Menikmati Destinasi Wisata Baru Meer Von Kandi Heritage Sawahlunto


Wisata-Baru-Sawahlunto-Sumatera-Barat
Menikmati Keindahan Alam Meer Von Kandi dengan pemandangan danau buatan serta bukit bekas tambang batu bara

    Pemandangan Sumbar selalu menciptakan ruang tersendiri di hati penikmatnya. Dan luar biasa rasanya kali ini menikmati perjalanan wisata lagi setelah asik dengan kesibukan lainnya. Namun kali ini refreshing kembali ke tempat yang disuguhkan oleh pemandangan alamnya yang sangat-sangat bagus dan menakjubkan sekali. Destinasi wisata yang satu ini masih berada di seputaran daerah Sumbar, Sawahlunto yakni "Meer Von Kandi Heritage". The real is Paradise😍

    Namun tak banyak yang mengetahuinya bahkan belum banyak juga yang tahu seperti apa sejarahnya? Nah, aku bakal share apa-apa saja yang diketahui tentang Meer Von Kandi ini. Penasaran seperti apa ceritanya, simak artikelnya terus ya!


Bagaimana Asal Usul atau Sejarah Meer Von Heritage ini?

Wisata-Baru-Meer-Von-Kandi-Heritage
Taman bunga yang cantik ini menjadi gerbang masuk ke kafe Meer Von Kandi

    Walaupun aku baru pertama kali mengunjungi destinasi wisata ini. Tapi kurang lengkap rasanya jika tak mengetahui asal usul Meer Von Kandi ini. Maka aku langsung deh tanya-tanya ke salah satu ibu warga di sana, hehehe.

Wisata-Baru-Meer-Von-Kandi-Heritage
Kreatif sekali, wahana ini dikelilingi oleh bunga-bunga cantik ini menjadi keindahan yang unik

    Singkatnya. Ceritanya Meer Von Kandi dahulu menjadi daerah yang masih jadi tempat tambang batu bara. Namun lama kelamaan tambang batu bara ini hanya lah tersisa tanah dari bekas galian batu baru yang terbentang luas. Nah inilah yang akhirnya terbentuk menjadi sebuah danau buatan. Danau yang berada di sekitar Meer Van Kandi ini sangat luas terhampar bahkan menjadi ikonik spot foto yang bagus saat kita pergi berwisata ke sana.

Wisata-Baru-Meer-Von-Kandi-Heritage
Berfose dekat danau buatan yang dihiasi oleh kapal-kapal kecil dan bukit bekas tambang batu bara


Bagaimana Perjalanan Menempuh Meer Von Kandi?

    Yap, kalau begitu bagaimana perjalanan ke Meer Von Kandi ini? Adakah yang penasaran? Baik, akan aku ceritakan secara rinci di sini. Jika sahabatulfah dari kota Padang maka hanya memakan waktu kurang lebih 3,5 hingga 4 jam saja ke Meer Von Kandi ini. 

Wisata-Baru-Meer-Von-Kandi-Heritage
Bersantai menikmati ayunan di depan danau buatan Meer Von Kandi


    Lokasi Meer Von Kandi ini di Sijantang Koto, Kec. Talawi, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Dari Kota Sawahlunto sahabatulfah bisa memakan waktu sekitar 20 menitan saja. 

    Jalanan yang dilalui cukup bagus walaupun jalanan di sana berbeda dengan kota Sawahlunto. Sebab kita akan memasuki jalanan yang mulai kecil dan berlika-liku. Wajar sih karena lewat perkampungan juga.

    Tapi setibanya di sana kepenatan di perjalanan akan terobati, hehe. Terlebih melihat wisatanya yang sungguh menakjubkan. Nah, untuk sahabatulfah yang ingin masuk cukup membayar tiket masuknya dengan uang 10.000 saja maka kita akan dapat menikmati semua fasilitas Meer Von Kandi sepuasnya.

Ikuti juga YouTube aku biar makin semangat jangan lupa subscribe, like dan share semua😁



Destinasi Wisata Meer Von Kandi Heritage Sawahlunto

    Kira-kira apa-apa saja destinasi di Meer Von Kandi Heritage Sawahlunto ini? Yuk disimak lagi. 

    Ada beberapa destinasi yang dapat sahabatulfah nikmati, seperti taman wisata, air terjun mini, sampan air, bukit-bukit batu bara yang menjulang di dekat danau buatan, dan berbagai wahana yang sangat bagus lainnya. 

Wisata-Baru-Meer-Von-Kandi-Heritage
Wahana lainnya yang dipenuhi oleh tempat duduk yang unik seperti tempat duduk bentuk jamur


    Selain itu, di tempat terpisah kita juga bisa masuk ke kebun binatang Meer Van Heritage ini.

