Perjalanan Aku dan Blog Sahabatulfah

Perjalanan-Aku-dan-blog

Hallo Buds. Apa kabar semua? Semoga kita sehat dan semangat terus ya dalam menjalani segala aktivitas, Buds. So, hari ini aku ingin bercerita seru mengenai perjalananku dalam memulai jadi seorang blogger, aku di sini ingin berbagi kisah bagaimana perjalanan memulainya dari nol "From zero to hero" bersama blog kesayangan. 


Pertama kali, menemukan platform yang bernama blog saat tahun 2017. Saat itu, aku yang mulanya tak terpikirkan apapun tentang dunia ini, bahkan tak pernah menduga bakal menjadi seorang blogger. Cause, ikut seminar, pelatihan, bahkan workshop mengenai blog saja belum pernah aku jalani, membayangkan menjadi seorang blogger memang jauh dari diri aku saat itu. Wah, pastinya sahabatulfah terbayang gimana rasanya terjun di dunia yang kita tidak tau apa-apa. Nekatkah aku? Ya, bagi sebagian orang bisa jadi iya, namun bagi sebagian yang lainnya menganggap itu wajar, saat dimana kita telah bisa meningkatkan skill dan mengasah potensi baru yang sebenarnya kita punya.


Saat itu, aku baru saja excited menambah nama dari siswa menjadi maha yaitu mahasiswa baru di jurusan akuntansi. Tau kan seperti apa rasanya berada di circle yang berbanding terbalik dengan hobiku. Aku yakin bahwa suatu saat nanti aku bakal menemukan support systems yang membawaku dekat dengan dunia blog ini, lingkungan blogger yang akan aku jalani sebagai perjalanan menepaki dunia blog yang sedang digandrungi oleh masyarakat luas.


Nah di balik itu, ketika menginjakkan kaki menjadi mahasiswa baru banyak tugas dan kegiatan organisasi aku jalani. Tapi tetap saja, terlintas di benakku membuat sebuah blog karena memiliki hobi yang terpendam. Tentunya aku tidak diam begitu saja, jika punya tujuan dan itu baik buat menunjang skill menulis, kenapa tidak? Dan aku suka, aku asahlah bakat menulis itu!


Terus kalau gak suka dan cinta hobi pasti aku gak akan bertahan sampai sekarang. Punya blog yang dikelola sendiri, diedit, dan dirawat sepenuh hati itu sungguh kebahagiaan, hehehe. Tak menutup kemungkinan siapa saja yang punya keinginan menulis, suka fotografi, atau bakat apapun bisa kok diasah asalkan mencoba untuk memulainya. Blog itu free untuk sharing sesuka kita, sebermanfaat, dan sekreatif kita kok. Maka tak ada kata tak mungkin selagi kita bisa melakukannya dan percaya saja. Semangat Buds!


Oiya, saat menulis di blog pertama kali aku belum punya dasar dunia blog lho. Tapi ternyata rasa penasaran itu penting. Kenapa? Karena kita makin gigih untuk mencari tahu ilmunya lebih dalam lewat sosial media, lanjut mengeksekusikannya. Ketika rasa penasaran yang menggugah hatiku tersebut tentang blog sehingga aku terus menggali informasi dari berbagai media sosial berupa YouTube dan Facebook, bisa bertemu dengan komunitas-komunitas blogger yang hebat-hebat, hingga mendapatkan banyak teman lewat blog yang saling support. It's so pleasure.


Yeay, kian hari aku terus menjatuhkan hati pada dunia blog, banyak rintangan juga dan itu tak mudah, but I'm so excited and enjoyed. Bergelut dengan dunia blog aku baru mengetahui yang namanya html di blogspot, disitulah aku menemukan kesulitan, diriku bukan orang yang suka programming. Akan tetapi, pernah saking semangatnya mengotak-atik html, akhirnya blog ini dipenuhi gambar yang ukurannya sama besar dengan halaman blog aku saat itu, bayangkan saja tulisannya mau ditaruh di mana :D


Benar sih menyukai tampilan blog yang visual dan simple itu kayak cocok-cocokkan. Dengan platform blogspot sampai detik ini, aku selalu belajar dan mengotak-atik tema blognya hingga sekarang terlihat lebih rapi ya.


Dari sini aku lebih bersyukur, apalagi saat aku bisa berhasil mencari jalan keluarnya. Senang banget malahan bisa menyelesaikan permasalahan blog secara otodidak karena mendapatkan lebih banyak pengalaman.


Drama Memulai Sahabatulfah


Karena ngeblog aku mulai tertarik menulis yang bisa dijadikan pelajaran, menemukan dunia baru, dan berbagi kisah perjalanan seputar kehidupanku kepada orang lain. Perasaan yang tentunya menbuatku begitu feel free dalam berproses dan menghargai karya-karya tersebut.


