Sehari Mengunjungi Binaan CSR Aqua Solok dan Human Initiative

Aqua-Solok-Human-Initiative-Sumbar

Sehari saja mengunjungi CSR Aqua Solok dan Human Initiative bersama blogger dan influencer Sumbar. Lantas apa yang bakal kami kunjungi? Kalian pasti penasaran kan, yuk disimak terus❤️


Nada ponsel aku hari Jum’at itu berbunyi, aku pikir masih dari teman-teman kantor yang masih ada hubungannya dengan kerjaanku. Namun kali ini beda, ternyata teman blogger aku yang menghubungiku. Kabarnya beliau mengatakan ada agenda ke Solok hari Minggu ini, ya karena jadwalku masih kosong yaudah aku terima dengan senang hati. Benar-benar, ini dadakan tapi masih terstruktur dari agenda sebelumnya, hehehe. 


Silahkan baca agenda bersama Aqua Solok trip sebelumnya, biar tidak ketinggalan. Disini ya : Mengunjungi Budidaya Maggot Binaan Aqua Solok


Tibalah di hari Minggu, tepatnya tanggal 22 Oktober 2023. Kami berkumpul di satu titik yaitu MCD Padang, selain karena di pusat kota dan tempatnya juga masih aman untuk menaruh kendaraan kami di sana. Yak, setelah semua berkumpul. Kami pun melaju dengan kendaraan yang sudah disediakan. Kami ada dua kendaraan, dan aku bersama mobil yang sebelumnya pengemudi yang sama dengan trip aku sebelumnya.


Kami berangkat jam setengah delapan dari titik kumpul, kurang lebih jam setengah 10 nyampe di Soloknya. Lalu apa agenda kami setiba di sana? Kegiatan-kegiatan apa aja kira-kira yang kami lakukan? Manteman masih semangat bacanya kan? Hehehe


1. Visit To Rumah Produksi Kopi


Di sini kalian akan melihat area produksi kopi. Rumah produksi kopi berdiri beberapa bulan yang lalu. Yang mana dipelopori oleh CSR Solok dan Human Initiative Sumbar. 


Ada beberapa area yang kami lihat di sini, diantaranya :


1. Kebun Biji Kopi


Uniknya, kamu bisa memetik langsung biji kopi yang sudah matang dari kebunnya. Dan kamu bisa membeli biji kopi yang kamu sukai dengan memilih langsung dari batangnya. 


Biji kopi ini dinamakan ceri, karena bentuknya persis seperti buah-buah ceri. Dengan variasi warna sesuai tingkat kematangannya, warna hijau dari yang muda hingga warna merah yang sudah bisa dipetik. 


Kemudian letak lahan biji kopi ini tepat di sebelah rumah produksinya, sehingga kamu tidak perlu jauh untuk ke rumah produksinya.


2. Tempat Pencucian Biji Kopi


Di rumah produksi kamu akan ditunjukkan tempat pencucian biji kopi yang sudah kamu petik dari kebunnya langsung. Yang mana biji kopi ini akan dibersihkan menggunakan mesin pencucian kopi yang sudah tersedia. Tersedia dua pencucian biji kopi di sini.


Tujuan pencucian biji kopi ini melihat mana biji kopi yang layak atau tidaknya. Sekaligus dibuang tangkai biji yang masih bersisa supaya kopi tidak pahit saat diproduksi nanti.


Beberapa cara untuk pengelupas biji kopi yaitu: 


1). Metode Natural


Metode ini adalah metode yang cukup praktis. Biji kopi yang sudah dipanen langsung direndam semalaman. Di sini proses memilih kopi yang bagus atau tidaknya akan terlihat. Jika kopi yang bagus maka pada saat direndam semalaman tidak akan mengapung. Sedangkan kopi yang tidak bagus akan mengapung maka kopinya akan dibuang dan tidak dipilih untuk proses selanjutnya.


