Mengenal Obat Ultracet, Direktori Obat by Sehatq

August 28, 2021

Obat-Ultracet-Sehatq

Hai teman-teman, apa kabar semuanya? Sehat kan? Yang terpenting jaga kesehatannya, Buds. Nah di sini siapa yang pernah merasakan nyeri ringan hingga berat? Seperti rasa sakit dari seluruh tubuh. Aku tuh agak takut kalau dikabari tetangga atau orang terdekat kalau mereka sedang merasakan sakit di tubuhnya :D. Bisa jadi mikirin yang aneh-aneh apa karena gegera si covid itu. Nah, bukannya mau berpikiran negatif ya, karena sakit itu alamiah dari tubuh kita tapi kalau seluruh tubuh bisa dicek kesehatan body kita, kalau dapat sesegera mungkin cari jalan keluarnya. Gampang kok, ada Sobatq sebagai direktori obat dan penyakit kita loh.


Tak hanya itu, aku juga pernah menyaksikan orang sehabis operasi. Ini sudah keluar dari ruangannya ya, setelah beberapa jam ketika kita mengajak mereka bicara hingga tertawa maka gak bisa didustai ekspresi mereka. Lihat deh, pasti menunjukkan ekspresi menahan  rasa sakit kan. Nah, orang sakit itu sebenarnya butuh penenangan lebih kok. Tentunya memberikan obat yang harus dari resep dokter seperti obat ultracet ini.

Apa itu Obat Ultracet?


Pada tau obat ultralet ini gak teman-teman? Ultracet tablet adalah obat untuk terapi jangka pendek dalam mengatasi nyeri ringan hingga berat, seperti yang aku sampaikan tadi yaitu untuk menghilangkan nyeri pascaoperasi dan rasa sakit pada seluruh tubuh (fibromyalgia). Ultracet tablet mengandung zat aktif tramadol hydrochloride dan paracetamol.

Dua zat aktif inilah yang bekerja ibaratnya mengurangi rasa nyeri gitu. Sebenarnya aku belum familiar dengan obat yang satu ini, namun aku cari tahu deh dan menemukan di situs Sehatq. Mencari direktori obat dan penyakit sangatlah mudah di Sehatq.


Begini singkatnya, tramadol hydrochloride itu adalah obat untuk meredakan rasa sakit. Tramadol membantu kita meredakan nyeri ringan, sedang, hingga parah. Tramadol ini yang bekerja pada otak kita agar mengubah perasaan dan respons tubuh kita terhadap rasa sakit tersebut. Sementara itu, acetaminophen atau paracetamol pasti sudah pada familiar kan ya. Waktu aku demam, obat paracetamol ini tidak dapat dipungkiri berguna untuk menurunkan demamku. Padahal aku tipikal orang yang sekalinya demam maka badanku langsung panas banget plus bawaannya mau tidur aja. Lumayan juga bisa tidur-tiduran kan :D. Cuma tidurnya karena alasan sakit dan itu gak enak loh. Makanya aku pastikan obat paracetamol ini selalu menemani, hehehe.


Paracetamol juga digunakan untuk meredakan nyeri serta menurunkan demam. Paracetamol membantu meredakan sakit kepala, nyeri otot, radang sendi, sakit punggung, sakit gigi, masuk angin, dan demam. 


Komposisi dan Dosis Obat Ultracet


- Tramadol hydrochloride 37,5 mg.

- Paracetamol 325 mg.


Dosis umum: 1-2 tablet/4-6 jam.

Dosis maksimal: 8 tablet/hari.

Penggunaan obat harus sesuai petunjuk pada kemasan dan anjuran dokter.


Seperti Apa Proses Kerja Obat Ultracet dalam Tubuh?


Setiap obat yang masuk tentunya punya cara kerjanya ya termasuk obat tramadol dan paracetamol ini, begini proses kerjanya:


Absorpsi: Diabsorpsi secara cepat dari saluran cerna. Kadar obat yang masuk ke dalam peredaran darah (ketersediaan hayati) tramadol sekitar 70-75% dan waktu dimana obat mencapai kadar tertinggi dalam plasma (waktu puncak konsentrasi plasma) paracetamol selama 10-60 menit.


