Alasan Menulis Blog Versi Sahabatulfah.com


https://www.sahabatulfah.com/2020/09/alasan-menulis-blog-versi.html
Alasan Menulis Blog Versi sahabatulfah.com

Bagi saya menulis adalah proses kreatif pikiran kita supaya dapat bermanfaat bagi orang lain. Selain itu, saya menulis di blog karena blog adalah tempat berkreasi dengan kata-kata, saya menuliskan untuk menuangkan perjalanan saya, kenangan, bahkan hal-hal yang dirasa bermanfaat bagi saya dan orang yang membacanya. 


Dan bermula dari sekolah menengah pertama setiap hari Jumat kami selalu free belajar. Nah disitulah semua kita diarahkan untuk mengekspresikan minat dan bakatnya. Dan saya tidak percaya akan tulisan yang dibuat, namun setiap selesai menulis terus terlontar dari ucapan seorang guru bahasa indonesia, "Semoga kamu terus menulis ya, saya menyukai tulisannya." Sampai sekarang ini masih tertancap di pikiran saya apa yang dikatakan oleh guru tersebut. Bahkan dulu tidak pede sama sekali untuk dipublish ke media sosial. 

Sebuah pertanyaan waktu itu adalah dapatkah saya bermanfaat bagi orang sementara saya menulis untuk diri sendiri bahkan tidak diberitahukan kepada banyak orang. Hingga terlintas untuk membuat blog. Tidak ada keinginan dari orang sekitar, intinya secara tiba-tiba. Namun blog itu hanya sebatas sementara karena tidak paham sewaktu itu. 

Tentunya pada tahun 2017 lalu ketika saya benar-benar mempelajari blog di sosial media secara otodidak. Saya membangun blog pribadi. Tujuan membuat blognya adalah menyampaikan apa yang saya pikirkan dan terkadang terlupakan, bukan lagi jadi kenangan di diary pribadi.  Mungkin saya mengetahuinya tapi saya tidak menyampaikannya kepada khalayak ramai. Seringkali saya menulis di diari tentang keseharian namun tidak terasa manfaatnya sebab tidak saya publish ke dunia maya. Saya hanya mampu menyimpannya sendiri dalam buku catatan atau di hp saja, mana mungkin bermanfaat bagi orang lain, kan? 

Adapun alasan menulis versi blog sahabatulfah :


1. Memvisualisasikan Ide Pikiran

Penting bagi semua orang mengeluarkan ide-idenya. Ketika satu persatu pikiran kita biarkan itu artinya kita membiarkan ide kita berterbangan. Dengan memvisualisasikan ide pikiran melalui tulisan adalah jembatan bagi ide kita berkembang dan menjadi sebuah momentum kita untuk menjelajahi pemikiran kita. Memvisualisasi ide saya yang muncul tiba-tiba. 

2. Mengumpulkan Sejarah

Saya menginginkan anak cucu saya nanti tahu saya pernah berpikir demikian. Setiap kali saya menulis di blog yang terekam dibenak saya adalah sejarah diri sendiri. Ada waktu saya menelusuri wisata, kegiatan yang diikuti sendiri hingga saya memutuskan untuk menuliskannya. Karena saya tidak mau sejarah itu melekat di diri saya saja, tapi menjadi bukti bahwa kejadian itu pernah dialami. Mengabadikan momen salah satunya dengan mengenang sebuah kejadian dalam sebuah artikel.

3. Menebar Manfaat

Dengan menulis kita tengah merasakan bahwa tulisan itu menebar manfaat bagi orang lain. Mungkin bagi saya, apa yang dikerjakan harus bermanfaat terutama bagi diri sendiri. Sangat senang lagi apabila tulisan itu dapat bermanfaat bagi orang lain. Karena saya tidak menginginkan tulisan ini diam di dalam diari saja. Sebab apapun yang dilakukan saya percaya jika saya merasakan hal yang demikian, maka orang lain akan merasakan seperti itu.

