Manfaat Blog Sebagai Wadah yang Menyenangkan Buat Para Blogger


Manfaat Blog Buat Para Blogger

Hai Buds, apa kabar semua? Semoga kita semua sehat-sehat ya. Bicara tentang manfaat ngeblog nih. Sebenarnya akan panjang jika dijabarkan satu persatu manfaat ngeblog saking banyaknya ya. Nah, aku yang sangat merasakan manfaat blog yang luar biasa adalah menjadi manusia bersyukur atas kehidupan yang sedang kita nikmati. Kenapa? Ya, dari ngeblog kita dapat merangkai kata-kata seperti halnya kita menuliskan nikmat-nikmat yang telah Tuhan berikan. 


Selain itu, hal yang bikin aku betah ngeblog adalah bertemu orang-orang hebat di forum-forum blog. Aku mau cerita nih, waktu itu aku berkomunikasi dengan salah seorang blogger, beliau adalah seorang muslimahspoker dan muslimahpreneur. Ia adalah Mbak Cilya Marthalena pemilik www.cilyainwonderland.id. Blognya membahas beberapa niche yaitu lifestyle, mompreneur, serta beautypreneur. Aku cerita-cerita dengan mbak Cilya mengenai blog lewat DM Ig. Ternyata, beliau mulai ngeblog sudah sejak tahun 2009 hingga sekarang. Kalau kalian mulai dari tahun berapa, Buds? Di balik sebagai blogger, profesi dan hobi beliau sangat klop nih, dimana seorang blogger yang juga penyuka travelling dan wisata kuliner. 


Kali ini aku bahas satu persatu ya, manfaat blog ini. Manfaat blog cukup menyenangkan bagi para blogger, selain blog sebagai profesi dan hobi. Apa saja manfaatnya? Yuk simak sampai akhir ya.


Blog Sebagai Wadah Berbagi

Pada setuju blog sebagai wadah untuk berbagi? Aku sih yes, hahaha. Berbagi apapun tentang pengalaman kita, kisah-kisah, review dan hal-hal lain yang membuat tulisan kita bermanfaat bagi banyak orang. Dulu blog hanya dijadikan sebagai curhat hingga pernah merasakan gimana memulai blog dari nol, yang dari awalnya viewers sedikit. Tapi sekarang blog adalah wadah untuk membangun pertemanan sehingga blog lebih banyak memberikan manfaatnya.


Dan ngeblog juga tentang bagaimana kita berusaha supaya pengunjung tetap betah berada di blog ini. Setelah sekian lama aku hiatus sejak sebulan yang lalu. Karena aku menyelesaikan sidang akhir juga. Dan emang sih aku jarang melihat blognya, setelah sebulan hiatus ngeblog rasanya aku harus mengembalikan moodku kembali, satu diantaranya aku berhasil mengubah tampilan blog seperti sekarang ini.


Aku yakin orang visual seperti kita ini lebih senang dan bahagia melihat yang indah-indah. Hingga bagaimana blog ini aku modifikasi jadi lebih apik dan friendly. Oiya Buds, Ulfah juga mau bawa kabar bahagia nih. Kabar baiknya, blog sahabatulfah ini menjadi salah satu nominasi Indonesian Website Award (IWA). Bagi teman-teman boleh ikut bantu vote blog sahabatulfah di IWA ya, biar aku makin semangat dan happy lagi berkaryanya. Walaupun baru menjadi nominasi dan aku tidak tau bakal seperti apa hasilnya nanti, yang pasti aku bersyukur banget. Nah, benar kan manteman kalau ngeblog itu buat kita terus bersyukur. Hihihi. Moga teman-teman di sini juga tambah semangat ya ngeblognya, yuk berkarya bareng!


Blog Sebagai Wadah Berkreasi


Siapa yang percaya blog adalah wadah berkreasi? Seperti mulai dari mengumpulkan ide-ide, membuat kerangka tulisan, menulis di draft, menyiapkan bahan grafis dan gambarnya, hingga mempublish artikel. So, semua tentu melewati proses kreatif masing-masing kan. 


Kalau ditanya alasan ngeblog dimana kegiatan ngeblog bukanlah sesuatu yang kaku atau seperti tulisan karya formal ya. Nah bagaimana kita menciptakan tulisan-tulisan menjadi sebuah ide yang kreatif, berkreasi sesuai dengan keunikan kita atau branding yang ingin dibangun. Wah, jadi pada senang deh sebagai blogger bisa berkreasi melalui blognya masing-masing.


Blog Sebagai Wadah Self Healing


Aku menyadari bahwa bagaimana menjaga mood itu tidak mudah. Kadang kita yang terlalu sibuk dengan pekerjaan dan kegiatan lainnya suka lupa kalau diri kita butuh ruang. Semua itu bisa sembuh dengan melakukan self healing. Nah, self healing masing-masing orang itu berbeda-beda ya. Kalau aku, dengan menghidupkan lagu kesukaan, membaca buka kesukaan, dan menulis di blog kesayangan. Pokoknya melakukan hal-hal yang paling aku sukai. Gimana dengan teman-teman nih?


