Wujudkan Bisnis Impian Go Digital bersama Software Akuntansi Kledo


Wujudkan-Bisnis-Bersama-Software-Akuntansi-Kledo
Wujudkan Bisnis Go Digital bersama Software Akuntansi Kledo

Pernah gak kamu berkunjung ke tempat Usaha Menengah dan Kecil (UMK) yang pencatatan bisnisnya masih bertumpu pada tumpukan kertas aja?    



  Kalau buat aku sih dulu ini ialah suatu pemandangan yang lazim ya. Saat aku mau pergi ke toko kecil, warung, bahkan juga pedagang kaki lima di jalanan. Semua bisnis-bisnis kecil ini masih memiliki pembukuan keuangan dengan metode lama di kertas aja. 


    Sebenarnya, bagi setiap pejuang cuan UMK pastinya ingin sekali menerapkan metode praktis dan cepat kan? Yap, pasti karena dengan sistem pengelolaan bisnis yang lama. Begitu pun aku karena sekarang sedang mengelola bisnis akan bersiap memperbaharui sistem pengelolaan bisnisnya. Tapi dulu itu pencatatan manual pada tumpukan kertas seperti ini pernah menjadi suatu pencatatan terbaik lho pada masanya. 


    Oiya, kalau sekarang bisa dibayangkan gimana kalau kamu masih saja menggunakan catatan manual. Gak  kebayang dong gimana hitungan laporan keuangannya dengan mengandalkan sistem pada kertas padahal yang dicatat bajibun, eh dikerjakan juga sendirian, auto blank itu, wkwkwk.
   

 Nah, ringkasnya pencatatan ini pernah aku pahami dan aku mau kasih gambaran ke sahabatulfah seperti apa langkah-langkah pembukuan dengan memakai pencatatan keuangan manual ini:


membuat-laporan-keuangan
Langkah-langkah pembuatan laporan keuangan manual



    Gimana? Panjang banget langkah-langkah tersebut dipakai dengan cara manual. Sungguh komplit kan. Untuk itu kita sebagai pebisnis kecil maupun pebisnis menengah salah satu cara terbaiknya untuk dapat menerapkan pengendalian dan perencanaan keuangan ialah menggunakan software akuntansi. Hal ini akan meningkatkan pendapatan bisnisnya dan jadi cara terbaik jika dikelola secara digital. Salah satu keuntungan mengelola keuangan digital ini ialah pebisnis UMK mudah menggapai tujuan bisnisnya. Sebab segala alokasi keuangannya dengan rapi di dalam  software akuntansi terbaik ini, sehingga bisnis sukses sesuai dengan hasil yang diinginkan. 





Tantangan Mengelola Bisnis secara Konvensional di Era Digital


"Pebisnis itu punya mental yang kuat. Mereka pantang menyerah dan tahan akan perubahan"


    Tantangan tiap pebisnis pastinya akan berbeda-beda. Satu hal yang pasti ialah "Pebisnis itu mempunyai mental yang kuat". Aku merasa kita satu pemikiran ya, sebab kita memaknai perubahan di era bisnis modern yang semakin pesat diikuti oleh perkembangan teknologi. Pebisnis harus siap akan hal itu, bahkan siap juga dengan kemungkinan merombak atau merubah sistem mereka dari awalnya konvensional seperti beralih menjadi sistem modern. 


    Oiya, sahabatulfah pernah gak dengar kata seperti ini "Kalau kamu ingin sukses berbisnis maka kuncinya ialah ide, modal dan punya semangat yang tinggi" Nah ini tepat sekali, Buds. 


    Setelah tau itu, seringkali kendala pada pebisnis pemula menganggap bisnis itu 'Yang Penting Asal Bisnis Jalan'. Terus pemikiran selanjutnya 'Ngapain sih mengelola keuangan bisnis? Ahh, kapan-kapan aja deh kan bisnisku aman-aman aja' Selebihnya pebisnis itu malas berbuat seperti membuat pencatatan keuangan terlihat seadanya aja. So, padahal sayang banget kan. 


