7 Peluang Usaha Rumahan yang Mudah Dijalankan dan Menjanjikan

Peluang-Usaha-Rumahan
Peluang Usaha Rumahan

Halo semuanya. Memulai berbisnis saat sekarang ini banyak dilakukan dari rumah saja. Ide peluang usaha rumahan ini sangat menarik apalagi sejak saat pandemi, semua orang terkena dampak bahkan tak menutup kemungkinan buat para pekerja kantoran sekali pun untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah sendiri. Gaji pekerja yang selama pandemi covid menurun sepersekian akibat pemotongan gaji oleh perusahaan tersebut. Maka tentu saja banyak orang yang memilih untuk membangun bisnis rumahan agar menambah pundi-pundi penghasilannya. Ya, selain karena bisnis rumahan mudah dilakukan dan peluang usaha ini menjanjikan.

Berbisnis menjadi pilihan terbaik dengan memiliki tujuan yang sangat jelas. Pun dalam pengelolaan keuangannya kita mesti menerapkan strategi yang tepat agar merasakan kebebasan financial tersebut. Dan selain itu, kita diharapkan juga mengetahui market/pasar yang belum banyak digarap oleh para pebisnis lainnya.

Nah, kini untuk memulai  bisnis tak mesti mempunyai modal yang sangat besar. Justru kita makin dimudahkan karena baik modal kecil maupun menengah semuanya dapat dilakukan  dengan cara masing-masing sehingga ide bisnisnya potensial di tahun 2022 ini.

Adapun pada artikel kali ini, aku bakal membahas beberapa peluang usaha rumahan yang mudah dijalankan dan menjanjikan. 


7 Peluang Usaha Rumahan yang Mudah Dijalankan dan Menjanjikan

Peluang-Usaha-Rumahan

1. Bisnis Pulsa dan Paket Internet

Semua kita telah berada di era teknologi saat ini. Sehingga tentu semua orang selalu memanfaatkan teknologi, ada juga yang menjadikan pemakaian teknologi sebagai kebutuhan dasar mereka. 

Sebagai bentuk interaksi, dari satu pengguna buat menghubungkan ke pengguna yang lainnya. Hal ini membuat kebutuhan akan akses internet terus meningkat. Para calon pebisnis dapat memulai berbisnis pulsa dan paket ini dengan beragam pilihan paket  yang ditawarkan agar para pengguna gadget dapat berlangganan di sana. Pengguna juga dapat berselancar di dunia maya dan menikmati layanan internet sesuai dengan pilihan mereka.

Walau kita sering menggunakan jaringan internet. Akan tetapi  penggunaan pulsa  juga dibutuhkan karena nomor kita akan terus aktif pun kita dapat berinteraksi dengan rekan atau keluarga via telepon.  Pastinya hal ini sudah dilakukan sejak lama sebelum penggunaan internet terus dilakukan.

Makanya bisnis pulsa dan paket internet ini sangat potensial karena masyarakat akan tetap membutuhkan baik pulsa atau pun paket internet di era serba digital kini.


2. Bisnis Hampers

 Yap, mesti bisnis ini termasuk bisnis musiman yang dicari-cari pada moment tertentu saja tapi kita dapat menarik cuan dari sini lho. Usaha hampers tak membutuhkan banyak modal karena kita dapat membeli bahan setelah adanya pembeli.

Apa saja bisnis hampers ini? Seperti usaha hampers ramadhan, hampers hari-hari besar, hampers wisuda, hampers acara nikahan, dan sebagainya. Namun sahabatulfah gak perlu khawatir karena bisnis kecil hampers ini masih jadi bisnis rumahan yang menguntungkan di saat tertentu.

Bahkan bisnis hampers ini boleh dilakukan dengan sistem pre-order atau pesanan dibuat setelah mendapatkan pesanan dari pelanggan saja. Itu artinya tak memakan banyak modal untuk kita memulai bisnis hampers ini. 


3. Usaha Kue / Ketering

Buat sahabatulfah yang suka sekali memasak atau membuat kue tradisional dan kue apapun. Nah, bisnis kue atau katering ini jadi ide bisnis yang menjanjikan. 

Karena kue kering atau pun kue basah sampai sekarang masih banyak peminatnya. Pun kita dapat memulai usahanya dengan bahan dasar yang mudah didapatkan dari pasar dan harga bahannya sangat terjangkau.

Nah, cukup mudah dilakukan apabila kalian gencar melakukan strategi pemasaran di media sosial. Tak hanya itu, dapat kita ketahui bersama bisnis kue ini diperlukan buat acara besar atau acara penting lainnya. Gimana sangat menggiurkan sekali, kan?