4. Menambah Networking 

Menambah Networking
Pada tahu kan bahwa menulis adalah sebuah sarana berkomunikasi.  Melalui tulisan kita bisa mengenal orang lain lewat tulisannya dan menambah pertemanan kita dalam sebuah komunitas blog kita tersebut. 


5. Meningkatkan Kreativitas dan Kemampuan Diri

Semakin hari kita butuh kreatifitas agar kita terus mengikuti perkembangan diri. Apalagi dengan kita menulis di blog semua kandala kita mesti selesaikan dengan sebaik-baiknya. Seperti mesti mencari tahu permasalahan SEO agar terselesaikan dengan baik. Oleh karena itu, kreatifitas tidak hanya tulisan, pengalaman, atau kejadian yang terjadi tapi meningkatkan kemampuan atau skill kita di dunia blog. 

6. Mampu Menyeimbangkan Logika dan Perasaan

Sebagai anak akuntansi yang tidak lepas dari keseimbangan, semua harus balance. Salah satunya alasan menulis blog adalah menyeimbangkan logika dan perasaan. Kenapa? Kita mempunyai kedua-duanya yang dianugerahkan oleh sang maha kuasa. Yang kadang kita lupa bahwa kita hanya mengetahui gender, yap kalau gender wanita maka menggunakan perasaan, begitupun sebaliknya.

Tapi menulis lebih menyampaikan apa yang logika dan perasaan kita. Sehingga hidup kita tidak merasa lemah dan tak berdaya karena lebih memprioritaskan salah satunya. Bayangkan seorang penulis wanita hanya menyampaikan perasaannya tanpa menggunakan logika, pasti tulisannya akan seperti diari. Atau mungkin penulis lelaki menuliskan logikanya saja dan mengenyampingkan perasaannya, maka tulisannya akan hampa.

Itulah proses keseimbangan sangat diperlukan untuk melengkapinya. Karena kedua-duanya mesti saling menyempurnakan satu sama lainnya.


Pengalaman Sharing Bersama Mba Monica Anggen

Mungkin saya bertemu saja tidak pernah dengan mba Monica. Tapi sharingnya yang dilakukan tadi malam pukul 20.00 dari grup What'sApp di Kelas Growth Blogger sangat mengesankan. Saya ingin kenalkan siapa beliau ini? Mba Monica Anggen adalah seorang penulis yang berhasil menerbitkan karya-karya best seller hingga lebih dari 50 buku. Keren sekali, kan? Mba Monica Anggen menyampaikan materi "Mahir Menulis dan Editing Blogspot" 

Materinya dalam motivasi menulis blog.

Dapat disimpulkan bahwa menulis itu harus ditentukan apa motivasi yang kuat bagi kita, karena jalan yang diinginkan kadang tidak sesuai dengan kenyataan. Beberapa motivasi yang disampaikan sama mba Monica adalah motivasi uang dan motivasi ingin berbagi. Namun masih ada motivasi lainnya, seperti motivasi healing dan hiburan bagi individu tersebut.

Selanjutnya adalah menulis blog. 

Yang dapat saya rangkum dari materi mba Monica adalah kita mesti menerapkan 5W + 1H, EYD, kesinambungan paragraf, dan kualitas tulisan juga sangat penting karena tulisan yang jelek akan menjadi tahi lalat, bahkan klien tidak mau menggunakan jasa kita lagi. Dan jangan sering menyalin press rilis atau re-write tulisan dari orang lain karena akan menambah buruk blog kita.

Selain itu ada trik menulis tema yang sama. 

Yang digaris bawahi disini, apapun yang kita dapat di internet saring dulu sebelum di share ke blog pribadi. Dan apapun itu jika kita mencari keyword tertentu maka ketika kita ingin mengambil bahan dari blog tersebut, carilah padanan katanya dan ciptakan diksi yang unik atau berbeda.

