Bangga Jadi Blogger, Blogger Versi Seorang Lulusan Akuntansi

    

Bangga-Jadi-Blogger

    Halo semuanya. Sedikit perjalananku menjadi seorang blogger nih, di balik background kuliah dulu di bidang akuntansi. Dan semoga tulisan kali ini dapat menginspirasi teman-teman semua ya. Btw, berbicara mengenai akuntansi nih, apa yang terbayang di benak kalian? Pastinya semua pada setuju kalau bidang akuntansi berkaitan dengan digit angka dan nominal laporan keuangan perusahaan. Benar banget. Hehe, namun yang uniknya ide ngeblog ini malah tercetus tiba-tiba ketika aku kuliah di jurusan akuntansi. 

    Dari situ, aku tak berhenti penasaran secara langsung eksekusi buat blog. Kebayang kan, di tengah kegiatan kuliah yang pulangnya saja sore hari, pun aku aktif sebagai anak organisasi maka tak heran blog yang aku buat sempat terlupakan. Betapa menyesalnya aku sewaktu itu, tapi apalah daya, karena memang niat buat blog ini karena aku yang masih bingung dengan bakat yang kupunya. 


Di balik Kesenangan Mencurahkan hati dan pikiran lewat Kata-kata


    Memang tak pernah terpikirkan menulis bisa membawa aku sejauh ini. Ini bagiku ya, aku sudah jauh lebih baik setelah berada di dunia blog ini. Bayangkan saja, sadari sekolah dulu aku punya diary yang aku isi dengan kata-kata lebih ke catatan percintaan gitu, hehe. Maklum anak-anak masa transisi ya. Aku sembunyikan diary itu biar tak ada satupun orang yang bisa membacanya.

    Di balik kesenangan dengan kata-kata ini aku menyimpulkan bahwa aku suka sastra. Ya, aku suka puisi juga. Akhirnya aku mengikuti sebuah komunitas puisi waktu itu, senang sekali bertemu dengan mereka yang ketika itu aku merasa hidup banget. Karena mereka memberikan semangat dan aura positif lewat kata-katanya.

  Selama kuliah di akuntansi tentunya banyak pertanyaan yang aku dapatkan, kenapa suka menulis? Aku paham arah mereka bertanya, sebab bisa-bisanya senang menulis padahal kuliah di jurusan akuntansi?   Walau setiap kali pertanyaan itu muncul dari teman-temanku, memang ada keraguan dariku semasa sekolah hingga perkuliahan pelajaran yang aku sukai beda jauh. Yap, aku menyukai hal-hal yang berbau dengan angka-angka, aku merasa ada kebahagiaan tersendiri jika berhasil menyelesaikan latihannya. Tapi di sisi lainnya, aku merasa hidup ketika berada dalam dunia kata-kata. Sesenang itu, kalau sudah mencurahkan isi hati dan pikiranku seperti tagline di blog ini juga, whehehe.


Alasan Jatuh Cinta pada Dunia Blog

      

Makna-Blog-bagi-Ulfah

    Alasan utamanya yang membuat aku jatuh cinta pada dunia blog yaitu membuatku lebih bermanfaat dan ladang pahala jika dirasa bermanfaat sama orang lain. Tapi ada beberapa orang yang iri dan dengki jika kita membagikan tulisan yang bermanfaat ini, ah jangan-jangan pamer, atau menyombongkan dirinya. Yang paling bahayanya kita pun jadi takut dikira begitu. 

    Namun aku punya prinsip: aku punya kendali atas pikiran dan isi hatiku, tapi kendali orang lain seperti persepsi mereka terhadapku tidak bisa aku kendalikan. Toh niat baik bisa bermanfaat bagi banyak orang ada malaikat di sekitar kita yang mencatat kebaikannya. Dan prinsip seperti ini bikin hidupku makin tenang, Buds

    Setelah berhasil memantapkan niat baik ini, kubilang baik karena aku berhasil menjadi diri yang berharga, biasanya aku lebih banyak diamnya dan tiada yang tau aku punya pemikiran seperti ini. Namun melalui blog jalan ini dibukakan untuk mencapai niat aku jadi orang bermanfaat itu. Masya allah!

