3 Alasan Kenapa Mulai Ngeblog

Alasan-Mulai-Ngeblog

Dulu aku pernah memiliki beberapa blogspot. Dan memang iseng akhirnya blog itu sudah berlumut, berdebu, alias gak dirawat. Karena tentunya aku jarang otak-atik. Sekalinya aku otak-atik blognya yang ada amburadul. Bahkan pernah sehalaman itu ketutup logo dan isinya gak kebaca. 

Hingga akhirnya aku berhenti blogging. Nah, bukan aku gak mau belajar, tapi entah kenapa setiap kali aku gak nyaman aku mikir yaudahlah nanti kalau ada solusi aku balik lagi. Waktu itu memang belum kepikiran tentang blog sama sekali. 


Aku sebenarnya pernah post blog artikel tentang alasan menulis, alasan menulis versi Sahabatulfah


Aku berusaha untuk mengontrol blognya, namun yang ada makin banyak banget yang bikin bingung. Mulai dari hal kecil seperti memposting hingga yang mesti dipelajari lebih dalam berupa bagaimana blog bisa disukai oleh google. Tapi yang namanya belajar pasti gak selalu mulus kan.


Akhirnya seiring berjalannya waktu, aku mencoba aktif ikut beberapa komunitas blogger. Karena beberapa blog aku tadi sepertinya blog html-nya makin bikin heboh, aku memutuskan untuk membuat blog baru kembali. Nah, pada saat itu aku bertemu dengan teman literasiku. Aku diajakin untuk bergabung di komunitas blogger tersebut.

 

Bahkan banyak sekali teman-teman untuk bertumbuh, mereka sama-sama gak mengerti dunia blogger. Mereka sama denganku, aku percaya ada masa dimana aku bertemu dengan orang yang sama-sama memiliki kemauan. Semangatnya teman-teman disana aku rasakan dan aku dapatkan untuk tidak menyerah. Dari teman-teman di sana pulalah semangat blog aku muncul. Kemudian blognya aku bangun.


Pada awal meyakinkan diri untuk memulai blogging itu banyak sekali pertanyaan yang muncul dalam diriku. Untuk apa sih kamu ngeblog? Mungkin pertanyaan tersebut juga muncul di benak teman-teman. Nah, ada baiknya temukan niat terlebih dahulu. 


Seperti aku tadi, cuma modal niat loh tanpa ada ilmu sedikit pun. Ternyata Allah menghadirkan orang-orang baik yang membantuku, terjawab sudah pertanyaan ini. Ngeblog itu awalnya hanya butuh niat dan tekad saja. Well, gak ada salahnya kan untuk mencoba. Selagi mencoba itu masih diperbolehkan, hehehe.


Aku menyadari ilmuku harus digali terus. Betapa saat itu, aku butuh ruang untuk menulis, menunjukkan keberadaanku lewat menulis. Karena menjadikan kita bahagia dengan pilihan yang kita ambil masing-masing. 


Coba sesekali membuka artikel orang, membaca banyak referensi, banyak ilmu dari blog yang dapat kita ulik, seperti secara praktek dimana memasang google analitik, google search console, widget lainnya. Secara teori yaitu mengulik ilmu SEO off page, SEO On Page,  dan sebagainya.


Sebenarnya kurang lengkap jika hanya mempelajari salah satunya saja. Tapi yang namanya belajar pasti bertahap dong, hehehe. Kalau ternyata rasanya mau mundur, nanti kita coba untuk maju dan mencari segala keingintahuan itu, toh gak ada masalah juga, Buds. Pokoknya jangan mikir sakitnya, berdarah-darah pasti ada deh, hingga akhirnya kita cukup merasakan nyaman menghuni ruangan mungil ini. 


Nah, kalian juga bisa rasakan sendiri deh blog yang kalian miliki. Dari ilmu aku yang tidak tau apa-apa sampai sekarang, sebenarnya makin banyak belajar semakin banyak kurang ilmunya loh, kok bisa ya? Hehehe. Jujur saja, dengan keyakinan tersebut kita dapat bertumbuh. Adanya blog lebih memilih kita untuk semangat berbagi. 


