Manfaat Kurma saat Puasa yang Wajib Diketahui, Cemilan Sehat di Waktu Berbuka dan Sahur

April 10, 2022

Manfaat-Kurma-saat-Puasa-yang-Wajib-Diketahui-Cemilan-Sehat-di-Waktu-Berbuka-dan-Sahur

      Asaalamualaikum Buds. Manfaat kurma bagi orang yang berpuasa pastinya sangat banyak nih. Makanan yang disukai oleh nabi Muhammad SAW ini sangat disukai oleh seluruh umat islam. Dan bisa banget dijadikan sebagai cemilan saat berbuka puasa dan sahur. Nah, kalau sudah berbicara kurma yang manis, maka buah ini identik dengan bulan puasa dan selalu jadi incaran bagi setiap orang yang berpuasa lho. 

    Kurma ini berasal dari negeri Jazirah Arab, banyaknya kebaikan yang dimiliki oleh buah kurma ini sehingga buah ini begitu dianjurkan oleh nabi untuk jadi hidangan selama bulan puasa. Buah legit yang berwarna coklat ini menjadi sumber energi yang baik dan mampu membantu menyehatkan tubuh. Namun tak hanya berbuka saja, saat sahur pun kurma ini baik dan bagus buat kesehatan kita.

    Kandungan Buah Kurma bagi Tubuh

Sebelum tahu apa manfaatnya, maka tak afdol jika tak mengetahui apa kandungan nutrisi dari buah kurma supaya makin rajin mengonsumsi buah ini.

- Kalori: 281 kcal per 100 gr

- Karbohidrat total: 0.03 gr

- Serat: 0.6 gr

- Lemak Total: 0.03 gr

- Gula: 4.5 gr

- Protein: 0.17 gr

- Magnesium: 3 mg

- Vitamin B6: 0.012 mg

- Zat Besi: 0.07 mg

- Pottassium: 47 mg

    Luar biasa kandungan nutrisi buah kurma buat 1 butir buah saja, bagaimana kalau lebih dari 1 buah? Lumayan sekali double nutrisi dan gizi buat tubuh kita, kan. 

6 Manfaat Kurma saat Puasa yang Wajib Diketahui

Manfaat kurma saat berpuasa yang perlu diketahui. Gak tanggung-tanggung buah yang manis ini menyimpan banyak sekali manfaatnya. Untuk itu, kali ini aku bakal bahas 6 manfaat buah kurma kepada sahabatulfah, yuk disimak!

1. Menstabilkan Gula Darah dan Pengganti Gula yang Sangat Alami

    Tahukan Buds, saat kita berpuasa tubuh kita tidak mendapatkan nutrisi dari manapun yang membuat tubuh kekurangan gula darah. Bahkan banyak dari kita yang merasa bahwa tubuh mudah lemes, mudah mengantuk, dan capek saat berpuasa, bisa jadi juga kita sering membuat minuman pemanis buatan.

Baca juga: Rekomendasi Restoran Online di Padang Jadi Pilihan Kuliner yang Lezat pas Ramadan

    Banyak penelitian yang menyatakan bahwa kurma inilah buah terbaik sebagai pengganti gula yang sangat alami. Jadi bisa mengurangi penggunaan gula putih, karena ada kurma sebagai penggantinya. 

2. Mempertahankan Rasa Kenyang yang Sangat Lama

    Menurut spesialis nutrisi dan diet asal Turki, Demet Cerit bahwa buah kurma mampu mempertahankan rasa kenyang dalam waktu yang sangat lama. Itu artinya kita dapat merasakan rasa kenyang setelah memakan kurma. 

    Dengan buah yang berserat tinggi seperti kurma ini saat berbuka dan puasa ketika kita konsumsi maka memberikan asupan serat yang baik sehingga memberikan kendali besar untuk nafsu makan kita dan merasakan rasa kenyang yang bertahal lama.

    Sebagai buah yang termasuk menarik air yang dapat meningkatkan perasaan kenyang sewaktu habis memakannya. Mungkin biasanya kita merasakan lapar di waktu siang hari, dengan memakan buah ini akan membantu mempertahankan rasa kenyang itu.

3. Mempertajam Fungsi Otak

    Dimaksudkan fungsi otak di sini, tidak hanya sebagai ruang penyimpanan memori yang baik saja akan tetapi bisa mengurangi munculnya penyakit alzheimer dan demensia. Apalagi saat kita berpuasa otak susah diajak berkompromi, sehingga saat kita tidak fokus pun daya ingat kita berkurang.

    Manfaat kurma ini masih berkaitan dengan antioksidan flavonoid, dimana berfungsi untuk mengurangi peradangan di otak. Ketika terjadi peradangan otak maka menyebabkan kematian sel otak yang membuat orang mudah terkena penyakit pikun dan sebagainya. Hal ini sebaiknya saat berpuasa kita bisa menstabilkan fungsi otak kita tersebut dengan memberikan nutrisi yang kaya manfaat seperti kurma ini.

4. Penambah Energi yang Cepat

    Kala kita menahan haus dan lapar selama berpuasa, maka kita pastinya butuh buah yang bisa menambah energi kita dengan cepat. Ketika kita beraktifitas seharian, tugas yang sangat padat seketika kita menginginkan asupan energi untuk tubuh, karena kurma dengan segala kandungan di dalamnya mampu memberikan asupan energi itu. Kurma memiliki gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. 

5. Mencegah Risiko Diabetes

    Meskipun rasanya sangat manis, buah ini justru tidak langsung memberikan efek yang bikin kita berisiko terkena diabetes. Karena kandungan serat di dalam buah ini membantu kita mengurangi risiko tersebut. Pun beberapa penelitian menyebutkan bahwa buah ini mempunyai indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak serta merta melonjak sewaktu kita makan. 

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan

  Buah kurma yang kaya serat ini sangat unik sekali, sebab menjadi buah yang berserat tinggi yang mudah larut dalam tubuh sehingga mampu melancarkan pencernaan kita. Makan buah kurma ini akan menghindari kita dari risiko terkena diare dan sembelit.

    Sumber serat yang dimiliki kurma sekitar 6.4% hingga 11.5% dan menjadi sumber serat yang baik. Selain itu, kurma ini menjadi pilihan sebagai protektif dan antiradang sehingga menjaga lambung kita tetap terjaga saat berpuasa. 

    Jadi beberapa manfaat ini sepertinya membantu kita untuk menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa. Jika sudah bosan memakan buah kurma saja, maka bisa kita variasikan dengan membuat olahan kurma lainnya. Dan cukup jadikan buah kurma saja sebagai pilihan cemilan yang sehat sewaktu berpuasa Buds, baik di waktu berbuka maupun waktu sahur. Semoga bermanfaat dan sehat selalu ya semua.

No comments:

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak (Komentar akan dimoderasi) dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by diane555. Powered by Blogger.