4. Usaha Toko Online

Seller-Reseller-Dropshipper

  Membuka toko kini gak perlu menyewa tempat lagi yang membutuhkan modal besar dalam menyewa toko offline. Sebab sekarang kita cukup mendaftarkan diri menjadi seorang seller di salah satu e-commerce. Barang yang dijual terkadang sudah disediakannya. Nah, di sini bagaimana ide produk tersebut kita variasikan dengan gambar  yang lebih menarik.

Kemudahan yang didapatkan bisnis toko online ini dapat dikerjakan dari rumah, pilihan bisnisnya pun beragam dimulai dari pakaian, accessories, skincare alat perabotan rumah tangga, dan sebagainya. Jadi kita bisa menentukan produk mana yang diminati dan banyak peminatnya.


5. Bisnis Toko Kelontong

  Siapa yang punya ruangan kosong atau tempat yang dapat dijadikan buat mendirikan warung di depan rumahnya? Bisa banget deh nyobain bisnis toko kelontong ini. Salah satu bisnis rumahan yang tetap eksis dari masa ke masa.

Toko kelontong juga menjual berbagai kebutuhan sehari-hari, seperti halnya peralatan rumah, peralatan mandi, pembersih, makanan ringan, minuman ringan, sabun cuci dan lain sebagainya. 

Untuk modal yang digunakan dimulai dari ratusan ribu bahkan jutaan. Diisi tergantung banyaknya kebutuhan dan permintaan pasar nantinya. Semakin besar modal usahanya maka semakin banyak juga pendapatan yang dihasilkan. Jadi, bisnis rumahan ini dapat dimulai dari bisnis kecil hingga lama kelamaan akan jadi bisnis besar juga.


6. Bisnis Jasa Laundry

 Kini semua orang ingin hidup praktis, di tengah kesibukan para pekerja kantoran dan pekerja lainnya. Hal ini yang membuat tenaga mereka habis bahkan untuk pekerjaan sehari-hari saja memerlukan bantuan orang lain. Seperti halnya untuk mencuci pakaian yang menumpuk dan menyetrika bajunya. Maka salah satu solusi bagi mereka ialah menggunakan jasa laundry.

Peluang usaha ini dapat menghasilkan cuan tambahan buat kita. Apalagi usaha laundry dihitung dari berapa banyak kiloan. Dan usaha ini hanya perlu modal yang cukup mudah yaitu mesin cuci dan setrika. Dengan begitu usaha laundry dapat kita keruk hasilnya nanti. 


7. Bisnis Jasa Cuci Kendaraan

 Dari sekian banyak masyarakat mayoritas semuanya sudah memiliki kendaraan. Tak heran jika di jalan raya kendaraan selalu rame bahkan bisa menyebabkan kemacetan pula saking kendaraan ini sangat banyak sekali.

Karena itu peluang usaha jasa cuci kendaraan sangat menggiurkan. Sedangkan modal untuk berbisnis jasa cuci kendaraan ini dengan modal membeli satu set mesin dan alat pencuci kendaraannya. 

Jadi sahabatulfah lebih memilih bisnis rumahan yang mana nih, yang sangat ingin  dijalankan? Kalau tidak ada boleh berbagi rekomendasi bisnis rumahan lainnya? Kalau aku sudah 3 dari 7 peluang bisnis rumahan di atas tersebut sudah dilakoni yang memang mudah dilakukan. 

Oleh karena itu, untuk membangun bisnis yang potensial dan menggiurkan di tahun 2022 ini langkah terpenting yang dilakukan ialah gencar melakukan strategi pemasaran dan tujuan bisnis yang matang,  sehingga bisnis tetap berjalan dengan baik.

Sekarang untuk berbisnis kamu dapat memulai dari modal yang kecil namun hasilnya luar biasa dengan cara mengontrol usaha yang dijalani seperti mengatur pengeluaran dan pemasukan agar usaha bisnis rumahanmu ini sukses.

So jangan takut gagal, semua bisnis usaha rumahan ini tak akan ada matinya. Semoga bermanfaat, terima kasih yaa semuanya.

Post a Comment

19 Comments

  1. Saat ini peluang banyak banget ya kak, semua bisa jadi entrepreneur asal mau berusaha kalo aku tertarik buat buka grosir di rumah kayak toko kelontong

    ReplyDelete
  2. Yg penting mau mencoba, siap untuk gagal, tapi juga mau bangkit lagi di saat gagal. Banyak temenku yg jadi menjual aneka kuliner selama pandemj. Aku yg memang suka wiskul, akhirnya nyobain buatan temen2. Ada yg beneran ENAAAK banget, dan aku bantu lah buat promo di medsosku. Itung2 promosiin usaha dia . Ada juga yg enak tapi blm spesial. Kadang temen suka nanya feedback yg beneer2 jujur, dan aku pasti KSH tau minus poinnya apa, berharap kan dia bisa memperbaiki juga supaya makin laris kedepannya.

