Bolehkah Penderita Asam Lambung Makan Sayur Daun Singkong?

 

Bolehkah-Penderita-Asam-Lambung-Makan-Sayur-Daun-Singkong

   Hallo apa kabar semuanya? Semoga kalian sehat-sehat selalu, tetap semangat beraktivitas dan jangan lupa selalu atur pola makannya, Buds. Nah, ngomong-ngomong tentang makanan nih, bolehkah penderita asam lambung makan sayur daun singkong?


    Bercerita mengenai penyakit asam lambung, banyak sekali pantangan makanan dan minuman untuknya. Mungkin dari sekian banyak pantangan itu, salah satunya mengenai daun singkong ini. Berbagai macam pandangan masyarakat mengenai makanan daun singkong untuk penderita asam lambung ini. Nah, daripada penasaran yuk disimak sampai akhir biar sahabatulfah dapat mengambil kesimpulan dari pemaparan artikel ini nanti.



Bolehkah Penderita Asam Lambung Makan Sayur Daun Singkong?


    Sebelumnya mengetahui makanan apa yang mesti dimakan maupun makanan yang dihindari oleh penderita asam lambung ini. Maka aku ingin mengajak sahabatulfah untuk mengenal dulu daun singkong. Ya kabarnya daun singkong juga menjadi makanan pantangan bagi penderita asam lambung, lho. Nah, btw siapa sih yang tak mengenal daun singkong? Di beberapa daerah ada yang menyebut dengan sebutan nama sesuai versi daerahnya sendiri. Kalau di daerah Minang, daun singkong ini dinamakan dengan nama daun pucuk ubi


    Bagaimana kalau di daerah kalian, Buds?


    Daun singkong ini banyak khasiatnya untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Namun apakah boleh penderita asam lambung memakan daun singkong ini? Dan secara umum daun singkong merupakan sumber nutrisi, baik nutrisi makro maupun mikro. Nah, ada banyak nutrisi yang tersimpan di dalam daun singkong seperti halnya lemak, karbohidrat, protein, serat pangan, vitamin, serta mineral. Selain variasi nutrisi, kandungan zat besi, natrium, kalium, zinc, vitamin A, vitamin B1, B2, B3, dan vitamin C ada memberikan khasiat buat tubuh kita.


      Maka tak heran, jika daun singkong memberikan banyak manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan energi, memenuhi kebutuhan manusia karena berbagai nutrisi baik di dalamnya, serta berbagai penyakit dapat terobati seperti penyakit diare dan radang sendi.


Baca juga: Manfaat Kurma saat Puasa yang Wajib Diketahui


              Meski banyak manfaatnya buat kesehatan tubuh kita, tapi ketahuilah jika daun singkong punya efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan oleh penderita asam lambung. Penyakit asam lambung jelas mempunyai gangguan dalam sistem pencernaannya.


    Dilansir dari laman Ala Dokter, bahwa ternyata daun singkong merupakan makanan yang mengandung gas di dalamnya. Tak hanya daun singkong, makanan lainnya yang mengandung gas yakni sayur putih, kol, sawi, ubi, dan durian. Nah, mengonsumsi makanan di atas dapat membuat lambung terluka dan mendapatkan tekanan buat penderita asam lambung yang mengakibatkan penyakit asam lambung mereka dapat kumat kembali. 


    Maka dapat disimpulkan bahwa daun singkong kurang baik untuk penderita asam lambung, Buds. Tentunya karena daun singkong yang bersifat gas, hal ini dapat menyebabkan kekacauan pada sistem dan kinerja jaringan perut. Efeknya membahayakan sekali, buat mereka penderita asam lambung ketika mereka memakan daun singkong sebab kemudian akan membuat mereka merasakan sakit pada perut, mual, hingga muntah-muntah.   


     Dan sudah terjawab kan bolehkah penderita asam lambung makan sayur daun singkong? Melalui penjelasan ini didapatkan bahwa daun singkong tidak baik dan kurang aman untuk penderita asam lambung. 