    Ternyata dimampukan untukku bertemu circle dunia blog satu per satu. Melalui teman sekomunitas puisi mereka mengajakku untuk ikut kelas blog gratis bersama kang Wildan Faudy. Akhirnya aku mengikutinya dan menerapkannya semasa kelas berlangsung itu. Dan aku mulai rutin membuat tulisan, hingga aku percaya diri mempublish langsung ke dunia maya.  

    Namun dari situlah teman-temanku merespon baik, aku tak menduga itu ada yang menyukainya atau pun merekomendasikan tema kepadaku. Tapi komentar yang paling memorable itu ada yang menyarankan untuk mencari tau teman-teman blogger di Padang ini. Aku gak menyangka blogger ini menjadi jalan terbaikku. 

    Alhasil beberapa bulan kemudian aku menemukan komunitas blogger Padang yang sedang membuka program magang. Aku mendaftarkan diri sebagai kandidat, yakin deh aku bisa masuk. Benar saja, ketika mendaftarkan diri aku pun diterima langsung. Walau program ini berakhir di tengah jalan karena beberapa timnya sedang sibuk dengan kegiatan penting lainnya. 

    Bulan ke bulan aku merasa berjalan sendirian, tapi lagi dan lagi ada pintu pembuka untuk bertemu dengan teman-teman blogger. Aku makin aktif membaca tulisan di google, melihat komunitas-komunitas yang diikutinya. Hingga aku pun masuk ke komunitas tersebut. Ya, gak terbayang aku bakal makin mampu berjuang bersama komunitas.

    Sampai pada saat pandemi, aku memberanikan diri membeli domain profesional dengan banyak pertimbangan. Aku berdiskusi panjang dengan diri sendiri tiap malamnya, benarkan ini jalanku? Selalu aku liat blog itu, seperti ada semangat baru untukku. Memang gak bisa menunggu dan menguatkan diri untuk membeli domain itu yang seharga nasi goreng sepiring saja, domainnya sedang promo.     

    Mencoba berdamai dengan blog yang berdomain profesional ini, satu-satunya alasan aku bertumbuh karena domain ini aku bayar pakai uang diri sendiri. Aku mengambil langkah yang tepat dan bertanggung jawab dong sama perbuatannya. Aku percaya siapa yang berusaha pasti akan memetik hasilnya, ini yang aku tanamkan dalam diri. 

    Walau bukan blogger yang profesional banget, apalagi famous. Tapi aku ialah seorang blogger yang sedang berjuang membangun rumah digital ini dan berharap bisa berdiri kokoh seumur hidupku sampai penerus generasiku tau siapa moyangnya ini nanti, aamiinn.  

  

Makna Blog bagiku Seorang Lulusan Akuntansi

   

     Buds, pada menunggu-nunggu gak nih atau penasaran apa makna blog ini bagi seorang lulusan akuntansi? Sebagai anak akuntansi yang dulu belum suka ngeblog, aku pernah membayangkan dunia blog ini sudah tertinggal. Eh aku salah, ternyata selama ini aku yang ketinggalan, hehehe. Jujur saja, anak akuntansi akan lebih pusing mengerjakan laporan-laporan keuangan biar hasilnya balance. Bagaimana kalau laporannya tidak balance, darimana dapat angka itu, angka tiga juta lainnya di mana, dan pertanyaan seputar akuntansi yang harusnya membuatku ekstra sibuk. Namun aku malah terkesima dengan dunia blog ini. 

    Semua tau kalau anak akuntansi itu serius banget belajarnya, ya kali belajar hitung-hitungan dibawa sepele aja, angka hilang aja dicarikan. Nah, di balik sosok serius itu banyak juga di antara mereka yang punya hobi sangat kreatif, seperti hobi menggambar, menulis, bermain alat musik, dan seterusnya. 

     Setelah menjadi anak akuntansi, mempelajari akuntansi saja bagiku tidak cukup. Karena pelajaran akuntansi pasti banyak dosen yang meminta kami untuk menganalisa materi kemudian menyimpulkannya. Bukan kah ini juga menulis? Hehe, ayo makin semangat menulis nih.

     Semakin ke sini, aku makin semangat untuk menggali tujuan ngeblog ini. Sejujurnya tujuan aku ngeblog seringkali di bahas di artikel lainnya dalam blog aku ini. Hal inilah yang meyakinkan aku kenapa menulis di blog. Selain karena aku ingin menyampaikan ide, insight, dan pengalaman lewat tulisan serta bermanfaat bagi pembacanya. Aku pun lebih menghargai tulisan orang lain, karena ketika menyudur tulisan atau copi paste tulisan orang lain itu sama saja tidak jujur kepada diri sendiri terkecuali kita mengutip tulisannya dengan mencantumkan penulisnya langsung. Jika ingin mengutip maka sebaiknya sertakan sumber agar kita lebih menghargai tulisan tersebut.

