Akhir Kisah Skripsi Ini, The End to The Start

September 14, 2021


Sebelum aku bercerita, aku mau disclaimer dulu cerita ini menguras perasaan karena yang aku tuliskan di sini persis mengacak-acak pikiran dan hatiku. Aku menuliskan ini murni kok sebagai tulisan untuk berbagi, akupun berharap tulisan ini menginspirasi kepada para pejuang skripsi.


Tahun ini, tahun dimana aku resmi jadi mahasiswa tingkat akhir. Dan sebagai mahasiswa akhir kita hanya butuh ekstra sabar, super duper kuat, pokoknya harus banyakin doa deh.



Kalau boleh dibilang sebenarnya aku berjuang sendiri, support yang paling kuat itu adalah berdoa sembari menangis dihadapan-Nya dan lihat muka orangtuaku. 

Ya, hanya dua itu. 



Bahkan aku bilang berjuang sendiri karena tidak ada orang-orang terdekatku yang paham skripsi ini. Ya ibaratnya kata aku hanya minta bantuan yang bermodalkan banyak referensi website dan library kampus saja.



Dan aku terus menerus curhat sama-Nya, orangtua, dan orang-orang terdekat. Bagaimana perasaanku saat itu, aku cuma bisa menahan rasa takut, bimbang dan cemas. Loh kenapa, aku takut benar tidak bisa lulus tahun ini. Kalau tidak lulus aku harus bayar uang kuliah lagi dan itu gak murah, aku cuma merasa jadi beban buat orangtuaku. Padahal itu hanya pikiranku saja.



Tiba akhirnya saat itu beneran down, aku merasa sangat butuh kekuatan tapi overthinking terus menerus terjadi. Mereka berkecamuk di dalam pikiranku.



"Gimana fah, gak mungkin lulus tahun ini"

"Fah, skripsinya mau sampai kapan revisinya?"

"Udah revisi pun ini kenapa belum juga acc? Padahal cuma sedikit salahnya"

SAMPAI KAPAN??



Serius, aku cuma bisa mengadu ke Allah, aku yakin Allah membantuku. Percayalah semua itu pasti berlalu. Tapi sampai kapan. Pun mau sujud lama-lama karena aku ingin Allah memeluk diriku sambil bilang " Aku selalu ada mendukungmu" Begitu aku berharap seruan Allah berbisik di telingaku.


Tidak perlu menyalahkan keadaan saat ini, biarkan diri kita berdamai dengan keadaan ini.



Judul Pertama yang Ditolak 


Alasannya ditolak ini, pertama karena judulnya terlalu umum, terus kedua yang meneliti juga terlalu banyak alias pasaran. Oke, aku setuju. Bahkan dengan lapang dada judul ini aku lupakan. Lalu memutuskan untuk mencari referensi judul.


Masih terngiang sih, kalau mencari judul mesti cari yang disukai, terbaru dan punya fenomena/masalahnya. Gitu aja, baru awal kok udah berat rasanya. And then, aku yakin memilih judul ini bakal diterima, karena judulnya tidak biasanya. Agak ngeri yah, tapi aku malah tertantang untuk mencobanya. Bayangkan, begitu aku serahkan judulnya ke penguji, benar saja beliau langsung ACC. Alhamdulillah.




Tantangan Skripsi yang Dihadapi



Ini pertanyaan besar yang terpikirkan, bagaimana nanti kalau aku ngga mampu menyelesaikannya atau buntu di tengah jalan gitu. Terlebih pembimbing yang bimbingan mesti offline alias tatap muka. Di satu sisi, aku suka karena bimbingan offline ini lebih mengerti. Namun aku harus bolak balik ke rumahnya di tengah kondisi pandemi. Karena online pun proposal kita harus diantar ke rumah beliau. Ini tantangan yang terjadi, karena harus siap dicoret-coret dan ditanyain apa yang kita buat itu.