    Dalam sebuah tindakan bisnis di UMK, kita paham apabila rutin mencatat sistem pembukuannya maka akan semakin tertata juga pengelolaan bisnisnya. Sangat banyak untungnya buat kita sebagai pebisnis UMK itu sendiri, kalau administrasinya dikelola terstruktur gini oleh digital maka sistem keuangannya akan terealisasi dengan baik 'Praktis, Terstruktur dan Terorganisir' oleh adanya digital


  Baik, aku mau sharing sedikit dalam berbisnis, aku punya tantangan tersendiri dalam pengelolaan keuangan ini. Aku memiliki background sebagai anak accountant.  Seringkali perasaan paling mampu melakukan segalanya ini terjadi padaku, hingga membuat pencatatan bisnis khusus sendiri aku coba. Sayangnya boro-boro, malah semakin banyaknya aktivitasku pencatatan toko kecilku ini malah tidak rutin diaplikasikan. Belum lagi, kita pernah berpikiran kalau punya pengalokasian keuangan tanpa dicatat pada kertas sekali pun alokasi keuangan bakal baik-baik aja kok. 


    Nah, ini jadi tantangan tersendiri. Dan akan gamang jika kita menikmati fase ini, merasa semua masih aman-aman saja saat sistem keuanganmu ternyata sebenarnya bermasalah. Hal ini tantangan yang mesti diatasi segera. Dan kita bijak memaksimalkan penggunaan aplikasi software akuntansi online, akan atasi segala permasalahan bisnis kita seputar manajerial keuangan bisnisnya.



Inovasi Teknologi Guna Bangun Bisnis Go Digital


Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia, sampai detik ini di Indonesia sudah ada 59 juta pelaku bisnis menengah dan kecil. Namun hanya 8 persen saja yang mengoperasikan bisnisnya melalui digital.

    Kalau issue yang sering terjadi, kira-kira apa yang menyebabkan pebisnis UMK tidak mau mengoperasikan bisnisnya secara digital? Mungkin saja, banyak yang tidak paham akuntansi dan tidak butuh pengendalian keuangan dalam bisnisnya. Padahal yang perlu kita garis bawahi, ternyata peningkatan ekonomi pebisnis UMK diprediksi bagus untuk meningkatkan ekonomi Indonesia kedepannya. Jadi semakin diperkuat sistem bisnis UMK ini maka bakal membawa pengaruh baik buat perekonomian bangsa kita di masa mendatang, Buds. 


    Tak dapat dipungkiri, sekarang  era transfomasi digital bisnis. Bisnis akan semakin berdaya saing, dari kancah nasional hingga internasional. Inovasi pengelolaan bisnis pun gencar dilakukan, berbagai cara atau sistem dibuat. Nah, kalau begitu sangat penting kan bagi pebisnis UMK dekat dengan digital biar bisnisnya makin melejit. Dan perlu terus upgrade bisnismu lewat digitalisasi ini.  Sebab perubahan teknologi inilah membuat UMK kita meningkat dan otomatis ikut berpartisipasi pada perubahan ekonomi Indonesia, ekonomi Indonesia makin naik kelas ke level perekonomian berkelas.



Manfaat Pebisnis UMK yang Melek Digital

1. Mengubah Pola Pikir, Perilaku, dan Aktivitas Pebisnis UMK Lainnya 



    Kenapa pebisnis UMK yang melek digital dapat mengubah pola pikir, perilaku dan aktivitas pebisnis UMK lainnya? Benar, karena pebisnis UMK dapat memaksimalkan waktunya untuk hal-hal urgent lainnya. Nah, sebelum menggunakan digital banyak pemikiran kuno yang menghambatnya seperti 'ribet tuh yang penting ada uang, ada barang yang dijual, bisnis tetap jalan'. Pada dasarnya yang memakan waktu lama itu ya semua transaksi dicatat satu per satu. Namun dengan adanya sistem berbasis digital kini pebisnis tidak lagi dipersulit, selain itu bisa memanfaatkan waktunya yang lain juga untuk meningkatkan skill-nya yang lain.


