5 Kegiatan yang Paling Menyenangkan di Bulan Ramadhan

5-Kegiatan-yang-Paling-Menyenangkan-di Bulan-Ramadhan

Hai Buds. Siapa yang punya kegiatan yang menyenangkan saat ramadhan? Kalau aku di bulan ramadhan terasa banget perbedaan dari bulan biasanya termasuk kegiatan yang disukai. Tiap orang memasuki bulan ramadhan akan menambah resolusinya. Momen saat ramadhan inilah menjadikanku lebih baik untuk melakukan kegiatan spiritual dibandingkan bulan biasanya. Kalau kalian gimana?

Kebanyakan pada berlomba-lomba melakukan kegiatan spiritual karena diberikan balasan yang berlipat ganda, berbeda dengan hari biasanya. Tanpa banyak basa basi, aku mau menceritakan apa saja kegiatan yang paling menyenangkan di bulan ramadhan nih, Buds. Teman-teman jangan lupa baca sampai akhir ya. 

Yuk kita bahas kebiasaan menyenangkan di ramadhan penuh berkah ini yang dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita yaa, Buds. Aamiin dong. 

Baiklah, 5 kegiatan yang paling menyenangkan di bulan ramadhan :

1. Meditasi Diri 

5-Kegiatan-yang-Paling-Menyenangkan-di Bulan-Ramadhan

Ramadhan menjadi momen yang pas untuk meditasi diri kita. Menurut aku ya, suasana dan lingkungan mendukung kita bersemangat melakukan perbaikan diri. Terlebih lagi aku yang kadang kala berantakan mengatur jadwal kegiatan. Tiba-tiba ada kegiatan bertambah membuat jadwal agak tidak jelas dan stress sendiri.

Aku memang harus melakukan meditasi diri dalam menghadapi perubahan itu. Sebagian kegiatan meditasi diri ini dilakukan sebagai relaksasi diri juga. Dimana aku umumnya saat malam hari setelah berkegiatan seharian. Maka aku berusaha merelaksasi pikiran dan perasaan dengan mendengarkan senandung ayat Alquran, mendengarkan lagu relaksasi, dan me-time. Tak heran, tadarusan dan lagu religi di bulan ramadhan diperdengarkan speaker mesjid menjadi hati tenang dan damai. 

2. Mengurangi Tingkat Emosi

Di bulan ramadhan memang sudah saatnya untuk menahan hawa nafsu. Aku kadang mudah marah, kalau udah merasa gak ada rasa kenyamanan dari diri sendiri. Maka bulan puasa ini saatnya melatih diri dengan cara meredam emosi sendiri. seperti emosi marah, suka meninggikan nada bicara, dan emosi negatif lainnya. Agar ibadahku gak sia-sia, cielah. Ya saat berpuasa memang harus banyakin sabarnya. 

Karena akar dari permasalahan itu hati tadi. Kenapa hati? Karena hati yang tak bisa menahan emosi negatif. Kalau aku pikir menahan godaan untuk tidak marah itu agak sedikit susah. Karena itu banyak-banyak belajar di bulan ramadhan ini. Di hari biasa mah sebebasnya aja mengeluarkan emosi tersebut, tapi sewajarnya deh. Jangan dicoba-coba saat bulan puasa, yang ada bikin batal puasa, Buds. Namun lebih baik lagi setelah ramadhan kalau bisa terus melatih emosi positif juga.

3. Istirahat yang Cukup

Kalau hari biasa jam tidur sampai larut malam, ya gapapa. Tapi coba dilakukan saat ramadan yang ada malah kebablasan pas sahurnya. Cuma aku tuh, kalau udah begadang dan gak bisa tidur malam harinya. Aku perhatikan jam untuk menentukan jam berapa bangun, aku akan set alarm agak aku lebihin dikit biar waktu tidurku gak kepotong gitu karena udah begadang tadi.

Misalnya aku tidur malam jam 1 dini hari, kan biasanya alarm aku set jam 4 subuh. Nah, karena aku baru saja tidur jam 1, maka alarm aku lebihin dikit jadi jam 4.15. Karenanya aku bikin nada alarm yang agak berbeda dan makin berisik. Itu cara aku mensiasati yaa. Di sini aku gak menjamin cara teman-teman worth it seperti itu.

4. Beramal dan Terawih

Momen saat bulan puasa memacuku untuk menyisihkan uang jajan yang bisa menambah rezeki. Janji dalam kitab Al-Qur'an kepada orang yang bersedekah, perhitungan Allah itu di luar nalar kita loh. Saat uang yang kita keluarkan untuk beramal berkurang, namun pertimbangan nilainya beda justru menambah rezeki kita. Apalagi saat terawih kotak amal dijalankan, gak usah ragu memberikannya rezeki kita. 

Itu artinya dari uang yang dipunya ada hak orang lain yang mesti diberikan, terlebih kotak amal sudah di depan mata, mesti beramal dong dengan ikhlas. Tapi tergantung teman-teman, karena ada yang berprinsip lain. Aku di sini tak berceramah ya, hahaha. Jadi kalau ada yang membaca sebenarnya aku sedang mengingatkan diri sendiri kok, kalau ada ngaruh manfaatnya ke teman-teman bersyukur dong. Begituu, Buds.

Terawih juga menjadi salah satu kegiatan yang lakukan di bulan ramadhan. Pasti sudah tau kan? Terawih itu hanya ada di bulan ramadhan saja, tapi luar bulan ramadhan gak dapat mengerjakannya ya. Duh sedih. Dimana berbeda dengan witir, kapan saja dan waktunya biasa dilakukan setelah isya. Terawih yang sempurna itu ada 8 rakaat dan 20 rakaat, bebas kita mau pilih yang mana. Aku sendiri memilih untuk melakukan terawih 8 rakaat. 

5. Berkumpul Bersama Keluarga


5-Kegiatan-yang-Paling-Menyenangkan-di Bulan-Ramadhan

Mungkin pada hari lainnya, kalau aku di keluarga masing-masing punya kesibukan ya. Dimana saat makan siang ataupun malam susah dilakukan bersama-sama. Nah, berkumpul saat momen yang pas gini, bulan ramadhan. 

Di rumah saat sahur dan berbuka kami duduk bersama dalam satu meja makan. Di situ waktu yang berkualitas bersama keluarga. Tak jarang bisa bercanda, berbagi cerita, dan kadang hanya makan bersama sambil melihat siaran televisi. Memang deh, enaknya pas ramadhan itu bisa ngumpul dan duduk bareng bersama mereka. 

Nah, aku mau tau juga apa kegiatan yang teman-teman sukai dan menyenangkan saat ramadhan nih? Yuk sharing di kolom komentar, manatau kita bisa saling berbagi satu sama lainnya. Aku doakan semoga lancar puasa kita semuanya, Aamiin.

No comments:

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by Galeries. Powered by Blogger.