Jalan-Jalan Seru Buat Ngabuburit Ala Ulfah

May 08, 2021

Kegiatan-Ngabuburit-Seru

Hai Buds, sudah di penghujung ramadhan nih tapi tetap semangat kan yaa. Selama bulan ramadhan ini ngabuburit pada kemana aja?


Memang ya di ramadhan ini salah satu aktivitas yang menyenangkan jalan-jalan alias ngabuburit. Ngabuburit artinya kegiatan menunggu buka puasa. Disinilah momen kita jalan-jalan keluar saat bulan ramadhan untuk mencari makanan dan minuman kesukaan berbuka nanti. Namun kegiatan ngabuburit tiap orang berbeda ada yang melanjutkan tilawahnya dan menambah amalannya saat ramadhan. Kalau kita keluar rumah di hari lain selain ramadhan pastinya bukan ngabuburit ramadhan, itu disebut macam-macam entah Jalan-Jalan Sore (JJS), refreshing sore, atau apapun itu deh.


Ngabuburit ini enaknya ngapain ya? Nah ngabuburit di bulan ramadhan ini banyak kegiatan yang dapat aku lakukan. Aku ingin membagikan kegiatan yang cukup identik dengan ramadhan kali ini. Seperti apa contoh ngabuburit. Eh, contoh kali ini ngabuburitnya versi aku dong. Ngomong-ngomong semakin bertambah usia, kegiatan ngabuburit yang lazim dilakukan pada bulan ramadhan ini pasti sudah tak sama ya. Hal ini karena semakin dewasanya kita maka semakin banyak kegiatan yang dilakukan. Bayangkan dulu saat kecil hingga remaja, aku lebih memilih ngabuburit bermain di luar rumah sama teman-teman. 


Tapi setelah perubahan masa, bermain di luar rumah bukan sesuatu yang rutin dilakukan, bahkan boleh dikatakan kegiatan makin langka. Mungkin kita sudah punya kesibukan masing-masing ya. Nah bagi yang suka memasak udah stay di dapur aja, wah ini mah calon ibu-ibu banget ya. Lain lagi ceritanya dengan mereka yang senang gowes, pasti udah mengayuh sepedanya kemana pun. Berbeda lagi jika mereka sudah sibuk kerja, maka udah gak ada waktu bermain lagi karena kecapekan juga. Atau yang sibuk kuliah mungkin sudah memegang laptop buat ngerjain tugasnya, ah pokoknya segala drama kesibukan tadi yang tak bisa diganggu gugat. 


Walau ada sesekali bermain untuk sekedar bercerita, tapi bukan gosip ya, wkwkwk ini mah calon ibu-ibu rempong. Namun kalau sudah dewasa berkumpul pun gak mungkin lagi bermain petak umpet, cakbur, dan sebagainya, ya kan? Mana anak kecil banyak lagi, dah lah malu sendiri itu. Sebenarnya aktivitas yang related banget dengan aku saat ngabuburit itu ya mencari takjil. Sayangnya bukan memburu takjil yaa.


Mencari takjil di sini berarti mencari makanan untuk berbuka. Lah kan udah masak? Iyaa tapi kalau udah capek masak makanan buat sambal, maka pilihannya membeli takjil. Tak hanya itu ada beberapa tempat yang pas dikunjungi saat bulan ramadhan, baca juga tempat yang bikin jatuh hati saat ramadhan.


Pada mulanya, aku jalan-jalan ke luar rumah bersama motor sendirian. Alhasil, aku hanya mendapatkan takjil berupa gorengan saja. Paling setelah nunggu beberapa menit dapat membeli jus di dekat rumah, tapi kalau udah sore pada antrian gitu. 


Keesokan harinya, aku urungkan niat buat jalan mencari takjil. Namun aku tetap jalan-jalan dengan sepeda bersama abangku alias ngabuburit bareng abang. Kami mengitari sepeda dari rumah menuju masjid raya Sumbar. Tak afdol ke masjid raya Sumbar kalau tidak berfoto-foto. Nah, kami membawa sepeda ke depan background masjid termegah ini. Di sini, kami berjalan di samping sepeda tersebut. Ya kali sepedanya di kayuh di depan background masjid, yang ada kami diliatin orang-orang, seperti orang baru saja. Kami mengambil kamera handphone dan mengambil potret yang berlatar belakang masjid raya Sumbar. Wah, keren sekali deh.