2. Menghindari Kesalahan atau Human Error


    Untuk menghindari hal yang sering terjadi pada pebisnis UMK yang masih menggunakan pencatatan manual ialah melek dengan sistem digital. Dalam kesalahan pengelolaan dan pengendalian tersebut yang akan berdampak buruk tentunya kualitas bisnis kita. Dan buat pebisnis UMK yang punya kesibukan lainnya keberadaan digital ini sangat membantu sekali. Karenanya semua kegiatan bisnismu dapat dipastikan 100 persen pengendalian sistemnya semakin terarah. 


    Jadi kenapa pengelolaan bisnis yang baik justru mencerminkan kesuksesan bisnismu karena pengambilan keputusan bisnis juga baik diikuti dari pengelolaan sistem performa laporan keuangan yang tersistem oleh digital. Nah, penggunaan sistem digital ini sangat meminimalisir human error sekali kan. 


Dilansir dari buku "Human Factors In Engineering and Design, Sander dan Mc Cormick " penyebab terjadinya human error salah satunya ialah perubahan perilaku manusia yang kurang tepat. Dimana sikapnya kurang teliti sehingga akan berpotensi buruk, hal ini justru mengurangi efektivitas dan performa sistem bisnismu kedepannya.



3. Temani Perjalanan Terbaik buat Pebisnis UMK


    Perjalanan dalam mengembangkan bisnis menjadi prioritas utama bagi pebisnis UMK. Pada tahu semua kan, kalau bisnismu beradaptasi dengan dunia digital maka akan semakin terorganisir bisnismu dan menghindari kegagalan dalam pencatatan keuangannya. Begitu ternyata perjalanan bisnis terbaik didapatkan ketika bisnismu saling berintegrasi menjadi satu kesatuan yang utuh lewat kemajuan digital ini. Setuju? 


    

  Cerita Perjalanan Membangun Bisnis Retail dan Kos-kosan Berawal dari Sistem Konvensional hingga Sistem  Digital


TOKO ULFAH Bidang Retail

    

 

   Btw, aku mau berbagi pengalaman nih. Bisnis kami bergerak di bidang barang dan jasa yakni toko retail dan kos-kosan mahasiswa. Awal-awalnya bisnis ini masih dikelola secara konvensional. 


   "Ohh Kakak yang Ulfah ya? Dengan owner-nya kali berarti saya ngobrol" Yap, nama bisnis retail kami "Toko Ulfahwalau sebenarnya bisnis ini tumbuh dan dipercayakan atas dasar keinginan dari kedua orangtuaku untuk membuka bisnis karena saat itu Papaku telah pensiun. Kami pun beralih ke dunia bisnis, baik bisnis retail maupun bisnis kos-kosan.

    

    Dengan modal utama kami selain, ide, modal, dan semangat yang tinggi namun kami melihat banyak peluang bisnis yang terbuka lebar untuk kami memulai bisnisnya, dari peluang inilah kami membuka bisnis tersebut, diambil dari dua keputusan terbaik sebagai berikut yaitu: 

   1. Tata Letak Strategis  : "Lingkungan komplek rumah kami terletak di antara kos-kosan wilayahnya kampus, pasar raya dan perumahan juga. Komplek yang kami huni ini sengaja kami pilih dekat dengan kos-kosan, kampus, perumahan dan pasar raya. Hingga akhirnya kami membuka bisnis kos-kosan sekaligus bisnis toko retail. Kedua bisnis ini dibangun karena letak rumah kami yang strategis" 

2 . Kebutuhan Pelanggan : "Saat awal toko ini dibuka, persediannya tidak begitu lengkap. Namun kebutuhan mahasiswa yang ingin semua kebutuhan sehari-harinya tersedia. Maka kami akhirnya memenuhi permintaan pelanggan itu semua"

   Kami membangun kedua bisnis ini sejalan. Karena kami meyakininya bahwa  “Kalau bisa berjalan berbarengan kenapa nggak Alhamdulillah, pelan-pelan tapi pasti bisnis ini pun berjalan lancar. Tapi ternyata tidak semudah itu bahkan seperti menaiki roller coaster, kami menjalaninya. Karena di hari-hari pertama itu kami agak terkejut dengan perubahan aktivitas ini bisa dibilang karena baru terjun di dunia usaha. Namun bisnis kami ini menjadi satu-satunya bisnis di komplek ini. Sampai permasalahan kami yang belum menemukan supplier barang yang datang sehingga persediaan barangnya pun terbatas. 