Alhasil, aku bingung gimana caranya supaya tidak banyak revisi. Gimana caranya ya? Aku putuskan menuliskan sambil membacanya dengan suara sehingga kata perkata rapi gitu. Entah kenapa selalu diperhatikan satu persatu oleh dospem, malah tanda aja dikomentari banget, pokoknya hal-hal kecil gitu deh dikomennya. Tapi semua anak bimbingannya begitu. Dan saat itu, aku berusaha gak membuat kesalahan kecil lagi. Walau selalu ada yang tidak sesuai. 




Niat di hati ingin merubah sedikit kesalahan ini, siapa yang gak down coba saat jadwal ujian akan berakhir. Memang kalau di awalnya kita gak kuatin diri, mungkin udah mundur alon-alon nih. Tapi tetap sabar ini ujian menghadapi tantangan ini.



Terlebih sakit banget saat karya kita dibilang copas dari punya orang. Sakit banget pokoknya, kalau kita disuruh merubah ini dan dibuat salah lain lagi untuk mencari kalimat yang pas. Wahh ekstra sabar deh.



Seperti lagu pernah dari Azmi, tapi sakitnya ini lebih sakit saat ditinggal di lagu pernah ini. Karena lagu pernah ini sakitnya melihat doi pergi sama orang lain dan menduga doi akan membagi cinta. Tapi kalau ini malah lebih sakit, karena mau marah gak bisa, mau sabar harus sabar banget, kadang bisa mau berhenti tapi orang tuaku selalu bertanya dan lewat di depanku.



" Gimana bimbingannya?"

" Udah daftar sempro? Kompre?"

" Kapan wisudanya?"



Ahh ini benar-benar tidak enakan banget pertanyaannya. Tapi aku tau mereka juga ikut merasakan apa yang aku rasakan. Mereka gak baik-baik saja saat aku merasa demikian, alhasil pertanyaan itu selalu terlontar. Gapapa, mereka jadi pengingat aku kalau perjuangan ini bukan buat aku seorang saja, tapi buat mereka juga. Ya, gapapa mereka mengingatkanku saat aku terlena, pokoknya semua karena mereka.  




Tiap Minggu Jadwal Sempro, Aku Kapan?


 

Karena jadwal sempro di kampus punya target waktu dan kapan berakhirnya. Ya, karena dalam setahun kampus hanya dua kali saja wisudany. Dan wisuda cuma bisa di bulan Oktober dan April. Nah, jadwal wisuda hanya bulan Oktober ini gak bisa, maka aku harus bayar uang kuliah sampai bulan April. Kalau itu terjadi aku bakal hiatus dari sosial media. Menutup mereka semua, menghindari pertanyaan yang membuatku sakit untuk kesekian kalinya. 


Pokoknya tiap jadwal sempro keluar, saat melihat nama teman-teman, aku gak bisa tidur. Terpikir lagi, bahkan sampai tidak bisa tuk tidak berhenti nangis. Support aku cuma nangis di sujudku dan melihat kedua orangtuaku. Karena aku masih tinggal bersama orangtua, jadi tiap kali mereka lewat aku pengen minta maaf. Tapi aku jadi anak yang pengecut, kata maaf, terima kasih, dan I love you itu sungguh berat diucapkan langsung padahal di hati bergejolak. Ada yang sama? Hehehe toss...


Dan saat teman sebimbingan aku maju satu persatu. Namun beberapa orang lagi termasuk aku masih belum diberikan kepastian, alias belum ACC. Aku mau down untuk kesekian kalinya, apalagi saat pembimbingku bilang.



"Kalau lanjut sempro, jangan ada ada yang proposalnya yang salah-salah lagi"



Ya ampun, gitu aja terus. Tapi aku selalu yakin bahwa “Semua mahasiswa itu punya tantangan dan masalah tersendiri” Nah, kalau di aku dospemnya yang agak susah untuk memberikan kepastian itu. Dahlah,  gak bisa berbuat apa-apa lagi. 




Detik-Detik Terakhir Sempro


Aku benar-benar putus asa, apalagi chatnya gak dibaca sama dospem. Trus berulang kali aku menchat teman-temanku yang belum melakukan sempro juga. Kami sama-sama nangis dong. Ini bukan cengeng ya, tapi keadaan yang lagi pas buat nangis sejadi-jadinya. 


