30 Juta Pertama dari Blog, Short Course Bersama Para Blogger

November 10, 2021

30-juta-pertama-dari-blog

  Halo Buds, aku senang beberapa hari dapat kesempatan mengikuti short course blogger yang bertemakan “30 Juta Pertama dari Blog” pada tanggal 26 sampai 28 Oktober 2021. Begitu aku melihat story instagram dari mba Jihan, setelah menunggu beberapa hari  sesaat form-nya keluar aku pun segera mendaftar kelas ini dari form yang telah disediakan. Kelas ini diadakan oleh mba Jihan, mba Shafira dan kang Rozak. Selama tiga hari ini aku bersama teman-teman blogger yang lainnya mengikuti kelas ini dengan zoom dari jam setengah 8 malam hingga selesai.

    Sempat hari terakhir aku harus pergi ke luar, namun aku telah komitmen akan tetap mengikuti kelasnya di sela-sela aktivitasku. Meluangkan waktu untuk mengikuti course selama 3 hari memang banyak insight yang aku dapatkan. Walaupun ketika akhir kelas aku tidak berada di rumah. Nah, bagi teman-teman yang tidak ikut tenang aja, aku akan menceritakan bagaimana keseruan mengikuti short course gratis 30 juta pertama dari blog ini kepada pembaca sahabatulfah. Baiklah, aku akan berbagi dimulai dari hari pertama hingga akhir kelas ini. Scroll sampai akhir ya, Buds.  

Day 1. Penghasilan dari Blog dan Membuat Artikel yang Menarik

   Hari pertama ini pematerinya adalah mba Shafira. Seorang blogger yang memiliki niche blog tentang parenting, tulisannya selalu insightfull buat dinikmati. Saat pembuka kelas beliau melontarkan sebuah pertanyaan. Apa sih big why kita ngeblog? Sejujurnya tujuan itu sangat penting lho Buds, karena tujuan ini yang membuat aku dan kita semua mampu bertahan sampai detik ini. Jadi saat kita tidak bersemangat ngeblog sewaktu-waktu kita dapat mengingat kembali bagaimana alasan terbesar ngeblog. Sehingga energi buat ngeblog kembali lagi, semangat Buds!

    Nah, setelah menemukan big why maka ada pertanyaan lanjutannya, niche blog kita akan mengarah atau berfokus ke topik apa? Tentunya niche blog itu akan membidik pengunjung yang tertarget bagi blog kita. Namun kalau kita belum menemukan niche terbaik, its okey. Boleh saja kita memiliki niche lifestyle, but lifestyle yang berfokus ke tema yang disukai.

    Misalnya aku seorang blogger lifestyle yang ingin menjawab permasalahan anak muda seputar mental health.

    Tujuannya agar kita punya pijakan buat yang kita tulis, agar tidak hilang jadi diri kita. Jadi, se gado-gado apapun blog akan tetap ada yang mendominasi. Berbicara mengenai penghasilan blogger datangnya bisa dari mana saja. Berikut channel penghasilan blog.

Channel-penghasilan-dari-blog

     Nah, channel-channel di atas yang akan mendatangkan penghasilan bagi para blogger. Banyak kan! Jadi tinggal bagaimana kita mencari kesempatan itu sebaik-baiknya. Kuncinya, kemauan dan konsisten untuk mengelola blognya.  Tak hanya itu, mba Shafira juga membagikan tips-tips meramu tulisan yang menarik. 

Buatlah Judul yang Menarik

    Siapa yang setuju kalau membuat judul itu sangat susah? Karena yang aku rasakan begitu, setiap kali membuat judul maka aku harus berulang kali menghapus dan memperbaikinya lagi. Oleh karena itu, artikel yang bagus plus judul yang menarik memungkinkan pengunjung datang ke blog kita. Semisal, kira-kira pengunjung akan memilih judul yang mana “Cara Menulis Artikel” atau 5 Tips Menulis Artikel yang Menarik” Kalau aku pilih yang kedua, karena lebih menarik aja hehehe. 