   Alasan lain aku jatuh cinta pada blog ialah makin meningkatkan minat membacaku. Perlahan-lahan jadi senang membaca buku, senang baca artikel di media sosial jadi aset buat aku untuk bikin ide tulisan. Lebih dari itu, ada yang berkomentar positif tentang artikel aku akan jadi kebanggaan dan kepuasan tersendiri. Ditambah pula, aku bakal menerima saran dan masukan untuk menjadikan tulisanku lebih baik lagi.

    Lewat tulisan, aku bercerita banyak menjadi sebuah healing bagiku karena bisa mengekspresikan semua kata-kata di tulisan. Terlepas dari aku dapat uang atau tidaknya, aku telah jatuh cinta pada dunia blog ini hingga merasakan manfaat sudah berhasil menjadi versi terbaik diri.

   

Jadi Blogger vs Accountant


Blogger-vs-Seorang-Akuntant

        

    Sejak berkenalan dengan dunia blog ini, ada pandangan tersendiri bagiku sebagai anak akuntansi. Aku senang menggambungkan dua profesi yang berbeda ini. Bahkan senang jika aku dipandang sebagai anak akuntansi dan seorang blogger sekaligus. Walau aku bukan lah blogger yang profesional, tapi ada rasa bangga jika nama blogger itu terselip sedikit di jiwaku ini.

     Aku akan berusaha menjaga nama baikku sebagai anak akuntansi dan sisi lainnya akan aku bawa nama blogger ini di ranahku. Tak hanya itu, aku yakin dunia blog akan jadi dunia yang sangat menyenangkan sekali bagi anak akuntansi. Karena profesi ini satu sama lainnya bisa berbaur kok, mereka bisa menyeimbangkan pikiran dan otak kita juga. Kenapa? Karena kemampuan hitung-hitungan itu adalah kemampuan yang dimiliki oleh otak kiri, sedangkan kemampuan bahasa itu ialah kemampuan yang dimiliki oleh otak kanan. Sehingga pantas banget disematkan untuk anak akuntansi dan blogger ini dengan hasil yang BALANCE, hehehe.

    Maka dengan jadi seorang blogger dan akuntan mampu membuatku bahagia, why not? Serta menjadi pekerjaan yang menyenangkan kalau aku dapat memaksimalkannya.

    Jika berbicara pandangan blogger dari seorang anak akuntansi. Akan ku sebut jadi “Sebuah kebahagiaan yang diperjuangkan” keren gak tuh? Jika hasilnya manfaat bagi diri sendiri dan orang lain justru akan semakin membahagiakan. Kalau hasilnya materi, tak ada yang semuanya instan ketika ngeblog itu, tetapi dengan menikmati perjalanan menulis ini baik cepat atau lambat akan datang hasil yang diinginkan nantinya.

    Untuk sahabatulfah yang sempat down menulis atau mungkin sekarang lagi belum semangat menulisnya. Tetap semangat yaa, yuk makin semangat lagi! Seperti biasa, aku mencharge semangat dengan berkomunitas, dan mendapatkan semangat lagi dari teman-teman komunitas blogger.

     Seperti komunitas Bloggercrony Indonesia. Sebuah komunitas yang memfasilitasi blogger Indonesia dalam mengembangkan kualitas dirinya, membangun jejaring positif, meningkatkan produktivitas dengan menciptakan tulisan atau konten yang informatif, bermanfaat dan inspiratif, serta berdaya mandiri dan profesional.

    Blogger Indonesia pastinya sangat terbantu dengan kahadiran komunitas seperti Bloggercrony ini. Karena blogger tidak hanya sebagai penulis saja, tapi sebagai penggerak masyarakat lewat tulisannya. 


 Pelajaran yang Didapatkan selama jadi Blogger

       

    #BanggaJadiBlogger, lewat ngeblog aku banyak mendapatkan manfaatnya, terlebih akan kesehatan mental yang sangat berarti. Kebayangkan ketika mengerjakan akuntansi, aku mencari hitung-hitungannya dengan sebaik mungkin tapi hasilnya tidak balance bahkan bikin aku kesal. Nah, sewaktu aku sudah menyelesaikan sampai akhir namun hasilnya nihil atau belum balance juga biasanya aku akan melampiaskan kekesalan lewat kata-kata.

