Rahasia IDN Creative Menjalankan Strategi Digital Campaign di Masa Pasca Pandemi

 

Strategi-digital-campaign-idn-creative



    Halo Buds, pandemi sudah membuat aktivitas masyarakat beralih melakukan segala aktivitasnya lewat gadget. Maka yang biasanya dilakukan secara langsung, saat pandemi covid 19 dilakukan secara online saja. Perilaku ini tentunya menjadikan salah satu bidang yakni digital marketing sering diperhatikan oleh banyak perusahaan.  Cukup banyak audience yang akhirnya masuk di berbagai kampanye digital, hal inilah yang membuat tingginya kompetisi konten sehingga mempengaruhi keputusan perusahaan dalam membeli atau menjual barang tersebut.


    Selain itu, pandemi kini telah mereda maka masyarakat kembali menjalankan aktivitas seperti biasa di luar ruangan. Tentu saja, akan muncul pertanyaan baru tentang perubahan konsumsi konten saat pasca pandemi ini. Nah, bagaimana campaign digital mensukseskan strategi digital campaignnya di era pasca pandemi ini? Baik, aku bakal bahas tuntas rahasia IDN Creative mengeksekusi konten pasca pandemi ini. Yuk di simak.



        Rahasia IDN Creative Menjalankan Strategi Digital Campaign di Masa Pasca Pandemi


    

    IDN Creative merupakan salah satu unit bisnis IDN Media berbentuk agensi digital yang fokus membantu brand dalam menjalankan iklan digital. So, dengan perubahan konsumsi konten online saat ini, IDN Creative pun memiliki sejumlah strategi dalam mengeksekusi iklan digital yang sukses pasca pandemi.


    Maka menjawab pertanyaan besar itu, kali ini ada beberapa rahasia oleh IDN Creative saat mengupas tuntas, memberikan insight mendalam mengenai perubahan pola konsumsi konten tersebut serta taktik jitu untuk sukses meng-deliver campaign digital yang berhasil memuaskan baik dari sisi brand dan konsumen. 



1. Miliki Fleksibilitas saat Bekerja


    Sebagai salah satu unit bisnis IDN Media yang berbentuk agensi digital multi-platform IDN Creative selalu berfokus menawarkan one-stop solution. Agar terpenuhi segala kebutuhan para brand dan advertiser. Baik saat merancang maupun saat mengeksekusi campaign, IDN Creative fokus pada brand storytelling dan data-driven strategy sehingga dapat menghasilkan campaign secara optimal.


     IDN Creative ini dipimpin oleh Maria Novena Rarahita. Beliau sosok yang berupaya dalam memastikan tiap campaign yang dijalankan oleh IDN Creative ini dapat memenuhi objective klien. Tak hanya itu, konten juga dapat menyasar kepada konsumen yang tepat sasaran dan terpenuhi kebutuhannya.

    

    Bahkan di tengah perubahan pola aktivitas masyarakat kini yang sudah mulai kembali beraktivitas secara offline. Seorang Campaign Manager IDN Creative, Naomi Silitonga mengungkapkan bahwa komunikasi yang terjalin serta kerja sama yang baik dengan berbagai pihak mesti dilakukan. Tak hanya itu, bagaimana menjaga komitmen terhadap timeline project yang sudah disepakati merupakan beberapa soft skill yang dibutuhkan agar kampanye berjalan dengan lancar. Dalam keadaan yang tak menentu seperti sekarang ini, fleksibilitas dalam bekerja pun sangat diperlukan. Dengan tetap memperhatikan SOP yang ada serta berpikir positif.


Dan Naomi menjabarkan dari strategi konten yang penting adanya relevansi konten. “Supaya kita berhasil menjalankan campaign, kita mesti memastikan konten-konten yang dihasilkan up to date dengan kondisi saat ini agar konten tersebut relevan dan dapat diterima oleh target audiens dari brand tersebut. Nah, dalam mengoptimalkan marketing secara digital harus memperhatikan kesesuaian antara segi kreatif, tone, dan gaya bahasa yang digunakan di platform IDN Media manapun.” ungkap Naomi.



