5 Kegiatan Bermanfaat menjadi Langkah Baik Mengisi Hari di Bulan Ramadan

5-Kegiatan-Bermanfaat-menjadi-Langkah-Baik-Mengisi-Hari-di-Bulan-Ramadan


     Kalau ada orang-orang yang memandang sebelah mata dirimu karena melakukan kegiatan yang bermanfaat di bulan ramadan, teruslah bersemangat dan selalu melakukan kebaikan itu. Karena mereka itu sebenarnya jauh tertinggal dibandingkan dirimu.

     Di bulan puasa ini, kita berusaha untuk selalu memberikan yang terbaik agar puasa kita semakin berkah. Hari ini dan seterusnya aku dan kita semua masih berharap melakukan hal positif terus, berharap semoga kita terus konsisten melakukan hal yang bermanfaat bagi diri kita dan semua orang. Namun kadang di hari-hari biasa itu harapan hanya sekadar angan-angan saja. Padahal jika kita rutinkan lama kelamaan akan terbiasa juga.

     Bukan sebuah pertanyaan besar yang mesti dijawab lagi kenapa bisa begitu? Buat kita yang belum terbiasa, menjadikan kegiatan positif sebagai sesuatu yang menyenangkan maka kegiatan itu rasanya masih sangat membosankan. Belum lagi cemoohan orang-orang tentang kita. “Ah ngapain melakukan hal begitu, nanti kamu capek sendiri lho”

     Waduh, ada-ada saja penghalang buat melakukan kegiatan positif itu selama bulan ramadan itu ya. Mungkin sahabatulfah termasuk aku seringkali mendapati diri terluka dengan omongan orang yang tidak sepantasnya diucapkan ketika lagi semangat-semangatnya melakukan itu. Seakan hal yang kita lakukan tak ada lagi manfaatnya. Nah, dengan terus berusaha konsisten maka mereka tidak berani lagi menanggapi dan mengecap diri dengan konotatif yang buruk.

     So, di artikel terbaru aku ini aku bakal berbagi apa-apa saja kegiatan yang bisa kita lakukan selama bulan ramadan dan menjadi langkah baik buat pengisi hari di bulan yang penuh suci ini. Walaupun di artikel sebelumnya aku pernah membahas tentang 5 Kegiatan Positif selama Ramadan yang dapat dilakukan walau di Rumah aja. Simak dulu dariiada penasaran. Akan tetapi aku paham bahwa pada artikel sebelumnya itu, lebih memberikan kesan buat kebaikan diri sendiri saja.  Ya, paling kita sendiri saja yang bisa merasakan manfaatnya. 

     Nah, Berbeda dengan artikel sekarang yang mana kegiatan bermanfaat ini bisa memberikan efek yang baik buat diri sendiri dan buat orang lain. Yuk daripada penasaran, simak sampai habis ya.

5 Kegiatan Bermanfaat menjadi Langkah Baik Mengisi Hari di Bulan Ramadan


1. Memberikan Bantuan secara Materi

     
     Terngiang di benakku sewaktu mendengarkan ceramah ustadz tentang berbagi ini. Kenapa kita mesti berbagi, tanpa harus menjadi orang kaya dulu? Karena katanya di saat kita berbagi, kita ikut merasakan apa yang dialami oleh mereka. Tanpa kita sadari, kita ternyata dibutuhkan oleh orang-orang tersebut. Kita menjadi mengerti bahwa hidup bukan untuk diri kita sendiri saja. Namun saat kita berbagi inilah kita jadi orang yang bermanfaat.

     Kita jadi tau apa yang orang butuhkan dari kita? Berbagi secara materi ini seperti uang, pakaian, makanan, obat-obatan, dan lain-lain. 

     Yuk, teruslah berbagi walaupun sedikit karena kita tidak tahu darimana rezeki kita akan mengalir deras.

2. Memberikan Bantuan secara Tenaga


     Beberapa dari kita merasa tidak bisa memberi karena sedang tidak ada uang dan sebagainya yang dapat kita berikan. Padahal dengan kita berbagi tenaga kepada orang yang membutuhkan tersebut maka kita tetaplah dikatakan berbagi.

     Misalnya, kita ingin membantu teman yang sedang butuh darah karena akan menjalankan operasi. Kita bisa mendonorkan darah kita, walau kita tidak bisa membantu berupa materi tapi kita selalu dikenang dan merasakan dampaknya saat melakukan kegiatan ini. Luar biasa sekali kan? Yap, apalagi jika kita rutin melakukan itu maka bisa jadi mereka akan selalu mendoakan buat kebaikan diri kita.

3. Memberikan Rasa Aman, Tenang, dan Nyaman 


     Kita tidak pernah tau kehidupan seseorang sampai kita benar-benar dipercaya oleh mereka untuk mengetahui hidupnya sendiri. Namun hal ini, sangat jarang kita ketahui jika masih baru mengenal seseorang. 

     Percaya atau tidak? Ada saatnya ketika seseorang membutuhkan kita sebagai tempat bercerita, berbagi keluh kesah, dan curhat tentang segala perasaannya. Lalu apa reaksi kita terhadap mereka? Kebanyakan orang akan menimpal lagi dengan kejadian yang serupa dan sama halnya dengan yang dialami oleh mereka. Padahal kita tidak tahu saat itu mereka hanya butuh didengarkan dengan begitu mereka akan merasa aman dan tenang. 

