Strategi Membuat Konten Blog Berkualitas bersama IndiHome

Strategi-buat-konten-blog-bersama-indihome



“Persaingan para content creator kini bukanlah content creator lainnya, melainkan persaingan digital”


Eksistensi dunia digital semakin nyata keberadaannya yang ditandai dengan banyaknya individu gemar mengakses berbagai konten digital melalui internet. Dilansir oleh We Are Social dan Hootsuite bahwa “Pengguna internet di seluruh dunia mencapai 5,16 miliar orang pada tahun 2023. Jumlah tersebut mencapai 64,4% dari populasi global yang totalnya 8,01 miliar orang. Bahkan dari total populasi masyarakat Indonesia sekitar 53,81% anak muda di Indonesia memiliki aktivitas sebagai content creator. 



Tak dapat dipungkiri, dengan adanya teknologi AI (Artificial Intelligence) membuat content creator semakin mudah dalam melakukan aktivitas sehari-harinya. Tentunya penggunaan akses jaringan yang cepat seperti IndiHome tanpa hambatan merupakan solusi utama buat setiap creator dan pengguna yang melek digital. Dengan ide-ide kreatif yang dimiliki oleh content creator, pada dasarnya mereka selalu menyajikan konten yang menarik, keren, mendidik, hingga menghibur. Melalui konten media sosial, website, bahkan blog yang dijadikan wadahnya untuk berkarya. Seperti halnya para blogger yang menjadikan blog layaknya seperti jurnal dan diary.



Saat pertama kali aku membuat sebuah blog, aku bertekad memulainya dengan “Konsisten”. Konsisten itu butuh tekad yang kuat dari individu sendiri. Bahkan diakui oleh banyak blogger, jika blogger ingin mendapatkan hasil tulisan yang bagus dan berkualitas, maka tentunya blogger mesti konsisten berlatih dan tidak putus asa di tengah jalan. Dan aku merasakannya setelah berkecimpung di dunia blog, menjadi seorang blogger membutuhkan konsisten agar pengunjung dan pembaca setia berdatangan ke blognya. 


Terlebih pembaca sama halnya dengan kita sebagai manusia biasa, di mana kita pasti tak ingin menghabiskan waktu sia-sia begitu berkunjung ke ruang digital ini. Lebih-lebih, blogger yang aktif berbagi tulisannya maka secara tak sadar konten tulisannya akan mengalami perkembangkan jauh lebih baik lagi. Tentunya bonus dengan pembaca berdatangan ke blog kita untuk mengikuti konten blog kita.



Dalam membuat konten blog bagi seorang blogger yang disiplin tak hanya perkara waktu saja, melainkan persoalan ide-ide yang dimilikinya. Terkadang ide-ide menulis datang bukan secara tiba-tiba saja, melainkan juga datang saat kita berusaha melakukan riset. Ya, para blogger akan mendapatkan banyak ide dengan melakukan riset melalui search engine atau mesin pencarian google. Inilah sebagian kecil dari teknik membuat konten blog yang berkualitas. Nah, ada beberapa strategi yang akan aku bagikan bagaimana membuat konten blog yang berkualitas yang diringkas menurut pengalaman selama ini:



Strategi Membuat Konten Blog bersama IndiHome



Strategi-Membuat-Konten-Blog-bersama-IndiHome



Ciptakan Konten yang Sederhana dan Informatif



Setiap pembaca sangat menyukai konten tulisan yang ringan, sederhana, dan informatif. Dan konten blog yang berkualitas tak hanya dinilai dari tampilan blognya saja, melainkan dari kualitas kontennya. Di mana konten berkualitas akan tampak lebih berisi bahkan kontennya relevan dengan pembaca.


Ditambah pula konten berkualitas tersebut didukung oleh visual yang keren sehingga menambah daya tarik pembaca. Visual yang keren terdiri atas grafis, desain, serta gambar yang mendukung tulisannya sehingga pembaca lebih mudah memahami maksud penulis. 


Tak hanya itu, visual yang menarik akan menambah nilai plus di mata google karena gambar dapat mengoptimasi SEO. Optimasi SEO pada gambar dapat dilakukan dengan menambahkan title, alt text dan description dengan keyword utama pada gambar pada konten blogmu.



