harus optimis bahwa dengan banyaknya improvisasi fasilitas serta pertanian Talang Babungo,  banyaknya alat-alat yang memadai sudah tersedia kini maka akan menjadi perubahan yang baik untuk kini dan masa depan Talang Babungo nanti. Aamiin!!!


    Yuk#SemangatUntukHariIniDanMasaDepanIndonesia 


     KBA jugalah yang membawa manisnya Kampung Talang Babungo ini menjadi Kampung yang semakin diminati oleh masyarakat dan para wisatawan juga. Terima kasih Astra. Terima kasih sudah memberikan apresiasi sehingga Talang Babungo menjadi fitur desa terbaik di Sumatera Barat. Dan tak ada yang lebih manis, seperti manisnya harapan dan mimpi-mimpi dari kampung Talang Babungo kini. Semoga bermanfaat dan suka❤️

19 comments:

  1. Selalu terharu menyaksikan kemajuan desa seperti ini. Saya jadi memimpikan desa saya juga bisa seperti ini. Alangkah senang dan bahagianya, apalagi jika ada orang lain yang penasaran dengan desa kita pasti menakjubkan.

    ReplyDelete
  2. Wah saya penasaran nih sama gula semut, pengen coba. Keknya digado juga enak ya kak

    ReplyDelete
  3. Keren ya Kampung Talang Babungo jadi kampung terindah kedua di Indonesia. Perekonomian juga maju berkat gula semut.

    ReplyDelete
  4. Senang mengetahui kegiatan CSR Astra mencapai sasarannya. Masyarakat jadi diberdayakan ya. Semoga desa Talang Babungo terus maju.

    ReplyDelete
  5. kebayang, senangnya desa yang kita kunjungi dan harapkan berkembang, lalu benar-benar Allah ijinkan berkembang, semoga semakin banyak kebaikan dan tetap lestari untuk Nagari Talang Babungo, hua namanya aja cantiiik

    ReplyDelete
  6. Gak nyangka sih jika ternyata desa terindah di Indonesia ada di Solok, keren.

    ReplyDelete
  7. Pngn deh nyicip gula semutnya,
    Smoga desa2 lain bisa ngikuti jejaknya bikin terobosan baru dan memperkenalkan khas di tempatnya,

    ReplyDelete
  8. Gula semut saat ini menjadi primadona karena kalori yang rendah, tapi menghasilkan energi. Di Kampung Talang ini selain bisa meningkatkan produktivitas juga menjadi pesoja tersendiri.

    ReplyDelete
  9. Gula semut ini terkenal enak lho memang. Keren bgt bisa build kampung jadi berdaya dan bermanfaat untuk masyarakatnya :) Jadi pingin liburan di sana nginep di home stay nya yg harganya terjangkau ^^

    ReplyDelete
  10. MasyaAllah..sungguh inspiratif perjuangan Bpk Kasri dan para pemuda yg mampu merubah nagari Talang Babungo ini. Dimulai dari satu sendi ekonomi desa akhirnya benar2 bisa membangun desa secara keseluruhan!

    ReplyDelete
  11. Harganya lumayan juga buat kantong mahasiswa, hihi ya tapi kalau misal kayak lagi liburan kesana ya nggak papa sih beli sebagai bukti aku udah sampai ke sana lho,

    ReplyDelete
  12. Banyak keindahan di Sumbar. Saya senang dengan budaya, kearifan lokal, apalagi kuliner khas di sana. Memang gula semut di sana banyak diminati. Pengen banget main ke sana.

    ReplyDelete
  13. Wah, hebatnya Kampung Talang Babungo yang akhirnya bisa merajut mimpi lewat Program Kampung Berseri Astra. Dengan semangat Pak Kasri dan warganya, banyak perubahan akhirnya yang mereka wujudkan. Gula semut pun menjadi salah satu jalan yang membawa kebaikan di sana.

    ReplyDelete
  14. Baru tahu kalo produksi plam sugar buat kue ini berawal dari Kampung Talang Babungo ini.
    Anw para pemuda dan Pak Kasri sebagai komandannya sangat hebat, mau berkembang dan berinovasi untuk kemajuan desa mereka. Dan apresiasi juga buat Astra yang mau peduli melalui program-program sosialnya untuk kemajuan masyarakat Indonesia.

    ReplyDelete
  15. Bayangkan betapa bahagianya desa yang kami kunjungi dan berharap agar dapat berkembang. Akhirnya, dengan izin Allah, desa tersebut benar-benar mengalami perkembangan. Semoga terus bertambah kebaikan dan tetap berkelanjutan untuk Nagari Talang Babungo, sungguh desa yang indah.

    ReplyDelete
  16. Sejatinya kisah inspiratif seperti ini selalu ada di dekat kita dan kita setidaknya bisa memetik manfaat dari apa yang mereka jalani

    ReplyDelete
  17. penasaran dengan desa terindah Talang Babungo ini.. semoga program Astra ini terus berlanjut dan semoga nanti makin banyak desa2 bertumbuh bersama program Kampung Berseri Astra, Aamiin..

    ReplyDelete
  18. sayang banget nih fotonya kurang banyak penasaran banget sama pemandangan di kampung talang babungo ini pasti indah banget ya, mbak.

    ReplyDelete
  19. Eh iya lo.. dulu kampung tetangga juga dapat pendanaan dari Astra karena berhasil menjadi lingkungan inspiratif yang menggerakkan masyarakatnya untuk menghijaukan rumah, padahal minim lahan. Jadi sebenernya, manusia itu bisa banget berinovasi dengan potensi yang dimiliki yaa.. Seperti contohnya Desa Talang Babungo yang menjadi desa wisata. Kini, semakin mandiri dengan pembangunan yang merata.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak (Komentar akan dimoderasi) dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by diane555. Powered by Blogger.