Mengenal Lebih Dekat Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 Republik Indonesia

Mengenal-Lebih-Dekat-Uang-Peringatan-Kemerdekaan-(UPK)-75

Hai Buds, sudah pernah dengar UPK 75? Atau bahkan, pernah memilikinya? Aku masih teringat nih waktu pertama kali UPK 75 ini muncul. Aku bersama teman accounting yang lain dapat informasi yang ingin mendapatkan UPK 75 ini di grup supaya mengisi list form yang ada. Semua berbondong-bondong mengisi list tersebut. Dan tidak semua yang bisa mendapatkannya karena memang dibatasi. 

Sayangnya aku tidak dapat, hehehe. Tapi tenang kini tak perlu repot seperti itu lagi untuk mendapatkannya, karena emang BI membuka kesempatan untuk penukaran UPK 75 ini baik secara individu atau kolektif. Simak sampai akhir ya.

Oiya, ngomong-ngomong tentang Indonesia nih, ternyata negara Indonesia sudah masuk berumur 75 tahun loh pada tahun 2020 kemarin ya. Rasa syukur ini dirasakan oleh semua masyarakat Indonesia. Pihak pemerintah keuangan pun mengungkapkan rasa syukur atas anugerah kemerdekaan dan pencapaian pembangunan selama 75 tahun. Dengan mengeluarkan uang kertas pecahan senilai 75.000 rupiah.


Sejarah Singkat UPK 75

Kalau mengakui warga negara, maka jangan pernah lupakan sejarahnya. Pernah gak mendengarkan kata ini? Lalu apa sih sejarah singkat UPK 75. 


Sebagaimana pada tiap peringatan kemerdekaan kelipatan 25 tahun Bank Indonesia mencetak uang terbarunya. Seperti sekarang ini rupiah 75.000 atau uang ini diberi singkatan yaitu UPK 75 atau Uang Peringatan Kemerdekaan 75. Rupiah juga berperan penting sebagai alat sah pembayaran. 


Baca juga : Memaksimalkan Transaksi Digital Bank Indonesia


Namun ada yang lebih penting dari itu dimana sebagai lambang kedaulatan negara, Buds. Sebagai bentuk berbagi kebahagiaan dipersembahkanlah uang tersebut kepada negara Indonesia yang telah merdeka hingga saat ini selama 75 tahun.


Baiklah sejarah singkat UPK 75 akan aku mau jelaskan satu per satu, Buds :


1. Mensyukuri Kemerdekaan

Teman-teman teringat sejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia gak? Kalau digambarkan dari peristiwa pengibaran bendera merah putih saat kemerdekaan RI 17 Agustus 1945. Kita dapatkan foto proklamator Dr. (H.C) Ir. Soekarno dan Dr. (H.C) Drs. Mohammad Hatta. Maka lembaran awal yang menjadi filosofi pembuka dari foto proklamator tersebut. 


Sudahkah kita bersyukur atas kemerdekaan Indonesia? Karena tidak mungkin kita seperti sekarang ini bisa terlepas dari jajahan dan terbebas bergerak bisa berkreasi, ternyata berkat perjuangan hebat pahlawan kita tersebut. Yuk, sama-sama kita syukuri kemerdekaan ini.


2. Memperteguh Kebhinekaan

Walaupun kita berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Tergambar dari banyaknya suku, pakaian adat dengan beragam motif kain Nusantara seperti kain songket Silungkang Sumatera Barat, Kain Gringsing Bali, Batik Kalung Jawa, dan songket Sumatera Selatan yang menggambarkan keanggunan, kebaikan, dan kesucian.


Begitulah Indonesia, tiap daerahnya mempunyai banyak jenis suku tapi dengan begitu muncul nilai persatuan dalam kebhinekaan Indonesia.


3. Menyongsong Masa Depan yang Gemilang

Nah jika kita lihat juga gambar satelit merah putih, bola dunia, dan anak-anak pada bagian depan dan belakang sisi UPK 75? Kira-kira apa yang tergambar di pikiran, Buds? Sudah ada bocorannya dong dari judul, hehehe. 


Tapi tenang akan ada penjelasan satu persatunya ya. Kalau tergambar pada satelit merah putih menunjukkan jembatan komunikasi bagi negara Kesatuan Republik Indonesia. Gambar era global dengan peta dunia pada bola dunia menunjukkan peran strategis Indonesia dalam kancah global. Sedangkan gambar anak-anak menunjukkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul bagi masyarakat Indonesia. Seperti itulah gambaran umum pada uang pecahan rupiah UPK 75 ini.


Bank Indonesia Mengeluarkan UPK Pada Peristiwa Bersejarah 


Kali ini ilmu baru lagi, Buds. Nah kapan uang tersebut dikeluarkan. Mulai dari peringatan kemerdekaan Indonesia 25 tahun, 45 tahun, 50 tahun HUT Kemerdekaan Indonesia. Pada saat kemerdekaan Indonesia telah mengeluarkan Uang Rupiah Khusus (URK) sebanyak 10 kali untuk peristiwa bersejarah. Wah keren kan.