Malam ini rencana aku pergi ke tempat nenekku gagal. Aku yang mau silaturahmi tapi gak jadi. Sebab, air mataku kian deras mengalir. Sampai di titik, aku ditanya sama orang tuaku. Aku yakin kalau sudah seperti ini keadaannya, aku pasti akan nangis lagi. Gak kuat ditanya gitu. Tapi mereka malah mendukungku. 


"Kami tau kamu udah berusaha lebih, Nak. Perbanyak aja berdoa, minta sama Allah. Pasti ada jalannya"


"Aamiin"


Tau gak saat aku curhat begitu, gak tau kenapa hatiku lega banget. Tapi di satu sisi, air mata tetap keluar, mewek dong.


Dan tiap kali aku meminta, memohon jalan terbaik. Aku terus berdoa sembari baca shalawat nabi. Akhirnya keesokan harinya dospem aku balas dan bilang besok ke rumahnya. Aku yakin ini cara Allah membantuku, Dia tau aku sedang kesusahan.


Besoknya aku konsul walau ada sedikit revisi, tapi kali ini kami bilang ke dospemnya, jadwal mendaftar sempro akan segera tutup. 


Baik! 


Keesokan harinya, tiba di rumah dospem, aku sudah di ACC. Antara senang sama kecewa. Senang karena di-ACC, kecewa karena harus menggunakan kalimat terakhir baru di-ACC. Walaupun gitu, setiap shalat aku menangis dan minta dimudahkan. Minta doa dan restu orangtua juga. Tapi Allah tau aku kuat dan bisa menjalaninya. Alhamdulillah aku dapat jadwal sempro hari jumatnya selang beberapa hari setelah di ACC. Waaw.


Dan saat ujian sempro aku diberi dosen yang terkenal killer di jurusanku. Hari sebelum sempro aku mengurus SIM, aku pergi sebelum di-ACC oleh dospem. Jadinya, aku beneran merasa down bakal gak bisa lulus tahun ini. Tapi ternyata beliau menerima proposal aku, dan nama aku langsung keluar untuk jadwal Minggu ini. 


Tau gak manteman? Aku shock di antara beberapa orang yang antri saat mengurus SIM. Salah seorang tercengang melihatku. Aku beneran kaget mendapatkan dosen-dosen tersebut. Gak nyangka, tapi itu sudah harus dihadapi lagi. Setelah SIM aku urus, aku langsung gas motor untuk pulang. Pokoknya buka laptop, buka proposal, buat pertanyaan yang mungkin muncul, dan hafalkan. Terus cara ini aku lakukan, biar gregetnya berkurang.


Dan sebelum ujian, aku shalat Dhuha dulu lanjut minta doa restu orang tuaku juga. 


Akhirnya aku menyampaikan proposal dihadapan penguji dan teman-teman via meet. Dan semua pertanyaan dosen-dosen ini terjawab berkat aku hafalkan kemarin, juga kata teman-temanku yang menyaksikan sempro ini beliau sangat ramah. Aku bersyukur banget, Alhamdulillah Allah selalu ada membantuku.


Sempro Berakhir, Waktu Sebulan Kompre Akan Berjalan dan Berakhir juga


Karena aku berjuang sendiri, mengolah data sendiri, rela begadang demi ngerjain Bab 4 sampai habis. Kalau dipikir-pikir ratusan perusahaan aku ulik laporan keuangan masing-masing, rasanya pengen menyerah dan bilang gak mungkin selesai!


Tapi dugaanku salah, kata Allah tidak ada yang tak mungkin semua bisa saja terjadi.


Sampai aku sendiri pun bilang, kok bisa ya aku menyelesaikannya? Kok masalah dalam mengolah data bisa ya aku selesaikan? 


" Bisa ya kamu sebulan ngerjainnya fah?"

" Kok bisa sih secepat itu?"


Dari mana kekuatan itu datang, dari mana dukungan itu berasal. Aku mampu bukan karena aku hebat, tapi dibantukan oleh-Nya. Saat itu, aku ngulik data sambil mengingat-Nya. 