4. Kegiatan Berbagi lewat Cerita dan Pengalaman


     Lewat menulis atau pun berkarya kita bisa melakukan kegitan bermanfaat yang satu ini. Ada orang saat kita menuliskan sesuatu, mereka jadi banyak memetik hikmah di baliknya. Ada pula orang yang merasa terbantu dengan tulisan atau karya kita. 

     Jadi, mari berbagi lewat Cerita dan Pengalaman

5. Berbagi Apapun sesuai Kapasitas Diri


     Ada yang pernah bingung apakah kita ini menjadi orang bermanfaat atau hanya dimanfaatkan saja? Nah, ini yang mesti diluruskan karena perspektif ini sering simpang siur terjadi.

     Saat kita melakukan poin 1 hingga 4 ini dengan kesanggupan, pastinya kita merasa bahagia. Dan saat kita tidak sanggup lalu tetap mengambil tindakan tersebut maka kita akan menjalani dengan setengah hati. Lalu perbedaan kita menjadi orang bermanfaat dan menjadi orang yang dimanfaatkan terletak pada kapasitas diri. Semisal kita tetap memaksakan membantu orang tersebut, tidak berani berkata tidak, dan merasa tertekan saat membantunya maka sebenarnya kita sedang dimanfaatkan. Kita mau dimanfaatkan karena kita tidak mencintai diri sendiri. 

     Jadi lebih baik berfokus pada langkah kecil yang bisa kita usahakan untuk membantu mereka namun tetap bermakna. Hal ini lebih baik daripada kita memaksakan membantu dengan kapasitas besar yang membuat kita merasa tertekan dan merugi. 

     Yuk ciptakan kegiatan bermanfaat yang disampaikan di atas untuk mengisi hari-harimu selama bulan puasa. Semoga kita bisa mendapatkan keberkahan dan diridhoi setiap langkah tersebut oleh yang Maha Kuasa, aamin. Sekian dulu, semoga bermanfaat semua!

Post a Comment

9 Comments

  1. Ramadan udah berjalan hampir separuhnya, dan walau udah berusaha melakukan kegiatan produktif, cuma kadang masih merasa mestinya bisa lebih baik.

    Kadang merasa bersalah, tapi kadang juga berusaha mengapresiasi diri sendiri ke hal-hal yang sudah dilakukan biar nggak jadi stres dan malah jadi tekanan ke diri sendiri ;)

    ReplyDelete
  2. Kalau aku selama bulan ramadhan ini melakukan hal no 5. jadi aku mengedukasi orang-orang tentang pentingnya memilah makanan yang baik dikonsumsi dan yaa.. sekalian jualan dikit-dikit program fat lossku melalui status WA/IG.

    Karena rata-rata orang yang puasa itu kurang bijak dalam mengatur nafsu saat makan. Sering lapar mata. Bertahun-tahun selalu begitu dan nggak berubah.

    ReplyDelete
  3. Iya sih. Kadang pertanyaan tentang kita nih bermanfaat untuk orang lain atau sedang dimanfaatkan melayang dalam benak. Ternyata ada perbedaannya dan nggak sulit untuk dirasakan. Baiklah. Saatnya berbagi apapun sesuai dengan kemampuan kita.

    ReplyDelete
  4. Salah satu bentuk penghormatan buat orang lain adalah dalam bentuk berbagi waktu dan tenaga, apalagi di bulan Ramadan yang suci ini. Berbagi menjadi pahala berlipat-lipat Ganda walau dalam bentuk waktu dan tenaga

    ReplyDelete
  5. Yupz betul bagi blogger tetap menulis di bulan Ramadan, insya allah tetap bermanfaat. Kita nggak pernah tahu tulisan/cerita membawa sejauh apa kepada pembacanya, bisa jadi banyak yang terinspirasi dan merasakan manfaatnya.

    Dan yang terpenting, memang lakukan apapun yang bermanfaat sesuai kapasitas diri masing-masing, karena berbagi tak pernah rugi.

    ReplyDelete
  6. Ya Allah, list tulisan yang saya kunjungi hari ini, sebagian besar membuat terharu.
    Ya karena ikut berbahagia.
    Ikut merasa hangat.
    Yang di sini, karena bersama teman-teman SMA, alhamdulillah disempatkan melakukan sebagian yang mbak tuliskan di atas.
    Betapa tak habis-habisnya rasa bersyukur atas rezeki Allah SWT

    ReplyDelete
  7. memberikan rasa aman dan nyaman ini terasa banget kalau menjadi minoritas mbak. di belanda ini kerasa nggak enak kan jam 3 pagi klontang klontang dapur berisik, takut tetangga kebangun. karena puasa jg berarti menghormati yang tidak puasa jga ya

    ReplyDelete
  8. Mengisi hari di bulan Ramadan dengan berbagai hal positif dan kebaikan ini bisa menjadi sarana latihan untuk menjalani 11 bulan berikutnya setelah Ramadan. Tetap berbuat baik dan memberi bantuan, meski bantuan yang kita lakukan terkadang tidak disadari orang.

    ReplyDelete
  9. Tetap selalu berbagi apapun keadaannya yaa.. Apalagi di bulan ramadhan ini pahala dan rejeki kita dilipatgandakan oleh yang diatas. Semoga selalu berkah dan sehat selalu.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak dan saling follow ya, thanks 🙏😊