Daftar Isi [Tampil]

Alasan-Mulai-Ngeblog

Dulu aku pernah memiliki beberapa blogspot. Dan memang iseng akhirnya blog itu sudah berlumut, berdebu, alias gak dirawat. Ya, aku juga jarang otak-atik. Tapi sekalinya blog aku otak-atik yang ada makin amburadul. Duh, bahkan pernah sehalaman itu ketutup logo dan isinya gak kebaca. 

Akhirnya aku berhenti ngeblog sebenarnya buat hilangin stress saja. Bukannya aku gak mau belajar, tapi setiap kali aku gak nyaman aku mikir yaudahlah fah, nanti coba lagi. Karena memang belum kepikiran sama sekali tentang blog. Pas sempatnya aja, hehehe. Kalau sekarang mah beda.


Oiya, aku sebenarnya pernah post artikel tentang alasan menulis versi Sahabatulfah, silahkan dibaca, Buds.


Bahkan aku terus berusaha untuk mencari tahu apa penyebab banyaknya sampah di blog. Tapi kalian tahu gak? Makin banyak aku memperbaikinya yang membuat hatiku emosi.


Dari hal kecil saja misalnya aku memperbaiki halaman yang ketutup logo tadi, begitu aku ganti template tapi ada kesalahan baru yang terkena. Begitu aku memposting artikelnya terdeteksi breadcrumb. Coba kalau penasaran bisa nanti search google, Buds. Mau bikin artikelnya tapi belum ahli sih, hehehe


Seiring berjalannya waktu, blog aku tadi sepertinya harus dimusnahkan.  Di sini aku memutuskan untuk membuat blog baru kembali. Saat aku butuh teman diskusi maka  bertemu dengan teman literasiku yang mengajak diriku untuk bergabung di komunitas blogger. Pun aku mencoba aktif ikut komunitas blogger tersebut. Di sini aku merasakan banyak sekali teman-teman yang  sama-sama gak mengerti dunia blogger seperti aku. Percayalah, ada masa dimana kita bertemu dengan orang yang sama-sama memiliki kemauan yang kuat. Bagaimana semangatnya teman-teman di sana membuatku merasakan energi positif dan tidak ada kata untuk menyerah. Kemudian blognya aku bangun dari nol lagi.


Awalnya meyakinkan diri untuk memulai ngeblog itu banyak sekali pertanyaan yang muncul dalam hatiku. Untuk apa sih kamu ngeblog, fah? Mungkin pertanyaan tersebut juga muncul di benak teman-teman. Nah, tenang kita mulai dari temukan niat terlebih dahulu, Buds.


Seperti aku yang cuma modal niat tadi. Ternyata dihadirkan orang-orang baik yang membantuku, terjawab sudah pertanyaan ini. Ngeblog itu awalnya hanya butuh niat dan tekad saja. Well, gak ada salahnya kan untuk mencoba. Selagi mencoba itu masih diperbolehkan, hehehe.


Aku terus berusaha belajar dan menambah ilmu tentang ngeblog. Betapa saat itu, aku mencari niat awalnya untuk menulis di blog, dan perlahan hatiku mulai menunjukkan kesukaannya lewat menulis ini. Kita punya  pilihan terbaik buat diri kita masing-masing. 


Kadang aku blogwalking ke artikel orang, membaca banyak referensi di google, banyak ilmu dari blog yang dapat kita ulik, itu dapat menambah ilmuku juga dalam dunia blog. Hehehe.


Ternyata makin kita menambah ilmu tersebut, makin merasa keinginantahuan kita besar dengan mencari segala keingintahuan atau penasaran itu. Pokoknya jangan mikir sakitnya, berdarah-darah pasti ada deh, hingga akhirnya kita cukup merasakan nyaman menghuni ruangan mungil ini. 


Nah, kalian bisa juga merasakan blog yang  kalian miliki deh. Dari ilmu aku yang tidak tau apa-apa sampai sekarang, sebenarnya sekarang juga tidak banyak yang aku tahu karena semakin banyaknya belajar semakin merasa banyaknya kurang ilmu kita loh, kok bisa ya? Hehehe. Jujur saja, dengan keyakinan tersebut yang ada membuat kita lebih bersemangat untuk berbagi. Yok, semangat yok!


Why Mulai Ngeblog?


Saat ditanya apa alasan kamu mulai ngeblog? Jawaban ini tak bisa terjawab secara instan. Karena yang membuat aku yakin ngeblog itu terletak pada prosesnya yang seakan membuatku dapat alasan yang paling kuat setelah melewati prosesnya. Yap, berbagai macam badai yang dulunya dirasakan hingga sekarang, hahaha cuma lebih dapat segera diatasi kok.


