Tempat Ngabuburit Asik dan Hits di kota Padang

April 05, 2022
Tempat-Ngabuburit-Asik-Hits-Padang

 Assalamualaikum Buds. Apa kabarnya nih? Semoga sehat selalu ya semua, aamiin😇. Btw, bercerita perihal ngabuburit nih. Apa sih makna ngabuburit bagi sahabatulfah? Bagi sebagian orang ngabuburit itu menunggu waktu berbuka puasa dengan melakukan aktivitas setelah solat asar.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI), kata ngabuburit berasal dari bahasa Sunda yakni Burit. Yang memiliki arti bersantai-santai sambil sambil menunggu waktu sore. Contoh ngabuburit yang bisa dilakukan yaitu membaca buku, melanjutkan tilawah, duduk-duduk santai, jalan-jalan ke tempat yang disukai dan menyenangkan. Namun tetap dalam kegiatan positif dan kegiatan yang bermanfaat sembari menunggu waktu berbuka.

Di Padang, sore menjelang magrib itu di jalanan kita akan mendapati macet, entah di pusat kota atau pun di tepi kota. Ditambah pula pekerja kantoran baru pulang dari tempat kerjanya. Bahkan tempat-tempat di tepi jalan itu semua dipenuhi oleh para pedagang yang menjual makanan-makanan saat berbuka puasa. Seketika Padang yang rame menjadi sangat rame. Namun aku biasanya ngabuburit di tempat yang bikin nyaman, tenang, dan menyenangkan.

Baca juga: 5 Kegiatan yang Paling Menyenangkan di Bulan Ramadhan

Emangnya tempat-tempat ngabuburit di Padang ada yang seperti itu? Jelas ada dong. Beberapa tempat rekomended di kota Padang yang wajib dikunjungi saat ngabuburit nih. 

Tempat Ngabuburit Asik dan Hits di Kota Padang yang wajib dikunjungi:

1. Masjid Raya Sumbar

Tempat-Ngabuburit-Asik-Hits-Padang

Yes, posisi pertama adalah masjid Raya Sumbar. Kenapa? Karena masjid ini jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah. Untuk ke masjid ini dari rumah aku hanya butuh waktu 10-15 menit saja. Cukup dekat ya.

Masjid Raya Sumbar punya desain unik seperti atap rumah gadang yang lebih modern. Tempatnya sangat asri dan teduh karena ditumbuhi pepohonan hijau yang berdiri kokoh di dekat parkiran mobil dan motor. Alhamdulillah, Masjid Raya Sumbar ini terpilih sebagai “masjid Terbaik di Dunia”. 

Baca juga: Jalan-Jalan Seru Buat Ngabuburit Ala Ulfah

2. Danau Cimpago

Tempat yang asik dikunjungi bersama keluarga dan teman-teman yang kedua ialah danau Cimpago. Karena danau ini bersebelahan dengan pantai Padang.

Tempat-Ngabuburit-Asik-Hits-Padang

Kita bisa langsung menyaksikan beberapa orang yang memancing di sekitar sini. Dan terdapat tempat duduk juga yang terhampar langsung ke pantai Padang, Sumatera Barat. Sungguh indah sekali!

3. Tugu Merpati Perdamaian

Tempat-Ngabuburit-Asik-Hits-Padang

Tempat selanjutnya adalah tugu Merpati Perdamaian. Tepatnya tempat ini berada di pantai Padang atau berada di taman muaro lasak. Tempat ini diresmikan pertama kali oleh presiden Joko Widodo sekitar tahun 2016 lalu. 

Tentunya saat ngabuburit kita bakal merasakan langsung indahnya pemandangan dan hamparan lautan biru di hadapan kita. Ada pula tempat duduk yang disediakan bagi pengunjung. Pada umumnya pedagang menjual pensi, langkitang yang berkuah, serta kerupuk kuah dan kelapa muda. Dan sekarang makin lengkap dengan tersedia pula ada tambahan menu makanan lainnya di sana. Nah, di seberang tugu ini bisa kita lihat kafe yang berjejer. 

4. Dermaga Kota Tua

Tempat-Ngabuburit-Asik-Hits-Padang

Tempat ini bisa kita jadikan sebagai tempat persinggahan setelah melewati pantai Padang. Sebab tempat ini berada di ujung pantai Padang. Kita akan disuguhkan oleh kapal-kapal tua yang berdiri di danau tersebut. Tempat ini juga menjadi momen paling pas untuk berfoto ria. Di seberang jalannya kini juga telah berdiri beberapa coffee shop atau kafe yang lagi hits sekarang ini. Tak jauh dari sana kita akan bertemu dengan pondok Cina, yakni tempat beribadah orang Padang yang beretnis Cina. 