Ciptakan Konten yang Orisinil atau Asli




Sama-sama kita ketahui tiap penulis mempunyai hak terhadap orisinil konten tulisannya. Bahkan konten yang orisinil atau asli akan selalu dilirik oleh Search Engine Google. Dan google menyukai tulisan yang asli atau tidak duplikat, hal ini juga dapat meningkatkan eksistensi blog kita. Akhirnya berdampak baik pada kualitas blog kedepannya. Lebih dari itu, konten blog yang orisinil tentunya mudah untuk mendapatkan traffic dan lead yang banyak. 


Sayangnya, meski beberapa kasus ditemukan oleh sebagian blogger yang pernah mendapatkan tulisan yang dicomot oleh orang yang tak bertanggung jawab. Meskipun teknologi sudah berkembang pesat, namun konten orisinil tetap sangat diapresiasi oleh Google. Karena faktanya konten blog yang dibuat sendiri itu mempunyai keunikan, kreativitas, dan pemikiran yang tidak bisa dibandingkan dengan teknologi AI (Artificial Intelligence)


Oleh karenanya, konten yang orisinil sangat dijunjung tinggi dalam dunia creator. Bahkan dalam pembuatan konten pun, konten yang orisinil memberikan nilai tambah seperti memberikan pandangan penulis, pengalaman pribadi, dan sudut pandang unik yang selalu menarik perhatian google dan setiap pembacanya.




Ciptakan yang Engaging Content



Apa itu konten engaging? Konten yang Engaging merupakan konten yang menyajikan sesuatu yang baru berupa perspektif baru, pengetahuan baru, sesuatu yang menginspirasi dan menghibur pembaca. Bahkan sebuah cerita yang memancing pembaca untuk terus penasaran membaca sampai akhirnya. Dan penulis dapat memberikan cerita yang menarik dengan rangkaian kalimat yang indah pada tulisannya. 


Namun banyak juga penulis yang melupakan kaidah bahasa yang benar, sehingga pembaca kurang nyaman dengan kaidah bahasanya. Bahkan dapat membuat pembaca juga kesulitan saat membacanya sehingga tulisan kita tak akan bisa memberikan manfaat bagi pembaca. 


Apalagi, sejatinya tujuan para blogger membuat konten tulisan di blog ialah tulisan dapat bermanfaat dan mendapatkan pengetahuan baru bagi pembacanya.



Layanan IndiHome Jadikan Aktivitas Membuat Konten Berkualitas Tanpa Batas




Aktivitas membuat konten bersama IndiHome merupakan pilihan yang tepat bagi setiap content creator saat ini. Yap, kemudahan membuat konten bagi creator menjadi penunjang untuk keberlangsungan medianya. Bahkan seperti banyak para creator menyetujui bahwa “Content is the King” Nah, ini benar adanya, sebab konten yang dibuat oleh creator tentunya memiliki keunikan, ciri khas, dan sudut pandang tersendiri. 


Kemajuan content creator ini tanggung-tanggung membuat pemilik start up di Indonesia selalu menggandeng pihak creator. Pihak brand Indonesia pastinya memanfaatkan creator dengan layanan internet yang cepat seperti IndiHome untuk menawarkan brand-brandnya. Mengingat, para start up mengetahui begitu tingginya konsumsi konten digital yang ada di Indonesia.


Start up pun menargetkan keberhasilan perusahaannya didapatkan saat mereka dapat menarik hati banyak masyarakat. Beragam aktivitas yang dapat diupayakan oleh perusahaan untuk menciptakan konten-konten yang bermutu dan berkualitas. Seperti, adanya teknik marketing yang mampu meningkatkan ketertarikan masyarakat terhadap produk yang mereka punya. 


Maka, saat ini layanan IndiHome mampu penuhi kebutuhan content creator dan start up juga. Yang kini content creator berusaha membuat konten berkualitas agar pengunjung ramai dan juga perusahaan berpacu mengajak kerja sama mereka. Keren kan?

 

Semua aktivitas tanpa batas ini didukung oleh akses layanan internet yang memadai. Jika kamu sudah berkecimpung di dunia digital pasti kamu sudah tak ragu lagi berlangganan dengan IndiHome. Terlebih IndiHome terkenal andal dengan kecepatan dan kestabilannya sebab jaringan IndiHome berbasis fiber optic.


Jaringan koneksi fixed broadband dari IndiHome yang dipercaya mampu memenuhi segala kebutuhan masyarakat Indonesia. Baik aktivitas bisnis, edukasi, hingga hiburan, tentunya kita sebagai content creator pasti merasakan segala aktivitas kita dalam dunia digital makin berkualitas dengan adanya IndiHome dari Telkom Indonesia ini.