Why Mulai Ngeblog?


Lagi dan lagi saat ditanya apa alasan mulai ngeblog? Jawaban ini tak bisa instan terjawab oleh sekata doang. Karena yang membuat kita yakin ngeblog itu terletak pada proses tersebut. Akan menemukan alasan yang paling kuat setelah melewati berbagai macam badai, dulunya bertanya-tanya gimana cara menjadi blogger.


Pernah waktu aku nanya ke mereka yang ahli di bidangnya, tapi bukan blogger ya. Padahal niat aku bertanya hanya untuk memastikan bahwa apa yang aku resahkan terjawab. Pertanyaan simpel ini bukan berarti aku harus menjadi prioritas utama. Dan pertanyaannya semacam kalau ada yang membuat blog untuk sekedar hobby. Dan dia bilang kalau hanya sekedar hobi, ngapain diseriusin kali. Padahal kita semua punya hobi tapi bedanya dia. Dia kalau hobi gak usah diseriusin kali, hey mindsetnya mesti diperbaiki juga.


Ini yang bikin aku kesal. Bayangkan, kalo kita punya hobi terus mau menghabiskan tenaga disana, mengeluarkan waktu yang banyak,  tapi hobinya untuk menghabiskan dan membuang itu semua. Sayang banget rasanya.


Kenyataannya kita punya hobi masing-masing. Misalnya hobi membaca buku bisnis, pasti pernah terbayangkan oleh kita harapan satu persatu atau cita-cita untuk membuka bisnis juga. Sah-sah aja kan, walaupun hanya sekedar hobi? 


Kadang inilah yang tak habis pikir. Mereka yang ingin menyelamatkan dirinya, tapi lupa bahwa dia sedang terjebak oleh pertanyaan itu. Mengapa? Ada orang yang bertanya kadang tujuannya ingin saling berbagi, bukan minta dinasehati apalagi tidak sesuai dengan yang sesungguhnya. Karena kalau kita salah berbagi pendapat atau mendapatkan informasi yang kurang tepat, yang bikin psikologi kita menjadi lemah. Artinya kita terima aja apa yang terjadi, tapi psikologi kita gak nerima.  Untuk itu mari kita filter circle sekeliling kita juga supaya tidak salah mengartikan hal yang bagus atau baik tersebut.


Alasan-Mulai-Ngeblog


1. Ingin Berbagi


Aku pernah merasa insecure, kok jadi manusia terkadang hidupnya hampa banget. Kadang merasa suaraku tak dianggap, kadang pula keberadaanku tak dihargai, yang ada bikin sakit hati. Kenapa? Karena di saat itu, mungkin saja aku belum pernah berbagi. Masih menutup diri dari sekitar atau masih enggan membuka diri. Aku hanya melihat dari sisi akunya, bukan dari sisi orang lain juga. Aku kan udah begini, kok gak dibales sama dia ya? Atau sikap-sikap lainnya. Padahal itu cuma pikiranku doang, yang menganggap kalau orang dulu, baru kemudian aku berbagi.

Nah, jadinya dengan memulai ngeblog aku tak hanya saling berbagi tulisan aja. Tapi membuka diri, membuka telinga lebar-lebar, memperhatikan sekitar dan melibatkan diriku ke dalamnya sehingga merasakan apa yang patut dibagikan. Untuk apa? Agar hidup tak kosong dan hampa saja. Tapi terasa manfaatnya untuk orang lain dan berguna untuk membantu sekeliling kita. 

2. Ingin Menambah Relasi


Percaya gak adanya rezeki setelah menambah relasi? Ada rezeki dunia dan akhirat. Dimana rezeki di dunia, saat kita mampu menjalin silaturahmi dengan sesama teman sehobi kita. Kadang ada yang tidak sehobi pun kita jalin. Nah, sungguh aku pernah dichat oleh teman tidak sehobi dalam artian gak hobi , tapi dia mau mampir hanya untuk membaca artikelku, itu berarti sudah menjalin relasi yang kuat dan support kita juga kan.