Masjid-raya-sumbar-ngabuburit-bareng-abang


Setelah siap berfoto kami pulang. Kami membawa sepeda dengan arah yang berbeda, maka sepertinya kami harus melewati jalan yang sama agar tidak terlalu jauh lantaran masih berpuasa juga. Oiya, jarak dari rumahku ke masjid raya Sumbar ini sekitar 1.5 km. Kita mengayuh sepeda pulang pergi sekitar 3 km, deh. Rasanya udah cukup untuk pertama kalinya, apalagi sedang berpuasa. Bahkan tak lupa kami membawa oleh-oleh berupa minuman jeruk untuk berbuka nanti. Dan pas tiba di rumah pukul 6 sore, itu artinya 23 menit lagi akan berbuka.


Jalan-Jalan-Seru-Buat-Ngabuburit

Namun cuaca di daerah Padang tak menentu, keesokan harinya kami tidak bisa bersepeda dikarenakan hari hujan di sore harinya. Dan anehnya siangnya hari begitu terang, tapi sore harinya cuaca hujan. Yaudah yang ada kami urungkan niat untuk bersepeda lagi.


Tapi sesekali kami keluar rumah pada malam hari. Tepatnya ke rumah nenek yang jaraknya lewat sedikit dari masjid raya Sumbar tadi. Malam hari ini cuaca tidak hujan namun sedikit dingin, sehingga bisa untuk keluar rumah.


So kalau gak jalan-jalan pas ngabuburit. Paling ya jalan-jalan pas malam hari. Yang penting Ulfah nih gak akan kuat gak jalan-jalan. Sekurang-kurangnya jalan dari rumah ke warung wkwkwk. Eits, ada yang suka jalan-jalan ke mall gak ya? Tapi sepuluh hari terakhir ramadhan ini semua pada suka ke mall ya. Nah rasanya mall itu lebih ramai lagi daripada masjid ya. Kalau kalian suka belanja ke mall siang atau malam hari nih?


Aku biarlah memilih belanja pas siang harinya, selain gak mengganggu waktu sholat tarawih dan siang itu gak rame juga. Dan juga malam itu tumpukan bajunya juga udah berantakan sekali, ditambah ramenya bikin kepala pusing. Duh, yang ada tambah jelek mood kita kan ya Buds.


Selama di luar rumah aku jarang banget aktifin paket, karena di rumah udah pake wifi kali ya. Biarlah, ketika aku jalan-jalan ke luar rumah aku benar-benar menikmati perjalanannya. Nanti kalau ada yang penting tinggal pake nomor telpon biasa aja, soalnya kalau aktifin paket pasti banyak banget grup yang heboh, hehehe. Nah jadi pulang dari ngabuburit kemarin, aku sempat buka chit chat grup 1M1C yang sudah ratusan. 


Ketika itu, aku buka hpnya sudah malam hari ya. Pas banget setelah berbuka puasa, jadi baca deh satu-satu chat di grupnya. Eh, jadi tak sengaja pas di akhir pembahasan chat ada salah seorang blogger juga yang sudah diterima adsense. Kadang aku gitu ya, buds. Entah mengapa bagiku mengucapkan selamat atas prestasi teman itu jadi pacuan supaya aku lebih giat lagi. Sehingga benar pas aku ucapkan selamat sudah diterima adsense oleh Mbah google, pembahasan chat di grup malah tak kunjung habis. Mas Tomo pemilik blog tomtomid inilah yang aktif berkomunikasi di grup tersebut. Kalau diingat-ingat aku pernah sekali ikut event kecil-kecilan yang diadakan oleh mas Tomo dan pernah blogwalking juga ke rumahnya. Oiya, yang mau berkunjung ke blog mas Tomo silakan.