Pilihan Paket IndiHome Komplit



Layanan IndiHome menyediakan berbagai paket komplit dimulai dari paket internet provider, telepon rumah, dan TV interaktif. Pilihan paket yang beragam dari layanan IndiHome serta pilihan add-on dapat dipilih sesuai kebutuhan penggunanya. 

Btw, layanan digital IndiHome dari Telkom Indonesia ini sudah tersebar ke seluruh wilayah bahkan pelosok negeri di Indonesia, lho.

IndiHome terus berinovasi untuk memenuhi segala kebutuhan internet terbaik masyarakat. Adapun pilihan paket IndiHome komplit yang ditawarkan kepada masyarakat adalah sebagai berikut :


Pilihan Paket Internet

Internet merupakan salah satu pilihan layanan IndiHome terbaik yang sering digunakan oleh content creator. Dan layanan internet provider selalu menawarkan pilihan kecepatan internet IndiHome unlimited hingga mencapai 300 Mbps.


IndiHome-Paket-Internet


Untuk pilihan kecepatan internet dimulai dari 10 Mbps hingga 300 Mbps, semua dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna bahkan bisa digunakan untuk banyaknya perangkat yang digunakan. Nah, akses internet IndiHome pastinya lebih stabil dan tahan terhadap cuaca juga. Dengan begitu, menunjang berbagai aktivitas tanpa batas baik dalam hal bekerja, belanja, hingga berkarya dari rumah saja lebih praktis dan nyaman.


Pilihan TV Interaktif

Ketika kita tak punya banyak waktu untuk menonton ke bioskop, dikarenakan padatnya aktivitas sehari-hari. Dan akhirnya untuk bepergian ke bioskop pun jadi melelahkan. Maka satu-satunya pilihan ialah menonton layanan TV interaktif ini dari rumah. Menggunakan TV IndiHome dari rumah membuat kita mendapatkan tayangan unggulan tanpa perlu mengantri dan jauh ke bioskop. Karena tontonan favorit IndiHome tersedia dengan berbagai pilihan. Tak hanya itu, kita juga dapat menikmati film favorit kita lewat aplikasi TV IndiHome di smartphone kamu. Baik, adapun beberapa keunggulan yang dimiliki oleh TV interaktif IndiHome:


  Playback, pause, and rewind


Dulu kita menyayangkan saat tidak bisa ontime menonton film kesukaannya dari rumah, sebab padatnya beraktivitas di luar rumah. Tapi tenang, dengan adanya fitur mundur, pause, dan ulang tayangan TV maka dengan leluasa kalian bebas pilih tayangan sesuka hati.

TV Storage

Tak hanya itu, jika kalian tak dapat menonton siaran ulang di TV kesayanganmu maka cukup rekam saja tayangan TV kamu. Dan kamu tinggal masukkan ke dalam hard drive sehingga kamu bisa menonton TV sampai dengan 600 menit kembali di lain waktu.

TV on Demand

Lagi-lagi layanan IndiHome seperti TV on Demand tepat bagi kalian yang padat aktivitasnya. Ya, bayangkan saja kalian dapat menonton tayangan ulang acara live sampai dengan 7 hari ke belakang.

Video on Demand
Tak hanya TV yang bisa kalian nikmati untuk weekend nanti. Namun IndiHome juga memberikan layanan kontrol penuh pada Video. Dengan begitu, kamu dapat memutar penuh video yang diputar di IndiHome TV.

Karaoke
Selain itu, paket lengkap IndiHome dengan hiburan karaoke buat kalian di akhir pekan nanti. Hiburan ini dapat kalian nikmati untuk mengisi waktu senggang agar waktunya makin asik dan menyenangkan.
 

Pilihan Telepon


Buat kamu yang kerja dari kantor atau di rumah saja, pilihan layanan telepon dari IndiHome ini memang pas banget nih. Dengan kualitas suara yang jernih dan harga lebih hemat jadi cocok deh berlangganan agar komunikasi dengan kerabat terjalin.



Pilihan-add-on-IndiHome



Kesimpulan


Nah, layanan digital IndiHome yang ngebut ini maka tak salah para content creator memilih layanan super lengkap dari IndiHome ini. Sehingga content creator dapat menyajikan konten-kontennya jauh lebih baik lagi. Karena pastinya setiap orang yang bergelut di dunia creative membutuhkan jaringan yang cepat agar aktivitas menulis artikel, mengedit tulisan, mengedit video, hingga berhasil mengunggah semua konten ke media sosial.