Pola Hidup yang Mempengaruhi Penderita Asam Lambung


    Pola hidup sehat juga berpengaruh untuk si penderita asam lambung. Penderita asam lambung mesti berjuang mengubah pola hidupnya. Bahkan makanan yang dikonsumsi juga sangat mempengaruhi penderita. Berikut pola hidup yang mempengaruhi penderita asam lambung:


1. Konsumsi Makanan dan Minuman Rendah Lemak, Sayur-sayuran, dan Buah-buahan


    Makanan dan minuman yang disarankan untuk penderita asam lambung ialah bebas dari lemak atau rendah lemak. Contohnya makanan dan minuman rendah lemak yakni susu, keju, dan yoghurt. Bahkan memakan sayur-sayuran dan buah-buahan juga rekomended buat penderita asam lambung.


    Nah, selain itu aku punya produk rekomended juga dari Nutriflakes Sereal Asam Lambung nih, dan produk ini bisa kalian dapatkan lewat Nutriflakes Shopee sebab bisa bantu sahabatulfah yang memiliki penyakit Gerd, Asam Lambung, dan maag tanpa efek samping. 


    Nah jika di atas produk yang dikonsumsi baik untuk penderita asam lambung. Maka makanan yang dihindari selain daun singkong, ada beberapa makanan yang harus dihindari juga untuk penderita asam lambung:


    a. Makanan-makanan Pedas


        Ngomong-ngomong makanan pedas nih? Aku punya teman yang memiliki penyakit asam lambung. Ternyata saat aku tanya begini "Apakah kamu bisa mengurangi makanan-makanan pedas? Soalnya kasihan tuh perutmu makin sakit" Begitu tanyaku, tapi taukah jawabannya? "Gak bisa Ulfah, aku kalau gak makan makanan pedas-pedas, gak serasa makan. 

    

       Namun tiap kali asam lambungnya kumat dia akan mencoba berhenti memakan makanan pedas tersebut, tapi sayangnya setelah itu makanan pedas ini akan terus dia makan bahkan di level tertinggi sekali pun. Hal ini sangat membahayakan baginya. Memang trend milenial di saat ini, ya kesukaannya terhadap makanan pedas ini. Tak dapat dipungkiri, aku juga pecinta pedas apalagi lidah orang Minang yang terkenal dengan makanannya yang pedas. Di satu sisi, aku menyadari makanan pedas ini baik sesuai kadarnya alias tidak berlebihan karena banyaknya variasi makanan dengan tingkat kepedasan tingkat tertinggi yang membuat dinding perut kita terluka.


        b. Makanan-makanan Cepat Saji, Lemak, dan Coklat


              Sekarang lagi zamannya makan di tempat-tempat hits di daerahnya, makanan cepat saji ini menjadi lini utama penyakit asam lambung kumat, Buds. Bahkan tahukah kalian kalau makanan cepat saji ini tidak baik untuk asam lambung, makanan yang mengandung banyak bubuk penyedap dan marica ialah makanan yang patut dihindari.


        Makanan lainnya yang patut dihindari ialah makanan lemak dan coklat. Ini makanan-makanan yang menyebabkan asam lambung kambuh. Karena itu, lebih baik mengatur pola makan kita daripada merasakan asam lambung meningkat kan, Buds. 


        c. Minuman-minuman Kafein dan Gas


    Lagi-lagi keberadaan tempat kopi hits menjadi alasan pilihan minuman kafein dan gas tidak menjadi minuman pilihan untuk penderita asam lambung. Karena jelas banyaknya kedai kopi dimana-mana membuat mereka memesan kopi secara berlebihan.


2. Hindari Tidur Setelah Makan


    Jika tidak ingin terkena asam lambung maka sekarang saatnya ubah kebiasaan tersebut, tidak tidur setelah makan. Nah, usahakan makan 2-3 jam sebelum waktu tidurmu. 


    Karena kebiasaan seseorang yang selalu makan di malam hari, kemudian langsung tidur setelahnya membuat asam lambung kita naik. Maka tetap atur waktu makan yang pas ya Buds agar kalian tidak terkena penyakit yang satu ini.


    

3. Obesitas Memicu Penyakit Asam Lambung 


    Penyebab asam lambung yang lainnya yaitu kelebihan berat badan. Bagaimana bisa terjadi? Ternyata obesitas mempengaruhi otot perut yang menyebabkan otot perut tertekan sehingganya mengundang asam lambung naik. 


    

4. Stress yang Tinggi Dominan Mempengaruhi Asam Lambung 


    Penyakit asam lambung timbul kebanyakan dari penderita terlalu memikirkan masalah dan perasaan yang berlebihan. Tingginya stress kita akan jadi pemicu utama asam lambung muncul. 