BISNIS Kos-kosan Ulfah


    Dan bisnis kos-kosan inilah yang mendukung bisnis utama kami. Bisnis kos-kosan ini berada di belakang dan di samping rumah kami. Nah, bisnis kos-kosan di sekitar rumah kami kos-kosan kami tidak dilengkapi oleh kebutuhan lahan parkir yang aman. Maka kami atasi dengan adanya lahan parkir di kos-kosan kami yang punya safety yang kuat, karena mempunyai pagar berlapis untuk masuk ke tempat parkir ini. Di tiap pagarnya diberi pengaman yang sangat kuat agar lebih aman.


      Bisnis yang tak begitu lama ini kami geluti cuma berbasis manual. Hingga muncul pemikiran, akankah bisnis ini memakai pengelolaan sistem manual saja dan mampukah jika tidak bertranformasi dengan kebutuhan keuangan berbasis digital kedepannya? 


   

 Untuk itu, kami harus berupaya beradaptasi dengan cepat pada sistem bisnis yang tepat seperti segera memilih membangun bisnis dengan perencanaan go digital.



Pilihan Membangun Bisnis Go Digital saat Ini

    Buds, sepakat kah kalau sekarang itu perkembangan teknologi jadi pilihan yang tepat bagi pejuang cuan untuk perencanaan hingga pengelolaan bisnisnya? Kalau aku sih yes, karena adanya kehadiran teknologi ini UMK kita berkembang, lho.

    

Perkembangan digitalisasi ini seakan menjadi pilihan terbaik untuk bisnismu. Kenapa?  Karena menjadi keputusan yang pas jika peran digitalisasi dimaksimalkan terus. Dan kamu akan berada pada dua pilihan yaitu, "Bisnismu akan berkembang pesat dan tepat atau bisnismu akan tertinggal jauh karena tidak mengikuti perkembangan digital"



Berbisnis di era digital saat ini seakan memudahkan pebisnis sekali. Contohnya, untuk pengelolaan bisnisnya dalam perlakuan menghitung keuangan bisnis, persediaan barang, dan apapun pencatatan bisnisnya akan dimudahkan oleh software akuntansi ini. 


    

    Pengelolaan keuangan berbasis digital ini dapat menganalisis laporan laba ruginya setiap bulan, menghitung performa penjualan dan pembelian secara detail, serta arus masuk dan keluar bisnismu tersebut akan dapat diketahui langsung.


    Berbeda jika sahabatulfah mengerjakannya sendirian pembukuan laporan keuangannya. Sungguh memakan waktu lama. Nah, bagiku kalau bisa simpel dan cepat kenapa nggak? Begitu pendapatan bisnismu dirincikan oleh sistem digital maka pencatatannya akan terorganisir. 


    Pilihan itu ada di tanganmu. Karena manajerial bisnisnya akan bagus dan tertata rapi dengan pilihan membangun sistem  bisnisnya secara digital. Yuk, tentukan pilihanmu!


  


Beberapa Keuntungan Mengelola Sistem Bisnis Berbasis Digital:



     Kemudian aku bertanya-tanya, apa lagi keuntungan yang didapatkan jika mengelola sistem berbasis digital. Nih, penjelasannya.





(1). Menampilkan Informasi Perusahaan yang Lebih Lengkap   

 Sistem bisnis berbasis digital ini ibaratnya selengkap itu menyajikan informasi-informasi perusahaan dengan akurat. Informasi perusahaan ini bukan profil perusahaanya saja, melainkan seluruh kegiatan dan aktivitas transaksi-transaksi keuangan.


(2). Meningkatkan Performa Perusahaan

    

    Performa perusahaan yang sistemnya berbasis digital itu sangat baik. Karena peningkatan kinerja perusahaan yang sangat jelas dan cepat dengan sistem digital seakan memberikan hasil terbaik pula kepada pebisnis UMK ini. 