    Lewat blog aku mendapatkan banyak pelajaran berharga, jejaring relasi, ilmu yang baru, kemampuan menulis, dapat produk gratis hingga cuan. Rasanya tidak etis jika membicarakan pendapatan yang didapatkan saja, capek jika kita terlalu keras mengejar cuan saja. Dan gak enak selalu bersaing meningkatkan performa blog, diterima adsense atau tidaknya, DA/PA ingin tinggi, visitor ribuan, atau kejar-kejaran mendapatkan page one. Karena ngeblog lebih dari itu, bisa menjadi ladang amal buat kita jika bermanfaat. 

    Dan setiap menulis di blog aku selalu berharap akan tulisanku jadi sebagai amal dan pemberat timbangan kebaikanku di akhirat kelak. Aamiin.

  Jangan lupa ikuti akun Ig Bloggercrony : @bloggercrony dan Twitter : @bloggercrony

     Dan semoga lewat tulisan ini, kita bisa menjadi blogger terbaik versi diri sendiri. Tentunya kita sesama blogger dapat lebih saling mensupport dan menghargai perbedaan apapun. Bangga aku jadi blogger!

Post a Comment

60 Comments

  1. semoga dengan ngeblog ini bisa memberikan dampak positif untuk banyak orang ya mbak,, keren!

    ReplyDelete
  2. bagus mba blognyaa...mencerahkan!!

    ReplyDelete
  3. Tentu harus bangga menjadi seorang blogger karena profesi ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja tanpa hambatan asalkan internet lancar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali Mas, tanpa batas dan tanpa hambatan lgi yaa

      Delete
  4. Jadi blogger itu menyenangkan, apalagi kalau sudah ketemu komunitas dan circle yang pas. Karena mereka akan mendukung kita. Bukan hanya mendukung, tapi berkomunitas akan mendatangkan banyak hal tak terduga. Selain kesempatan, peluang, dan tentu saja rezeki. Karena saya pun begitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya ya Mas, sesama blogger juga ikut merasakan hal yg sama yaa...

      Delete
  5. Wow seorang akuntan! Salut deh mbak, soalnya saya lemah banget di bidang akuntansi hehehe. Semangat terus ngeblognya.
    Ohya, sharing tips dan trik tentang akuntansi dong mbak, pengen baca juga nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat juga Mbak.. Hehehe, siap kapan2 dishare ttg akuntansi ya Mbak

      Delete
  6. Wah anak akutansi dan sekarang juga blogger. Perjalanan yang panjang ya mba apalagi dimulai dari masa kuliah. Semoga apa yang kita tulis itu memberi manfaat ya mba untuk banyak orang dan jadi ladang kebaikan untuk kita. Karena suatu hari nanti kita akan mempertanggung jawabkan apa yang kita tulis. Semangat berbagi kebaikan mba 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Mbak Yeni, aamiin deh semoga ada manfaat dan jadi amal kebaikan buat kita ya Mbak. Semangatt buat kita!

      Delete
  7. aku juga lulusan akuntansi mbak hehe dan cebur deh di dunia blogging :D sampai sekarang buat mengais rejeki.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jujur baru tau, Koh. Toss dulu, hehehe

      Delete
  8. sama-sama orang akuntansi kita mbak, bedanya aku pendidikan akuntasi. Hehehe.. tujuan ngeblog kita kita juga mirip loh, aku juga ngeblog karena ingin membagi ilmu, cerita dan pengalamanku. Maklum sebagai IRT yang jarang keluarg rumah, blog adalah mediaku meuangkan semuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh samaan ya kita Mbak, alhamdulillah sama juga tujuan ngeblognya. Hehehe ngeblog tanpa batasan buat siapa saja...

      Delete
  9. Ahh...aku juga sangattttt bangga sebagai blogger. Walaupun saat ini aku masih berstatus sebagai karyawati, tapi kalau menyebut diri sebagai blogger, ada kebanggaan tersendiri. Hihi...semangat ya kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju bangettt nihh, ada kebanggaan tersendiri ya Mbak walau berprofesi apapun. Yuhuuu.. Harus semangat kita Mbak...

