3 Tempat yang Bikin Jatuh Hati di Padang Saat Bulan Ramadhan

Hii. Berbicara soal tempat yang pas di hati tentu tidak hanya berbicara kenyamanan. Coba teman-teman bayangkan berada di tempat yang bikin jatuh cinta, khususnya di bulan ramadhan. Nah, kalau tempat ini ramainya hanya di bulan ramadhan, aku kira ada beberapa tempat yang sudah familiar sejak dulunya nih. Apalagi untuk ramai kita mesti sabar untuk menunggu waktu yang  sesuai dengan momennya.

3-Tempat-yang-Bikin-Jatuh-Hati-di-Padang

Salah satu alasan yang paling banyak dipilih adalah tempat yang kita sukai itu memberikan kesan tersendiri. Sebagai artian dapat menumbuhkan suasananya yang positif. Berbeda jika berada di tempat yang tak disukai, malah bukannya kita senang tapi yang ada membuat kita ogah-ogahan pergi ke sana. 

Tempat Yang Natural Berkali-kali dan Menyenangkan

Jujur sejak mula ramadhan tempat ini sangat berbeda. Pada tahu kan? Pantai pada hari biasanya yang kita tahu tempat ini dijadikan sebagai destinasi berfoto ria, menyaksikan sunset atau sunrise, tempat makan pensi/langkitang, dan kegiatan lainnya.

Harus menunggu momentum ramadhan dulu agar tiap harinya aku jatuh hati berlipat. Selain ini menjadi tempat favorit yang membuat aku pangling dengan keindahannya. Karena bagiku pantai adalah tempat yang paling natural yang menawarkan ketenangan dan ketentraman. Dengan debur ombaknya bikin adem dan saat menghirup aroma airnya yang khas.

"Menatap biru pada lautan dapat mengubah frekuensi gelombang dan menempatkan seseorang pada kondisi meditasi ringan. Demikian juga halnya dengan menghirup aroma pasir, asin air laut, serta udara berkabut pada pemandangan laut pantai akan menenangkan saraf-saraf otak, " ujar Richard Shuster, PsyD, seorang psikolog.

Ombak yang menari-nari memungkinkan kita sejenak terlupa banyaknya masalah. Ketika ombak bergulung-gulung di tengah laut, berkejar-kejaran menuju tepi menyimpan harapanku agar tumbuhnya mimpi besar di hidup.

Dan yang paling uniknya tempat yang satu ini, jika jarak dari rumah ke pantai justru boleh dikatakan dekat. Namun ini yang mendatangkan kebahagiaan bertubi-tubi. Seakan aku gak pernah bosan mengunjunginya. Maybe, suatu saat nanti jika ada masanya aku harus pergi merantau. Entahlah, tempat natural lain akan mengalihkanku.

Lalu seperti apa kegiatan yang ramai di pantai pada bulan ramadhan ramadhan? Beberapa orang mengaku tempat ini selalu ramai dikunjungi tak hanya di bulan ramadhan saja. Tapi setelah ramadhan ada kegiatan favorit yang dilakukan pastinya mempunyai makna baik, kan.  

Nah, selama ramadhan kita yang menikmati keindahan pantai akan menyaksikan di tepinya banyak orang baik yang berbagi takjil. Itu artinya mereka membagikan makanan atau minuman kepada orang yang berpuasa. Nah, paling tidak setiap pengendara yang melewati ruas tepian pantai mendapatkan makanan takjil. Ini merupakan hal yang bikin aku jatuh cinta juga. Karena terasa nuansa ramadhannya, indahnya berbagi. Keren gak tuh?

Menelusuri jalan-jalan di dekat pantai selama ramadhan. Akan menciptakan kesan tersendiri bagi sebagian orang. Namun teman-teman yang merasakan suasananya sangat bagus.  Mereka yang berbagi kini dimulai dari anak muda hingga orang tua, menjadikan kegiatan bermanfaat dan positif lainnya di pantai. Bahkan banyak yang berlomba-lomba melakukannya. 

Sebab suatu kebaikan di bulan ramadhan pasti dibalas dengan pahala yang berlipat ganda. Aamiin. Dan berbagi kebaikan tak hanya menebar kebahagiaan buat orang lain tapi kepuasan tersendiri bagi kita. 

Nah, selama bulan ramadhan tak disangka inilah beberapa tempat yang bikin kita jatuh cinta. 

3-Tempat-yang-Bikin-Jatuh-Hati-di-Padang

Mari simak dulu, beberapa tempat yang bikin jatuh hati di bulan ramadhan :

1.Tempat Ibadah

Ketika ramadhan datang, kita akan berbondong-bondong ke masjid, terutama kita sebagai umat Islam. Meski di hari lain masjid selalu sepi dan hanya boleh dihitung jari yang melakukan ibadah. Namun ramadhan tiba menyulap ini semua, dari berbagai ras dan kulit menyatukan kita semua dengan melakukan ibadah di mesjid. Terkadang shaf malah melimpah ruah. Wah luar biasa!

