Self Talk: Berdialog dengan Diri Sendiri Membuat Diri Lebih Baik

Self-talk-Berdialog-dengan-Diri-Sendiri-Membuat-Diri-Lebih-Baik


   Berdialog dengan diri sendiri menjadi perubahan lebih baik bagi sebagian orang. Tentunya karena dia merasa jauh lebih baik saat dirinya berdialog sendiri dibandingkan bercerita kepada orang lain. Menurut beberapa psikolog, berdialog dengan diri sendiri dapat dilakukan oleh setiap manusia kurang lebih 50.000 kali per harinya. 


    Self talk ini dapat memicu dua respon terhadap dari diri sendiri, yakni respon positif atau negatif. Namun pada artikel kali ini, saya ingin membagikan insight positif sehingganya self talk dapat membuat diri kita lebih baik lagi.



Membangun Self Talk Positif Buat Diri Sendiri


    Di saat kita sedang bahagia, merasa kesepian, down, putus asa dan segala rasa dirasakan maka dapat memicu self talk yang positif maupun negatif. Hal ini, kita dapat mengontrol diri agar self talk dapat menjadi bagian dari hal yang kita inginkan dan baik buat diri kita.


    Misalnya, kalau sedang merasa kecewa pastinya kita ingin berbicara dengan sendiri seperti ini. 


    “Kamu itu sering dikecewakan, kamu udah terbiasa diberikan harapan palsu sih, dan kamu itu begini begono”


    Ucapan di atas menunjukkan kita sedang self talk dalam hal negatif. Ya, perkataan yang muncul ini bisa menjadi boomerang buat diri kita ke depannya. Sehingga ketika kita kecewa lagi, ya kita pasrah dengan keadaan karena kita mengecap diri ini udah terbiasa dikecewakan toh. 


    Nah, hal ini jauh lebih baik jika kita berbicara ke diri sendiri dalam hal positif seperti ini:


“Gapapa, kamu dibikin kecewa lagi. Ayo bangkit dulu, wajar kok kamu sedih, yaudah semangat lagi yaa”


    Ketika kamu menerima keadaan yang dirasakan, jauh membuat keadaan lebih tenang. Benar gak? Nah, setelah keadaan membaik di sini kamu akan menyelesaikan masalah sehingga solusi yang dihasilkan juga lebih berkualitas. Setuju kan! 


Mengapa Self Talk Positif itu Penting?


Self-Talk-Positif


    Mengapa self talk itu penting? Karena self talk ini banyak manfaat bagi diri sendiri. Bahkan self talk dapat menjaga kesehatan mental lho.


    Gapapa loh kita mau ngomong sendiri. Karena dampaknya besar saat berbicara kepada diri sendiri dibandingkan saat kita curhat kepada orang lain. Terbukti, saat kita berbicara dengan diri sendiri maka pikiran kita jauh lebih tenang, apalagi ungkapan yang kita gunakan bernada positif seperti yang aku sampaikan di atas tadi.




    Kegiatan self talk bukan kegiatan aneh kok untuk dilakukan. Kita dapat mengungkapkan apapun dengan sangat bebas. Kita tidak menuntut didengarkan apalagi diperhatikan, mungkin saat kita curhat ke orang lain pastinya pernah tidak dipercayai oleh mereka, kadang pernah tidak didengarkan. Pastinya kalau kita berbicara sama diri sendiri, maka kitalah dapat mengekspresikan apapun yang dirasakan sama diri sendiri.  


    So, yuk luangkan waktunya buat berdialog sama diri sendiri setiap harinya. Love your self, yaa! Semoga bermanfaat, Buds..



9 comments:

  1. Baca ini jadi good reminder ya Mbak untuk self talk. Baru-baru ini paling saya diingatkan untuk melakukan afirmasi ke diri sendiri. Afirmasi yakni meyakinkan diri akan sesuatu yang baik. Makasih mbak, semoga saya bisa praktekkan dalam waktu dekat

    ReplyDelete
  2. Biasanya self talk positif tapi kudu dipancing dulu, misalnya habis makan, atau nonton film. JAdi moodnya baikan dan self talk jadi positif.
    Self talk negatif emang ngeri efeknya ya dan bisa merembet ke mana2 dan jadi overthinking, oh noooo.

    Self talk kalau ditulis di buku bisa ga sih Kak? Apa harus dengan ngomong? Atau bikin podcast sekalian heheheh.

    ReplyDelete
  3. wih bisa sampe 50.000 kali sehari ya? banyak juga yaa hehe. jujur saya juga kadang suka self talk tapi lebih ke affirmasi aja sih. affirmasi sama self talk itu sama ga sih?

    ReplyDelete
  4. terimakasih sdh mengingatkan akan pentingnya self talk ini. seingatku, aku blm melakukannya nih..jadi terinspirasi untuk melakukan self talk positif ini. apkah ada rekomendasi waktu terbaik utntuk melakukan nya?

    ReplyDelete
  5. Kalau sebelum tidur, kadang saya suka 'ngobrol' dengan diri sendiri, terutama review apa yang sudah dilakukan sepanjang hari, apakah itu termasuk self talk juga nggak ya, soalnya memang suka muncul tiba-tiba saja, nggak ada rencana. Atau malah kadang kepikiran yang lain-lain, yang orang-orang masa kini bilangnya 'overthinking'.

    ReplyDelete
  6. Selama 6 hari kemarin, ARTku minta libur karena sakit. Nah, aku banyak-banyak self talk tuh, karena kok pas banyak agenda sama anak di sekolah plus kerjaan juga. Alhamdulillah, kerasa banget afirmasi positifnya. Jadi lebih santai, gak grasa-grusu. Step by step dan alhamdulillah berakhir baim

    ReplyDelete
  7. Wah, senangnya ada yang sama begini. Saya sering self-talk setiap mau persiapan di beberapa menit sebelum jadi narsum di event ini dan itu.
    Alhamdulillah, efektif banget buat tetap bisa fokus dengan materi yang disampaikan, energi juga stabil sejak mulai acara sampai selesai.
    Self talk serba positif memang sungguh sangat helpfull

    ReplyDelete
  8. Ya self talk ini berguna banget, ibaratnya kayak me time buat diri sendiri. Semangat terus mbak. Mari menghasilkan energi positif.

    ReplyDelete
  9. Berbicara kepada diri sendiri, apapun itu, gak akan bocor ke orang lainnya. Beda banget dengan curhat ke orang lain, ada kemungkinan akan bocor, sekecil apapun kemungkinan itu

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak (Komentar akan dimoderasi) dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by diane555. Powered by Blogger.