      Delete
  10. Lewat nge-blog banyak hal positif yang didapatkan. Bahkan uniknya punya banyak temen meski dumay, eh sekalinya ketemu di event offline wah itu ngeriung nya seru banget....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya Mbak, seru kalo udah ketemu di dunia nyata..

      Delete
  11. Menulis, ngeblog memang sebuah tempat yang bisa diisi siapa aja. Jadi keinget teman geolog dan lulusan astronomi yang hobi ngeblog. Temen yang geolog ini tulisannya sering jadi referensi buat awam buat paham dunia geologi. Lewat ngeblog jadi kenal banyak orang-orang dari berbagai daerah dan latar belakang. Asiik kan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waw salut deh ada yg lulusan astronomi Mbak, keren bisa sharing jga seputar dunia geologi nih.. Yap, asikk bisa kenalan dri berbagai background, hehe..

      Delete
  12. Aku juga bangga jadi blogger, bsa ketemu banyak rekan blogger yang menginspirasi ^^ udah gitu bisa dilakukan semua orang di mana saja asal mau belajar (anyway IRT kaya aku pun bisa) ^^ semoga sukses selalu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren Mbak, walau IRT tpi bisa menginspirasi ya... Sukses juga yaa Mbak

      Delete
  13. Dengan adanya blog kita bisa menulis semua curahan hati dan bahkan mendapatkan cuan ya mba dengan tulisan2 yang bagus

    ReplyDelete

  14. Masya Allah, jadi blogger banyak pengalamannya ya, Kak. apalagi bisa gabung komunitas semakin banyak yang didapatkan. Ilmu, pengalaman, dan teman yang sudah sevisi

    ReplyDelete
  15. Masya Allah ya mbak barokalloh atas petuangan yang luarbiasa. Senengnya dapat pengalaman magang aku jadi penasaran ikut magangnya hehhrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mbak. Iya nih, dapat kesempatan sekali ya gak disia2kan Mbak, hehe

      Delete
  16. Saya ikut bangga membaca perjalanan ini, sebagai blogger saat awal memulai ngeblog saya pertema kali bertemu adalah bertemu bloggercrony

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren Mas, saya justru masih berkenalan dengan Bloggercrony dan asik sekali komunitasnya sebab sering liat2 di Ig mereka jga😁

      Delete
  17. Setahu saya masih sedikit blog yang membahas serba serbi akutansi atau ekonomi pada khususnya. Mungkin mba bisa kasih kategori khsus financial Apalagi yang nulis anak akutansi pasti beda feelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mbak Dian..
      Ini bisa menjadi peluang ya untuk dimanfaatkan, bahkan jadi Niche blog juga sih, membahas akuntansi dengan bahasa yg simple

      Delete
    2. Soal kategori finance sudah ada di kategori blog aku Mbak. Namun insya allah next aku bakal bahas seputar akuntansi yg simpel aja, hehe

      Delete
    3. Ihiii, siap Mbak bakal dicoba bahas next time Mbak @Fenni

      Delete
  18. Meskipun kadang minder sebagai seorang perempuan yang banyak menghabiskan waktu di rumah, tetapi menjadi blogger juga jadi kebanggan tersendiri bagi saya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, kita semua punya peran masing2 ya tapi tetap blogger jdi kebanggaan...

      Delete
  19. Bangga menjadi blogger dengan banyak pengalaman dan bisa berbagi dengan sesama saling menguatkan sebagai blogger dan tentunya saling mendukung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, benar sekali Kk.
      Bisa saling support juga masing2nya ya...

      Delete
  20. Apapun profesinya bisa mendukung pekerjaan menulis terutama blogger ya kak semoga senantiasa menginspirasi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Mas Bai, aamiin semoga kita dapat terus menginspirasi...

      Delete
  21. Hai Kak, aku juga lulusan akuntansi yang akhirnya jd blogger. 😂 Tapi aku masih minder sih kalau untuk menulis hal-hal yang berbau akuntansi karena udah banyak yang lupa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kak, wah sesama anak akunt ya. Toss...
      Kalau masih ingat sedikit2 mungkin masih bisa ya Mbakk, hehe

      Delete
  22. Membaca tulisan ini, seketika saya membayangkan apa jadinya saya yang lulusan Ilmu Politik ini dalam menerapkannya di blog pribadi? Sejujurnya nyaris tidak ada yang bisa saya tuliskan tentang ilmu politik dalam blog saya, dan yang terjadi justru sebaliknya, saya lebih suka mengolahnya dengan berbagai macam gaya penulisan, diksi, atau pun merangkai beberapa cerita fiksi dan tulisan tidak jelas lainnya, seolah jika orang yang tak mengenal saya akan mengira saya sebagai seorang lulusan jurusan sastra.