5. Jembatan Siti Nurbaya

Tempat-Ngabuburit-Asik-Hits-Padang

Tempat ini menjadi sebuah destinasi sekaligus tempat ngabuburit paling asik di Padang. Dari Dermaga Kota Tua kita menyusuri jalan beberapa kilometer lagi, maka akan terlihat sebuah jembatan besar di atas jalanan. Itulah yang dinamakan “Jembatan Siti Nurbaya”. Jembatan ini sungguh bagus dengan kita menyaksikan di malam hari maka akan tampak lampu-lampu cantik yang berwarna-warni yang dihiasi sebagai penerang jalanan. Kita juga dapat melihat keindahan rumah-rumah penduduk tetap yang berjejeran di perbukitan sana. Begitu pula, kita lihat keindahan gunung Padang dan danau yang punya banyak kenangan dengan kapal-kapal tuanya. Wah tempat yang paling banyak sejarah dan dirindukan, pastinya.

Di sebelah kiri dan kanan dari Jembatan Siti Nurbaya ini akan kita temukan para pedagang jagung bakar, roti, pisang bakar, dan lain-lainnya. 

Bagaimana?  Tempat-tempat ngabuburit di kota Padang sangat asik sekali, kan? Kalau sahabatulfah ke Padang, jangan lupa kunjungi tempat-tempat ini ya. Sebab tempat ini bukan hanya dijadikan sebagai tempat ngabuburit yang asik saja melainkan sebagai destinasi yang sering dikunjungi oleh para turis dan pengunjung lokal lainnya. Sangat menyenangkan deh pokoknya jika sahabatulfah berada di kota Padang Tercinta ini, hehe. 

Akhir kata, semoga sahabatulfah yang ke Padang bisa bertemu Ulfah juga ya, hahaha see you semuanya. Terima kasih sudah membaca artikel Ulfah kali ini🥰😊

13 comments:

  1. alamak cantik nian tempat-tempat ngabuburitnya mba makin happy ya bisa ngabuburit bareng teman di sana, belum pernah aku ke Padang nih jadi pengen ke sana

    ReplyDelete
  2. nice info nih buat yang lagi ada dipadang

    ReplyDelete
  3. Saya cuma mampir di Padang semalam, tapi cukup terkenang dengan Jembatan Siti Nurbaya . Tempat dimana saya juga nongkrong beli makanan kecil (lupa ) namanya. Well, tempat memikat di Padang sangat banyak.

    ReplyDelete
  4. Padang yang berubah!
    Saya ke Padang pada waktu 30 tahun yang lalu, dan saya tidak melihat tempat menarik selain Pantai Batu Malin Kundang.

    Tapi setelah baca tulisan Ulfah ini, saya jadi kepingin berada di Padang lebih lama. :)

    ReplyDelete
  5. Ini sih ngabuburiit asik banget, ah aku suka ke Dermaga KOta Tua itu dan jembatan Siti Nurbaya. Next kalo ke Padang mau mampirtempat2 di atas, cuss sekalian kopdar yaaa, insyaallah..

    ReplyDelete
  6. Wih keren nih kota Padang. Saya belum pernah ke luar Jawa sejak dulu. Pengen benget bertandang ke Padang dan melihat langsung berbagai tepat kece ini.

    ReplyDelete
  7. Aku pernah ke Jembatan Siti Nurbaya. Setiap pulang kampung ke Mandailing Natal, pasti lewat Bandara International Minangkabau, dan selalu sempatkan dulu singgah di Padang.

    ReplyDelete
  8. Aku si bakal betah banget ngabuburit setiap hari kalau sekeren dan sekece ini tujuan ngabuburitnya.
    Moga-moga suatu hari bisa main ke Padang juga ah. Penasaran sama keindahan alam dan kuliner dari Padang

    ReplyDelete
  9. Baca artikel kakak, berasa diajak ngabuburit online bareng deh. Semoga nanti ada rezekinya biar bisa jalan-jalan langsung ke Padang

    ReplyDelete
  10. seru juga ya ngabuburit di kota Padang, aku pengen tahu lebih jauh nih tentang danau cimpago. pasti kebayang indahnya apalagi sebelahan sama pantai

    ReplyDelete
  11. Waah serasa jalan jalan online nih, tempat tempatnua menarik untuk dikunjungi, semoga suatu saat bisa kesana

    ReplyDelete
  12. Ah jadi pengin jalan2 ke Padaaang. Jujur saya blm pernah ke luar Pulau Jawa loh jd bener2 penasaran bgt pengin lihat wisata kota yg indah2. Padang ini salah satu wishlist kuu

    ReplyDelete
  13. Jembatan Siti Nurbaya indah banget ya pas malam. Wah pankapan ke Padang ngunjungi Kak Ipar, jadi rekomendasi nih

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak (Komentar akan dimoderasi) dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by diane555. Powered by Blogger.