Format Tulisan yang Jelas dan Mudah Dibaca

    Pastikan kita menggunakan font yang tidak terlalu bergaya alias mudah dibaca. Pada umumnya ukuran tulisan berada antara 14-22px, margin di bawah paragraf antara 15-2 cm, tambahkan gambar, dan gunakan heading serta subheading.

Menerapkan Piramida Terbalik

    Ibarat pondasi bangunan, namun pondasi piramida ini berada di atas. Dapat disimpulkan, ketika kita menulis artikel maka pertama tempatkan informasi yang paling penting, kedua informasi penting, dan terakhir informasi yang kurang penting. 

Upgrade Kemampuan Menulis, Perbanyak Baca


                     - Alasan Kenapa Mulai Ngeblog

Day 2. SEO dan Tips Menang Blog

  Di hari kedua, kita akan belajar yang dipandu oleh mba Jihan. Mba Jihan, seorang blogger yang telah memenangkan lomba lebih dari 30 lomba. Nah mba Jihan akan membagikan terkait SEO dan tips menang lomba.  

    Nah, perihal SEO berkaitan erat dengan keyword. Caranya kita dapat research keyword terlebih dahulu. Search satu kata di kolom pencarian google, lalu kita akan menulis artikel sesuai yang dicari orang terkait topik itu. Lalu bagaimana caranya agar artikel kita masuk page one yaitu kita bisa define, riset, dan optimasi konten dengan keyword sehingga google tahu artikel kita tentang apa.

    Sebaiknya kita tidak menggunakan keyword stuffing, dimana kita memperbanyak keyword padahal itu malah memperburuk indexing google. Dan lebih baik gunakan LSI dimana kata kuncinya tidak sama dengan keyword utama, namun tetap relevan dengan keyword kita tersebut. Untuk optimasi SEO On Page, kita bisa menggunakan outbound link dan internal link. Boleh juga membagikan artikel ke sosmed. Selanjutnya, kita akan berbicara mengenai topik yang ditunggu-tunggu yaitu tips menang lomba.

Pelajari penyelenggaranya

    Kita bisa melihat siapa penyelenggeranya melalui websitenya atau sosial medianya. Dengan kita pelajari bagaimana penyelenggara tersebut, maka kita bisa menyesuaikan akan membuat artikel seperti apa.


Pelajari Tema Lomba, Lakukan Riset

     Karena penting bagi kita untuk melakukan riset tentang tema lomba, apakah kita menguasainya atau tidak? Riset ini akan membantu kita mendapatkan topik yang ingin kita buat.


Pikirkan Pokok Bahasan yang Unik

     Pokok bahasan yang unik tentunya akan menjadi nilai tambah bagi juri lomba tersebut, kalaupun tidak menang kita akan memiliki ciri khas di mata juri atau menjadi sebuah branding kita juga.


Kaitkan Tema dengan Pengalaman Pribadi

    Tema yang berasal dari pengalaman pribadi bisa menjadi unsur keunikan bagi tulisan kita, maka kaitkan dengan pengalaman kita atau orang-orang terdekat kita.


Tambahkan Infografis Pendukung

     Kita bisa tambahkan gambar atau infografis pendukung, dimana gambarnya ini  sebaiknya berkaitan dengan tulisan yang kita buat.


Sertakan Data Pendukung untuk Menguatkan Pendapat Kita

     Agar opini kita makin dipercaya maka kita bisa tambahkan data pendukung seperti para ahli sehingga tulisan kita lebih meyakinkan lagi.


Pastikan Ada Manfaat yang Bisa Diambil oleh Pembaca              

    Pastikan pembaca mendapatkan pelajaran, hikmah, atau sejenisnya dari apa yang telah kita berikan sehingga artikel tersebut makin memberikan makna bagi pembaca.


Berdoa

      Setelah mengirimkan artikel lomba, maka kita perbanyaklah berdoa. 