(3). Menyelesaikan Permasalahan Keuangan dengan Mudah


    Menyelesaikan permasalahan keuangan ini seperti momok meneakutkan bagi pebisnis UMK. Aku yang pernah merasakan ketika perkuliahan dulu, betapa beratnya perkara angka nol yang hilang atau perbedaan selisih yang tidak jauh beda tapi itu jadi permasalahan yang sangat berat untuk diperbaiki kembali. Sehingganya jika terjadi lagi masalah keuangan bisnis ini, tentunya sistem bisnis digital akan sangat cepat memberikan penyelesaian tersebut karena sistem akan memberitahu itu.


(4). Memudahkan Pebisnis UMK untuk Mengetahui Apakah Keuangan Bisnisnya Sehat atau Tidak


    Dan yang tak kalah pentingnya, keuntungan bagimu jika bisnis sudah berbasis digital maka akan tahu apakah kondisi keuangan bisnismu baik atau tidak. Jika kamu melihat keadaan keuanganmu minus atau mengalami kerugian pastinya kamu tahu apa yang bikin keuanganmu itu bisa minus, bisa jadi karena terlalu banyak tunggakan utang dari pelanggan atau beban lainnya yang butuh kamu evaluasi agar financial bisnismu berjalan lancar sebagaimana mestinya.


Pada setuju kan semuanya?



Wujudkan Bisnis Impian Go Digital Bersama Software Akuntansi Kledo  


Software-Akuntansi-Online-Kledo




    Nah, saatnya bisnismu naik kelas nih bersama perkembangan era digital ini. Aku pun langsung terkesan dengan sebuah aplikasi software akuntansi online terkemuka di Indonesia. Yap, menariknya aplikasi itu bernama Kledo. Kemudian Kledo ini apakah cocok buat bisnisku seperti bisnis retail dan kos-kosan ini? Lalu aku mencari tahu informasi dari software akuntansi yang cocok buat pejuang cuan seperti bisnis aku nih. Dan inilah jawabannya yaitu Kledo software akuntansi gratis solusi yang tepat bagi bisnisku atau pun bisnis sahabatulfah yang masih memakai sistem bisnis secara konvensional. 



    Apa itu software akuntansi Kledo? Software akuntansi online yang membantu kelola keuangan bisnismu ini dikembangkan oleh PT. Kledo dan berkantor pusat di Yogyakarta. Saat ini Kledo telah digunakan lebih dari 10.000 perusahaan dari berbagai industri di Indonesia. Kledo merupakan aplikasi software akuntansi cloud terbaik dan terlengkap di Indonesia. Kledo hadir untuk mempermudah bisnismu dalam pembukuan laporan keuangannya. Wah, menarik sekali kan, Buds! 




    Secara garis besar, Kledo mengelola sistem bisnismu dalam dua hal yaitu Keuangan dan Stock. Setiap keuangan dan stock ini berdasarkan transaksi-transaksi bisnismu. Yuk, coba pelajari dalam blog Kledo bagaimana sistem pemrosesan transaksi dalam bisnis. Dan untuk sahabatulfah yang ingin merasakan manfaat digital ini maka kamu bisa langsung registrasi saja, Buds. Gimana sih cara registrasinya? Begini caranya, simak terus ya! 


Registrasi Akun Software Akuntansi Kledo



Untuk registrasinya sangat gampang sekali, sahabatulfah cukup registrasi dengan langkah-langkah berikut ini:

1.  Download Aplikasi Kledo via Playstore, App Store, dan bisa juga registrasi lewat website Kledo

2. Isikan data-data diri dan data perusahaanmu. Dan akan diminta mengisi sebagai berikut:

    - Nama Lengkap

    - Nomor Telepon

    - Email

    - Nama Perusahaan

    - Jabatan di Perusahaan

    - Jumlah Karyawan

3. Kamu tinggal tunggu beberapa menit saja email masuk dari Kledo yang berisikan link login dan password kamu

4. Lalu login dengan password yang diberikan Kledo kepadamu

5. Selesai


Fitur-fitur yang Dimiliki Software Akuntansi Online Kledo


    
    Gak sabaran aku pengen mengaplikasikannya pada bisnisku. Maka selanjutnya aku penasaran mengetahui apa-apa saja fitur-fitur yang bisa aku miliki bersama Kledo ini. Dan ternyata banyak sekali, Buds. Inilah fitur-fitur bermanfaat dari aplikasi Kledo:

1. Dashboard Beranda


Dashboar-Beranda-Kledo



    Buds, saat awal masuk ke aplikasi ini. Lalu dashboard Beranda inilah tampilan pertamanya yang akan kamu lihat ketika berhasil login Kledo nanti. Ini menampilkan berbagai macam fitur-fitur lengkap Kledo seperi fitur penjualan, fitur pembelian, fitur biaya, fitur produk, fitur laporan, fitur kas & bank, fitur aset tetap, dan fitur kontak. Wah lengkap sekali, kan? Penasaran ada apa saja di dalamnya. Baik, simak terus ya.



2. Fitur Penjualan


Fitur-Penjualan-Kledo
    
    
    Kalau fitur penjualan ini bagaimana ya? Nah, menariknya sahabatulfah bisa mendapatkan semua performa penjualan tiap bulannya, performa akan disajikan dalam bentuk diagram dan grafik. Selain itu, dari fitur penjualan kamu dapat data-data informasi tagihan, pengiriman, pemesan, dan penawaran. 

3. Fitur Pembelian


Fitur-pembelian-kledo


    Tak lengkap rasanya jika hanya ada fitur penjualan saja. Maka selanjutnya ada fitur pembelian yang berisikan lengkap performa pembelian bisnis tiap bulannya. Hal ini sama dengan fitur penjualan disajikan dalam bentuk diagram dan grafik pula. Ditambah informasi-informasi yang lain seperti tagihan, pengiriman, pesanan, dan penawaran pembelian. Keren kan!


4. Fitur Biaya


Fitur-biaya-kledo

  

  Fitur biaya sama seperti namanya, sangat komplit menyajikan semua biaya yang dilakukan bisnismu tiap bulannya, dan informasi terkait lainnya seperti biaya yang belum dibayar, biaya yang masih dibayar sebagian, yang sudah lunas, yang telah jatuh tempo, hingga biaya yang transaksinya berulang dilakukan. 


5. Fitur Produk


Fitur-produk

 
    Ini kalau penting buat bisnis aku tadi karena sering tidak nampak persediaannya itu. Di sini akan dikelola oleh fitur produk yang menyajikan kepadamu pergerakan stok, jenis produk, stok per kategori, jenis per kategori, ketersediaan produk, bahkan hingga transaksi-transaksi produkmu.

6. Fitur Inventori


Fitur-inventori-kledo

    Fitur inventori ini mencatat semua informasi yang berisi data-data persediaan produk keseluruhan.

7. Fitur Laporan


Fitur-laporan-kledo

     

    Fitur laporan, kalau bisnismu ingin naik kelas maka salah satunya mengelola laporan keuangan ini. Fitur ini berisi semua laporan seperti laporan keuangan yang terdiri atas arus kas, neraca, laba rugi, perubahan modal, dan lainnya. Laporan penjualan, laporan pembelian, laporan biaya, laporan pajak, laporan inventorilaporan aset tetap, laporan utang, dan laporan lain-lainnya.


8. Fitur Kas & Bank


Fitur-kas-dan-bank-kledo

    Nah, fitur kas dan bank ini hanya mencatat terkait kas dan bank saja.  Dan terdiri atas 3 komponen yaitu transaksi kas, rekening bank, dan transaksi giro.


9. Fitur Akun


Fitur-akun-kledo

     Fitur akun ini sangat lengkap, hampir semua akun-akun akuntansi ada. Fitur akun dapat mencatat terkait akun kas dan bank, piutang, persediaan, aktiva lancar, aktiva tetap, depresiasi dan amortisasi, hutang, harga pokok penjualan, dan segala beban-beban lainnya.    