Hal ini membuktikan bahwa kita menyambut ramadhan dengan hati gembira.

Suasana beribadah di mesjid Raya Sumbar sangat menyenangkan, mesjid ini ialah salah satu tempat yang paling megah di Sumatera Barat. Didesain dengan konsep unik yang atapnya berbentuk gonjong seperti rumah adat Minangkabau. Mesjid Raya Sumbar juga terdapat ukiran hingga kaligrafi pada dinding bagian luarnya. 

Berkisah di mesjid Raya Sumbar menggambarkan peletakan batu Hajar Aswad yang menggunakan kain yang dibawa oleh empat orang perwakilan suku di kota Makkah. Selain arsitekturnya yang keren, masjid ini juga dirancang tahan gempa hingga 10 Scala Richter (SR) dan memiliki shelter lokasi evakuasi apabila terjadi tsunami. Tak hanya itu, di dalam mesjid dapat menampung 20.000 jamaah. 

Teman-teman sudah pernah berkunjung ke mesjid Raya Sumbar, Buds? Kalau belum semoga ada kesempatan mengunjungi masjidnya yaa, aamiin. 

2. Tempat Pabukoan

Tempat selanjutnya, tempat "pabukoan" ini hanya akan ditemui pada bulan ramadhan. Dimana tempat penjual menjual kebutuhan makanan berbuka puasa. Dan di tempat inilah kita menemukan berbagai macam makanan khas yang enak dan murah. Seperti gorengan, kolak, kue-kue khas kering dan basah yang menjadi favorit penganan berbuka. Kehadiran pedagang yang menjual kebutuhan berbuka puasa menghidupkan perekonomian UMKM. 

Pemerintah kota mengakomodasikan bagi kebutuhan pedagang UMKM yaitu tempat khusus pedagang takjil. Untuk memaksimalkan UMKM pemerintah telah memfasilitasi pedagang tersebut berupa tenda. Selain itu, situasi pandemi gini juga diakomodir dengan alat protokol kesehatan untuk mengatasi peningkatan penderita covid'19.

Dengan pedagang takjil diberi fasilitas tempat tersebut maka dapat menata ruangan kota. Sehingga kita lebih mudah mencari takjil ketika berbuka nanti. Hal ini akan membuat orang-orang jatuh cinta terhadap tempat yang satu ini.

 Di kota Padang tercinta pemerintah memusatkan pasar takjil berbuka (pabukoan) di dekat blok III pasar raya. Untuk pusat makanan berbuka ini dihadiri oleh ratusan pedagang khas makanan Minang. Selain tempat ini dimana dua tempat lainnya yang dibuka sekitar daerah kota Padang.

Masyarakat akan berburu takjil kebutuhan berbuka pada pusat takjil tersebut. Sangat rindu sih, Buds. Kenapa? Karena tahun sekarang Padang berada di zona orange pemerintah tidak membuka pusat pabukoan, karena untuk mengurangi tingkat penyebaran virus covid'19. Namun yang jelas bagi pedagang yang berjualan untuk kebutuhan berbuka puasa bisa menjajakan makanannya asalkan tetap mematuhi aturan protokol kesehatan. Kalau di daerah teman-teman gimana, Buds?

3. Tempat Perbelanjaan 

Setelah ramadhan berakhir, tempat yang bikin jatuh cinta ialah pusat perbelanjaan untuk hari Raya Idul Fitri, ya kan? Di mana tempat ini, tempat kita tersedia berbagai macam kebutuhan kita untuk momen lebaran. Tak heran kenapa pusat perbelanjaan bisa ramai dikunjungi. 

Ketika lebaran tiba, membeli baju, tas, sepatu, dan barang baru lainnya memang sudah tradisi di kalangan masyarakat Indonesia. Jarang sekali pusat perbelanjaan menjelang lebaran sepi pengunjung. Ternyata selain banyaknya promo menarik, juga beberapa diskon besar-besaran yang diberikan pemilik usaha kepada pelanggannya. 

Seperti kondisi mall Basko Padang, mall Transmart Padang, mall Plaza Andalas Padang, dan beberapa pusat perbelanjaan di Padang. 

Ya, bagaimanapun saat pandemi ini pemerintah memperketat bukanya pusat perbelanjaan menjelang hari lebaran. Untuk itu kita dapat mengatasinya dengan berbelanja secara online. Karena itu lebih baik untuk menghindari kerumunan.

Maka teman-teman tak jarang menggunakan pengiriman paket online yang dapat diantarkan dan terpercaya kan, seperti pengiriman jasa JNE yang dipercaya selama 28 tahun.

Setiap kali belanja online aku pasti menggunakan jasa JNE. Kenapa harus JNE? Karena JNE pengirimannya selalu tepat waktu dan jasa pengirimannya juga aman, Buds. Kini giliran kalian menggunakan JNE sebagai pilihan pengiriman barang baik ke luar negeri maupun dalam negeri. 

Wah, yuk cintai negeri kita!!!  

Sekian dulu artikel kali ini dan semoga terhibur. See you ❤️



No comments:

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by Galeries. Powered by Blogger.