    Namun saya akui manfaat menjadi blogger itu sangat banyak, salah satunya adalah dalam penulisan. Karena sudah terbiasa menulis di blog, ketika sedang menulis tugas akhir, untuk pengolahan kata dan diksi, saya relatif tidak banyak mengalami kesulitan, selain itu juga manfaat redaksi dan revisi yang biasa dilakukan ketika menulis di blog, sering sekali saya diterapkan dalam penulisan tugas akhir.

    ya manfaat menjadi blogger itu banyak sekali, selain mendapatkan penghasilan tambahan tentu saja. Jadi, berbanggalah menjadi blogger, karena dengan menjadi blogger, kita bisa menuliskan sebuah tema yang sama dengan gaya penyampaian dan gaya penulisan yang unik dan berbeda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap, kalau bahas politik yg lebih selow dikaitkan dengan olahan kata yg unik bakal keren tuh Kak. Mungkin, mungkin juga bgi kita yg kurang paham sama politik jadi senang sama politik akhirnya.

      Iya betul sekali, Kak. Alhamdulillah jdi terbantu dalam penulisan skripsi ya, aku juga merasakan hal yg sama nih yg sedikit revisian skripsinya.

      Nah, kita blogger punya cara dan gaya tersendiri yg itu unik, Kak. Dan lagi-lagi apapun profesinya kita sama2 punya ciri khasnya.

      Delete
  23. Apapun profesinya, selama orang suka menulis, bisa saja menulis blog. Blog adalah sebuah wadah yang terbuka luas untuk berekspresi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, benarr sekali Mbak. Nah, selagi suka pasti bisa ya...

      Delete
  24. Dengan ngeblog membuat kita bisa berbagi ilmu dengan orang lain. Tentunya jadi ladang pahala tersendiri buat kita. Rasanya senang banget kalau ada orang yg terbantu dari tulisan yg kita buat. Iya ga sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyess Kak, ada kebahagiaan jika ilmu yg diberikan bermanfanfaat dan ladang pahala jga..

      Delete
  25. Jadi blogger itu juga hal yang membanggakan ya mbak
    Tak hanya mendapatkan pundi pundi tersendiri, tapi juga membuat kita bisa berbagi dengan banyak orang

    ReplyDelete
  26. Seru banget bisa ketemu komunitas blog di kota sendiri. Aku juga lagi nyari di kota Bukittinggi tapi belum ketemu sampai sekarang. Memang harus bangga menjadi blogger, karena tulisan kita yang awalnya dianggap sebagai curhatan doank, tapi mana tau bagi orang lain menjadi informasi berharga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayukk gabung ke Padang aja Kak Dila dan kalau gak salah ada yg dari Bukittinggi juga. Nahh, jadi lebih bernaas curhatannya ya, Kak karna bisa jadi bermanfaat bgi orang lain.

      Delete
  27. menariiikk, tiap orang emang punya cerita sendiri2 tentang blog nya yaa, dulu aku pake blog buat nulis tugas2 kuliah sampe ada yang ngontak tanya2, tempat nulis pengalaman traveling dan keterusan deh sampe sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiik nihh.. Yang dari awalnya bikin tugas2 kuliah aja akhirnya ngeblognya keterusan sampai skrg, Mbak.

      Delete
  28. saya juga lulusan akuntansi, kak. ayo toss dulu sebagai sesama lulusan akuntansi, hehehe. Untuk jadi blogger bisa dari lulusan mana aja kok, termasuk lulusan akuntansi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss Mbak, semua bidang masuk asalkan kita punya minat menulis dan membaca yaa😊

      Delete
  29. Setuju banget nih, kalau ngeblog bisa jadi ladang amal bagi si blogger jika bermanfaat. Rasanya juga senang banget kalau tahu ada yang terbantu dengan tulisan di blog kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yess benar banget Kak. Semoga tulisan2 kita menjadi timbangan pemberat amal nanti dan tetap bermanfaat bagi pembacanya yaa😇

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak (Komentar akan dimoderasi) dan saling follow ya, thanks 🙏😊