Adapun beberapa alasan mengapa blogger dan content creator lainnya menjadi semakin berkualitas kontennya bersama IndiHome:

1. Beraktivitas di media sosial tanpa batas dengan menyajikan konten-konten yang berkualitas serta banyak diminati oleh masyarakat.

2. Berkomunikasi makin lancar, relasi juga makin luas hingga mendapatkan pengetahuan baru karena akses jaringan IndiHome yang super cepat dan lengkap.

3. Membuat conten creator makin produktif, sebab IndiHome menyajikan layanan komplit yang dapat mendukung karya-karyamu.

4. Memperkuat personal branding para content creator karena hasil karya yang disajikan di media sosialnya hasilnya makin cakep dan jernih.

Yuk, sekarang kamu gak usah ragu lagi! Nah, pilihan layanan IndiHome pastinya sudah tepat buat kalian sebagai para content creator. Bahkan meningkatkan kualitas karya dan kontenmu bersama IndiHome.

Jadi, tunggu apalagi!!

Yuk, bergerak menciptakan karya dan membuat konten yang berkualitas bareng IndiHome.



Referensi:

-  Pengalaman pribadi

-  Infografis: Ulfah Aulia - sahabatulfah, diolah dengan aplikasi canva

-  https://indihome.co.id/

-  https://my.indihome.co.id/



 


36 comments:

  1. Artikelnya sangat informatif dan memberikan strategi yang berguna untuk membuat konten blog yang menarik dan berkualitas. Saya merasa terinspirasi dan siap menerapkan tips ini dalam perjalanan saya sebagai seorang blogger. Terima kasih atas wawasan yang berharga ini!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh sama-sama Koh.. Dan terima kasih udah berkunjung dan kasih ulasan yang keren..

      Ohya moga bisa seperti Kokoh, punya banyak wawasan dan sukses selalu yaaa!~

      Delete
  2. Bikin konten bagiku tuh rumit banget. Tapi kalau udah bareng sama temenku tuh katanya nggak perlu yang rumit. Yang sederhana saja yang dekat sama kita gitu. Jadi orisinal gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haa kalau sederhana pastinya yg dekat dgn kita Mba… Lebih2 didukung sama komunitas atau teman2 sehobi gitu, jadi menyenangkan…

      Delete
  3. Membuat konten memang memerlukan kecepatan internet yang stabil ya. Terutama konten video tuh. Adanya koneksi internet IndiHome pastinya sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yapp, benar sekali… Konten yg bagus kualitas video dan gambarnya pun salah satu berkat koneksi internet yaa Mba

      Delete
  4. betul sekali kak, sekarang sudah serba digital, lancarnya pembuatan konten tergantung banget sama lamcar tidaknya internet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh iyaa kak… Memang kecepatan internet harus the best dehh..

      Delete
  5. IndiHome sangat membantu keseharian saya. Sangat inspiratif ya kak karena banyak konten yang bisa dihadirkan untuk kebersamaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betull kak… Konten yang memberikan manfaat, tentunyaa yaa..

      Delete
  6. Persoalan konten yang orisinil, memang kalau dicomotnya jadi tulisan lagi, google bisa mendeteksi mana yang asli mana yang comotan, tapi sekarang banyak juga yang suka nyomot tulisan terus malah dijadiin narasi video. Kejadian review film saya beberapa kali dijadikan video dengan narasi yang persis sama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duhh sedihh dengar karya ori kita dicomot lagi utk dijadiin karya sama mereka, Mas. Semoga kejadian ini gak terulang lagi dehh, aamiin

      Delete
  7. Sekarang kreator konten semakin banyak, jadi butuh strategi juga ya buat konten apa yang menarik dan engage dengan orang. Bikin konten makin lancar juga kalau internetnya juga lancar dan stabil ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa karena itu saking banyaknya kita semakin dituntut utk terus upgrade ilmu tersebut, yaa Kakk. Butuh internet stabil jgaa, so pasti..

