Begini 3 Cara Membalas Kebaikan Seseorang kepada Kita Versi Sahabatulfah

March 22, 2022


3-Cara-Membalas-Kebaikan-Seseorang-kepada-Kita-Versi-Sahabatulfah

    Halo Buds, apa kabar semuanya nih? Nah, pada kesempatan kali ini aku ingin membahas cara kita membalas kebaikan seseorang yang sudah menolong kita dengan ikhlas, tanpa pamrih. Meskipun orang tersebut tidak kita ketahui keberadaannya atau memang sudah tidak ada karena meninggal dunia. Maka bagaimana cara kita membalas kebaikan seseorang yang telah menolong kita tersebut? Yuk ikuti sampai akhir.

    Pernah kah sahabatulfah merasakan kebaikan seseorang yang sebenarnya nilainya kecil tapi dampaknya sangat besar dan berasa sampai sekarang? Atau merasakan kebaikan seseorang yang benar-benar tulus menolong kita tanpa meminta imbalan apapun? Yap, semuanya tentu saja pernah. Seperti aku nih, waktu ingin magang dimana saat itu aku tidak diberikan kesempatan buat magang di sana dengan alasan sudah penuh. Tapi karena aku sudah menghubungi jauh hari kepada Ibu yang bekerja di bagian Humas di sana, maka beliau mempermudah untuk menerima surat permohonan magang itu. Bukan karena aku ada hubungan dengan bagian humas atau kerabat yang bekerja di kantor tersebut. Akan tetapi, aku mempunyai kontribusi sebagai organisasi sahabat BPK saat di organisasi sehingga mereka lebih memprioritaskan itu. Walau ini hal kecil, tapi aku benar-benar merasakan betapa sangat berartinya Ibu itu menolongku. Jika tidak mungkin aku tidak bisa magang dimana pun sebab waktu itu sedang marak-maraknya pandemi covid. Tapi aku punya tekad untuk magang di sana, dan dipermudah dengan cara begitu.

    Selain itu, semasa sekolah aku mendapatkan kebaikan dari seorang guruku. Beliau selalu menjemput anak-anaknya ke sekolah. Pada saat itu, aku tidak ada tumpangan karena pamanku tidak bisa menjemput. Lalu, guruku itu memberikan tumpangan sampai tiba di depan gang rumahku. Bahkan beliau meminta untuk selalu pulang bersama beliau terus. Namun aku baru dapat kabar bahwa beliau sudah meninggal dunia. Innalillahi. Semoga kebaikan beliau dibalaskan oleh-Nya, aamiin.

   Dengan mengingat kebaikan seseorang ini aku jadi teringat sebuah hadist:

    “Barangsiapa diperlakukan baik (oleh orang), hendaknya ia membalasnya. Apabila ia tidak mendapatkan sesuatu untuk membalasnya, hendaknya ia memujinya. Jika ia memujinya, maka ia telah berterima kasih kepadanya; namun jika menyembunyikannya, berarti ia telah mengingkarinya…” (HR. Al-Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrad. Lihat Shahih Al-Adab Al-Mufrad no. 157)

    "Barangsiapa diperlakukan baik lalu ia mengatakan kepada pelakunya,

  “Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan,” ia telah tinggi dalam memujinya.” (Shahih Sunan At-Tirmidzi no. 2035, cet. Al-Ma’arif).


    Dalam hadis di atas dapat disimpulkan bahwa cara kita membalas kebaikan seseorang yang ikhlas menolong kita adalah dengan dua hal, yakni dengan membalasnya langsung jika kita sanggup, namun jika tidak, maka cukuplah bagi kita mengucapkan terimakasih saja kepada seseorang yang telah membantu tersebut.

    Aku mengerti dan sadar bahwa setiap orang yang ingin membantu dengan niat tulus pastinya tidak akan mengharapkan imbalan atau balas budi apapun dari kita. Karena jika kita membantu orang dengan ikhlas maka kita yakin kebaikan kita akan dibalaskan oleh-Nya. 

Baca juga: Menjadi Baik Tanpa Harus Mengasihani Orang Lain dan Merendahkannya    

    Namun aku pribadi, tidak ada salahnya bagi kita untuk membalas kebaikan orang itu jika kita sanggup dan ikhlas melakukannya. Beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membalas kebaikan orang yang menolong kita diantaranya adalah sebagai berikut:

3-Cara-Membalas-Kebaikan-Seseorang-kepada-Kita-Versi-Sahabatulfah

1. Membantu Mereka jika sedang Menghadapi Masalah

    Hidup itu bagaikan roda, kadang kita berada di atas dan kadang kita berada di bawah. Nah, saat kita berada di bawah maka saat itu kita dibantu oleh orang lain. Tapi saat roda kita berada di atas jangan pernah lupakan seseorang yang selalu memberikan kita kebaikan dan selalu ingat orang-orang yang pernah membantu kita. Setidaknya kita bisa juga menjadi orang yang siap mendengarkan keluh kesah mereka jika mendapatkan masalah. 

Baca juga: Hal yang Aku Lakukan Ketika Penat Mencari Hakikat Hidup

2. Mendoakan yang Terbaik Untuknya

    Rasanya tidak ada kata yang lebih kuat selain kekuatan doa. Kita tidak akan tau doa siapa yang didengarkan oleh-Nya, maka dari itu kita bisa membalas kebaikan orang yang telah menolong kita dengan ikut mendoakan yang terbaik kepadanya.

