Menjadi Blogger yang Kredibel di Tengah Gempuran Pesatnya Industri Digital, Yuk!

   
Blogger-Kredibel


    Percaya atau tidak, tak pernah terlintas di benakku  sedikit pun untuk menjadi blogger. Saat hectic-nya menjalani perkuliahan, kemudian lulus kuliah tak langsung mendapatkan kerja, ditambah pandemi sedang merajalela. Alhasil, saat butuhnya asupan energi dan semangat tapi justru menjadi blogger-lah segala kesulitannya terobati. 


    Jika ditanya susah gak jadi blogger, Kak? Jawabannya, tidak sama sekali. Apalagi bagiku menulis menjadi salah satu sumber kebahagiaan. Bahkan di tengah gempuran pesatnya industri digital kini kredibilitas blogger Indonesia justru harus diperkuat. 


    Blogger dengan kemampuan dan pengetahuan yang dimilikinya jika hanya stuck membuat tulisan saja tanpa meningkatkan dan upgrade kemampuannya lebih, ya pasti akan bakalan tertinggal. Seorang blogger di era digital kini mesti memiliki skill set lebih banyak, tak hanya menulis namun juga dapat membuat infografis yang keren dan membuat video yang ciamik. Lebih-lebih, kita bukan bersaing dengan sesama manusia saja namun perkembangan digital kini membuat banyak website bahkan media informasi yang terkenal dan tak kalah kerennya yang sedang mempersiapkan ruang digitalnya dengan lebih baik, dengan tujuan website mereka dapat terus dipercaya oleh khalayak ramai.



Pengalaman menjadi Blogger di Tengah Pesatnya Industri Digital



    Ya, saat berada di titik terendah dalam hidup itu aku bersyukur menemukan platform blog. Platform yang sampai saat ini menjadi platform kesayanganku. Ngeblog membuat semua gundah dan segala air mata ini menjadi semakin berarti. Aku merasakan lega saat menuliskannya, bahkan mulai menerima segala keadaan dengan lapang dada. Ngeblog buatku bukan lagi sebuah tuntutan apalagi tekanan. Justru ketika memiliki blog inilah aku adil terhadap jiwa ragaku. 

    Bahkan perjalanan menuju masa quarter life yang sedang aku hadapi ini seringnya tak menemukan jati diri yang sesungguhnya bahkan nyaris tidak ada harapan dan masa depan hidup.  Pun begitu pekerjaan pertama saat itu membuatku berani untuk resign segera padahal baru beberapa bulan kerja, namun aku yakin semua pasti terlewati dengan baik dan ada rencana indah Tuhan di baliknya.


       Mengenal Platform Blog 



    Perjalanan ngeblogku dimulai pertama kalinya pada tahun 2017 pada saat itu sedang menempuh perkuliahan semester awal. Perkuliahan akuntansi yang sangat tidak relevan dengan dunia blog namun aku cukup tertantang. Salah satu teman di komunitas sastra yang aku ikuti mengirim pamflet mengenai kelas blog gratis. Teman ini mengajak para komunitas sastra itu untuk mengikutinya, namun hanya beberapa yang approve termasuk aku. Kelasnya mengantarkanku untuk memulai membuat blog.


  Belajar Mengelola Blog dan Otak-atik Tamplate



 Pada tahun 2018, aku terus belajar bagaimana mengelola blog dengan baik. Nah, sebagai blogger pemula menurutku saat itu tampilan blog yang menarik adalah satu-satunya kunci keberhasilan blog. Terlebih aku termasuk anak yang visual, wajar jika tampilan saat itu menjadi modal utama agar aku tetap semangat. Berbekal tontonan di youtube saja aku sudah bisa mengotak-atik blognya dengan tamplate yang lumayan apik. Walau sekarang aku baru menyadari ternyata tamplate bukan hal utama sebagai penunjang keberhasilan blogger. Tapi tak mengapa, aku malah menikmati perjalanan saat berada di titik itu.


 Mulai Rutin Menulis di Blog


    Rutin menulis mulai aku terapkan di tahun 2019. Saat itu aku masih rutin dalam dua bulan untuk satu tulisan saja, tidak usah malu karena itu proses kok. Gak gampang lho pada saat itu, terlebih padatnya aktivitas mahasiswa sekaligus aktivis ini. Namun saat aku menemukan blog yang sudah menjadi sebuah hobi buatku itu tidak lagi hambatan untuk mengiring opini apapun sehingga menulis bisa tetap dilakukan.


