Mengenal Lebih Dekat PAYDI dari Asuransi Prudential

February 17, 2024

Mengenal-Paydi-Asuransi-Prudential


PAYDI adalah produk asuransi kombinasi asuransi permanen (whole life) dan produk investasi. Yuk kenali lebih dekat di sini!


    Teman-teman sudah familiar belum dengan produk-produk asuransi? Ya, adakah yang sudah kenal dekat dengan PAYDI atau unit link? Nah, bercerita mengenai PAYDI nih, PAYDI atau Unit Link. Paydi ini tak hanya sebuah produk asuransi bahkan juga kombinasi asuransi permanen (whole life) dan produk investasi. Lebih dekat unit link merupakan produk asuransi jiwa yang punya 2 manfaat sekaligus yakni perlindungan jiwa serta potensi hasil investasi.


    Ibarat pribahasa menyebutkan “Sekali mendayung dua tiga pulai terlampaui” Pertama, memperoleh asuransi yang melindungi kita dari kejadian yang tak terduga di masa depan. Kedua, memperoleh investasi yang bertujuan untuk menambah aset kita. 


    Dalam perlindungan jiwa, PAYDI      memberikan manfaat saat kita terjadi risiko meninggal dunia bahkan akan jatuh tempo hingga usia 99 tahun. Manfaat perlindungan jiwa dalam produk unit link sangat banyak dibutuhkan terutama untuk kebutuhan dan kemampuan finansial kita sebagai nasabah. Sedangkan manfaat sebagai investasi akan memberikan potensi imbal hasil untuk menjaga keberlangsungan polis (manfaat asuransi) dalam jangka yang panjang. Untuk nilai  investasi dapat jauh lebih besar, bisa juga lebih kecil ataupun negatif dari premi yang diinvestasikan tersebut, semua bergantung pada risiko jenis-jenis dana investasi.


    Nah, supaya lebih kenal lagi apa itu PAYDI atau unit link, terus disimak yaa teman-teman.



Kenali Apa Produk PAYDI 


    Inilah hal yang perlu kita pahami bahwa PAYDI sama dengan produk investasi lainnya ialah tidak bebas risiko. Artinya akan ada kemungkinan risiko penurunan nilai investasi terjadi nantinya.


    Tak hanya itu, nasabah terlebih dahulu disarankan untuk memperhatikan dengan sa     ksama mana yang lebih baik, memutuskan membeli sepaket asuransi jiwa dan investasi sekaligus atau membelinya secara terpisah atau berbeda. Namun, sayangnya informasi penting tentang risiko investasi maupun biaya-biaya yang timbul dari pembelian unit link ini sering kali kurang diketahui oleh konsumen dan nasabah tidak bisa mengecek kemana dana investasinya dikalkulasikan. 


    Sehingga biaya-biaya yang timbul dari pembelian PAYDI sering tidak diketahui oleh nasabah, maka kita mesti ketahui apa-apa saja biaya dalam pembelian unit link.


PAYDI-ASURANSI-PRUDENTIAL

Beberapa biaya yang akan dibebankan kepada pemegang polis PAYDI atau unit link adalah sebagai berikut:


Biaya asuransi


    Biaya yang dibebankan kepada konsumen sehubungan dengan pertanggungan yang diberikan oleh perusahaan asuransi.


Biaya perolehan atas polis (akuisisi)


    Biaya akuisisi ini meliputi biaya pemeriksaan kesehatan, pengadaan polis, dan pencetakan dokumen, remunerasi/komisi bagi karyawan dan agen.


Biaya administrasi


    Biaya yang akan dibebankan sehubungan dengan adanya administrasi polis.


Biaya pengelolaan dana


    Biaya yang dibebankan terhadap aset investasi unit link yang dimiliki oleh konsumen yang ditujukan untuk pengelolaan investasi.


Biaya pengalihan dana (switching)


    Biaya switching ialah biaya yang dibebankan dalam hal terdapat pengalihan alokasi dana investasi yang dilakukan oleh pemegang polis.


Biaya penarikan


    Biaya yang dibebankan jika konsumen melakukan penarikan sebagian dana pada tahun awal kepesertaan.


Biaya top up


    Biaya yang dibebankan saat konsumen melakukan pembayaran premi tambahan untuk meningkatkan nilai investasi (premi top up).


Biaya penghentian/penebusan polis


    Biaya ini merupakan biaya yang dibebankan dari nilai investasi jika konsumen melakukan penghentian/penebusan polis asuransi unit link sebelum batas waktu tertentu yang diperbolehkan.