Aku mau nyerah, mau banget. "Tapi aku tau jalan yang engkau berikan begitu mudah saat aku merasa gak mungkin, benar-benar insecure banget"


Gak mungkin aku bisa mengerjakannya sebulan, tapi semuanya engkau permudah. Gak tau mau berterima kasih seperti apa lagi. Udah pasrah rasanya tapi dukungannya beneran ada loh.


Dospem Sakit Jadinya Digantikan 


Suatu ketika, dospem aku terkena sesuatu yang ditakutkan padahal detik-detik kompre juga. Yaps, beliau terkena covid. Aku dan beberapa orang temanku tidak bisa bimbingan secara offline. Dan bimbingan online pun tidak berjalan. Dosen digantikan oleh ketua jurusan yang juga aku kenali banget. Karena beberapa hal aku sebagai anak organisasi atau Hmj sering berurusan dengan beliau. Dengan begitu, beliau tidak mempersulitnya lagi, aku merasa bahwa begitu Allah memberikan jalan kepadaku. Beberapa kali bimbingan, beliau memberikan ACC juga. Bersyukur banget aku waktu itu. 


Tapi saat dosen mempermudah dan menerima skripsiku ini. Di saat itu pula keadaanku malah sebaliknya, tubuhku jatuh sakit. Memang di luar prediksi, sampai sinyal tubuhku udah ngasih peringatan. Badanku tiba-tiba panas tinggi malah sebelum kompre dijadwalkan. Tubuhku bilang "Udah istirahat sejenak, kamu terlalu push badan kamu, gak baik loh" 


Aku tidak bisa lanjut ujian sidang kalau demamku gak berkesudahan. Dan demamku reda saat seharian aku tidur, minum obat, pun menenangkan diri di kamar. Alhamdulillah juga saat ujian sidang berlangsung aku bisa menyelesaikan dengan baik. 


Yeay, Berakhir Sudah Skripsi Ini


Aku merasakan lega yang teramat dalam, syukur yang berkepanjangan, karena semuanya sudah siap menghantuiku bahkan saat pergi kemanapun ini terpikirkan juga. Jadwal tidurku yang jadi berantakan sehingga bisa diperbaiki seperti semula lagi. Pokoknya, aku mau ngasih hadiah buat diri sendiri. Aku janji kalau udah selesai drama ini, bakal mengajak kemana dan apa saja yang dia mau. 


Beberapa hari setelah lulus ujian sidang alias kompre. Aku menjadwalkan me time sehingga hatiku jadi lebih senang. Seperti melakukan olahraga, jalan-jalan berkelana pake sepeda, pergi ke pantai, merawat diri, merapikan tata letak kamar, mengurangi baju yang gak kepakai untuk disumbangkan, lalu membeli baju baru, pergi berenang, dan hal-hal lainnya yang menyenangkan. Inilah caraku memberikan hadiah buat diri sendiri. 


Tapi satu hal yang selalu aku ingat. Ini memang akhir, tapi bukan akhir dari segalanya. Karena semua permulaan dimulai dari sini. 


Perihal usai kali ini, aku gak mau berhenti belajar dan terus memantapkan diri supaya terbuka lebar pintu menuju jalan meraih mimpiku. Aku tidak mau juga mendapatkan gelar sarjana, hanya sebagai tanda bahwa aku selesai kuliah dan mendapatkan gelar saja, tapi lebih dari itu. Aku ingin lebih baik menjadi hamba-Nya. Jadi manusia yang berguna.


Terakhir, aku cuma bilang Ini semuanya aku rasakan, lewati, kemudian aku tuliskan supaya jadi jejak sejarah kok. Semoga aja menular bahagia ke kalian, Buds. Tak henti-hentinya berterima kasih kepada diriku sendiri yang sudah bertahan dan semangat sejauh ini. Juga terima kasih buat orang tuaku yang memberikan doa-doanya, orang-orang tercinta yang selalu mensupport dan mendoakan aku selalu, serta teman-teman semua di sini yang sedang membaca tulisanku ini, ya terima kasih Buds. Semoga kita semua sukses dan terus semangat menjalani hidup, always happy ya. See you next time, Buds!