Kebetulan di grup ada tema tiap awal bulannya. Kali ini temanya yaitu jalan. Sehingga aku bersama mas Tomo berinisiatif untuk collabs di kesempatan pertama kali ini, dengan tema jalan. Dimana aku bercerita seru tentang ngabuburit ala aku dan mas Tomo udah duluan ngepost tentang jalan-jalannya mencari lebah di hutan. 


Sebenarnya pernah berencana untuk collabs seperti ini sih dan ah udah lupa aja. Karena pembahasan di grup yang begitu deal pada akhirnya beneran terlaksana juga. Yeayy!!!


Di penghujung cerita nih, kalau ngabuburit versi manteman seperti apa nih? Yang mau berbagi boleh dong, share ceritanya di kolom komentar siapa tau lebih seru lagi. Sekian dulu artikel dari sahabatulfah.com mengenai jalan-jalan. See you next article yaah.

25 comments:

  1. Alhamdulillah yaa dek, kita akhirnya terlaksana kolab uga.

    Yang saya suka dari blog ade adalah thumbnail nya tuh keren2 banget, beda sama punya mas Tom yang penting ada gambar udah. Entah kenapa mas kok susah otak-atik gambar. Penting bagi mas udah mas optimasi dah cukup. Mungkin lain kali nanti saya edit lagi gambarnya yang bagus biar menarik pembaca. Tapi lw udah kebanyakan post bikin ngilu ngedit (males), mudah2an saja tidak.

    Sama satu lagi nih dek, tulisan ade sama kayak punya mas, panjang2 banget. Apalagi tulisan yang kolab sama ade ini tentang jalan hehehe

    Semoga lain waktu kita dapat kolab lagi yaa dek, dengan konten yang baru viral supaya traffic kita uga naik pesat.

    Mungkin itu aja dulu sih dek, pokok keren2 tulisan ade.

    Good job, and matur nuwun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mas, akhirnya yaa gak wacana dong tapi terlaksana, Yeay!

      Mas aku ini awalnya memang gitu yang penting gambarnya ada soalnya bosan dulu itu ngedit bikin malas aja, eh ternyata ada kegiatan waktu KKN online (pernah aku share di postingan sebelumnya tntang KKN online) Nah itu kegiatan apa aja harus di edit, apapun kegiatannya itu. Mau gak mau harus belajar edit juga kan, terus iseng2 cek blog aku yang fotonya diedit jadi kekny nyaman banget diliat. Pada akhirnya aku memutuskan untuk bikin thumbnail yang udah aku edit sendiri pun rapi jugak, hasilnya kadang puas kadang kalau pas hati ikut senang juga, hehehe sampe skrg udah terbiasa aja...

      Kalau mas tulisannya 2 kali melebihi diriku, tulisannya benaran panjang banget ditambah Ide perjalanannya keren banget penuh tantangan, uhhg yang aku idam2kan bikin tulisan sepanjang itu. Alhasil yang ada belum kesampaian masih otak atik biar nyampe.

      Aamiin semoga aja next collabs ada tema yang ok dan collabsnya lebih apik ya mas. Jujur nih, collabs kali ini sesuai dengan harapan sih apalagi temanya yg paling aku suka jadi lebih mudah dituangkan idenya gitu...

      Ahh tulisan panjangnya ya gak kalah keren punya mas lah yaa dibandingkan aku, hehehe.

      Terima kasih kembali, Good luck mas!

      Delete
    2. Iya Alhamdulillah dek. Akhirnya terlaksana uga.

      Mungkin mas harus luangkan waktu untuk itu. Malu sama kawan2 blogger yang lain pada keren2.

      Tulisan Ade kayak punya mas panjangnya, tapi lebih terarah, lw mas kan basa-basi nya kadang diluar topik pembahasan.


      Wkwk saran saya jangan ngejar panjang artikel nya dek, tapi SEO artikel nya supaya dapat peringkat page 1 or number 1 kan kan seneng tuh artikel nya tranding jadi cuannya banyak.

      Lain kali yaa kita kolab lagi, tapi Ade ganti yang nentuin.

      Good job dek. Good luck uga buat Ade. Pelan tapi pasti aja!

      Delete
    3. Iyaaa mas...

