Menikmati Me Time, Ide Me Time Terbaik Ala Pekerja Kantoran

Menikmati-Me-Time-Ide-Me-Time-Terbaik-Ala-Pekerja-Kantoran

Setiap harinya kecuali hari minggu dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore aku bekerja di salah satu perusahaan swasta. Pergi ke kantor, buka komputer, terus mendapati tumpukan kertas yang mesti diselesaikan. Memang rasanya jenuh dan terasa lelah juga. Belum lagi bertemu dengan banyak orang, ya rasanya teramat sedikit waktu untuk me time. 


Hari minggu menjadi hari yang paling aku tunggu-tunggu. Hari dimana aku bisa menjalani kegiatan yang super santai, walau harus menyelesaikan berbagai pekerjaan rumah yaa. Bukan tidak senang bekerja setiap hari, bukan tidak mau pergi ke sana kemari, bukaan! Aku mah kalau yang ngajak pergi ada, aku ayo-ayo aja. Asalkan tidak mengganggu jam kerja yaa. Ini udah prinsip aku saat ini. Kenapa? Karena mesti memberikan batasan mana yang menjadi prioritasku dan mana yang hanya buat happy-happy saja.


Me time bagi pekerja terutama yang kerjanya di dalam ruangan seperti aku ini sangat penting. Walau setiap hari itu yaa pasti me time dengan kerjaan juga, namun terasa bedanya dengan benar-benar me time tanpa memikirkan kerjaan.


Sebagai seorang karyawan swasta yang disibukkan dengan aktivitas kerjaan padat, kadang hari-hari terasa melelahkan memang salah satu cara untuk menghindari stress adalah dengan me time. Bagaimana me time ala pekerja kantoran? Yuk di simak yaa!! Semoga bermanfaat.



Bersantai dengan Melakukan Perawatan Kulit dan Memanjakan Tubuh



Hari libur biasanya aku manfaatkan waktu untuk me time, seperti melakukan perawatan tubuh berupa masker sendiri di rumah, rendam kaki dengan air hangat, dan kadang pergi ke salon untuk merawat kulit, rambut, serta tubuh. 


Melakukan cara seperti di atas termasuk me time yang sangat bermanfaat bagiku sebagai seorang pekerja. Karena jika tidak aku lakukan, lebih kepada hari-hari selanjutnya battery tubuhku menjadi sangat rendah. Seakan hari-hari jadi tidak semangat dan sangat lesu. Makanya aku butuh meredakan kepenatan ini semua dengan menyenangi diri sendiri atau sekadar memberikan asupan bahkan ketenangan pada diri sendiri. 


Hal ini aku lakukan rutin tiap minggunya. Untuk berapa lama yang pasti jadwal me time ini tidak selalu sama bagi setiap orang. Lamanya me time mesti disesuaikan dengan seberapa penat dan merasa sudah cukup dengan keadaannya saat itu, buds.


Yuk, coba lakukan me time dengan cara di atas juga. Siapa tau kalian lebih bersemangat di hari-hari berikutnya…



Menikmati Tontonan yang Disukai dan Menghibur



Saat menonton hal yang disukai selain meningkatkan semangat kembali juga menurutku ini mampu meningkatkan konsentrasi kita sehingga begitu bekerja kembali kita bisa lebih fokus dalam menyelesaikannya. Nah, memang tujuan me time yaitu untuk menjadikan kita lebih produktif lagi. Yaa, dengan me time pula kita takkan membiarkan kerjaan menumpuk atau menunda pekerjaan karena saat kurangnya me time kita merasa tidak ada gairah untuk bekerja. Justru akan lebih berbahaya dan menjadi kesalahan terberat pekerja begitu mereka tidak optimal bekerjanya.


Seringkali kita tidak fokus bekerja, faktor utamanya ya kita tidak memberikan waktu untuk diri sendiri atau terlalu lama membiarkan diri ini terlena malas dalam melakukan pekerjaan utamanya. Jadi, aku saat waktu luang di kantor pun akan digunakan untuk menonton film, podcast, dan tontonan yang bermanfaat juga menghibur. 


