Daftar Isi [Tampil]

Kegiatan-Ngabuburit-Seru

Hai Buds, sudah di penghujung ramadhan nih tapi tetap semangat kan yaa. Selama bulan ramadhan ini ngabuburit pada kemana aja?


Memang ya di ramadhan ini salah satu aktivitas yang menyenangkan jalan-jalan alias ngabuburit. Ngabuburit artinya kegiatan menunggu buka puasa. Disinilah momen kita jalan-jalan keluar saat bulan ramadhan untuk mencari makanan dan minuman kesukaan berbuka nanti. Namun kegiatan ngabuburit tiap orang berbeda ada yang melanjutkan tilawahnya dan menambah amalannya saat ramadhan. Kalau kita keluar rumah di hari lain selain ramadhan pastinya bukan ngabuburit ramadhan, itu disebut macam-macam entah Jalan-Jalan Sore (JJS), refreshing sore, atau apapun itu deh.


Ngabuburit ini enaknya ngapain ya? Nah ngabuburit di bulan ramadhan ini banyak kegiatan yang dapat aku lakukan. Aku ingin membagikan kegiatan yang cukup identik dengan ramadhan kali ini. Seperti apa contoh ngabuburit. Eh, contoh kali ini ngabuburitnya versi aku dong. Ngomong-ngomong semakin bertambah usia, kegiatan ngabuburit yang lazim dilakukan pada bulan ramadhan ini pasti sudah tak sama ya. Hal ini karena semakin dewasanya kita maka semakin banyak kegiatan yang dilakukan. Bayangkan dulu saat kecil hingga remaja, aku lebih memilih ngabuburit bermain di luar rumah sama teman-teman. 


Tapi setelah perubahan masa, bermain di luar rumah bukan sesuatu yang rutin dilakukan, bahkan boleh dikatakan kegiatan makin langka. Mungkin kita sudah punya kesibukan masing-masing ya. Nah bagi yang suka memasak udah stay di dapur aja, wah ini mah calon ibu-ibu banget ya. Lain lagi ceritanya dengan mereka yang senang gowes, pasti udah mengayuh sepedanya kemana pun. Berbeda lagi jika mereka sudah sibuk kerja, maka udah gak ada waktu bermain lagi karena kecapekan juga. Atau yang sibuk kuliah mungkin sudah memegang laptop buat ngerjain tugasnya, ah pokoknya segala drama kesibukan tadi yang tak bisa diganggu gugat. 


Walau ada sesekali bermain untuk sekedar bercerita, tapi bukan gosip ya, wkwkwk ini mah calon ibu-ibu rempong. Namun kalau sudah dewasa berkumpul pun gak mungkin lagi bermain petak umpet, cakbur, dan sebagainya, ya kan? Mana anak kecil banyak lagi, dah lah malu sendiri itu. Sebenarnya aktivitas yang related banget dengan aku saat ngabuburit itu ya mencari takjil. Sayangnya bukan memburu takjil yaa.


Mencari takjil di sini berarti mencari makanan untuk berbuka. Lah kan udah masak? Iyaa tapi kalau udah capek masak makanan buat sambal, maka pilihannya membeli takjil. Tak hanya itu ada beberapa tempat yang pas dikunjungi saat bulan ramadhan, baca juga tempat yang bikin jatuh hati saat ramadhan.


Pada mulanya, aku jalan-jalan ke luar rumah bersama motor sendirian. Alhasil, aku hanya mendapatkan takjil berupa gorengan saja. Paling setelah nunggu beberapa menit dapat membeli jus di dekat rumah, tapi kalau udah sore pada antrian gitu. 


Keesokan harinya, aku urungkan niat buat jalan mencari takjil. Namun aku tetap jalan-jalan dengan sepeda bersama abangku alias ngabuburit bareng abang. Kami mengitari sepeda dari rumah menuju masjid raya Sumbar. Tak afdol ke masjid raya Sumbar kalau tidak berfoto-foto. Nah, kami membawa sepeda ke depan background masjid termegah ini. Di sini, kami berjalan di samping sepeda tersebut. Ya kali sepedanya di kayuh di depan background masjid, yang ada kami diliatin orang-orang, seperti orang baru saja. Kami mengambil kamera handphone dan mengambil potret yang berlatar belakang masjid raya Sumbar. Wah, keren sekali deh.