26 comments:

  1. Wahh perjuangannya luar biasa banget kak~
    Memang salah satu kendala kita skripsian bisa lama itu karena dospem sih.. apalagi kalau Pembimbing 1 dan 2 bentrok, bingung mau ikutin yg mana hahaha..

    Dan syukurnya Tuhan memberikan kk jalan sebagai hadiah dari perjuangan kakak yaa.. Meskipun caranya sedikit berbeda.

    Btw, Saya jadi penasaran sama judul skripsinya, tentang akutansi yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh iya benar kak... Untungnya pas tahun ini dospemnya cuma satu soalnya udah ganti sistem jadi satu sejak pandemi gini gak kebayang sih kalau dua dospemnya yang ada... Hahaha

      Iya kak, selalu ada jalan dan kemudahan yg diberikan-Nya..

      Tentang saham kak, namanya underpricing saham.

      Delete
  2. Alhamdulillah, skripsinya sudah terlewati. Insya allah bakal jadi kenangan manis dan cerita kelak. Aku sudah melalui ini bertahun-tahun lalu. Kurang lebih sama, ada drama dan perjuangan di dalamnya.

    Yang paling bikin aku shock adalah perihal kompre. Waktu itu dosen penguji akan memilih secara random mata kuliah. Nah, aku ini jurusan Informatika, tapi pas kompre kebagian Aljabar Linear. Sumpah langsung stress, lupa lagi bagaimana menghitung matriks saat itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sekali mas, bahkan yg ada nambah sejarah dan kenangan yang indah nanti di saat diceritakan nantinya...

      Samaan dong, aku juga seperti itu karena aku dapat judul yang fokusnya lebih ke bidang akuntansi keuangan, trus pas di kompre itu yang ditanya bukan ttg keuangan malah bicara akuntansi manajemen dan strategi gitu padahal aku ga nyangka bakal keluar bidang2 ini mas... Wkwkwk

      Delete
  3. Perjuangan banget ya kak skipsinya. Aku jadi dejavu pas TA dulu. Ada aja cobaannya dari segi materi, ambil data, dospem, dosen penguji dll. Tapi setelah semua terlewati, kita jd bangga sama diri sendiri kan. Yes, you did it! Congrats.

    Tantangan itu buat bekal menghadapi dunia luar setelahnya. Semoga sukses ke depannya ya kak, dan dimudahkan urusannya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar kak, jadi lebih menghargai diri sendiri kayak bersyukur juga sudah melewatinya, hehehe...

      Aamiin ya Allah. Semoga sukses dan berkah juga segala urusannya kak🤗

      Delete
  4. Alhamdulillah ya, udah ngelewatin salah satu fase hidup yg amit-amit ini. Banyak drama dan perjuangan emang.

    Saya mungkin contoh yg jangan diikuti, jadi mahasiswa akhir dan skripsi macet selama 4 tahun, untung kampus tercintanya masih sayang sama saya dan akhirnya bisa lulus juga hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduhh fasenya amit-amit yang membuat kita komat kamit juga ya mas😂😂

      Gapapa mas, semua orang itu pasti punya waktunya masing-masing. Jadi gak perlu kejar-kejaran dalam mencapainya. Cuma kalau aku sih anaknya takut resiko mas, waktu lama trus teman-teman udah gak ada lgi otomatis lebih berjuang sendiri lagi...

      Delete
  5. Dari cerita inilah akan menjadi salah satu faktor kenapa ketika wisuda akan sangat terasa berkesan dan penuh haru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haru dan bahagia ya mas, apalagi wisudanya dihadiri sama keluarga besar, ngebayanginnya aja dah happy...

      Delete
  6. Semangat teruuus yaaa! Masa-masa skripsi emang masa paling bikin stresss. Aku aja yang dulu cuma Tugas Akhir D3 ngerasa setengah mati banget ngerjainnya. Pas udah selesai tepat waktu legaaa. Setelah ini dunia baru akan dimulai, makin banyak tantangannya. Jangan nyerah yaaa 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haruss semangatt nih mba... Wahh sama mba akhirnya usahanya selesai tepat pada waktunya ya mba 🤗 Harus ingat ini mah, dunia yg sebenar-benarnya akan terjadi, hehehe

      Delete
  7. Wisuda dan skripsi adalah momen berkesan yang gak bisa semudah itu dilupakan, karena ya perjuangannya memang luar biasa.
    Alhamdulillah, tetap semangat ya mbak, karena itu baru mulanya, nanti pas mulai bekerja akan lebih sesuatu lagi hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benarr banget mba...