Di balik itu, blog juga bisa dijadikan buku, apabila kita tetap konsisten pada satu tema yang sama. Tipsnya yaitu kita cari topik yang lebih spesifik, buat outlinenya dan jadikan artikel demi artikel di blog. Contoh yang diberikan oleh mba Monica :

Tema besar : Parenting
Tema khusus : Tips merawat anak belitas 1-3 tahun.

Maka materi yang digunakan bisa saja seperti ini :
1. Tips Sapih Anak Usia 1 tahun.
2. Memperkenalkan Anak Beragam Jenis Makanan berbahan sayuran.
3. Cara mengatasi anak yang tak suka makan sayur

Dan terakhir mba materinya adalah "Tulisanmu adalah Dirimu"

Karena sejatinya tulisan kita akan menggambarkan siapa diri kita, apakah kita pribadi yang ceplas ceplos, baperan, nyinyir, positif, baik hati, ramah, ceria, menyenangkan, sinis, dan sebagainya. Menulis adalah sesuatu yang kita lakukan secara sadar dan tahu apa yang mungkin kita temui setelahnya. 

Intinya menulislah dengan sebaik-baiknya dan gambarkan diri kita agar orang lain tahu siapa diri kita, seperti apa kita ingin dikenal orang, dan secara sadar akan resikonya.

Sebuah penutupan yang berkesan dari mba Monica yaitu Pendidikan tinggi penting banget, kita bisa impikan semuanya asalkan :


  • Banyak baca dan belajar terus
  • Mengamati, jangan hanya melihat.
  • Kerjakan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin meski bayarannya hanya 2M (Makasih Mba)
  • Serahkan hasil pada tuhan
  • Hal yang penting : jujur dan bisa dipercaya serta tidak manipulatif.
Akhir kata dari saya, saya ucapkan  terima kasih kepada mba Monica Anggen sudah menebarkan ilmunya kepada kami semua, semoga berkah dan menjadi amal jariyah ya mba. Terima kasih juga buat grup WA "Kelas Growth Blogger"semoga saya terus bertahan hingga akhir di kelas ini. Aaminn.

Sekian tulisan alasan menulis blog versi sahabatulfah.com. Semoga bermanfaat dan tetap semangat yah :)

29 comments:

  1. Semangat terus mbak ngeblognya. 5 tips meraih impian dari mbak Monica cakep banget ya. Patut selalu diingat

    ReplyDelete
  2. Menambah manfaat dan networking itu fakta loh akibat dari ngeblog. Yuk keep on blogging.

    ReplyDelete
  3. Nah kalau aku di point menambah networking ini penting, hehehe. Mungkin karena sekarang kita harus mencari peluang ya mba sehingga dengan ngeblog diharapkan peluang bertambah seiring bertambahnya networking

    ReplyDelete
  4. Menulis di blog juga merupakan cara keren agar tulisan kita dibaca oleh banyak orang tanpa batas geografis. Beda kalau kita menulis di buku diary, cuma kita yang membacanya.

    Menulis itu keren dan lebih keren jika tulisannya bermanfaat dan menjadi amal jariyah.

    Good post mba 👍👍

    ReplyDelete
  5. Waah... Bagus tulisannya. Udah lama ngeblog dan saya baru tahu kalau nulis itu untuk mengimbangkan antara logika dan perasaan.. Mungkin efek ane cowok hahaha, lupa sama perasaan wkwkwk đŸ¤ŖđŸ¤ŖđŸ¤Ŗ...

    ReplyDelete
  6. Saya kadang mikir, "Gimana ya nantinya kalo saya terus menulis di blog, kayaknya asyik banget kalo dibaca sama anak kita atau malah ke cucu kita"

    Saya juga kadang bertanya-tanya bagaimana kisah orang tua saya sewaktu muda, kalo nanya langsung kadang sungkan juga kalo gak disenggol duluan hihi

    Nah agar menutup rasa penasaran anak saya nantinya, keknya saya harus terus menulis hehe

    ReplyDelete
  7. Menambah networking sama dengan kayak aku dan kamu. Hihihi. Terimakasih sharing yang bermanfaatnya kak.