Masjid-raya-sumbar-ngabuburit-bareng-abang


Setelah siap berfoto kami pulang. Kami membawa sepeda dengan arah yang berbeda, maka sepertinya kami harus melewati jalan yang sama agar tidak terlalu jauh lantaran masih berpuasa juga. Oiya, jarak dari rumahku ke masjid raya Sumbar ini sekitar 1.5 km. Kita mengayuh sepeda pulang pergi sekitar 3 km, deh. Rasanya udah cukup untuk pertama kalinya, apalagi sedang berpuasa. Bahkan tak lupa kami membawa oleh-oleh berupa minuman jeruk untuk berbuka nanti. Dan pas tiba di rumah pukul 6 sore, itu artinya 23 menit lagi akan berbuka.


Jalan-Jalan-Seru-Buat-Ngabuburit

Namun cuaca di daerah Padang tak menentu, keesokan harinya kami tidak bisa bersepeda dikarenakan hari hujan di sore harinya. Dan anehnya siangnya hari begitu terang, tapi sore harinya cuaca hujan. Yaudah yang ada kami urungkan niat untuk bersepeda lagi.


Tapi sesekali kami keluar rumah pada malam hari. Tepatnya ke rumah nenek yang jaraknya lewat sedikit dari masjid raya Sumbar tadi. Malam hari ini cuaca tidak hujan namun sedikit dingin, sehingga bisa untuk keluar rumah.


So kalau gak jalan-jalan pas ngabuburit. Paling ya jalan-jalan pas malam hari. Yang penting Ulfah nih gak akan kuat gak jalan-jalan. Sekurang-kurangnya jalan dari rumah ke warung wkwkwk. Eits, ada yang suka jalan-jalan ke mall gak ya? Tapi sepuluh hari terakhir ramadhan ini semua pada suka ke mall ya. Nah rasanya mall itu lebih ramai lagi daripada masjid ya. Kalau kalian suka belanja ke mall siang atau malam hari nih?


Aku biarlah memilih belanja pas siang harinya, selain gak mengganggu waktu sholat tarawih dan siang itu gak rame juga. Dan juga malam itu tumpukan bajunya juga udah berantakan sekali, ditambah ramenya bikin kepala pusing. Duh, yang ada tambah jelek mood kita kan ya Buds.


Selama di luar rumah aku jarang banget aktifin paket, karena di rumah udah pake wifi kali ya. Biarlah, ketika aku jalan-jalan ke luar rumah aku benar-benar menikmati perjalanannya. Nanti kalau ada yang penting tinggal pake nomor telpon biasa aja, soalnya kalau aktifin paket pasti banyak banget grup yang heboh, hehehe. Nah jadi pulang dari ngabuburit kemarin, aku sempat buka chit chat grup 1M1C yang sudah ratusan. 


Ketika itu, aku buka hpnya sudah malam hari ya. Pas banget setelah berbuka puasa, jadi baca deh satu-satu chat di grupnya. Eh, jadi tak sengaja pas di akhir pembahasan chat ada salah seorang blogger juga yang sudah diterima adsense. Kadang aku gitu ya, buds. Entah mengapa bagiku mengucapkan selamat atas prestasi teman itu jadi pacuan supaya aku lebih giat lagi. Sehingga benar pas aku ucapkan selamat sudah diterima adsense oleh Mbah google, pembahasan chat di grup malah tak kunjung habis. Mas Tomo pemilik blog tomtomid inilah yang aktif berkomunikasi di grup tersebut. Kalau diingat-ingat aku pernah sekali ikut event kecil-kecilan yang diadakan oleh mas Tomo dan pernah blogwalking juga ke rumahnya. Oiya, yang mau berkunjung ke blog mas Tomo silakan.


Kebetulan di grup ada tema tiap awal bulannya. Kali ini temanya yaitu jalan. Sehingga aku bersama mas Tomo berinisiatif untuk collabs di kesempatan pertama kali ini, dengan tema jalan. Dimana aku bercerita seru tentang ngabuburit ala aku dan mas Tomo udah duluan ngepost tentang jalan-jalannya mencari lebah di hutan. 


Sebenarnya pernah berencana untuk collabs seperti ini sih dan ah udah lupa aja. Karena pembahasan di grup yang begitu deal pada akhirnya beneran terlaksana juga. Yeayy!!!


Di penghujung cerita nih, kalau ngabuburit versi manteman seperti apa nih? Yang mau berbagi boleh dong, share ceritanya di kolom komentar siapa tau lebih seru lagi. Sekian dulu artikel dari sahabatulfah.com mengenai jalan-jalan. See you next article yaah.