      Alhamdulillah, semangat jga ya mba, aku bakal ingat ini akan dunia nyata benaran ada setelahnya, hehehe 😅

      Delete
  8. Pertama, aku salut dengan perjuangan Ulfah, bisa bersabar dan mampu bertahan, hingga akhirnya selesai. Perjuangannya terasa sekali, bahkan bagi saya yang cuma baca. Seperti kata Ulfa,tulisan ini akan menjadi jejak sejarah yang akan indah untuk dikenang sampai kapanpun. Semangat dan semoga sukses selalu meraih impian dan cita ya, Ulfah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mba katerina... Benar mba jadi jejak sejarah yang kita ingat suatu saat nantinya.. Semangat jga mba dan sukses selalu buat kita, aamiin🤗

      Delete
  9. alhamdulillah barokalloh, wah aku membacanya jadi inget2 masa dulu ambil tugas akhir.
    aku malah sampai rubah total mbak karena dospemku meninggal. semoga amal baikbeliau diterima.

    aku down dan akhirnya akupun jatuh sakit.

    mabk ulfah kuat luarbiasa nih bisa melewati ini
    bebruah manis ya mbak dan indah jadinya kalo dikenang hahahpadahal pas ngejalaninya berdarah darah hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah... Duhhh semoga ditempatkan di sisi terbaik dospemnya ya mba, aamiin.

      Mba hamim juga lebih kuat dong... Akan jadi kenangan deh pokoknya mba, hehehe walaupun jalannya agak menanjak gitu..

      Delete
  10. alhamdulillah masa berat skripsinya sudah terlewati yaa. sekarang persiapan ke dunia baru dong ya sebentar lagi. kalau di angkatanku dulu skripsi anak teknik digarap berdua dan waktu itu kami ikut penelitian dosen jadi alhamdulillah nggak terlalu berasa berat sih. tapi kalau sekarag skripsi anak teknik sudah nggak pakai tim lagi dan kalau lihat adikku dulu kayaknya memang berat banget. heu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mba.. Wah asik juga bisa digarap berdua ya mba, kalau skrg udah gak ada lagi pake tim mba di jurusan apapun jadi memang berjuang sendri gitu kesannya, hehe

      Delete
  11. Seneng in the end, skripsinya udh kelar ya mbak. Aku bisa ngebayangin sih gmn bahagiannya setelah hambatan2 yg terjadi, pst rasanya beda sama org yg prosesnya lancar2 aja. Btw kisahnya relate bgt sm pengalamanku berdarah2 ngerjain skripsi dan bimbingan sm dospem dulu. Semangat mbak, semoga ini merupakan awal yg baik utk masa depan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba... Benar-benar kerasa bedanya mba antara senang dan lega bangett. Yuhuu, semangatt juga buat kita mba

      Delete
  12. Selamat yaaaa semoga jadi ilmu yang berkah dan bisa menjadi harapan bagi keluarga untuk menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  13. Masa-masa skripsi memang perjuangan banget. Aku jadi nostalgia sama masa2 itu dulu. Berat badanku turun drastis saat ngerjain skripsi, hehe. Baru2 ini aku jg dicurhatin adikku yg lagi berjuang skripsi jg, dia jg byk kendala utk progresnya, tapi syukur kemarin2 udah beres sidang.

    Pasti lega banget ya udah melewati fase itu, Alhamdulillah. Tinggal berjuang untuk fase berikutnya. Semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar mba... Berasa berat banget tapi akhirnya setelah masa-masa itu lega banget rasanya... Alhamdulillah.. Kalau aku malah naik mba, hehe aku jadi suka ngemil... Berarti sesama angkatan ya aku sama adeknya mba :)

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak (Komentar akan dimoderasi) dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by diane555. Powered by Blogger.