Tak pernah lupa, begitu banyak drama blog ketika memulai dari nol. Yap, yang semula aku befokus merubah tampilan blog dengan effort pemula yang luar biasa. Tapi begitu terselesaikan masalahnya, maka segalanya terlupakan. Ya, kalian gak salah dengar. Aku melupakan password email yang aku gunakan saat pertama kali buat blog, semuanya hilang di memo hp. Memang sepertinya aku harus mencatat dan menggunakan email yang mudah diingat saja agar selalu konsisten dengan email blog itu. Sehingga gak terlupakan lagi ya seperti sekarang, bismillah.


Nah, jika berkaitan dengan nama filosofi nama blog sahabatulfah masih blogspot.com alias gratisan dulunya, kini aku tetap konsisten dengan nama blog sahabatulfah yang telah tld (.com). Sebab namanya sudah terngiang di benak dan melekat di hatiku hingga sekarang ini. Terlebih aku dulu itu berkeinginan menjadikan blogku sebagai ruang untuk membuka diri dan healing diri selama ini. Sehingga kalau ada masalah dengan membuka blog sahabatulfah, lalu membacanya atau membuat tulisan yang baru jadi lebih melegakan, bikin kerinduan untuk membaca tulisan-tulisan lainnya.


Baca juga :

1. Manfaat ngeblog bagi para blogger

2. Alasan menulis blog versi sahabatulfah


Jadi teringat saat aku aktif sebagai mahasiswa kura-kura yaitu kuliah rapat kuliah rapat, sehingga kalau alasan ngeblog waktu itu ngeblog dilakukan hanya pada waktu luang saja, karena aktif di organisasi kemahasiswaan yang aktivitasnya padat ditambah tugas mahasiswa baru itu juga banyak. So, kalau sekarang ngeblog sudah menjadi prioritasku, aku bakalan menyempatkan waktu untuk melihatnya. Kalau belum melihat blog sehari berasa ada yang hampa gitu. So sweet. Hehehe


Permulaan dari Nol Bersama Blog Kesayangan


Buds, tau gak gimana perasaan saat awal-awal mulai ngeblog itu? Baik, aku akan ceritakan. Kalau aku entah kenapa dunia blog ini membuatku langsung terhipnotis, ada dunia baru yang aku kagumi. Walau cuma modal niat awalnya, tidak tau apa sebenarnya apa ngeblog saat pertama kalinya. Bahkan aku sendiri juga terkesima, pernah ada perasaan kok bisa ya, perasaan insecure kalau aku tidak didukung oleh orang banyak gimana? Yap semua itu menghantui di pikiranku saja, padahal tidak seperti itu.


Ketika kita membayangkan bagaimana pendapat orang dan pikiran orang seperti apa. Yang terjadi apa? Kita malah tidak berbuat apa-apa. Dan aku malah sebaliknya setelah aku mengenalkan blogku pada khalayak umum apa yang aku pikirkan tadi berbeda, begitu tampak orang-orang selalu mendukung jalanku, begitu terasa ada support dari mereka. Sebelumnya, itu hanya efek ketidakpercayaan diri kita atau overthingking pemula yang ragu-ragu doang. Jangan takut dikritik, sejujurnya ketika kita dikritik oleh orang lain itulah saatnya kita bisa menemukan jati diri kita. Namun pasti ada kita tidak membutuhkan kritikan, yap hanya butuh support.


Pada akhirnya, hal yang mendorongku untuk mempublikasikan blog ini adalah semangat dan tekad yang luar biasa untuk berbagi dan menyebarkan kebermanfaatan bagi banyak orang di ruang mungil ini. Meskipun aktivitasnya yang begitu padat sebagai mahasiswa merangkap aktivis, aku tidak ingin blog ini terlantar bahkan terlupakan lagi.


Pernah juga aku terpincut pada seseorang yang tiba-tiba ingin mengajarkanku. Seakan dia berkata begini, "Hei Ulfah, kamu itu gak akan sukses membangun blog sendirian, lihat itu tujuanmu aja tidak jelas"


Tapi saat itulah aku introspeksi diri, walaupun aku merasakan diberi ucapan tak mengenakkan. It's okey semangat dari support systems masih ada yang menyokong kegiatanku, apapun itu.


Ibaratkan api, apinya masih membara-bara sebab baru memulai. Namun api tersebut dimatikan dengan percikan air sebelum dia membara atau kita memulainya. So, gak masalah, semangat terus yuk! Biarkan orang membual tentang kemenangan itu.