    ReplyDelete
  8. Benar sekali sih mba dengan menulis maka sejarah Kita untuk anak cuci Kita Akan tetap Ada

    ReplyDelete
  9. Di awal-awal memang begitu ya kak. Selalu nggak percaya kita ini bisa menulis apa nggak. Alhamdulillahnya, orang-orang di sekitar selalu memberi dukungan dan meyakinkan kalau kita bisa.

    ReplyDelete
  10. iya juga ya,s ecara tidka sadar kalau kita rajin menulis di blog kemampuan menulis akan bertambah

    ReplyDelete
  11. baru tau setelah membaca artikel ini antara Menyeimbangkan Logika dan Perasaan

    ReplyDelete


  12. Dapat ilmu baru saya tentang keseimbangan. Ternyata dalam menulis pun bisa diterapkan.

    ReplyDelete
  13. Mampu Menyeimbangkan Logika dan Perasaan, lewat tulisanmu, aku baru sadar akan ini :) ya bener banget ini aku juga berasa

    ReplyDelete
  14. Bermanfaat sekali kak tulisannya, semoga bertahan sampai akhir kelas kak...

    ReplyDelete
  15. Ngeblog memang asyik. Apalagi bagi yang senang menulis

    ReplyDelete
  16. Kompor nih... jd pengen nulis euy. Barakallah Fik, ilmunya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  17. Sama ya alasannya nulis denganku mba. Salah satunya memperluas networking seperti kita ini... hehehe

    ReplyDelete
  18. Karena saya introvert, salah satu alasan menulis adalah biar bisa rumpi meski sama diri sendiri heuheu.
    Semangat ngeblog!!

    ReplyDelete
  19. Aku juga ngerasain banyaknya manfaat dari blog mba. Luar biasa ya. Semangaaat mba.

    ReplyDelete
  20. Masya Allah. Tujuan yang sangat mulia. Semoga senantiasa konsisten ngeblog Mbak

    ReplyDelete
  21. Artikel yang sangat bermanfaat. Semoga bisa menyemangati yang lain untuk menulis blog.

    ReplyDelete
  22. Maa Syaa Allah... Semangat terus untuk menebar manfaat melalui tulisan. Menulis memang banyak manfaatnya. Saya sendiri pun merasakannya. Sebagai healing. Alhamdulillah... Vertigo saya sembuh atau lebih tepatnya mengurangi stress yang menyebabkan vertigo saya kambuh. Semoga saya juga bisa konsisten menulis & menebar manfaat.

    ReplyDelete
  23. Semangat kaka... Semoga saya pun akan tertular juga

    ReplyDelete
  24. Ramai-ramai nge-share alasan menulis. Aku jadi makin semangat nulis dong

    ReplyDelete
  25. 'Tulisanmu adalah dirimu'

    Ngena banget ke saya bagian ini nih. Seperti reminder untuk menulis apapun, jangan lupa untuk memasukkan gaya tulisan personal

    ReplyDelete
  26. Salam kenal mbak, semoga saya ketularan semangat nulisnya..

    ReplyDelete
  27. Tulisannya bagus, Mbak. Cuman kalau saya boleh kasih saran, penulisan beberapa kata masih kurang tepat, seperti "kreatifitas", lalu penulisan nama hari memakai kapital atau enggak, ya? Nah, yang bener gimana? Buka KBBI 😁

    Lalu, kolom komentar dibuka untuk umum, bukan hanya untuk pemilik alun Google 🙏🙏

    Good luck, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aish.. ibu editor yang mampir. Langsung cespleng komennya.. wkwk.

      Delete
  28. Masya Allah..aku jadi ikut semangat nulis lagi ^^

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, don't forget tinggalkan jejak dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by UteHil. Powered by Blogger.