      Gapapa bertahap dulu mas semua kan butuh proses...

      Keknya wajib nih SEO, emang kalo gak ngerti SEO susah ya mas masuk page one

      Wkwkwk owalah padahal aku tim ngikut aja mas.

      Hooh good job too and good luck mas💪💪

      Delete
    4. Lw cuma panjang ga SEO uga ga bagus ke blog dek, apalagi lw plagiat, ads susah. Pelan2 mas uga belajar SEO.

      Delete
    5. 💯 buat mas Tomo, wkwk pelan2 memahami SEO yaa mas.

      Delete
    6. Harus dong dek. Nah loh. Bingung ga mas bom komentar. Wkwk

      Delete
  2. Ternyata di Padang ada ngabuburit juga hehhehhe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah iya mas... Soalnya kegiatan apapun seru klau dinikmati, hehehe

      Delete
  3. Samaan Kak, kalo ngabuburit di sini juga pasti agendanya jalan-jalan cari takjil. Bedanya, karena rumah saya jauh dari pusat kota, alhasil nggak bisa deh pergi ke tempat-tempat kece bin Instagrammable kaya' Kak Ulfah. 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malahan aku rindu ke daerah jauh dari pusat kota itu kaa, aku suka banget lingkungan asri bikin mata tak bosan memandanginya, hehehe. Tapi ya ujung2nya walaupun foto di tempat Instagrammable itu yang aku post tetap foto yang di alam kak, serius... Pokoknya apikk cinta banget keindahan alam itu😍

      Gapapa tinggal jauh dari pusat kota kak, orang yg tinggal di kota merindukan suasana di daerah asri kok kak😍

      Delete
    2. sini2 dek, maen ketempat kk ke puncak gunung wkwk masih alami jauh dari kota.

      Delete
    3. Duhh ke puncak gunung aman gak tuh, wkwkwk. Kayaknya asik juga kalo kesana ya mas

      Delete
    4. Aman banget. Apalagi orangnya baik2 n ramah. Coba deh sini. Wkwk

      Delete
  4. aku gak bisa kalau keluar gk ada paket
    soalnya gk bisa update update di ig stories :)

    ReplyDelete
  5. Oohiya mas, paling ngabuburitnya sebentar kok. Tapi kalau pergi2 kudu ada paket memang 😂

    ReplyDelete
  6. Foto dengan latar belakang masjidnya ditambahin dong..

    ReplyDelete
  7. Wah, seru sekali ngabuburitnya :) Samaan lho, aku kalau keluar jarang aktifin data. Apalagi kalau lagi di mall/bioskop gitu, langsung mode pesawat. Soalnya gak mau diganggu, hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar bangett, wahh samaan kita ya kak. Toss dulu, hehehe.

      Sampai2 kalau ke mall/bioskop gitu jalan-jalan sama teman2 kalau hp aku dah mati pasti mereka tau kalau aku udah nyampe, ya tapi ujung-ujungnya malah mau update akhirnya terpaksa hidupin data juga walaupun sebentar juga ntar dimatiin lagi, hehehe😄😊

      Delete
  8. perjalanan mencari takjil memang paling menyenangkan :D

    ReplyDelete
  9. Seru ya, bisa kolab bareng.betul gak dedek ulfah yang cantik ? Kalau aku ngabuburit ya sendiri atau kalau gak ma bunda selain itu ya sama siapa lagi coba ?

    ReplyDelete
  10. aku bisa diitung jari mbak frekuensi ngabuburitnya, seringnya karena ada urusan kerjaan jadi pas keluar rumah, tapi nggak sampe yang harus hunting takjil. palingan langsung masuk ke resto yang dimau aja
    duluu sering banget keliling daerah kampus di jember, karena banyak yang jualan takjil
    sekarang juga banyak tapi kayaknya lebih banyak di tahun tahun lalu

    ReplyDelete
  11. Ngabuburitnya seru,,, saya ngabuburit kemrin cuman rebahan di kosan haha terjebak zona nyaman...

    Btw semoga blognya ulfa juga segera keterima adsense yah

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak (Komentar akan dimoderasi) dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by diane555. Powered by Blogger.