3. Mengucapkan Terima Kasih setiap kali Mendapatkan Kebaikan

    Siapa yang tidak senang jika kebaikannya langsung dibalas dengan ucapan yang santun dari orang yang dibantunya? Duh, saat kita melakukan kebaikan kecil sedikit pun begitu orang tersebut mengucapkan "Terima Kasih" maka akan membuat hati begitu bahagia. Pasti akan bahagia pula jika orang yang membantu kita kita selalu memberikan ucapan seperti itu.

    Tiga poin ini aku tuliskan, karena aku menyadari kebaikan seseorang itu ada baiknya jika kita balas dengan perlakuan yang setimpal, walau dibalasnya bukan dengan materi. Cukup melakukan 3 cara ini yang dapat membalas kebaikan seseorang kepada kita. Sebenarnya ini aku dapatkan dari pengalaman juga. Kalau sahabatulfah bagaimana  cara membalas kebaikan seseorang yang ikhlas menolong nih? 

    Semoga kebaikan seseorang yang telah menolong kita selalu diberikan balasan oleh-Nya, aamin. Semoga bermaanfaat artikelnya kali ini, Buds. Terima kasih ya!


18 comments:

  1. Mengucapkan terimakasih ini seperti sepele ya. Padahal keutamaannya serta manfaatnya itu luar biasa banget. Bisa membentuk rantai kebaikan yang tiada henti terus menerus...

    ReplyDelete
  2. mantap artikelnya mengenai cara membalas kebaikan. Semoga kebaikan yang diberikan jadi ladang amal ya

    ReplyDelete
  3. artikel ini akan mengingatkan kita untuk terus bersyukur kepada Allah SWT dan membalas kebaikan seseorang kepada kita dengan tulus serta ikhlas

    ReplyDelete
  4. Bener banget kak, kebaikan seseorang walau kecil tapi kalau di waktu yang tepat ya berasa banget. Aku pernah mengabadikan kebaikan beberapa orang dalam sebuah buku

    ReplyDelete
  5. Aku sih minimal mendoakan mereka, terutama yg udh ngebantu aku selama ini. Soalnya ngga semua teman mau di sisi kita di saat kesusahan. Ada yg malah memperolok/menggunjing.

    Yg penting aku selalu mendoakan mereka, baik yg udh menolong maupun yg blm. Intinya ya kita berbuat baik ke sesama lah. Ntar baliknya pasti dari pintu2 lain.

    ReplyDelete
  6. Sedikit tambahan dari aku ulfah. Aku pernah dengar ceramah, katanya kalau membalas kebaikan orang tak harus kepada orang tersebut apalagi jika orang itu udah meninggal. Ya, selain mendoakan, kita bisa membalas kebaikannya dengan menolong orang lain.

    Contoh, dulu kamu sering ditebengi oleh guru, jadi sekarang kamu bisa menebengi siapapun yang butuh tebengan.

    ReplyDelete
  7. Setiap kebaikan akan dibalas juga dengan kebaikan. Yg aku pahami dari artikel ini sih gitu. Dariku yg masih berusaha jadi versi lebih baik daripada kemarin

    ReplyDelete
  8. ucapan terima kasih itu sepele namun sangat berarti, biasanya jadi trigger untuk melakukan kebaikan lainnya

    ReplyDelete
  9. Hal yang paling ringan dalam membalas kebaikan orang adalah mengucapkan terima kasih dan mendoakannya ya.
    Reminder banget nih mbak Ulfa, thanx artikelnya

    ReplyDelete
  10. terima kasih Ulfah, ini artikelnya mengingatkan saya untuk bisa selalu berbuat baik kepada siapapun, karena sekecil apapun itu akan bernilai sangat besar

    ReplyDelete
  11. Kita memang harus selalu mengingat kebaikan orang lain ya kak. Dengan begitu hidup terasa tenang dan lebih semangat menjalani kehidupan

    ReplyDelete
  12. menyampaikan rasa terimakasih tuh small things matter yaa, bakal bikin hepi juga klo dapet apresiasi rasa terimakasih, rasa tolong menolongnya juga akan semakin terpupuk sih

    ReplyDelete
  13. Mendoakan dan mengucapkan terima kasih menjadi hal yang terkadang jarang dilakukan oleh orang. Hal dianggap sepele padahal sangat besar nilainya

    ReplyDelete
  14. aku sering ngerasa gak enak loh kalau ada orang yang baik banget sama aku, mau yang kecil apalagi yang besar. suka bingung harus gimana membalas kebaikan mereka, rasanya dengan membalas yang lebih besar pun kurang. soalnya orang mau berbuat baik itu price nya lebih dari value uang atau gift. yang terbaik adalah mendoakan yaaa

    ReplyDelete
  15. yeay kak. sebisa mungkin kita menawarkan bantuan walaupun dia gak minta saat tau sedang kesulitan. itu juga cara kita dimudahkan oleh orang lainnya ya kak..

    ReplyDelete
  16. Artikel yang menarik, kak.. paling tidak.. selalu akan mengingatkan pada diri kita sebagai manusia kalau memang secara fitroh yang terbaik adalah yang bisa menjadi manfaat bagi manusia/mahluk lainnya yah, kak.

    Kebaikan orang lain aja kakak balas, apalagi cinta. #eh.. wkwkwk :D

    ReplyDelete
  17. Setuju kak, membalas kebaikan orang itu tak harus dengan materi. Bisa juga dengan cara² di atas, makasih ya kak sudah mengingatkan untuk membalas kebaikan orang yang sudah baik dengan kita

    ReplyDelete
  18. betul banget saat mendapatkan kebaikan sebaiknya kita membalasnya, jika tidak cukup ucapkan terimakasih dan mendoakannya.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak (Komentar akan dimoderasi) dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by diane555. Powered by Blogger.