Yang perlu di-highlight adalah bagaimana kita bisa mengarahkan tujuan blog kita agar pengunjung mau kembali lagi. Saat ini aku sedang membangun blog tersebut dan bertekad agar pengunjung datang ke blog sehingga bisa mendapatkan kesan yang baik. Ya, bonusnya akan bermanfaat. Bermanfaat bagi orang lain itu harus kita jadikan pegangan. Boleh-boleh aja sih berharap banyak untuk kebaikan tapi jangan risau jika tidak sesuai ekspektasi kita. But, kita bisa berencana dan Allah maha pemberi rencana yang merubah segalannya.


Satu Setengah Tahun Menjadi Part a Blogger

Satu-setengah-tahun-blog

Sebelumnya aku menyebut diri dari tahun 2017 ini sebagai pra-blogger, hal ini karena pikiranku masih belum tercurahkan seutuhnya ke blog, dalam keseharian pun untuk ngeblog aku mencari waktu yang pas, tapi setengah tahun ini aku merasakan blog adalah diriku. Walaupun dulu aku buka blog saat sempatnya saja. Namun sekarang bukan saat sempat lagi, bahkan dengan sengaja aku sediakan waktu untuk ngeblog.


Aku tidak akan pernah bosan lagi dengan dunia blog yang dulu pernah aku lupakan. Karena dari blog juga aku mendapatkan berbagai pengalaman yang menarik seperti blogwalking yang dapat mengasah skill menulis di blog kesayangan kita. Bersyukurnya, dari blog aku bisa bertemu dengan orang-orang hebat yang tak kutemui selama ini. Jadi blogger itu asyik lho dengan banyak pengalaman, manfaat, keajaiban serta circle yang didapatkan. 


Aku baru nyadar saat awalnya ngeblog, dari pikiran yang tidak terbuka maka dengan ngeblog pikiran ini menjadi lebih terbuka luas, jadi beneran merubah pikiran yang selama ini kaku banget, Buds.


Dan yang paling menyenangkan adalah mahasiswa seperti aku bakalan senang dengan kesempatan tawaran job. Mungkin, ketika endorse barang yang harga barangnya tidak murah tapi kita bisa memilikinya ataupun dapat job berbayar. Wahh luar biasa excited banget. Setelah menjadi ex.mahasiswa kini aku terus berusaha mendapatkan tambahan pendapatan. Pokoknya menjadi blogger itu suatu keajaiban bagiku. Apalagi memulainya dulu dengan berdarah-darah gitu ya.


Oleh karena itu, jika satu setengah tahun adalah waktu yang singkat, bagiku dan kita berharap semoga perjalanan bersama blog kesayangan akan panjang, aamiin. Bukan persoalan waktunya tapi prosesnya yang perlu dinikmati. Karena kita dapat menikmati proses yang penuh pembelajaran, kreativitas, dan kemampuan untuk mengembangkan diri lebih baik lagi kedepannya, Buds. Semangat berkaryanya ya, fighting!


Semoga bermanfaat dan terhibur, Buds. See you BudsπŸ€—πŸ€—

Post a Comment

17 Comments

  1. Keren banget sih Ulfah, baru satu setengah tahun jadi blogger tapi blognya udah keren kayak gini. Aku aja yang udah bertahun-tahun, tapi masih biasa aja. Emang kuncinya harus rajin, fokus dan semangat.

    Setelah membaca blog kamu, aku jadi nambah data, kalau emang banyak yang bikin blog karena iseng atau sekedar pengen nulis dan belum tau kalau blog bisa menghasilkan uang.

    ReplyDelete
  2. Blogger ini memang keren, coba aja liat, di hari jadinya, tidak membuat kerumunan. Malah menulis di blog masing-masing, lalu saling berkunjung secara digital. Seperti yang dilakukan kak Ulfah dengan menulis cerita pengalaman ini.

    Ada yang curhat, banyak juga yang tetap semangat memberi edukasi manfaat. Salut! Selamat Hari Blogger Nasional, sehat selalu untuk kak Ulfah bersama blog kesayangannya.

    ReplyDelete
  3. Keren, berasa keluar dari zona nyaman, memberanikan diri dan menguatkan diri.

    Saya juga awal2 ngeblog gaada tuh teman - teman yang tau. Sampai akhirnya saya dibilang ikutanπŸ₯² paham banget rasanya gak disupport hehe.
    Tapi sekarang udah santui dan biasa saja.

    Keren nih, semangat terus untuk ngeblognya mbak.

    SELAMAT HARI BLOGGER NASIONAL

    ReplyDelete
  4. Ulfah keren banget~ jadi tertampar aku wkwkwk, meskipun udah mulai nge blog dari lama, aku baru seriusnya mulai tahun ini, baru ngerti SEO dan anak-anaknya.

    Sedangkan Ulfah 1,5 tahun sudah pesat banget perkembangannya, optimis nnti bakalan jadi salah blogger yang berpengaruh.