Bahkan ngeblog bisa mengekspresikan diri, mengungkapkan apa yang terpendam, perasaan yang mengganjal, dan menguraikan apa yang tersimpan di otak. Saat otak mulai gaduh, hati udah ricuh maka jalan keluarnya adalah mengungkapkan sesuatu lewat lisan. Orang yang menulis bisa mengurangi depresi loh. Karena itu, presiden kita yang ketiga yaitu bapak Habibie sewaktu beliau kehilangan belahan jiwanya. Beliau memutuskan untuk menyelesaikan sendiri dengan cara menuliskan semua romansa beliau dengan sang istri. Beliau menuliskan puisi-puisi yang mengungkap perasaan untuk mengurangi depresi karena kepergian sang istri. Dan ternyata hal ini sangat ampuh.


Blog sebagai wadah sharing, berkreasi dan self healing yang dapat bermanfaat bagi banyak orang, hal itu sempat aku tanya ke mbak Cilya. Ternyata blog sebagai sharing, berkreasi dan self healing juga beliau rasakan loh. Mungkin aku dan teman-teman juga kan.


Jadi, manfaat blog paling besar selain menjadikan kita sebagai manusia bersyukur, ternyata manfaat-manfaat di atas juga ya. Kita bisa memulai tulis apa saja yang dirasakan, baik perasaan sedih, senang, atau benci sekali pun. Bisa jadi, karena tulisan remeh kita itulah akan jadi sumber kekuatan bagi kita. Happy blogging teman-teman, semoga tercerahkan dan bermanfaat ya, see you.

Post a Comment

16 Comments

  1. Ibarat lidah, blog itu penyalur lidah blogger untuk bercerita. Cerita apa saja mulai dari review produk, traveling, streetfood, atau opini.

    Terasa menyenangkan jika cerita kita banyak yang mendengarkan, syukur2 banyak dukung untuk terus bercerita melalui media tulisan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa benar kak..

      Yang penting semangat dan percaya diri aja ya kak, entah nanti didengarkan atau tidak yang penting niat kita tersampaikan, hehe...

      Delete
  2. Kalau buat self-healing saya biasanya pake blog privat, soalnya pake metode expressive writing, nulis plek segala yg ada di pikiran, akibatnya sering campur bahasa Indonesia, Sunda sama Inggris, kadang juga Jepang keluar. Dan sering ga cocok kalau buat dibaca publik.

    Tapi dari tulisan di blog privat itu, jadi sering muncul ide buat nulis yg tujuannya untuk berbagi dan berkreasi itu, tentunya udah lulus sensor hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pake blog privat ya mas... Mantap deh kalau gitu mas, jadi semua bahasa yang dikuasai kepake semuanya, cuma kalau dikonsumsi publik memang gak cocok ya, harus dijelaskan satu persatu, Wkwk

      Nah itu yang penting mas, kalau niatnya utk berkreasi dan sharing gapapa yg penting gak kelewatan, eh tervalidasi hehe

      Delete
  3. Saya juga merasakan manfaat ini setelah punya blog kak. Tapi khusus self healing kurang nendang kalau ditulis di blog. Karena gak bisa bebas berekspresi sesuai dengan yang aku rasakan. Jadi aku nulisnya dikertas pakai pulpen, kemudian dibakar biar gak ada yang baca. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa sama kak... Tapi self healing versi blog private aja ya kak, ntar jadi gak bebas mengekspresikan apa yg disampaikan... Bisa dicoba deh caranya kak, sepertinya kalau kita mengeluarkan unek2 trus dibakar akan terasa melegakan jga ya kak, hehe

      Delete
  4. ah iya, nulis blog memang banyak manfaatnya ya mbak
    nggak hanya menyalurkan hobi tapi juga bisa jadi ladang penghasilan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mbak... Asik nih hobi yg dibayarkan ya mbak..

      Delete
  5. Mba Ulfah me too, ngeblog sebagai healing dengan penatnya di dunia nyata hehehe
    kalau udah nulis blog perasaan lega aja rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah samaan dong mbak... Hehehe pokoknya lega aja kalau udah nulis gitu ya mbak...

      Delete
  6. Blog buatku bahan menulis keberisikan otak haha. Bener2 isinya labil dari multiply sampai skrg relatif stabil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar2 harus tuangkan itu ya mbak biar gak berisik lagi, wkwkwk

      Delete
  7. Setuju banget kak..aku juga ngerasain kalo blogging itu merupakan self healing. Dengan menuliskan yg ada di pikiran perasaan jadi berasa lebih lega.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa benar banget mbak... Jadi semua beban pikiran dan perasaan pun plong rasanya ya mbak...

      Delete
  8. Bener banget sih, sampe sekarang aja betah banget buat ngeblog.. Kayak udah jadi teman hidup yang menemani hari-hari. Bahkan keluh kelah pun bisa dicertakan disini.. Blog emang debeshhh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Debestt bangett mas, setujuu bangett mas pokoknya apapun diceritakan di blog ya mas.. Semangat berkarya mas!

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak (Komentar akan dimoderasi) dan saling follow ya, thanks 🙏😊