Distribusi: Secara luas terdistribusi, melintasi plasenta, dan terdistribusi ke dalam ASI.


Metabolisme: Dimetabolisme di dalam hati.


Ekskresi: Tramadol diekskresi melalui urine sebagai metabolit, waktu yang dibutuhkan obat untuk dikeluarkan oleh tubuh dari separuh kadar awal obat (waktu paruh eliminasi) sekitar 6 jam. Paracetamol diekskresi sebanyak kurang dari 5% sebagai bentuk obat tidak berubah, waktu yang dibutuhkan obat untuk dikeluarkan oleh tubuh dari separuh kadar awal obat (waktu paruh eliminasi) paracetamol sekitar 1-3 jam.


Kalau kita menggunakan obat ultracet by sobatq ini benar-benar dari jangkauan dokter. Jadinya dosis dan takarannya sama dengan anjuran dokter. Salah satu kelebihan sobatq ini yaitu direktori obat yang disajikan secara lengkap, data informasi obat juga diuraiakannya satu persatu. Informasi Sehatq sangat lengkap mulai dari obat A sampai Z.


Pada Kondisi Apa Tidak Diperbolehkan Konsumsi (Kontraindikasi) Obat Ultracet? 


Yang memiliki alergi terhadap komponen dalam obat ini. 

- Yang sedang terapi obat monoamine oksidase (MAOI).

-  Yang mengonsumsi alkohol.

- Pada penderita depresi pernapasan.

- Pada penderita gangguan fungsi hati. 

-  Anak-anak berusia 16 tahun ke bawah.


  Ultracet ini penggunaannya harus dengan resep dokter dan kita juga bisa konsultasikan dulu melalui sobatq sebelum digunakan. Nah, sekian dulu artikel mengenai obat ultracet, direktori obat dari Sehatq. See you, Buds!

31 comments:

  1. Ultracet itu harus dengan resep dokter . Tentunya kita tak boleh merekomendasikan kepada dokter minta obat Ultracet. Kita ngga bisa langsung beli dong yach kalo tanpa resep. Jadi sekedar pengetahuan saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar bangett mbak, jadinya sebagai pengetahuan aja mbak... Siapa tau nanti ada yg butuh dan diberi sama dokternya obat ini jadinya keingat artikel aku ini, hehehe..

      Delete
  2. edukasi yang bagus mbak ulfah, pereda nyeri seperti ultracet seperti ini memang perlu resep dokter ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks you Mbak Fira... Iyaa mbak, semoga bermanfaat ya...

      Delete
  3. bisa untuk sakit ngilu gak?

    sesudah olah raga saya sering kesakitan seperti keseleo

    sembuh sendiri sih, tapi sakitnya itu ampun ampunan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebetulnya bisa, Teh Maria, tapi saya rasa penggunaan tramadol untuk kesakitan pasca olahraga itu terlalu berlebihan. Menggunakan natrium diclofenac saja sebetulnya lebih minim risikonya bagi liver Teteh.

      Delete
    2. Bisa-bisa aja sih mbak Maria, tapi lebih direkomendasikan konsul sama dokter Sobatq mbak, biar lebih spesifik obat yg diberikan ya mbak...

      Delete
    3. Wah.. Thanks you Mbak Vicky buat reply dan rekomendasi obatnya...

      Delete
  4. Bener banget nih, kita memang perlu resep dokter untuk obat yang akan kita konsumsi. Karna kita tidak tahu efek samping nya bagi tubuh kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuu mbak Ova, benar sekali karena respon obat masing-masing tubuh kita beda2 ya mbak...

      Delete
  5. Bener banget nih, kita memang perlu resep dokter untuk obat yang akan kita konsumsi. Karna kita tidak tahu efek samping nya bagi tubuh kita.

    ReplyDelete
  6. Resep dokter sangat penting dalam urusan obat-obatan gini, gak boleh sembarangan apalagi kalau kita punya alergi obat

    saya pernah minum Ultracet, dikasi resep sama dokternya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mbak, yg tau kondisi badan kita ya kita dan dokter ya mbak, biar lebih aman jga...

      Berarti kebutuhannya yg mengurangi nyeri ya mbak...