10. Fitur Aset Tetap


Fitur-aset-tetap-kledo
 
    Fitur aset tetap yang mencatat secara lengkap terkait aset tetap yang dimiliki oleh perusahaan atau bisnismu.


11. Fitur Kontak


Fitur-kontak-kledo
 
    Fitur kontak, fitur ini menyajikan secara lengkap terkait kontak-kontak penting dan tersedia juga alamat lengkap dari kontak-kontak tersebut.


12. Fitur Pengaturan


Fitur-Pengaturan-Kledo

    Terakhir yaitu fitur pengaturan. Fitur ini menyajikan secara lengkap apapun yang ingin kamu edit terkait pengaturan-pengaturan profil perusahaan, pengaturan alur bisnis, pengaturan audit, dan pengaturan yang dibutukan untuk bisnismu lainnya.


    Gimana? Sangat lengkap sekali kan! Segala fitur-fitur Kledo ini akan membantu pejuang cuan dalam membangun bisnisnya yang sukses. Siap-siap bisnismu makin cuan.



Pengalaman Mewujudkan Bisnis Impian bersama Kledo


    Pengalaman aku setelah menggunakan aplikasi Kledo ini. Akhirnya aku merasakan juga pengelolaan bisnis retail dan kos-kosanku ini memakai software akuntansi digital. Menikmati fitur-fitur dengan fungsinya yang sangat lengkap. Serta menjawab segala pertanyaanku selama ini. Yeay!!!  Dan aku sudah menikmati sistem bisnisku baik di bisnis retail dan kos-kosan kini makin praktis pencatatannya, terstruktur dan terorganisir. 


Pengalaman-Mewujudkan-Bisnis-Impian-Kledo



    Sepengalaman aku menggunakan Kledo ini, aku tidak perlu pusing lagi dalam mengatur keuangan bisnisku, gak ribet lagi membuat laporan keuangan satu per satu hingga semua keuntungan dan kerugian bisnisnku kini sudah jelas pengelolaannya. 


    Sahabatulfah akan menjadi 10.000 dari pebisnis lainnya yang telah dibantu oleh sistem akuntansi Kledo iniHayukk, sahabatulfah jadi pejuang cuan bersama software akuntansi Kledo ini! Sekarang giliran kalian, sahabatulfah!


    Mulai sekarang aktivitas bisnis aku dan bisnis sahabatulfah jalankan tidak perlu ribet lagi dan makin terorganisir laporan keuangannya. Yang tak kalah pentingnya lagi, bisnis kita makin cuan lagi karena dibantu oleh aplikasi Kledo ini. Karena sistem pembukunann keuangannya serta layanan fitur terlengkap yang membuat bisnis kita makin optimal bersama software akuntansi Kledo.


Referensi:

-  Pengalaman pribadi

-  Infografis: Ulfah Aulia - sahabatulfah, diolah dengan aplikasi canva

-  https://kledo.com/blog/

-  https://kledo.com/blog/sistem-pemrosesan-transaksi/


    Artikel ini diikutsertakan dalam lomba Blog- Kledo Blog Competition yang diselenggarakan oleh Kledo.com

Post a Comment

30 Comments

  1. Wah aku baru kenal Kledeo Kak, kayaknya bakalan cocok untuk bisnis rumahan juga ya karena sistem pencatatan keuangannya jadi lebih teratur dan rapi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cocok banget kak.. Aku biasanya pake software akuntansi ini buat pencatatan keuangan bisnis rumahan juga..

      Delete
  2. Kledo fiturnya lengkap pake banget nih, Kak. Mantab sekali nih, kayaknya kudu usul ama orang kantor biar bisa ikutan pake kledo atau buat istri di rumah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betull Kak... Bisa dong, terima kasih Kk...

      Delete
  3. Kledo bisa jadi solusi untuk wirausahawan/Wati yg ga suka atau ga bisa akuntansi kayak saya nih mbak..makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betull banget kak.. Sama-sama kak, semoga bermanfaat...