    Tak hanya itu biaya-biaya pada unit link ini akan dialokasikan juga ke biaya–biaya, seperti biaya top up (bila diadakan) dan biaya-biaya lainnya terkait polis untuk membayar perlindungan tiap bulannya serta ke dalam dana investasi dalam bentuk unit.


    Nah, sekarang kamu sudah paham semua biaya-biaya tersebut dibayarkan ke mana saja kan? Yup, kalau gitu kita akan kenalan dengan jenis-jenis asuransi unit link. 


Nah, ada empat jenis asuransi dari PAYDI, diantaranya adalah sebagai berikut:

PAYDI-ASURANSI-PRUDENTIALo

Cash Fund Unit Link atau unit link pasar uang


Perusahaan dari asuransi penerbit unit link jenis ini akan meletakkan portofolio investasi kepada nasabahnya sebesar 100 persen. Investasi tersebut berada pada instrumen pasar uang seperti deposito berjangka, SBI, dan surat utang jangka pendek.



Berbagai macam jenis-jenis investor yang tergolong kedalamnya. Salah satunya investor yang konservatif di mana mereka tidak berani dalam mengambil risiko besar. Maka tentunya produk unit link jenis ini bisa jadi pilihannya. Kenapa? Selain karena berjangka waktu pendek, pun risikonya juga paling rendah. 



Fixed Income Unit Link atau Unit Link Pendapatan Tetap


Sesuai dengan namanya yaitu Income Unit Link atau unit link pendapatan tetap. Di mana pada komposisi dana investasi pada nasabah unit link jenis ini akan difokuskan paling tidak ada 80 persen di instrumen obligasi.


Semua tergantung pada nasabahnya, karena jika kita ingin mendapatkan keuntungan dengan tingkat bunga optimal makanya tentu harus mengutamakan pendapatan yang stabil dan konsisten. Tipe unit link seperti bisa mempertimbangkan untuk mengambil unit linknya.



Managed Unit Link atau Unit Link Pendapatan Campuran


Apa itu managed unit link? M     anaged Unit Link atau unit link pendapatan campuran unit link ini biasanya akan menempatkan portfolio pada saham dan obligasi berdasarkan komposisi tertentu. Namun ada banyak orang yang berpendapat, jenis unit link ini sesuai bagi para nasabah yang ingin memperoleh pendapatan memadai sekaligus peluang pertumbuhan investasi jangka panjang. Tentunya, menurutku juga begitu karena tidak bergantung pada investasi saja melainkan juga pada obligasi dengan komposisi yang ditentukan.



Equity Unit Link atau Unit Link Saham Terakhir


Equity Unit Link atau unit link dana saham t     erakhir yaitu unit link dengan dana saham umumnya menempatkan dana nasabah pada saham minimal 80 persen. Ini juga dapat menjadi pilihan buat kamu yang ingin mendapatkan keuntungan berinvestasi secara maksimal.


Mengenal Apa itu Premi? 


Pastinya kalian sudah sering dengar dengan istilah premi ini. Nah, daripada penasaran yuk di simak di sini. Premi merupakan sejumlah uang yang dibayarkan Pemegang Polis (PP) kepada Prudential berkaitan dengan diadakannya Polis.     


Terdapat 2 cara pembayaran Premi:


1. Premi Regular


Di mana pembayaran Premi ini dilakukan secara berkala sampai usia pertanggungan berakhir.


2. Premi Tunggal


    Sedankan premi tunggal hanya pembayaran premi yang dilakukan cukup sekali bayar saja yang digunakan untuk membeli unit.


    Untuk premi asuransi jiwa unit link harus dibayarkan selama masa pertanggungan sehingga ertanggung tetap dapat menikmati manfaat polis. Berlaku untuk calon nasabah yang hanya mau membayar selama periode tertentu maka calon nasabah tentunya sudah memahami konsekuensi dari hal tersebut, di mana sebelumnya sudah dikonsultasikan dengan pihak pemasarnya. 


    Yuk, pahami risiko investasi lalu sesuaikan pilihan subdana dengan profil risiko kita. Karena nasabah harus cerdas mengambil keputusan sepenuhnya untuk menempatkan alokasi dana dari PAYDI atau Unit Link Prudential Indonesia ini. 


    Sekian dulu artikel mengenai PAYDI atau unit link dari Prudential ini. Ayo Yakin Melangkah Bersama Prudential Indonesia. Semoga bermanfaat!


1 comment:

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak (Komentar akan dimoderasi) dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by diane555. Powered by Blogger.