Wisata-Baru-Meer-Von-Kandi-Heritage
Wahana lain yang berada di antara tempat duduk jamur


    Meer Van Kandi Heritage ini sangat luas sekitar 8 hekter. Konon kabarnya bakal dibuat penginapan yang bisa sahabatulfah rasakan saat ingin bermalam di sana. Wii keren gak tuh? 

Wisata-Baru-Meer-Von-Kandi-Heritage
Masjid berdiri kokoh dan sangat bersih dilihat dari gerbang cafe Meer Von Kandi

    Di sana juga terdapat tempat duduk-duduk yang sangat nyaman, ruang sholat yang bersih, dan kamar mandi dengan airnya yang jernih.

Wisata-Baru-Meer-Von-Kandi-Heritage
Masjid Meer Von Kandi

   Nah tempat ini bagus-bagus buat bisa dijadikan objek foto-foto di sana. Aku pun tak henti-henti mengambil momen bagus di sekitar ini. Karena view sekeren ini ditambah pula cuaca sangat mendukung. Biasanya di daerah ini terkenal cukup dingin, sewaktu tiba di sana kami disambut dengan cuaca yang tidak begitu terik. Jadi, cukup pas cuacanya buat menikmati seluruh Meer Von Kandi ini.

Wisata-Baru-Meer-Von-Kandi-Heritage


    Jadi perjalanan wisata ke tempat baru kali ini, Meer Von Kandi Heritage Sawahlunto sangat terbilang memuaskan. Aku pulang dengan suasana hati yang menyenangkan. Dan bisa jadi destinasi yang recomended untuk sahabatulfah yang ingin rekreasi bersama keluarga tercinta nih. Tempatnya yang sangat penuh wahana unik dan bervariasi bahkan tak bosan untuk memandangnya, pun terdapat danau buatan beserta barisan bukit-bukit tambang batu bara yang indah. 

    Nah, kalau sahabatulfah yang pernah ke sana bagaimana komentarnya tentang Meer Von Kandi ini? Yuk berbagi, kalau tidak ada bisa juga yang mau menambahkan tempat recomended lainnya atau tempat rekreasi yang menurut sahabatulfah bagaikan surga dunia seperti ini. See you in next artikel! 

Post a Comment

10 Comments

  1. selalu seneng deh baca tulisan perjalanan wisata, berasa jalan-jalan juga.. semoga ada kesempatan liburan ke sawah lunto seperti mbak Ulfah

    ReplyDelete
  2. Terima kasih ada rekomentasi tempat wisata yang keci seperti Meer Von Kandi. Melihat latar belakangnya sebagai tempat batu bara , hebat juga bisa dirubah menjadi tempat yang keren di Sawahlunto.

    ReplyDelete
  3. Terakhir ke Sawahlunto tahun 2018. Bagus juga ada destinasi baru disanaa sebagai alternatif wisata. Kreatif ya galian tambang batubara jadi danau dan jadi tujuan wisata yang cantik

    ReplyDelete
  4. Masya Allah cakep bener mbaak viewnya... Ada banyak spot kece juga buat dinikmati dan pastinya buat foto foto juga Jeje. Emang kalo di kabupaten tuh lebih banyak wisata alam atau yang bagus bagus yah haha

    ReplyDelete
  5. Jalanan di SUmatera Barat (setidaknya dari beberapa daerah yang pernah saya kunjungi) memang bagus, minim lubang. Terima kasih rekomendasi Meer Von Kandi-nya. Next jika berkunjung kembali ke Sumatera Barat, insya allah berkunjung ke sini.

    ReplyDelete
  6. Biasanya membaca dampak penambangan batubara yang negatif, sekarang baca yang dibuat wisata, cakep juga ya ternyata. Semoga adanya wisata ini bisa menguntungkan buat masyarakat lokal ya.

    ReplyDelete
  7. bagus ya, alih fungsi lahan eks tambang batu bara lalu terbentuk danau buatan dan dijadikan tempat wisata. saya jadi pengen kesana. eh ada rumah hobbit ya, hehehe.

    ReplyDelete
  8. Paling suka deh kalo liat pemandangan hijau banyak pohon kayak gitu rasanya adeeem banget. Makasih ya kak informasi nya jadi tau ttg destinasi wisata di wilayah Sumatra

    ReplyDelete
  9. Pernah ke Padang, tapi hanya sebatas mampir saja. Ini destinasi wisatanya masih sepi ya? Semoga selalu terjaga pesonanya sehingga banyak yang memutuskan wisata ke sana*

    ReplyDelete
  10. Iya ya, kayaknya kalau dibikin penginapan di daerah tersebut akan lebih menarik dan bisa bikin pengunjung stay lebih lama

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak (Komentar akan dimoderasi) dan saling follow ya, thanks 🙏😊