Tips Ngeblog untuk Pemula yang Sangat Penting Diketahui

April 15, 2022

Tips-Ngeblog-untuk-Pemula-yang-Sangat-Penting-Diketahui

     Menjadi seorang blogger merupakan pe-er terpenting bagiku saat ini untuk mensukseskan blog personal ini. Blog yang masih memiliki banyak kekurangan dan sedikit kelebihan ini. Namun aku akan selalu berusaha membangun blog ini semaksimal dan semampuku. Karena memang dari awal ngeblog tiada paksaan dari siapapun, bisa dikatakan kemauan dari diri aku sendiri.

     Kalau ditanya apa tips ngeblog biar sukses Ulfah? Untuk tipsnya sekarang ini sangat banyak kita temukan informasi dari beberapa sumber dimana-mana. Tapi kan dari sekian banyak tips ngeblog, tidak semua bisa kita aplikasikan. Dengan kita mencoba tips di bawah ini, pastinya sangat penting buat blog kita kedepannya. 

Tips Ngeblog untuk Pemula yang Sangat Penting Diketahui

1. Konsisten

     Konsisten adalah kunci utamanya. Bayangkan saat kita menulis blog sekali dalam 6 bulan atau bahkan sekali dalam setahun. Apa yang akan terjadi? Mungkin blog kita seperti tidak hidup lagi. 

     Tapi kan menulis konsisten itu butuh effort? Ya, benar sekali.

     Perjuangan dalam menulis blog dan rintangan konsisten ngeblog itu pastinya wajar dialami. Namun selalu kita atasi dengan menulis sedikit demi sedikit terlebih dahulu. Kita bisa menulis dari pengalaman atau kegiatan-kegiatan yang alami sehari-hari, hal ini bisa mengurangi stuck ide di tengah jalan. Mulailah menulis dari hal-hal yang disukai, karena kalau kita suka tak ada alasan untuk berhenti mengerjakannya. 

2. Optimasi SEO

     SEO adalah Search Engine Optimization atau mesin pencari. Di sini kita bisa menggunakan keyword atau kata kunci agar blog kita berada di teratas mesin pencarian. Agar blog tersebut dapat direkomendasikan oleh google kepada pengunjung bahwa kontennya bagus. 

     Duhh kita benar-benar mesti optimasi SEO. Tidak ingin dong, blog kita dianggap seperti artikel tidak berguna oleh google karena kurangnya dioptimasi. Tapi memang ini butuh ilmu yang mendalam, Buds. Misalnya nih, kita udah capek-capek menulis tapi konten kita tidak menarik banyak pembaca maka dengan optimasi SEO ini semacam pemasaran buat meningkatkan kualitas blog. 

Baca juga: Manfaat Blog Sebagai Wadah yang Menyenangkan Buat Para Blogger

3. Kemampuan Visual

     Kemampuan ini sangat dibutuhkan agar blog kita diminati banyak orang. Cuma jangan sampai terlalu fokus pada visual akhirnya tulisannya dibiarkan berantakan saja, hehehe. Nah saling mendukung satu sama lainnya agar bisa menunjang ketertarikan pada blog kita.

     Visual ini seperti gambar, infografis, bisa juga menggunakan video. Blog yang memberikan kesan visual yang bagus dan enak dipandang selalu punya hati di mata pengunjungnya. 

4. Kemampuan Menulis

     Sangat banyak yang curhat ke Ulfah, mereka sangat ingin ngeblog namun tidak bisa menulis. Lalu apa solusinya? Percaya atau tidak, Ulfah sendiri tidak suka juga menulis dahulunya. Hanya suka membuat curhatan di catatan yang aku pikir semua orang bisa. Kalau menulis curhatan boleh jika kita saja yang paham maknanya. Nyatanya menulis di blog tidak seperti itu, kita mesti menulis agar dimengerti dan bisa bermanfaat bagi orang lain.

     Akhirnya Ulfah mencoba untuk membagikan pengalaman dan cerita menarik di blog. Mulai dari mempelajari apa yang diminati diri sendiri, lalu bisa diambil hikmah oleh orang lain, berbakal informasi yang bisa dibagikan maka lama kelamaan kita akan terbiasa dan mengerti letak kekurangan dari tulisan sendiri. Seperti aku, awal mula menulis itu karena suka baca tulisan di google maka tulisannya sangat kaku. Sehingga tidak ada interaksi di dalam tulisan tersebut, padahal tulisan yang baik itu mesti menimbulkan interksi atau perhatian pembacanya.

     Nah, point terpenting menulis di blog itu supaya tujuannya bisa kita capai ialah menulislah agar pembaca terpengaruh dengan tulisannya. Sehingga tulisan kita lebih meyakinkan banyak pembaca lainnya. Itulah sedikit tips dari aku. 

     Kalau ada tips ngeblog yang sangat penting lainnya, sahabatulfah bisa sharing di kolom komentar. Yuk, kita mulai ngeblog dari yang kita sukai dulu dan semangat untuk terus konsisten melakukannya. Semoga artikel aku kali ini bermanfaat dan sehat selalu semuanya.


3 comments:

  1. Yg paling penting memang konsisten sih 😄. Tanpa itu, agak percuma jadinya punya blog. Mungkin bagi yg ngerasa ga bisa nulis, tapi pengen punya, bisa belajar utk biasa menulis apapun, nth di draft atau di medsos. Kalo di draft kan enaknya bisa diedit dulu sebelum publish. Aku dulu gitu juga. Rajin nulis di draft, trus baru deh edit sebelum akhirnya publish.

    ReplyDelete
  2. Bahasanya mbak ulfa bagus banget tersistematis. Tipsnya jadi PR buat saya nih semoga bisa diterapkan

    ReplyDelete
  3. Bahasanya bagus banget mbak tersistematis. Hal ini masih jadi pr buat saya semoga bisa lebih baik lagi dalam ngeblog bukan hanya asal buat akun aja

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak (Komentar akan dimoderasi) dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by diane555. Powered by Blogger.