Setelah semalaman barulah dijemur hingga mengering. Saat dijemur kopi harus dibalik agar merata keringnya. Lalu tunggu kopi sampai kopi benar-benar mengering, di mana proses ini tergantung pada cuaca lingkungan kita.  Yang mana di kabupaten Solok ini cuaca terbilang lembab karena di dataran tinggi, jadinya proses pengeringan lumayan lama juga. 


2). Metode Full Wash


Metode ini pastinya akan bersentuhan dengan air. Semua prosesnya di dalam air, dimulai dari pemilihan kualitas cherri biji kopi, pemisahan kulit luarnya, proses fermentasi, yang mana semua bersentuhan dengan air.


Selesai dipilah, biji kopi akan dimasukkan ke mesin depulping. Tujuannya untuk menghilangkan kulit luar tersebut. Selama proses depulping ini juga air akan dikucurkan ke mesinnya.


Kulit biji ini akan difermentasikan untuk dijadikan pekan ternak dan bisa diolah menjadi cascara. Lanjut ke metode full wash, perendaman dilakukan 12-24 jam. Jika terlalu lama, maka kopi akan terlalu asam. Setelah itu biji kopi dijemur, barulah kopi dimasukkan ke huller. 


Huller ialah mesin untuk memisahkan biji kopi dari kulit luar, kulit tanduk, dan kulit ari. Sedangkan pulper ialah mesin untuk mengupas kulit luarnya.  


3). Metode Honey


Metode ini tentunya menghasilkan green beens yang manis, makanya disebut metode honey (madu). Dalam proses ini kopi akan direndam dan dipilih kualitas ceri yang masih bagus. 



3. Tempat Pengeringan Biji Kopi


Nah, di area ini kamu bisa melihat kopi yang sudah melalui proses pengeringan beberapa hari. Ada berbagai macam teknik atau metode biji kopi yang dikeringkan di sana. 


4. Tempat Penggilingan Kopi


Terakhir, kita akan mengguling kopi untuk diseduh. Kopi ini menggunakan 2 teknik penggilingan :

1). Teknik V-60 

2). Teknik Frend Fresh


Teknik yang membedakan pada proses penggilingannya. Secara rasa, aku setelah mencobanya memang tidak banyak beda. Paling bedanya ada yang rasa pahit dan asamnya saja, tapi tidak terlalu kentara. Untuk aku yang gak suka pahit, rasanya masih bisa lah. Hehehe 


2. Visit To Aquaponik


Aquaponik ini adalah binaan dari CSR Aqua Solok. Nama aslinya yaitu hidroponik. Dimana proses ini penanamannya tanpa menggunakan media tanah, melainkan media air. 


Sayur-sayuran diletakkan di atas media air, lebih cocok pada daerah yang lahannya sempit, karena tidak membutuhkan banyak lahan untuk menanamnya. 


Seperti yang ada pada aquaponik di Solok ini. Cukup menggunakan kolam ikan yang di atas sudah diberi media tanam untuk sayur-sayuran tersebut. 


3. Visit To Budidaya Maggot


Maggot memang sudah pernah kami kunjungi sebelumnya. Karena sekarang tripnya ada beberapa teman-teman influencer yang baru bergabung, sehingga kami mengunjungi maggot ini kembali.


Setelah tiba di sana pun, kami melihat kembali bagaimana maggotnya berlangsung. Tak ada yang berbeda, tapi letak maggot sekarang berada di tengah lahan pertanian, di mana sebelumnya ada di pinggir lahan tersebut. 


Sekian tempat-tempat binaan Aqua Solok yang sudah kami kunjungi. Semoga bermanfaat dan suka ya! Terima kasih❤️





2 comments:

  1. Wah belajar banyak ya kak di binaan CSR Aqua Solok. Makasih sudah berbagi pengalamanya lewat tulisan kak.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak (Komentar akan dimoderasi) dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by diane555. Powered by Blogger.