Content Creator Sukses Pancarkan Personal Branding Ala IDN Media

Mada-and-managers

Bicara mengenai branding ala IDN Creator Network nih Buds.

Personal branding bagi content creator sangat penting untuk membangun kolaborasi. IDN media menyatakan sebagai content creator sudah menjadi sikap dan karakter yang diperlihatkan baik karena akan menentukan kualitas di mata masyarakat.


Branding itu erat banget kaitannya dengan dengan brand atau perusahaan. Tapi bukan hanya di sebuah perusahaan saja, branding juga melekat di setiap individu yang memiliki kekuatan tertentu di media sosial terutama content creator. Content creator dituntut untuk memiliki personal yang kuat.


Sejalan dengan Kamila Pri Azarini, seorang Creator Development Manager di IDN Creator Network bahwasanya mengetahui nilai-nilai yang dimiliki content creator, mereka harus bisa mengoptimalkan kemampuan diri yang dapat mempengaruhi peningkatan karier dan membangun kepercayaan publik, karena mereka dinilai baik dengan menyelaraskan citra yang ditampilkan baik juga. Seperti artis/ penyanyi yang menampilkan value mereka di dunia maya.

Menjadi Bagian IDN Creator Network

Kamila-Development-Creator

Seperti Kamila Pri Azarini sudah menjadi tugasnya mencari influencer bagi brands yang melakukan campaigns di IDN Creator Network. Tentunya pekerjaan ini membuat Kamila yakin dengan pentingnya personal branding. “Personal branding is about how we want people to perceive us as an individual". Content creator menampilkan dirinya saat ide/konsep yang disampaikan ke publik mengenai suatu produk. Merasa nyaman jika mereka benar-benar terlihat mampu mempertahankan brandingnya. Mulai dari seperti apa mereka ingin dikenal audiens, dari pembawaannya, karakternya, tutur katanya, dan ekspresinya yang jelas tampak langsung. Oleh karena itu, personal branding yang kuat sangat diharapkan ada di dalam diri content creator.


3 Kunci Untuk Pancarkan Personal Branding yang Kuat

Digital-Strategy-ICN

Personal branding merupakan hal esensial yang mendasari content creator. Kamila menyederhanakan dengan 3 hal pokok yang memancarkan personal branding begitu kuat oleh content creator.


1. Self Awareness

Kita harus tahu apa skill kita, nilai yang kita berikan. Tak mudah memang mengetahui dua hal tersebut, tetapi cobalah explore dirimu untuk melakukan kegiatan dan jangan pernah berhenti mencoba hal baru. Karena kalau tak pernah melakukan, bagaimana kita tahu apa potensi kita, Buds. Hehe


2. Be Yourself

Kita menunjukkan siapa diri kita dengan otentisitas. Keunggulan serta keunikan yang ditonjolkan, tiap individu pasti ada dan masing-masingnya berbeda. Porsi yang kita lihatkan sesuai dengan seperti apa kita ingin dikenal oleh orang lain. Buds, yang paling utama ialah buktikan kita bisa menjadi orang yang berpengaruh positif ya.


3. Rajin Tampilkan Diri Secara Online

Karena media sosial tak terpisahkan dengan kehidupan terutama content creator. Semisal upload konten dengan konsisten sehingga mempertegas kehadiran kita di media sosial.


Bukan Sekedar Pencitraan, Personal Branding Berasal Dari Dalam Diri

Sejatinya media sosial bukan merupakan salah satunya media untuk melakukan branding. Bukan tentang media sosial saja, melainkan saat bertemu orang lain baik di tempat kerja, tempat umum, di rumah, dan dimanapun berada. 


Tak perlu dibuat-buat, artinya personal branding datang dari dalam diri, seperti apa tingkah laku, tutur kata, dan cara berkomunikasi dengan orang lain secara online maupun tatap muka. Pada dasarnya personal branding harus berasal dari dalam diri.

Kamila-Development-Creator

Dari teknisnya menurut Kamila ada sikap orisinil dan personal menjadi kunci utama personal branding. Mungkin karena konten yang kita share berkualitas dan beredukasi. Misalnya menyajikan informasi dari tips dan trik yang disukai audiens.


Kolaborasi dan Personal Branding

Seringkali kita menganggap personal branding persoalan kita saja. Hal ini tak salah dan tak begitu benar juga. Mengapa? 


Membangun kolaborasi dengan pihak tertentu bisa menumbuhkan kepercayaan kita sendiri dan audiens kita, dan ini sudah terbukti kolaborasi membantu personal branding yang kuat.


Sebab apa yang kita bangun sekarang dapat menambah kredibilitas dengan cara menjalin kolaborasi bersama pihak lain. 