    Bisa yuk bisa~ aku juga makin terpacu untuk terus belajar dan kosisten posting. Selamat Hari Blogger yaa

    ReplyDelete
  5. Masya Allah tabarakallah ❤️ semoga semangat terus ngeblog nya ya kak btw aku udah 7th dan makin semangat saat baby blues dulu

    ReplyDelete
  6. Idem kak, daku juga ada foto yang gueeddee wkwkwk.
    Namun langsung dah diresize. Dan memang jadi blogger kudu dijalankan alurnya dan SemangatCiee selalu belajarnya

    ReplyDelete
  7. Setiap blogger punya cerita masing-masing untuk perjalanan blognya. Itu bisa menjadi pengingat kala kitanya sedang malas untuk berkreasi. Dengan mengingat bagaimana perjuangan di awal memulai. Karena menjaga konsistensi itu sulit sekali ya, Kak.

    ReplyDelete
  8. Aku udah 5 tahun ngeblog tapi baru diseriusin dari awal tahun ini mbak. Sebelumnya mah nulis curhat doang, gak ngurusin apa2nya makanya blognya gak menghasilkan apa2 juga haha. Semangat yuk terus kembangin blog supaya makin kerenn! πŸ˜…

    ReplyDelete
  9. Seru ngebaca cerita2 "petualangan" ngeblog yg tayang berkat Hari Blogger Nasional kemarin.

    Meski ngeblog sejak SMA, baru benernya pas mahasiswa, soalnya pengalaman pertama punya domain top level, dapet paid post sampe menang lomba blog.

    Alhamdulillah masih aktif ngeblog sampe sekarang, dan jadi punya silaturahmi lebih luas dari ini.

    ReplyDelete
  10. Wah seru banget ya perjalanan blog nya selamat hari blogger nasional kak
    Aku jg newbie baru 8 bulan semangat

    ReplyDelete
  11. Semangat terus untuk ngeblog-nya. Persoalan waktu memang bukan jadi ukuran utama, yang penting konsistensinya. Apalagi di dunia blog ini kagak ada senior atau junior, semua bebas berkarya dan menulis apa yang dimauinya.

    ReplyDelete
  12. Sama nih mba, aku juga baru setahun ini ngeblog. Dan ngerasa beruntung banget terjun di dunia blogger. Dikelilingi circle positif memang salah satu motivasi terbesar untuk menjadi orang yang lebih baik.

    ReplyDelete
  13. Sukses y kakak aku juga pernah otak atik blog malah gamabrnya menuhin layar hahaha duh cupu banget wah aku juga baru setahun nih ngeblog. Smga ke depan makin sukses ya..aku tiap baca drama2 ngeblog gini kok jaid mikir aku g sendiri ya berjuang sama blog hahaha

    ReplyDelete
  14. Belum lama ngeblog tapi hasil blognya udah bagus banget.

    Semangat seringkali memicu untuk ngeblog. Saya juga, mulai ngeblog dulu ya awalnya iseng aja. Lama kelamaan suka dan menyediakan waktu khusus untuk ngeblog. Meskipun sampai saat ini aku masih jadi part time blogger.

    ReplyDelete
  15. Wah, berarti blognya terhitung usianya masih muda ya, Kak? Tapi ini udah keren banget sih ini!
    Lanjutkan, Kak! Semoga semakin banyak yang baca tulisan-tulisan di blog ini dan dapat lebih banyak tawaran job blog ya. Aamiin.

    ReplyDelete
  16. Semoga blognyabnanti bisa semakin eksis ya mba πŸ‘. 1.5 tahun tapi udah dot com, aku dulu nunggu beberapa tahun sampai mutusin DOT com πŸ˜….

    Sampe skr aku blm mau berhenti ngeblog, Krn buatku ini kayak healing therapy mba. Bisa banget bikin pikiran yg sedang jenuh, bosan, jadi rileks. Trus tujuan dari ngeblog itu sendiri, yg supaya ga lupa dan dapat banyak teman, juga tercapai. Krn aku seneeeeng dpt temen2 baru dari blog. Malah banyak yg udh ketemu langsung jadinya. Membaca tulisan dari temen2 lain, juga bisa utk pembelajaran cara menulis yg enak dibaca seperti apa dll.

    Itu kenapa aku blm mau berhenti menulis walo banyak juga temen2 blog yg dulu rame saling BW, tapi udh stop menulis. Sedih, tapi aku putusin utk trus menulis dan cari lagi temen2 baru πŸ˜„. Semangaaaat ngeblog ya mba Ulfah. ;)

    ReplyDelete
  17. Setelah membaca tulisan ini dari awal sampai selesai, saya menarik kesimpulan bahwa penulisnya masih mencari-cari mau diapakan blognya ini ke depannya.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak dan saling follow ya, thanks πŸ™πŸ˜Š