      Delete
  7. Wah baru denger nih soal obat ultracet mbaak Alhamdulillah selama ini belum dan semoga ngga pernah menjalani operasi. Tapi kehadiran obat ini pastinya sangat membantu yang memerlukannya yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, beruntung ya kalau yg memerlukan tau obat ini... Tapi alhamdulillah sehat-sehat ya mbak...

      Delete
  8. sebagai pengkonsumsi analgesik saya baru tahu obat ini, biasanya kalau batu empedu saya kambuh saya diresepkan paracetamol dan kalau tidak mempan pasti asam mefenamat. tapi kalau misal nanti saya jadi operasi mungkin akan diresepkan ultracet ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyakah mbak gapapa yg penting obatnya cocok dlu buat mbak... Pokoknya semangat ya mbak, semoga lancar pengobatannya dan diberikan kesembuhan ya mbak...

      Delete
  9. wah aku baru tahu nih, ini untuk operasi apapun ya mbak termasuk sehabis sc?
    aku sempat bingung saat kemrin pasca oprasi luarbiasa nyerinya dan sngkirng2

    dan lagi emang duah dapat dr pihak rs hanya saja aku maish belum merasakan efek. maksimal obatnya.

    ini pengetahuan baru buat aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak sebenarnya operasi apapun bisa mbak... Terlebih lagi, kalau dah direkomendasikan langsung sama dokternya.

      Duhh berarti obatnya belum maksimal dong mbak.. Klau tau obat ini pasti bisa konsultasikan ke dokter langsung ya mbak, biar kita membaik habis SC ya mbak...

      Semoga artikelnya bermanfaat ya mbak...

      Delete
  10. Ini termasuk obat untuk nyeri hebat berarti ya mbak? Karena nggak bisa diminum sembarang orang dan harus dengan resep dokter. Alhamdulillah saya belum pernah konsumsi obat ini. Dan semoga jangan sampai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mbak, makanya obat ini sebaiknya dikontrol sama dokter mbak... Alhamdulillah, sehat-sehat ya mbak...

      Delete
  11. Saya sepakat sih, untuk obat-obat yang tidak bebas dijual di pasaran, sebaiknya dikonsumsi atas saran dokter. Lebih baik didiagnosa oleh ahlinya daripada mendiagnosa diri sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah setujuu mas... Karena itu harus sesuai dengan anjuran dokter ya mas, jadi lebih aman jgaa...

      Delete
  12. Enak ya pakai SehatQ. Jadi bisa mencari tahu lebih jauh tentang obat-obatan yang diresepkan oleh tenaga kesehatan untuk kita. Tapi semoga fitur ini dimanfaatkan sesuai fungsinya, bukan oleh orang awam yang ngulik obatnya sendiri sesuai yang dirasa tanpa melalui pemeriksaan dari tenaga kesehatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru itu perlu konsul sama dokter atau via dokter sobatq mbak... Memang gak boleh dipakai sembarangan karena kita gak tau efek obatnya bakal seperti apa ya mbak...

      Delete
  13. Situsnya lengkap dan informasi yang membantu banget, apalagi sekarang kita hanya mengandalkan internet untuk banyak hal termasuk mencari opini untuk keluhan kesehatan kita ya mbak.. SehatQ membantu banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mbak, situsnya lengkap bangett deh, obatnya tersedia dari A-Z, fiturnya lengkap mulai dari kandungan sampai efek samping jga mbak, trus kalau mau konsul bisa langsung chat dengan dokternya ba, hehehe...

      Delete
  14. Baru tahu aku mbak ada obat bernama ultracet, pas banget buatku yang habis melahirkan yang masih sering merasakan nyeri pada bekas jahitan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiss iyaa mbak semoga bekas jahitannya cepat kering dan normal ya mba...

      Delete
  15. Benar mbak, tramadol setahu saya termasuk obat keras. Jadi pemakaiannya harus dengan resep dokter,karena efek sampingnya yang berbahaya.
    Semoga Sehatq benar-benar selektif pasien untuk merekomendasikan obat ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang iya mbak sehingga buat pemakaiannya dianjurkan konsultasi ke dokternya mba.

      Setuju., semoga ya mbak.

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak (Komentar akan dimoderasi) dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by diane555. Powered by Blogger.