Quote Today

"Siapapun yang berlatih selama 10.000 jam dengan disiplin di bidang tertentu. Maka ia akan ahli di bidang itu"

Teori 10.000 jam dalam Outliers

By: Malcom Gladwell


Day 3. Adsense dan Cari Cuan Dari Blog

   Hari terakhir ini belajar bersama kang Rozak. Nah, beliau sudah berpengalaman mengenai seluk beluk SEO dan adsense. Nah, kita dapat membuat artikel yang selalu diiringi oleh keyword, dengan niche yang berfokus. Sebab niche yang berfokus bertujuan untuk memudahkan branding, mendapatkan traffic, dan menurunkan bounce rate. Beliau menyarankan supaya dari awal kita sudah membuat artikel berbasis keyword.

- Artikel Berbasis Keyword dapat Diperhatikan dari Hal-hal Berikut Ini:

  1. Volume

  2. Paid Difficult

  3. SEO Difficult

  4. Cpc 

  5. Pesaing

    Kita bisa menggunakan ubersuggest. Ya, kita dapat memperkirakan keyword yang dibutuhkan dan pesaingnya juga tidak sulit. Sehingga kita bisa mendapatkan pendapatan dari adsense. Selain itu, juga mempelajari terkait artikel pilar.

- Beberapa Cara Membuat Artikel Pilar:

  - Volume di atas 1000

  - Cpc besar dari 5000

  - Jumlah kata lebih dari 2000

  - Kita bisa gunakan 4 subbab dalam LSI

- Cara Membuat Golden Kw :

   - Volume 100 sampai 300

   - Cpc (tidak perlu diperhatikan)

   - Jumlah kata kurang lebih 500

   - Mengacu pada subbab pilar

- Langkah Daftar Adsense:

   - Memiliki blog (free dan berbayar)

   - Niche terfokus

   - Rutin update artikel SEO & Human friendly

   - Navigasi blog jelas

   - Minimal usia blog 3 bulan saat daftar

- Larangan Adsense:

   - Jangan pernah nyoba klik iklan kita sendiri

   - Rasio klik tayang lebih 20%

   - Jangan menyuruh orang lain klik iklan

   Untuk mendapatkan gajian yang besar dari blog dengan tips yang sama di atas, maka kita dapat menulis dengan menggunakan artikel bahasa inggris. Inilah yang disebut blog bule, karena iklan luar negeri itu selalu tinggi nilainya. 

   Baiklah, aku mau mengucapkan terima kasih buat coach para blogger yang telah berbagi pengalaman, ilmu, dan wawasannya. Terima kasih sudah mengadakan kelas gratis yang begitu luar biasa ini. Semoga apa yang diberikan selama 3 hari di kelas ini dapat aku terapkan dan bisa terus aku tingkatkan skill di blognya agar banyak mendapatkan apresiasi dan penghasilan dari blog. See you, Buds! Semangattt

18 comments:

  1. Banyak banget yang mengulas course keren ini yaa, huhu jadi pengen ikutan tapi sayang udah lewat huhu.
    anyway meski udah beberapa kali baca ulasan blogger lain, tetap selalu ada informasi baru yg aku dapat, terutama tentang adsense.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena selain menarik juga free kelasnya kak, makanya jadi banyak yang ikutan, hehe
      Wahh info adsense ya kak, padahal masih jadi PR aku yg masih meraba2 adsense nih, semoga nanti bakal ikutan kelasnya ya kak🤗

      Delete
  2. sayang banget aku ketinggalan sama info kelas ini. tapi dari tulisan mbak Ulfah aku dapat intisari gimana tips menang lomba blog heehe semoga nanti bisa segera aku terapin. Dan semoga ada kelas lanjutan biar aku bisa ikutan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Patut diterapkan nih tipsnya, hehe.
      Iyaa berharapnya kelas ini diadakan lagi ya koh, aamiin😇

      Delete
  3. Tiga hal yang saling terkait, tulisan yang menarik, optimasi SEO, hingga adsense-nya. Kalau menguasai ketiganya memang mantap jiwa sih. Bisa menulis artikel berbasis keyword dan tetap menarik untuk dibaca.

    But, untuk 30 juta pertamanya itu, apakah dari adsense saja atau bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti mantul benar ya, kalau menguasai ketiganya itu, makin menarik jga buat dibaca jadinya.