Pernah waktu aku nanya ke mereka yang ahli di bidangnya, tapi bukan blogger ya. Padahal niat aku bertanya bukan untuk memastikan bahwa pernyataan itu benar atau salah. Tapi aku hanya ingin apa yang aku resahkan terjawab. Dan pertanyaannya semacam kalau ngeblog untuk sekedar hobby. Dengan harapan jawabannya bisa memberikan sudut pandang lain untuk lebih cinta dengan hobi. Tapi aku makin kesal mendengarnya, dia bilang kalau hanya sekedar hobi, ngapain diseriusin kali. Ya, aku emosi dong maka aku tutup pembahasan itu dengan ucapan terima kasih. Aku yakin kita semua punya hobi dan itu membuat kita menyukainya. Karena pekerjaan, kuliah, dan segala kegiatan di hidup ini harus dinikmati dengan hati.


Bayangkan, kalo kita punya pekerjaan terus kita gak suka. Kita mau tak akan bisa menikmati hidup, ya gimana caranya kita bekerja tapi pekerjaan itu tak mengenakkan hati kita,  alias tidak disukai.


Seperti kita punya hobi membaca buku bisnis, pernah dong terbayangkan oleh kita harapan satu persatu atau cita-cita untuk membuka bisnis. Ya sah-sah saja, walaupun hanya sekedar hobi membaca buku.  Jadi, kalau ditanya sebenarnya alasan mengapa ngeblog aku sudah rangkum beberapa point di bawah ini, inilah 3 alasan aku ngeblog :


Alasan-Mulai-Ngeblog


1. Ingin Berbagi


Berbagi itu membuat kita merasa benar-benar hidup. Apalagi tulisannya bermanfaat bagi orang lain. Nah mungkin pernah nih kalian merasa insecure, kok jadi manusia terkadang hidupnya hampa banget? Ya merasa suara kita tak didengar, kita merasa tak dianggap keberadaanny. Yang paling membuat kita merasa tak dihargai. Tapi dengan menulis diblog kita merasa tulisan kita lah yang menarik pembaca kita. Karena setiap tulisan pasti ada pembacanya. Entah itu, tulisan ecek-ecek sekalipun, hehehe.


Karena di saat aku berhenti menulis,  aku merasa terhenti tujuanku untuk berbagi. Dulunya,  saat aku merasa tidak ada artinya karena aku yakin selama ini melihat dari sisi akunya, bukan dari sisi orang lainnya. Aku kan udah begini, kok gak dibales sama dia ya? Atau sikap-sikap lainnya. Padahal itu cuma pikiranku doang, yang menganggap kalau orang yang duluan berbagi, barulh setelahnya aku dapat berbagi juga.


Nah, jadinya dengan memulai ngeblog aku tak hanya saling berbagi tulisan aja. Tapi membuka diri, membuka telinga lebar-lebar, memperhatikan sekitar dan melibatkan diriku ke dalam tulisannya sehingga merasakan apa yang patut dibagikan. Untuk apa? Agar hidup tak kosong dan hampa bagiku. Tapi lebih terasa manfaatnya untuk orang lain dan dapat membantu sekeliling kita. 


2. Ingin Menambah Relasi


Percaya gak adanya rezeki setelah menambah relasi? Ada rezeki dunia dan akhirat. Dimana rezeki di dunia, saat kita mampu menjalin silaturahmi dengan sesama teman sehobi kita. Kadang ada yang tidak sehobi pun kita jalin. Nah, sungguh aku pernah dichat oleh teman tidak sehobi dalam artian gak hobi , tapi dia mau mampir hanya untuk membaca artikelku, itu berarti sudah menjalin relasi yang kuat dan support kita juga kan.


Atau menjalin dengan teman yang hobi ngeblog dengan cara blogwalking, dari teman-teman yang kita bisa membaca, saling mendapatkan informasi, bahkan membuat kita happy juga. Bahkan dengan saling berkunjung kita jadi tau dengan siapa kita berbicara tanpa bertatap muka. Jadi dari ngeblog kita sudah menambah relasi tanpa kita sadari. Dengan begitu kita percaya ada orang yang mendukung kita atau sekedar datang mendengarkan celotehan kita.

3. Ingin Mendapatkan Cuan


Dulu sering bertanya-tanya cara dapat uang dari blog gimana ya? Dimana pada akhirnya aku mencari tahu kalau cuan ini bisa didapatkan dari berbagai kran. Ya misalnya dari sponsor post, content placement, atau kerja sama brand. Dan juga bisa dari ikutan lomba blog yang hadiahnya menggiurkan.


Aku gak muna sih salah satu alasan ngeblog mungkin juga ingin cuan. Tapi gak hanya cuan bahkan dengan blog aku mendapatkan barang yang justru kalau aku membelinya aku harus ngumpulin duit dulu, maklum pengangguran terselubung, Buds. Hehehe. Nah, lewat ngeblog juga aku bisa mendapatkan cuan dan barang tersebut walaupun masih belum seberapa tapi tetap disyukuri, yang penting dapat mengembangkan blognya.


Oke, baiklah sekian cerita alasan aku ngeblog atau blogging. Kalau kalian gimana? Sukses terus berkarya dan tetap semangat ya buat kita semua, Buds. See you