2. Koordinasi Cepat Agar Tak Melewatkan Moment Terbaik



Sama-sama kita ketahui, era pasca pandemi kini terdapat perubahan tren pada dunia digital campaign. Hal ini nyata, setelah kita sekitar dua tahun vakum dari event offline namun kini sudah mulai ramai kembali. Sehingga berbagai brand berlomba-lomba untuk membuat event atau menjadi sponsor event offline juga. Tentu berdampak besar bagi media placement, seperti event coverage article.


Sebagai pihak yang menghandel kebutuhan konten berupa tulisan para klien, Copy Editor IDN Creative, Cynthia Dewi Kirana juga merasakan adanya perbedaan tren setelah pandemi. Buktinya pasca pandemi, dirinya lebih banyak mengurusi event online yang nantinya akan diliput dan dibuatkan konten berupa artikel. Bahkan ia bersama tim Copywriting juga lebih sering menghadiri event offline, seperti product launching, talkshow, concert, dan lain-lain. 


Mengurusi event offline ternyata membawa tantangan tersendiri baginya dan tim. “Kami mesti berpacu dengan waktu. Karena jika artikel terlalu lama dalam proses feedback dan approval, otomatis berita tentang event offline tersebut sudah tidak jadi momentumnya lagi. Sehingga, setiap koordinasi harus dilakukan dengan cepat dan tepat.” ungkap Cynthia.



3. Ciptakan Campaign Unik agar Menarik Minat Audience



Justru pandemi telah mengubah kita dalam strategi pemasaran ini. Karena yang selama ini sudah berjalan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) maka temtu menurunnya daya beli masyarakat dan menurun pula kondisi ekonomi masyarakat. 


Tak hanya itu, di saat pandemi pun ada yang mampu untuk bersaing dengan segala perjuangannya, tapi ada juga yang kalah untuk bersaing di tengah situasi tak menentu ini. Jadi banyak marketers yang harus berani untuk menyesuaikan eksekusi campaign-nya agar dapat menarik hati masyarakat.


Bahkan dari situasi yang ada, penggunaan smartponsel semasa pandemi pun meningkat, di tengah aturan tinggal di rumah saja. Menyikapi kondisi ini, Copy Editor IDN Creative Anastasia Desire mengungkapkan bahwa IDN Creative sebagai marketers pun harus menyesuaikan dengan hal ini. “Setelah 'mendekam' di rumah saja selama kurang lebih 2 tahun, masyarakat tentu butuh refreshment. Baik dari sisi konten, topik yang mengandung entertainment hingga joks ialah dua poin penting untuk pembuatan digital campaign. 


Jadi semakin unik campaign yang dibuat, maka akan semakin banyak audience yang penasaran/tertarik untuk membeli bahkan share konten tersebut di akun pribadi mereka.” jelas Anastasia.


3. Dalam Mengeksekusi Konten selalu Posisikan Diri sebagai Konsumen



Yap, mengeksekusi campaign yang relevan dengan situasi pasca pandemi memang tak mudah. Karena kita mesti menyesuaikan. dengan posisi diri konsumen tersebut. Menurut Campaign Manager IDN Creative Lamtiar Sihombing, menjelaskan tentang sejumlah tips ini. Baginya, marketers harus mencoba memposisikan diri sebagai konsumen serta melihat perubahan behavior target konsumen atas pergantian situasi tersebit, supaya dapat membantu mereka untuk menentukan platform dan konten yang efektif. “We have to set the bar higher and higher, karena persaingan konten pasca pandemi semakin ketat sehingga kita harus terus berinovasi agar tetap menarik perhatian audience.” jelas Lamtiar.


Lebih lanjut, Lamtiar mengungkapkan juga meski perkembangan digital campaign kian meleset cepat, tentu saja pun masih tetap memiliki peran yang besar. Terlebih kembalinya aktivitas kita di luar rumah ini, maka tentu offline marketing kembali mendapatkan perannya dalam menyampaikan brand message


Jadi begitu pentingnya strategi kolaborasi digital marketing terhadap digital campaign ini. Apalagi menyatukan format digital yang telah sukses saat pandemi dengan offline marketing pasca pandemi yang kini kembali mendapatkan visibilitasnya, pun dapat menggaungkan campaign lebih luas lagi.


Sekian dulu, artikel mengenai rahasia menjalankan strategi campaign digital pasca pandemi ala IDN Creative. Semoga bermanfaat!

No comments:

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak (Komentar akan dimoderasi) dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by diane555. Powered by Blogger.