Dengan menonton tontonan yang disukai dan menghibur tentunya akan menambah asupan semangat kita untuk fokus menjalani aktivitas sebagai pekerja dengan pikiran yang jernih.


Setuju kan!




Menjadi Produktif dengan Berkarya dan Berkreasi




Berbeda dengan dua ide di atas, jika sebelumnya aktivitas santai yang benar-benar membantu kita untuk berisirahat dari segala kegiatan yang ada. Namun ini tidak demikian, justru kita lebih aktif dan menjadi lebih produktif dengan membuat karya atau berkreasi saat me timenya.


Seperti contoh, menuliskan ide-ide yang berkualitas, menuliskan curhatan, bahkan menulis apa yang bisa kita tulis yang dirasakan manfaatnya buat diri kita dan orang lain. Seperti yang aku lakukan sekarang ini, aku tuliskan sebagian ide me time ala aku sebagai karyawan. Sehingga nantinya tulisan ini bisa membantu para karyawan lainnya yang sedang tidak baik-baik saja, karyawan lainnya yang terlalu kalut dengan kegiatan hecticnya sehari-hari, dan merasakan hal yang sama seperti yang aku rasakan saat ini.


Contoh lainnya, kamu bisa membuat kreasi seperti berkreasi mendekor kamar, membuat seni lukisan atau gambar, dan membuat kreasi visual yang menyenangkan. 



Menikmati Healing ke Alam dan Pemandangan nan Asri



Ide-Me-Time-Terbaik-Ala-Pekerja-Kantoran-Healing-ke-alam



Dalam sebulan atau paling tidak dua bulan sekali, aku mengajak keluarga untuk pergi jalan-jalan ke wisata yang ada di Sumbar. Beberapa waktu lalu, aku pergi  ke Bukittinggi. Di sini aku mendapatkan banyak pelajaran dan memberikan insight baru saat healing. Healing yang menyenangkan sekaligus bermakna.




Dan aku pernah pergi ke tempat pemandian di Kayu Tanam. Tempat ini menciptakan kesejukan dan kenyamanan karena tempat pemandiannya berasal dari air yang terjun langsung dari Gunung Tandikek. Benar-benar sensasi mata airnya yang jernih membuat pikiran dan tubuhku semua terelaksasi sempurna deh..


Dan aku jujur lebih senang mengunjungi tempat-tempat alam begini daripada pergi ke mall gitu. Bukan berarti aku tak senang jika diajak ke mall, melainkan tempat mall bukanlah healing terbaik atau me time terbaik bagiku. 


Demikian artikel pengalaman menikmati me time aku sebagai seorang pekerja kantoran. Semoga kalian suka❤️

5 comments:

  1. Betul nih, me time memang penting ya untuk escape sejenak dari rutinitas. Setelah me time jiwa dan raga rasanya seperti habis direstart, ahahaha. Btw, samaan nih me time favoritku juga merawat diri dan nonton :D

    ReplyDelete
  2. Iya bener banget, me time bisa di rumah sambil mengerjakan hal-hal kecil yang jadi hobi atau kesukaan, kemarin aku nyoba buat macrame kerajinan tali ehhh kok seru juga haha.. jadi senang, jalan-jalan ke alam emang terbaik sih me time nya

    ReplyDelete
  3. Samaa Kak aku juga lagi suka nonton. Kalau kakak nontonnya drakor, drachin, film hollywood atau yg lain? Ada review film juga kah di blog ini?

    ReplyDelete
  4. Me time itu penting banget biar bisa tetap fresh menghadapi kerjaan di kantor. Biasanya sih saya traveling ke tempat yang baru, tapi kalau keuangan lagi cekak, ya biasanya nongkrong di perpustakaan aja sih.. lumayan buat menyepi dan berkontempelasi.. hehehe..

    ReplyDelete
  5. Sebagai pekerja kantoran, saya juga melakukan hal serupa dan yang paling sering saya lakukan adalah nonton film atau drama favorit

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak (Komentar akan dimoderasi) dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by diane555. Powered by Blogger.