Selain Konsisten Menulis, Berkomunitas juga Penting


    Tahun selanjutnya, pada tahun 2020 aku sudah mulai menemukan komunitas-komunitas para blogger. Aktif berkomunitas menambah skill set up para blogger untuk mengembangkan rumah digitalnya. Komunitas Bloggercrony Indonesia salah satunya. Komunitas Bloggercrony memfasilitasi blogger Indonesia mengembangkan kualitas dirinya, membangun jejaring positif, meningkatkan produktivitas dengan menciptakan tulisan/ konten yang informatif, bermanfaat dan inspiratif, serta berdaya mandiri dan profesional. 

    
    Komunitas Bloggercrony yang telah berdiri sejak 24 Februari 2015 ini menaungi para blogger keren. Salah satu wadah buat para blogger untuk mengembangkan kualitas dirinya. Komunitas yang peduli akan dinamika serta perkembangan blogger di Indonesia.  


Komunitas-Bloggercrony


    Seperti acara Kick Off Blogger Day 2023 secara daring pada tanggal 24 Februari kemarin. Terpilih jadi 100 blogger yang bisa menyaksikan lewat zoom keseruan acaranya sungguh luar biasa. 

    Bahkan yang tak kalah pentingnya, panitia juga menyediakan souvenir kepada 100 blogger tersebut serta mengundang pembicara-pembicara keren seperti Bapak Anwari Natari selaku pengawas Komunitas Bloggercrony. Pada sesi Bapak Anwari Natari ini  kita merasakan betul Bloggercrony peduli dengan para blogger, karena memberikan materi yang memang sangat dibutuhkan oleh blogger seperti kebutuhan akan ejaan kata dan bahasa yang sangat penting untuk kebaikan para blogger.


    Berkat konsisten dan berkomunitas inilah aku ditemukan oleh para brand. Bahkan saat pertama kalinya aku mendapatkan tawaran produk. Dan jika ditotalkan dengan rupiah untuk tawaran review produk pertamaku yaitu sebesar 800.000. Ini buat blogger pemula sungguh mengesankan sekali. 

      

Lomba Blog adalah Senjata Skill Set Up buat Para Blogger


     Tak terbayangkan berapa banyak lomba yang aku ikuti, kemudian banyak juga kekalahan yang dihadapi, jika aku menyerah maka tak akan pernah bisa merasakan menangnya lomba blog. Mengikuti lomba blog itu seperti mengasah senjata utama kita, jika kalah ya hasilnya kita makin tau akan kekurangan yang mesti dibenahi, pun kalau menang maka akan menjadi sejarah bahwa menjadi blogger itu sungguh mengesankan. 


    Dari sekian lomba blog, ada beberapa yang menang namun selebihnya kalah. Salah satu perjalanan paling fenomenal dan mengesankan saat memenangkan lomba blog terjadi pada tahun 2022. Menjadi pemenang dalam lomba blog ini membuatku bisa pergi ke Jakarta secara gratis. Bahkan semua fasilitas apapun ditanggung oleh panitia. Padahal Jakarta sudah lebih dari 10 tahun  tak aku kunjungi. Masya allah!



 Dengan perjalanan yang mengesankan ini, tak pernah terbayangkan jika aku tak memilih menjadi blogger saat itu. Ternyata dalam segala hal saja, dunia blog telah banyak merubah hidupku, persepsiku, bahkan diriku juga menjadi lebih baik.


Agar Menjadi Blogger yang Kredibel


 
    Menjadi seorang blogger memang selalu menyenangkan jika dijalankan dengan sepenuh hati. Dan kebanyakan orang awam mengira menjadi blogger itu pekerjaannya menulis saja. Tapi pekerjaan ini pekerjaan dunia dan akhirat lho. Bahkan jika dari artikel kita dapat membantu banyak orang, tentunya bayarannya pahala. Insya allah, aamiin.


    Walau menjadi seorang blogger dan menjadi budak coorporate sangat aku nikmati. Pilihan kedua-duanya sama diprioritaskan. Tapi tak heran juga muncul pertanyaan seperti ini, memang bisa jadi blogger sekaligus karyawan? Emangnya itu gak mengganggu pekerjaan utamamu? Tapi tak jarang pula aku menjawab, “Bisa dong" 


Temukan Why Terbesar


Blogger-Kredibel



    Tentunya para blogger yang sudah melalang buana berpuluh-puluhan tahun itu, punya tujuan atau alasan yang kuat dari dalam dirinya. Suatu hari aku mengikuti kelas yang diadakan oleh blogger tersebut, apa yang membuat dia bertahan sejauh ini? Ternyata jawabannya bikin kagum, dia mencintai dunia blogger ini seperti mencintai hidupnya sendiri. Karena itulah tujuan yang kuat akan menggiring kita kedepannya. Bahkan ingin menjadikan blog akan terus maju kedepannya. 