    Ketika sahabatulfah merasa sedang banyak masalah, tiba-tiba overthinking, atau mendapatkan lingkungan yang toxic dan sebagainya. Bisa jadi membuat diri kita semakin stress. Namun kita harus istirahat sejenak atau melakukan sesuatu yang menyenangkan. Kondisi yang semakin baik malah mengurangi timbulnya asam lambung tersebut.


    Terlebih buat seseorang yang sudah menderita penyakit asam lambung ini, maka perlu banget untuk tidak memaksakan pikiran dan masalah berlarut secara mendalam. Karena penyakit asam lampung butuh proses untuk menyembuhkannya, tidak bisa instan juga. Maka lebih baik tetap bersikap santai dan melakukan aktivitas yang disukai daripada memikirkan penyakitnya yang membuat asam lambung kembali naik.


    

Penutup


        Ingat, kesehatan itu ialah yang paling utama, Buds. Menjaga kesehatan akan lebih baik daripada mengobatinya. Sekarang sahabatulfah mesti menyadari bahwa kesehatan itu tak ternilai harganya. Makanya, untuk kalian yang diberikan nikmat sehat tetap jaga kesehatannya ya. Sedangkan buat kalian yang diberikan nikmat sakit juga tetap atur pola hidupnya, jangan biarkan kalian dihantui oleh penyakit. 


        Sekian dulu artikel Ulfah kali ini. Dan semoga kita tetap sehat selalu ya, salam sehat bahagia semua! Semoga bermanfaat.

12 comments:

  1. Makasih banget infonya tentang sayur sayuran yang dapat menimbulkan gas dilambung soalnya aku sakit maag dan senang makan daun singkong juga

    ReplyDelete
  2. Perlu diwaspadai nih secara kami di rumah lebih banyak konsumsi sayuran memang. Tapi tidak baik juga kalau berlebihan sih ya. Apalagi jika punya masalah asam lambung

    ReplyDelete
  3. Ho saya baru tahu kalo penderita asam lambung sebaiknya tidak mengonsumsi daun singkong. Dan btw gulai daun singkong dimakan pake ikan teri enak banget ituh.

    ReplyDelete
  4. Ya saya rasakan juga di usia yang tak lagi muda ini, makan daun singkong harus mulai dikurangi, karena banyak efek penyakit yang dihasilkan. Makan seimbang dengan ragam buah dan sayur akan lebih baik

    ReplyDelete
  5. Wah ternyata ada bbrapa sayuran ya yg gk bagus buat penderita asam lambung slama ini aku taunya cma kol.yang bkin gas diperut ternyatabdaun singkong jga ya

    ReplyDelete
  6. wah baru tahu, ternyata bisa jadi pemicu gas ini daun. padahal suka, biasanya direbus terus dimakan lalapan bareng sambal. hahaha ... ini sih memancing asam lambung banget. tapi terima kasih informasinya. jadi lebih hati-hati nih

    ReplyDelete
  7. Ternyata makanan yang menyehatkan sekalipun, jika dikonsumsi berlebihan akan membahayakan ya

    ReplyDelete
  8. Saya ada maag dan terkadang makan daun singkong memang bikin perut kerasa begah gitu. Tapi ya gimana, masih aja dimakan karena doyan dan ada tanaman sendiri pula

    ReplyDelete
  9. Kita sebagai narablog ini termasuk salah satu yang mudah akan memiliki gejala asam lambung, gegara sering telat makan misalnya! :)

    Jadi, Nutriflakes Sereal Asam Lambung perlu dicoba, nih..
    Oh iya, kalau di tempat kami tinggal (jogja), namanya `godong pohung` hehehe.

    ReplyDelete
  10. Wah, berarti penderita asam lambung harus menghindari sayur daun singkong ini ya mbak

    ReplyDelete
  11. Penderita asam lambung juga gak boleh makan roti tawar. Kejadian sama temenku. Dia makan roti tawar malah tambah parah lalu rawat inap di RS. Trus dokternya ngasih tau hal itu. Bagusnya buah.

    ReplyDelete
  12. Daku ada asam lambung, tapi kalau pas di rumah ada olahan daun singkong entah itu digulai, ditumis atau direbus tetap aja doyan makannya haha. Paling ya gak banyak² makannya

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak (Komentar akan dimoderasi) dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by diane555. Powered by Blogger.