Atau menjalin dengan teman yang hobi ngeblog dengan cara blogwalking, dari teman-teman yang kita bisa membaca, saling mendapatkan informasi, bahkan membuat kita happy juga. Bahkan dengan saling berkunjung kita jadi tau dengan siapa kita berbicara tanpa bertatap muka. Jadi dari ngeblog kita sudah menambah relasi tanpa kita sadari. Dengan begitu kita percaya ada orang yang mendukung kita atau sekedar datang mendengarkan celotehan kita.

3. Ingin Mendapatkan Cuan


Dulu sering bertanya-tanya cara dapat uang dari blog gimana ya?

Aku gak muna, salah satu alasannya mungkin juga hanya cuan. Tapi selain cuan juga banyak. Bahkan dengan ngeblog inilah aku mendapatkan barang yang justru kalau aku membelinya aku harus ngumpulin duit dulu, maklum pengangguran terselubung, Buds. Nah, lewat ngeblog juga aku bisa mendapatkan cuan walaupun masih belum seberapa tapi tetap disyukuri, yang penting dapat mengembangkan blognya.

Dimana pada akhirnya cuan ini bisa didapatkan dari sponsor post, content placement, atau kerja sama brand. Selain itu, juga bisa ikutan lomba blog yang hadiahnya menggiurkan. 

Oke, baiklah sekian cerita alasan aku ngeblog atau blogging hingga detik ini. Doakan kita sukses terus dan tetap semangat ya buat kita semua. See you

9 comments:

  1. Wah ketiga alasan diatas sama persis dengan alasan saya mulai ngeblog. tambah satu lagi alasan saya mulai ngeblog yaitu karna saya ingin mengisi aktivitas kosong saya selama pandemi ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kak ngeblog juga jadi menunjang produktivitas kita yaa

      Delete
  2. Cerita awal mula ngeblognya, hampir sama dengan saya. Saya sudah banyak bikin, blog, tapi ujung"nya gak keurus juga.
    Alasannya juga hampir sama sih, saya pengen bermanfaat, punya banyak teman sefrekuensi, dan uang. Tapi poin 3 masih tipis" juga dapatnya. Maklum, blognya masih sepi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kah kak, ternyata senasib awal mula ngoblog...

      Point 3 itu juga meskipun masih tipis2 kak, bersyukurnya yg penting, hehehe 😂

      Delete
  3. Cuma poin no 3 yg kita beda :D. Krn sampe kapanpun blogku ga akan aku monetisasi :D. Bener2 hanya utk tulisan organik, sharing pengalaman ku sendiri dlm hal traveling dan kuliner. Kalo cari cuan, biarlah itu dr pintu yg lain :D.

    Tp sbnrnya tujuan pertama aku bikin blog, Krn aku ini pelupa mba. Jd dipikir, sayang aja semua pengalaman yg udh dilakuin, tp kalo lupa ga ada guna. Makanya aku tulis di blog. Jd setidaknya kalo suatu saat mau DTG lagi ke tempat itu, aku tinggal buka :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk kalau yg terakhir itu baru2 ini muncul mbak fan. Soalnya aku pengangguran terselubung jadi mau mencari2 celah lain juga buat dapatin cuannya mah, wkwkwk😂

      Berarti merekam sejarah ya mba... Aku setujuu bangettt dah kalau itu. Oiya, ini juga udah tulis di artikel lain mba alasan aku menulis (hahaha pake acara promo)... Kalo pergi travelling kek mba Fanny itu wajib diabadikan tuhh yA mba😂😂

      Delete
  4. awalnya aku ngeblog untuk berbagi cerita aja
    malah nggak tau kalau dari blog bisa dapet duit, ehh lama lama jadi tau juga
    pluss sekarang makin banyak aja yang ngeblog, jadi punya banyak temen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa bnyak insight yg didapatkan kalau kita teliti sama peluang ya kak, dan punya teman yang bisa diajak kerjasama seru jga tuh

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by Galeries. Powered by Blogger.