      Delete
  4. Mau sukses bisnis bukan hanya dengan jurus marketing yang OK. Pengelolaan keuangan juga sangat perlu. Bagus nih ada aplikasi Kledo. Sangat membantu pebisnis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, pengelolaan keuangan juga penting...

      Delete
  5. Sistem bisnis dengan go digital ini jadi mudah untuk dikenali dan dalam hal pencatatan lebih rapi, karena inilah bagusnya memanfaatkan software akuntansi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya cocok bagi bisnis yg ingin go digital Mbak dgn memakai software akuntansi..

      Delete
  6. Secanggih itu sudah sekarang. Ada aplikasi yang bisa mengelola keuangan. Bakal lebih mudah dan teratur juga. Recomended nih aplikasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar keuangan aja udah bisa dikelola digital ya Mbak, canggih bener...

      Delete
  7. Usaha tanpa pembukuan itu bagai surabi pedas tanpa oncom, haduh pasti kacau rasanya. Pembukuan keuangan wajib banget buat bisnis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe setuju Mbak, bisnis butuh bngt pembukuan keuangan ini...

      Delete
  8. Zaman sekarang kita itu banyak dimudahkan dengan aplikasi dan teknologi digital. Kalau ada pembukuan akuntansi seperti ini lebih praktis ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaya Mbak, sungguh praktis dan efisien pokoknya deh...

      Delete
  9. Bisnis itu emang susah2 gampang. Apalagi terkait cashflow. Kalau pembukuan nggaj baik, bisa2 nggak sehat itu keuangannya. Yang ada makai pos pos yg seharusnya gak dipakai. Wajib banget skg yg punay bisnus pakai kledo!

    ReplyDelete
  10. Bener banget nih sering terjadi biasanya malas bikin pencatatan keuangan, jadinya terlihat seadanya aja. Padahal ini harus ketat, perintilan kayak biaya parkir juga harus dicatat. Mungkin mikirnya karena cuma bisnis kecil-kecilan jadi ga terlalu diperhatiin padahal penting.

    Pake Kledo ini mantap banget sih aplikasinya biar cuan makin maksimal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya Kan Mas... Padahal penting pencatatan walau sprti printilan kecil2 itu biar bisnis makin cuan...

      Delete
  11. Keren banget! Aku bisa rekomendasiin aplikasi ini ke teman-teman yang punya usaha dan bisnis nih biar keuangannya tertata rapi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik, terima kasih Mbak Asty dan semoga bermanfaat buat teman2nya...

      Delete
  12. Jadi pengen belajar tentang aplikasi ini semoga bisa diaplikasikan dengan usaha yang ada, trmksh sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belajar biar makin cuan juga ya kan Mbak, hehehe. Sama-sama Mbak, semoga bermanfaat ya...

      Delete
  13. kalau sudah menjadi kebiasaan apalagi nyaman dengan model konvensional memang agak sulit sih, kak.. kayak juragan saya nih, masih ada manualan, wkwkw. Kalau udah ketemu sesuatu yang menyulitkan seperti kesulitan mencari harga modal awal, stok dan catatan tertentu karena hilang atau kebuang, baru deh, hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ini yang sering aku temui dulu itu Mas. Skrg pun ada beberapa sih, kayak gak kapok2 pake cara manual, nah pas bermasalah baru deh panik... Semoga itu jadi pelajaran jga buat kita sbg bisnis pemula dan profesional spti Kang Dirman ini, wkwkwk

      Delete
  14. wah keren kak, go digital banget ini. apalagi bisnis retail dan kos-kosan gitu ya, kalau perencanaan keuangan kacau bisa kacau juga bisnisnya. semangat kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus semangat, Kak... Nah semoga sukses jga ya Bisnis online Kak, hehe

      Delete
  15. Aplikasi yang keren ini sangat membantu semua kebutuhan terutama perencanaan keuangan dan bisa membuat bisnis lancar

    ReplyDelete
  16. wah saya juga baru kenal sama Kledo ini, ternyata software akuntansi juga bisa berbasis digital yaa, selama ini aku masih tradisional *yang masih ga teliti hehe

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak (Komentar akan dimoderasi) dan saling follow ya, thanks 🙏😊