Menu Buka Puasa yang Praktis dan Bergizi untuk Mengembalikan Energi selama Berpuasa

 Minuman yang paling disukai Rasulullah shallahu'alaihi wassalam ialah yang dingin dan manis" -HR. Ahmad & At. Tirmidzi

Menu-Buka-Puasa-yang-Praktis-dan-Bergizi-untuk-Mengembalikan-Energi-selama-Berpuasa


    Assalamualaikum Buds. Pernah kah sahabatulfah mendengar hadist di atas tersebut? Sepertinya hadist ini tidak secara khusus menerangkan minuman dingin dan manis saja, namun makanan juga saat berbuka. Bahkan seringkali kita sengaja menghidangkan makanan dan minuman yang manis-manis untuk disantap ketika berbuka. 

    Berdasarkan ilmu kesehatan, selama berpuasa kita tidak mendapatkan asupan lain sehingganya asupan gula darah akan terus menerus turun. Padahal sumber energi utama kita ialah gula darah. Tak heran saat puasa kita mudah merasa mengantuk dan lemes. Jadi, kita sebaiknya tidak mengonsumsi banyak makanan dan minuman manis dengan gula tambahan.

    So, pilihan yang tepat saat berbuka puasa ialah menu berbuka yang tepat agar energi kita yang hilang dapat segera tercukupi. Perlu diperhatikan makanan manis dan segar saja belum tentu dapat meningkatkan kadar gula darah kita. Kenapa? Karena kebanyakan makanan manis ini tidak mampu memenuhi gizi dan vitamin lainnya. Oleh karena itu, sangat penting menu berbuka puasa yang dapat mengembalikan energi kita selama seharian berpuasa.

Baca juga: Tempat Ngabuburit Asik dan Hits di kota Padang

Menu Buka Puasa yang Praktis dan Bergizi untuk Mengembalikan Energi selama Berpuasa

    Segala menu buka puasa yang praktis dan bergizi tentunya bisa membuat kita merasa kembali bersemangat. Apa boleh buat kalau kita tidak menikmati menu yang tidak bergizi ini, mungkin tubuh kita malah terasa tidak fresh dan tidak segar kembali, kan? So, yuk simak beberapa menu buka puasa yang praktis dan bergizi untuk mengembalikan energi:

1. Jus Buah atau Es Buah

    Kenapa jus buah? Karena buah adalah sumber utama untuk memperoleh asupan energi kita. Sebab tubuh kita membutuhkan vitaman, mineral, serat, dan nutrisi penting lainnya. Dan salah satu kelebihan masyarakat Indonesia dibandingkan masyarakat negara lainnya ialah banyak buah-buahan yang tumbuh di Indonesia ini yang memiliki rasa yang enak dan nikmat. Wah bersyukur banget ya. 

   Memakan buah tentunya sudah sangat bagus terutama dijadikan sebagai menu berbuka, pastinya akan lebih nikmat dengan minuman seperti jus buah dan es buah. Bahkan beberapa ahli menganjurkan kita berbuka puasa dengan buah-buahan ini. Sebab segala jenis buah baik dikonsumsi tubuh dan bisa membuat kita lebih sehat.

2. Kolak

    Gak salah kan? Gak kok. Oiya, ini menu paling andalan di rumahku juga lho. Sebab itu, aku merekomendasikan kepada teman-teman bukan kerena ini menu kesukaan kami melainkan kandungan-kandungan isi dari kolak tersebut seperti ubi, labu kuning, delima, pisang, dan sebagainya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita saat seharian berpuasa.

    Mungkin, ada yang sama seperti aku? Aku termasuk orang yang makan kolak saat bulan puasa saja, hehe di hari-hari biasanya kami jarang sekali memasak kolak kecuali ada acara keluarga dan acara lainnya. Tos dulu yang sama? :D

3.  Kurma

    Kurma ialah salah satu buah-buah yang sangat dianjurkan nabi untuk berbuka puasa. Kalau tidak salah, berbuka puasa cukup dengan memakan 3 butir kurma saja. Nabi Muhammad SAW selalu menerapkan kebiasaan selama berbuka puasa dengan memakan kurma dalam jumlah yang ganjil seperti 1, 3, 5, 7, 9, dst.

    Satu butir kurma mengandung 5,3 gram gula dan 0,7 gram serat. Sehingga jika kita memakan 3 butir kurma sama dengan memberikan 69 kalori dalam tubuh. Kurma juga mengandung serat, protein, mineral lainnya, dan kandungan gizi lainnya yang sangat penting untuk mengembalikan energi kita setelah berpuasa. 

    Mana nih menu-menu berbuka puasa yang sahabatulfah sukai. Senang bisa berbagi. Semoga bermanfaat ya! Sekian dulu artikel kali ini mengenai menu buka puasa yang praktis dan bergizi untuk mengembalikan energi selama berpuasa, Buds. Terima kasih semuanya! 

9 comments:

  1. Wah terntaya kolak bisa menjadi asupan gula baik juga ya. Baru tau. Thanks shaingnya ya kak.

    ReplyDelete
  2. Yang paling sering aku konsumsi itu kurma. Di rumah kami, kolak malah jadi makanan camilan setelah tarawih haha. Sebab, begitu buka langsung makan besar. Nah kalau jus itu emang enak walau lebih suka buah segar.

    ReplyDelete
  3. Kalau di rumah sudah pasti menyediakan kurma. Nah untuk jus buah atau kolak ini cuma kadang-kadang saja. Kalau lagi ada anggota keluarga yang pingin. Karena anggota keluarganya nggak semua yang doyan manis-manis. Aku sendiri malah lebih suka jajanan yang gurih.

    ReplyDelete
  4. Ini sebabnya di bulan puasa begini, dibutuhkan banyak orang untuk jualan menu buka puasa. Saya sendiri sebagai orang sibuk itu jarang banget sempat buat bikin tajil dan sebangsanya itu.

    ReplyDelete
  5. Kalau dirumah menu buka puasa yang wajib ada di meja makan itu kurma. Orang rrumah nggak terlalu suka yang manis-manis sih biasanya kolak atau es buah malah bukan dinikmati pas buka puasa tapi setelah terawih buat camilan pas tadarus di mushola.

    ReplyDelete
  6. Nah 2 menu diatas favoritku. Jus buah dan kurma. Kalau perut udah kena 2 macam itu, langsung segar.

    ReplyDelete
  7. Wahh disini kurma masih belum ada yang jualan, gak tau kenapa kok gak ada ya.. Jadi dari yang disebutkan diatas cuma buah dan kolak saja..

    ReplyDelete
  8. Tiga makanan di atas sudah selalu disiapkan di setiap berbuka. As sekali dengan saran dari mbam Ulfah.
    InshaAllah, nanti malam, semoga bisa membuat kolak cendol ijo lagi.

    ReplyDelete
  9. MashaAllah~
    Berbuka dengan yang manisnya alami seperti kurma ini memang sehat banget.
    Bikin puasa seharian langsung mantap. Tapi, kini ada lo..olahan kurma yang tetap bisa dinikmati sebagai sajian berbuka. Seperti kue kering kurma atau kurma cokelat.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak (Komentar akan dimoderasi) dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by diane555. Powered by Blogger.