      Delete
  8. Bikin konten berkualitas kalau didukung internet cepat, tentu hasilnya akan lebih bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju… Semua hasilnya akan berkualitas baik jika internetnya cepatt yaaa

      Delete
  9. Makasih ilmunya mbaaakkk, mau ah nerapin strategi membuat konten blog yg berkualitas tentunya bersama Indihome. Biar blog aku makin berkembang membahana. Doain aku bisa ya, mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin yaa allah.. Yuk sama2 berkarya dan bertumbuh bareng yaa Mba… Karena bersama-sama itu lebih baik hasilnyaa…

      Delete
  10. internet memang membantu banget bagi para konten kreator ya karena sekarang banyak sekali bidang pekerjaan yang mengandalkan internet dalam menjalankannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa betull Mba… Semua pekerjaan skrg membutuhkan internet lo Mba, apalagi kerjaan content creator.. Wahh pastinya internet penting2 skali ituu, seperti nafas bagi merekaa yaa

      Delete
  11. Indihome memang andalan ya bagi blogger untuk membuat konten blog... Soalnya pernah tuh saya harus publish konten tengah malam, tapi internetnya malah mati... Langsung putus hubungan sama provider yang kaya gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oalahh ini benar2 uji kesabaran yaa Mba.. Aku pernah gitu sih, rasanya tuhh pengen teriakk apalgi semua data yang dibuat itu gak kesimpann yaa, jadi benar2 berhati2 karena kejadian ituu

      Delete
  12. Note banget nih, di paragraf awal dah daging banget materi ini, Kak. Tulisan ini menguatkan kita untuk bisa terus produktif dengan konten sederhana namun bermakna, orisinil, dan engage. Pastinya dengan internet cepat bisa membangun engagement juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh terima kasih Kak… Semoga terbantu yaa dgn adanya tulisanku ini… Benar bangett deh, internet udah jalan ninjanya biar kita makin sangarr bikin konten yg diinginkann

      Delete
  13. Benar kak, konten yang dihasilkan memang harus yang asli. No plagiarisme apalagi sampai hoax. Soalnya biar berdampak positif konten yang kita hasilkan kedepannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh, betull Mbaa… Konten yang asli itu seperti nilai plus yaa di mata google dan berdampak baik kedepannya buat kita

      Delete
  14. setuju kalau content is the king
    aku sendiri sampai sekarang masih banyak belajar mbak buat nulis yang berkualitas, memang awalnya bikin blog dulu nggak terlalu terpaku sama aturan baku dunia blog.
    Tapi banyak belajar dari temen temen blogger juga seru juga, aku jadi tau konten mana yang baik dan patut disebarkan dan memberikan impact yang bagus buat orang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yapp, semakin banyak membaca jadi banyak tau apa yang harus dibenahi yaa Mba.. Bahkan awal2 jga gak perlu2 gitu kali buat konten mau berkualitas atau gaknya yaaa.. Tapi makin ke sini, liat teman2 blogger makin kece2 badai gak papa lah yaa kita mencontoh yang baiknyaa…

      Delete
  15. Keberadaann indihome, sungguh memudahkan para blogger dan content creator untuk membuat konten-konten yang berkualitas. Belum lagi dengan penawaran-penawaran yang ditawarkan indihome memberi banyak pilihan untuk kebutuhan internet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benarr Kak… Bahkan setiap kali ada penawaran2 IndiHome gitu seperti semuanya benar2 kita butuhinn yaa..

      Delete
  16. Semakin menantang, ya kak. Jadi, sebagai kreator konten memang perlu dukungan koneksi yang tak boleh sembarang juga kualitasnya. Seperti Indihome ini, paket koneksi yang bisa disesuaikan dan upgradable bisa jadi solusi yang asik buat kita para narablog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yapp benarr tuh Mas… Bagi narablog mah tantangan sekaligus upgrade skill buat mereka yaa agar makin mantapp kualitas tulisannya dan sukses juga utk kedepannya..

      Delete
  17. Internet cepat sangat penting bagi content creator. Karena upload butuh internet stabil dan kencang. Untung ada IndiHome ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaa Kak… Bersyukur yaa IndiHome bantu semua content creator dan semua org nihh

      Delete
  18. Semua orang bisa menjadi Content Creator. Namun, semuanya balik lagi ke diri masing-masing ya, Kak. Mau memanfaatkan teknologi saat ini untuk belajar dan mengembangkan potensi diri atau tidak. IndiHome sebagai provider internet pastinya paham betul kebutuhan bagi kreator konten. Sangat supportif!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaa iyaa kan, Mas… Peluang di dunia digital ini sangat besar buat kita, tergantung bagaimna cara masing2 individu memanfaatkan peluang itu dgn baik yaa…

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak (Komentar akan dimoderasi) dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by diane555. Powered by Blogger.