    Blog bagi para blogger, ibaratkan rumah digitalnya. Rumah tersebut kita sendiri yang tau akan dibuat nyaman seperti apa, pun suguhan yang berkualitas seperti apa agar tamu kita yang datang dengan senang hati. Maka lewat blog inilah kita bisa sajikan konten yang berkualitas dimulai dari konten yang disukai, diminati para pengunjung, hingga konten yang viral pada saat itu. Tentunya ini bernilai baik buat diri sendiri maupun buat orang lain.


    Dilansir data dari We Are Social, pengguna internet di Indonesia per Januari 2023 ini mencapai 212,9 juta. Itu berarti ada 77% dari populasi masyarakat Indonesia telah menggunakan internet sebagai aktivitas primernya. Nah, blogger sebagai perantara informasi di era serba digital inilah yang kehadirannya begitu diharapkan oleh masyarakat banyak. Bahkan blogger sangat berperan penting menjadi penyalur pesan yang berkualitas kepada masyarakat dunia maya. Bagi perusahaan atau brands terkenal pun mereka tak takut mengajak kerja sama para blogger untuk memasarkan produk mereka. Blogger yang tinggi kredibilitasnya akan terus bertumbuh bersama pesatnya industri digital. Yap, brand-brand lokal maupun internasional pasti selalu menggunakan jasa blogger ini sebagai medium untuk kesuksesan produk mereka kedepannya.


Paham Gimana Menarik Pengunjung untuk Datang



    Siapa yang memiliki blog, sudah jelas belum targetnya? Banyak banget termasuk aku dulu jika menulis yang aku pikirkan pada saat itu hanya menulis sajalah. Aku bilang pembaca akan kita temukan saja nanti. Benar! Tapi ini tak bisa jadi kepercayaan blogger yang terus bertumbuh. Buat yang baru memulai gapapa menulis saja untuk menemukan pembaca. Namun alangkah lebih baiknya saat kita sudah berkecimpung di dunia blogger untuk mengetahu mana target pengunjung yang diharapkan.

    Banyak kita lihat para blogger malu mempublish tulisannya. Padahal tak usah malu untuk mempublish artikel tersebut ke media sosial, karena dengan begitu kita dapat mendatangkan pengunjung blog kita. Dan blogger pun harus paham sudut pandang dan gaya bahasa yang dituju kepada pengunjungnya. Penting banget di sini kepekaan para blogger terhadap lingkungannya dan keadaan sekitarnya.



 Hasil yang Terbaik setelah Berjuang


    Jadi blogger itu harus bisa menikmati prosesnya. Yuhu, benar sekali. Baik, aku mau bercerita sedikit ya Buds. Nah, saat memulai ngeblog tak terelakkan banyak dari kita yang pasti punya tujuan untuk mendapatkan cuan. Ini salah satu pemikiran yang dilarang saat memulai ngeblog. 

    Mengapa demikian? 

    Karena sangat banyak blogger yang akhirnya berguguran di jalan karena belum dapat cuan. Pengalamanku di awal menjadi blogger, kali pertama mendapatkan tawaran job itu hanya dikirimin barang yang menurutku harganya lumayan mahal. Bahkan pertama kalinya diberikan tawaran seperti itu, begitu blog domain berbayarku sudah berusia 6 bulan. Dan setelah 2 tahun lebih menjadi blogger dengan domain gratisan.

     Untuk mendapatkan kepercayaan para brand-brand terhadap blogger maka hal utama yang dapat memperkuat kepercayaan publik kepada blogger ialah konsistensi dan kualitas blognya. Bahkan kita sebagai pemilik blog juga mesti punya keunikan yang dimiliki. Yes, unik. Tentunya inilah yang membedakan kita sebagai pemilik blog dengan portal berita yang lebih dipercaya, Buds.

 

Penutup



    Sudah saatnya para blogger tetap konsisten dan terus tingkatkan skill set up yang dimilikinya. Menjadi blogger yang kredibel di tengah gempuran pesatnya industri digital kini tak ada hambatan dan alasan lain lagi. Karena begitu besar dampaknya saat kita sudah merasakan betul keberadaan blogger di dunia digital. 


    Yuk, jadi blogger yang kredibel. Semangat for next step, para blogger Indonesia!


    Kamu bisa juga bergabung dengan komunitas Bloggercrony lho.

    - Instagram atau twitter : @bloggercrony

    Yuk ikuti media sosial mereka, supaya kalian bisa menjadi blogger keren dan berdaya.

4 comments:

  1. MasyaAllah terima kasih atas perkongsiannya.. Salam perkenalan dr Malaysia... Sejak mengikuti 1Minggu 1Cerita ramai kenalan dari Indonesia yg sy jumpa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh tahniah ya Kak, salam kenal ya kak..

      Ohya, selamat bergabung jga dgn komunitas blogger yang lainnya..

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak (Komentar akan dimoderasi) dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by diane555. Powered by Blogger.