Dari beberapa poin yang dipaparkan dapat membangun personal branding. Highlight beberapa kunci untuk personal branding sebagai content creator yaitu appearance, personality, dan value itu merupakan hal penting yang akan diperlukan dalam pembentukan personal branding. 




26 comments:

  1. Kalau bicara soal branding, yang saya tau personal branding adalah apa yang orang katakan tentang kita saat kita nggak seruangan sama mereka. Dan, personal branding perlu dengan sengaja dibangun, bukan sekedar "Saya ini ya kaya gini orangnya"

    Saya setuju kalau personal branding itu harus datang dari 'dalam' that's why mungkin sebaiknya kalau mau membangun personal branding fokusnya harusnya adalah membangun dari dalam dulu ya.

    Itu menurut saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yapp benar mas branding tentang apa yang kita dengar dari mereka yang beda frekuensi dengan kita. Karena pastinya mereka akan lebih jujur menilai siapa kita.

      Nah, betull fokus membangun dari dalam sebab dari situlah akan terbentuk branding yang kuat...

      Delete
  2. Jika benar-benar diterapkan 3 hal yang bisa memancarkan personal branding tadi, jangan heran jika orang-orang sudah dapat mengenali siapa diri kita. Misalnya “Oh si A yang traveller itu yah” atau “Si B yang fashionable itu yah”. Yuk siap-siap bangun personal branding kita hehe..!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yukk mari kita bangun personal branding, siapa tau terkenal sbg apa yang kita impikan itu yaa mas

      Ganbatte🔥😅

      Delete
  3. Personal branding ini menjadikan seseorang istimewa. Jadi, 3 tips ini harus diterapkan ya..

    ReplyDelete
  4. Betul banget yaaa self Awareness sangat penting untuk menonjolkan potensi diri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, true mbaa self Awareness penting banget buat potensi diri, hehe

      Delete
  5. Kita harus punya value juga ya mbak. Jadi ga asal personal branding juga. Noted banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mba, value yang ada di dalam diri pastinya mbaa😊

      Delete
  6. Nah itu, poin rajin tampilin diri secara online masih agak sulit dijalankan secara berkelanjutan karena sering moody :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agak susah gitu ya mba kalau berkelanjutan... Aku banget mba, masih perlu konsistensi😅

      Delete
  7. Tips yang menarik. Bisa saya coba implementasikan nanti, siapa tahu setelah ini jadi content creator

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa tahu benaran ya, aamiin. Kudu diimplementasikan langsung keknya mba😅

      Delete
  8. Tentang menampilkan diri, aku masih suka nggak percaya diri, hiks. Harus diasah terus ya, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benarr bangetttt mbaa, harus banget diasah biar lebih percaya diri, hehe

      Delete
  9. Menjadi diri sendiri itu juga penting, bahkan menjadi sebuah warna dalam personal branding kita kalau kita itu unik dan tidak pasaran Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah setuju bg, kita itu unik dan masing-masingnya punya keunikan berbeda...

      Delete
  10. Personal branding ternyata gak harus untuk sebuah produk, ternyata kita juga harus membranding diri. Wow, nice sharing mba. Tq :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yapp betull mba. Hehe, sama-sama terima kasih juga sudah berkunjung 😅😊

      Delete
  11. Kita menunjukkan siapa diri kita dengan otentisitas...
    Nah ini yang harus di kembangkan keunggulan individu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyahh mba, biar menjadi sesuatu kebanggaan buat personal..

      Delete
  12. Tapi ada juga content creator yang karakternya nggak baik. Kuat sih, tapi nggak baik, tetep aja bisa terkenal. Bahkan ada yang sengaja berbuat nggak baik karena ingin karirnya meroket, itu gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa banyak malah sekarang ya mba... Tapi kita tau mana content creator yg benar-benar jujur atau tidak sama diri sendiri, walaupun mereka tetap bisa terkenal namun kesannya tidak baik karena apa yg mereka lihatkan tidak seperti yg diinginkan masyarakat. Dan bisa jadi juga akibat karakternya ada orang yang dibuat komplain atau kecewa dg mereka sehingga fansnya tadi malah gak srek lagi... Tapi aku harap content creator harus tau bgmana membangun personal brandingnya dg baik, mba...

      Delete
  13. Personal branding tuh emang paling enak kalo apa adanya kita ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mba, lebih PD sama diri sendiri artinya kita terima apa adanya kemampuan kita karna gak perlu berbohong sama diri sendiri utk disukai oleh orang lain..

      Thats really love your self 🤗

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by Galeries. Powered by Blogger.