    Aku sendiri blm mau bisnis dari rumah mba. Cari duit dari rumah iya, tapi bukan yg jualan usaha begini sih. Kalo skr, aku lebih fokus trading saham dan mengamati investasi di beberapa platform yg aku pakai. Lumayan untuk passive income 😁

    ReplyDelete
  3. Bisnis pulsa dan paket internet paling gampang sih, apalagi semua orang memang rutin membeli pulsa/paket internet. Namun sebenarnya beli pulsa udah gampang bisa lewat m-banking dan marketplace, jadi target pasarnya mengkerucut ke ibu2/bapak2 yang tidak menggunakan dua aplikasi tersebut.

    ReplyDelete
  4. kalo di desa-desa atau di area yg belum melek finansial digital, cuan banget tuh buka konter pulsa, paket internet dan transfer2 deh

    ReplyDelete
  5. Nah saya sedang merintis usaha yang pertama itu kak, doakan lancar yah

    ReplyDelete
  6. Aku paling sreg bkin kue sama katering nih ka soalnya aku dlu pernah iseng2 coba kalo udah ada langganan untungnya mayan bngt tapi karna yg biasa bantuin pulang kampung akhirnya aku stop..apapun peluang usahanya harus sesuai passion kita biar enjoy jalaninnya

    ReplyDelete
  7. Semua bisnis ada naik turunnya sih ya.. kecuali sudah jadi top of mind di suatu wilayah. Sudah jadi legend lah begitu .

    ReplyDelete
  8. Memang penting bgt nih buat menekuni usaha rumahan gini, apalagi buat emak-emak yang berdaya dan berkaryanya dari rumah. Bisa dapat cuan ^^

    ReplyDelete
  9. Salut banget sama orang-orang yang bisa dapat cuan meski hanya dari rumah aja. Ternyata banyak banget yang bisa dilakukan di rumah, banyak jenis usaha yang bisa dipilih, ya.. Jadi terpikir untuk punya usaha juga di rumah yang bisa menghasilkan..

    ReplyDelete
  10. Kalau mau menangkap peluang dan mau serius banyak sekali peluang usaha rumahan yang bisa dijalankan. Bahkan bisa mulai dengan tanpa modal. Kuncinya adalah mau dan punya kemauan, tidak mudah putus asa.

    ReplyDelete
  11. Peluang bisnis rumahan banyak, tinggal niat dan usaha untuk itu yang perlu dilakukan. Jadi blogger pun bisa cuan, walau dari rumah aja :D

    ReplyDelete
  12. Asal ada kemauan insya Allah pasti ada aja jalannya membuka usaha ya Mbak. Ide peluang di atas bisa dijadikan acuan.

    ReplyDelete
  13. aku tertarik sama bisnis hampers. soalnya sekarang kayak mau ngadoin sesuatu pengin yang langsung hampersan aja gitu, lebih lengkap plus simple

    ReplyDelete
  14. Toko online dan hampers memang menggoda banget. Apa daya udah berasa sibuk urus 3 anak dan menulia artikel. Kalau untuk jasa laundry, katering butuh SDM yang loyal nih kayaknya. Noted ide bisnisnya

    ReplyDelete
  15. Peluang ini bisa dimanfaatkan ya, entah nantinya akan jadi tambahan sampingan atau bisa jadi malah jadi penghasilan utama.

    ReplyDelete
  16. Kalau rumahnya deket keramaian seperti pinggir jalan, jualan apapun jadi lebih mudah ya. Misal toko kelontong atau jualan pulsa. Namun toko online mencover semuanya karena yang penting ada internet.

    ReplyDelete
  17. Banyak juga ya peluang usaha rumahan yang bisa dimanfaatkan
    Kalau jeli ambil peluang, pasti hasilnya akan lumayan ya kak

    ReplyDelete
  18. Zaman sekarang peluang buat buka usaha di rumah ini banyak banget ya mbak. Tinggal kitanya mau action apa enggak.

    ReplyDelete
  19. Tips terus mengibarkan bisnis rumahan sangat bermanfaat banget Mbak Ulfah, terus gencar melakukan strategi pemasaran dan tujuan bisnis yang matang, serta peduli pada pengelolaan keluar masuknya keuangan.
    NIce share, makasih mbak.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak (Komentar akan dimoderasi) dan saling follow ya, thanks 🙏😊