Mengenal-Lebih-Dekat-Uang-Peringatan-Kemerdekaan-(UPK)-75


Terlihat pada gambar di atas dong UPK pada HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Bisa kita lihat uang yang dicetak dan bentuk uang pada gambar UPK RI. 


Ternyata selama ini Bank Indonesia sudah mencetak UPK sebanyak 10 kali hari penting bersejarah, dimana kita simak pada momen berikut ini :



1. 25 Tahun Kemerdekaan RI

2. WWF- Cagar Alam 

3. WWF- Cagar Alam 

4. Save The Children

5. 45 Tahun Kemerdekaan Indonesia

6. 25 Tahun Pembangunan Indonesia

7. 50 Tahun Kemerdekaan RI

8. 50 Tahun UNICEF

9. 100 tahun Bung Karno

10. 100 tahun Bung Hatta


Dimana pada masing-masing sejarah ini memiliki momen tertentu yang bersejarah tentunya. Pada gambar kita dapat lihat uang tersebut berbentuk koin dan kertas rupiah. Baiklah, setelah kita menyimak sejarah UPK peringatan kemerdekaan Indonesia, mari kita mengetahui seperti apa ciri-ciri keaslian uang pecahan 75.000 TE 2020.


Simak Ciri-Ciri Keaslian UPK 75 Tahun RI


1.Tekstur UPK 75k

Terbuat Dari Serat Kapas. Jika dilihat terdapat gambar bunga anggrek bulan yang didapatkan di dalamnya logo Bank Indonesia. Nah, ketika dilihat dari sudut pandang berbeda maka akan berubah warna dan efek garis dinamisnya. UPK 75 RI memiliki 3 huruf dan 6 angka pada nomor serinya. Apabila diraba maka hasil cetaknya terasa kasar, ini memungkinkan sebagai kode bagi tuna netra berupa efek rabaan (tactile).


2. Warna dan Ukuran dari UPK 75k

Dimana UPK 75k memiliki warna yang dominan. Jika kita lihat dari keseluruhan warna tersebut ialah merah putih. Kebayang kan warna tersebut sama dengan warna bendera Indonesia. Sedangkan ukurannya yaitu 151mm x 65mm. Dimana panjang 151 mm (seratus lima puluh satu) milimeter dan lebar 65mm (enam puluh lima) milimeter.


3. Gambar Tersembunyi (Latent Image) pada UPK 75k

Gambar tersembunyi pada UPK 75k ini dapat dilihat dari sudut pandang tertentu. Semisal kamu mau melihat gambar ini maka bisa dilihat dengan menggunakan kaca pembesar dan akan terlihat gambar raster berupa angka 75 yang tertulis utuh.


Seperti yang dijelaskan di awal tadi, cara mendapatkannya tidak sesusah dulu kok, pasti pada penasaran bagaimana cara mendapatkannya. 


Begini Cara Mendapatkan UPK 75 Tahun RI :


Penukaran dapat dilakukan oleh individu atau kolektif


Cara Mendapatkan UPK 75 Individu


1.WNI yang berumur 17 tahun dan sudah memiliki KTP.

2. Mendaftarkan diri pada aplikasi, simpan bukti pemesanan.

3. Lakukan penukaran UPK 75 pada lokasi yang ditentukan. Dengan membawa KTP asli dan bukti pemesanan.


Cara Mendapatkan UPK 75 Kolektif : 


1.Minimal 17 orang warga Indonesia yang memiliki KTP, yang dikoordinasi oleh perwakilan penukar.


2.Perwakilan penukar  mengajukan permohonan penukaran kolektif dengan menyampaikan formulir permohonan penukaran dan daftar pemesan dalam bentuk file Ms. Excel kepada Bank Indonesia melalui e-mail untuk memperoleh bukti pemesanan penukaran kolektif.


3. Pada saat melakukan penukaran, perwakilan penukaran wajib membawa formulir permohonan penukaran UPK 75 yang asli, KTP asli perwakilan penukaran, serta fotokopi KTP sesuai dengan nama-nama yang tertera pada daftar pemesannya.


Baik bank, lembaga, instansi, korporasi, organisasi, ataupun asosiasi tetap dapat melakukan penukaran UPK 75 Tahun RI secara kolektif untuk mewakili penukaran keluarga atau kolega.


Baiklah, gimana sudah pada tahu dan kenal dengan UPK 75 RI kan. Jadi gak usah takut mendapatkan uang 75 rupiah ketika dapat THR pada hari lebaran nanti. Karena UPK 75 RI ini sudah sah jadi alat pembayaran kok. Sekian artikel dari sahabatulfah.com, semoga bermanfaat ya.


2 comments:

  1. Ngikutin perkembangan si UPK RI dari masih pake KTP buat nuker sampe sekarang diobral secara mudah kepada masyarakat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, tapi lebih tepatnya disosialisasikan kpda masyarakat luas :)..
      Sebenarnya kan uang ini udh bisa dipake kok sbg pembayaran yg sah, namun ada bbrapa masyarakat yg belum tau, nah jadi dikenalkanlah untuk mendapatkan UPK 75 RI ini ke publik...

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by Galeries. Powered by Blogger.