      Sebenarnya banyak saluran dari blog 30 juta itu mas, seperti menang lomba blog, trus dapat cuan dari channel penghasilan jga, digabungin semua jadinya 30 juta🙏😊

      Delete
  4. Wow tips artikel pilar dan golden kw nya aku baru tahu nih mbak. Mau coba kupraktikkan ah. Sedih artikel nambah tapi pv ga nambah. Huaa

    ReplyDelete
  5. Aaaaah.. aku lagi kemana ini? kok sampai enggak tahu kalau ada even 'daging' seperti ini, ya?! tapi gpp, deh.. mungkin belum rejeki.

    Yang penting, aku bisa dapet ilmunya dari tulisan kak ulfah ini. Oh iya, untuk konten pilar, sudah beberapa waktu terakhir ini aku coba, mudah-mudahan sudah berada di jalan yang benar, hehehe.

    ReplyDelete
  6. wah sayang aku tak bisa ikutan kelas ini kemarin. untung saja banyak teman berbagi poin2 materinya, termasuk melalui tulisan ini. terima kasih mbaa..

    ReplyDelete
  7. huwaaa bakal keren banget yaa klo bisa dapet 30 juta pertama dari blog ga cuma dari paid content tapi dari iklan hihi. Btw aku baru tau nih tips piramida terbalik ya malah sebaiknya diterapkan dalam blog, kasih informasi daging dulu yaaa

    ReplyDelete
  8. Wah lengkap sekali ulasannya mba ;) aku ikut juga short coursenya. Memang banyak bgt insight yg didapet, motivasi juga buat ttp konsisten. Tapi terlalu fokus sampe lupa bikin catetan :') wkwk untung ada ulasan ini sbg reminder

    ReplyDelete
  9. Artikel pilar ini belum pernah daku buat khusus. Pernah sih nyaris hampir 2000 kata. Terus belum lagi buat yang baru.
    Jadi mau buat lagi, tapi tertarik juga mempelajari golden kw. Pokoknya sebagai blogger memnag jangan pernah berhenti belajar sih ya.. SemangatCiee menulis

    ReplyDelete
  10. Wah walaupun enggak ikut kelasnya tapi berasa ikut karena udah dirangkum sama ulfah.
    Makasih Ulfah, tulisannya jelas dan padat.

    Bener sih, kalau mau ikut lomba (apapun), kita harus mempelajari siapa penyelenggara atau jurinya.

    ReplyDelete
  11. Hmm penasaran soal iklan blog bule. Jadi kepengen nyoba bikin artikel berbahasa bule lalu pasang adsense. Saya lagi kepengen masang adsense juga nih di blog. Thank you infonya.

    ReplyDelete
  12. Materinya daging semua nih. Kalau mau total dan fokus di blog harus tau semua tips triknya ini.

    ReplyDelete
  13. Mba Jihan emang luar biasa banget ya.. beneran menginspirasi.

    Hmm, materi yang disampaikan ini bener-bener daging semuanya. Ilmu yang sangat bermanfaat untuk makin semangat ngeblog dan menghasilkan cuan.

    ReplyDelete
  14. Bagus banget programnya nih. Free pula ya. Ilmu itu memang harus disebarkan supaya banyak merasakan manfaatnya. Berkumpul dengan sesama pembelajar juga menambah semangat ya. Semoga tercapai target 30 juta pertamanya ya mbak

    ReplyDelete
  15. Ilmu ttg SEO ini memang ga abis2 Yaa mba. Jujur aku masih puyeng, Krn kadang yg dibaca di 1 tempat beda lagi Ama tempat lain. Atau poin2 pentingnya nambah lagi. Ilmu yg selalu dinamis sih SEO ini menurutku.

    Tapi selalu aku baca dan coba terapkan , walaupun kdg banyak lupanya atau kalo udah pusing, Yo wislaaah publish aja 🤣🤣. Kalo utk lomba2, aku memang blm mau ikutan sih. Bukan napa2, ga ada waktu mau bikin tulisan 😄. Ga mungkin nulis asal2an. Pasti butuh riset dll

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak (Komentar akan dimoderasi) dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by diane555. Powered by Blogger.