Pengalaman Naik Pesawat Sendiri, Gak Semenyeramkan Itu Kok!

Assalamualaikum semuanya…

Pengalaman-Naik-Pesawat-Sendirian-Pertama-kalinya

Apakah sahabatulfah pernah naik pesawat sendirian? Pada berpikiran yang macam-macam nggak sih? Kalau aku iya. Misal gimana nanti? Trus aman nggak ya? Bisa atau nggak ya? Ahh pikiran aneh bermunculan.


Bahkan, aku baru saja mengalaminya. Baru-baru ini aku merasakan pengalaman naik pesawat sendirian kali pertamanya yang biasanya bepergian naik pesawat bersama keluarga. Yap, pastinya tiap kita pernah berpikiran seperti di atas.


Tanggal 21 September 2022 jadi pengalaman baru bagiku. Aku pergi dengan pesawat dari Padang menuju Jakarta sendirian. Siapa takut? Padahal aku sangat deg-degan, bahkan gak kebayang akan seperti apa bingungnya. 


Ingat pepatah yang ini “Sering-seringlah bertanya, biar gak tersesat di jalan alias jadi jalan-jalan” Lah kalau pake kendaraan sendiri jalan-jalan ya aman-aman aja ya, gimana kalau naik pesawat auto ketinggalan pesawat dong. Mana biaya naik pesawat juga mahal lagi, walau aku dibiayai full transportasinya. Namun jika itu adalah kelalaian dari kita sendiri ya pasti kita sendiri pula yang mesti bertanggung jawab.


Dan akulah orang yang paling sering bertanya. Hehe, gak papa lah. Agar kita selamat sentosa juga ya…


Baiklah, pada kesempatan kali ini aku mau berbagi tips bagaimana naik pesawat sendirian pertama kalinya dan ini sesuai dengan pengalaman pribadi.



Bagaimana Rasanya Naik Pesawat Sendirian Pertama Kalinya


Mungkin pengalaman ini sudah biasa bagi orang lain. Tapi pengalaman pertama kali bagi diriku. Karena biasanya aku pergi bersama keluarga, rame-rame gitu, Buds.


Sebelum keberangkatan, aku tuh deg-degan banget. Berkabung dalam semua pikiran, entah aku saja atau sahabatulfah juga? Begitu aku bilang begitu orangtuaku bilang mereka akan ikut menemaniku bepergian dengan pesawat. Tapi aku menolak, Buds😂 


Aku berani, walau perasaan cemas itu tetap ada. Nah, itulah makanya aku mesti meyakinkan diri dan orang-orang sekitarku. Ya, karena butuh persiapan banget baik mental maupun fisik, hehe.



Tips Naik Pesawat Sendirian Pertama Kalinya, Tetap Enjoy dan Santai


1. Persiapkan Mental dan Fisik

Yap, persiapan fisik dan mental itu perlu banget. Jika fisik kita sehat, kita akan semakin percaya diri untuk melangkah. Fisik ini dapat kita persiapkan, dengan minum vitamin dan makan makanan yang bergizi.


Selain itu, persiapan mental terutama menghilangkan pikiran negatif tersebut sembari berdoa kepada-Nya buat perjalanan kita agar diberikan kelancaran. Nah jika mantal dan fisik baik maka pastinya perjalanan pertama kali ini bakal mudah terlewati.


2. Datang lebih Awal sebelum Keberangkatan

Ini lebih penting. Dikarenakan jadwal pesawat yang ontime, bahkan setengah jam sebelum berangkat kita mesti sudah bersiap-siap untuk memasuki pesawat. 


Dan pastikan pula jarak rumah ke bandara. Apakah jarak rumah ke bandara sangat jauh atau sebaliknya? Pun jika iya kita dapat pergi lebih cepat dari itu. Kalau seperti aku, jarak rumahku ke bandara hanya 15 Km yang memakan waktu hanya 45 menit saja. 


So, aku berangkat dari rumah pukul 11.15, karena jadwal keberangkatan aku pukul 12.50. Aku rasa waktu yang aku gunakan sangatlah pas, karena begitu nyampe di Bandara Internasional Minangkabau jam 12.00. Hingga  masih ada waktuku untuk cek in mandiri dan melakukan pemeriksaan barang di bandara itu.


Cek in online dapat dilakukan secara mandiri, aku sendiri melakukan itu. Cukup mudah yaitu aku mendownload aplikasi pesawat yang kita naiki atau bisa juga melalui websitenya. Lalu kemudian kita dapat mencetak tiket mandiri di Bandara. Gampang kan, tanpa perlu antri-antrian lagi.


Baca juga: Destinasi Wisata yang Dikunjungi Ketika Berlibur ke Negara Malaysia dan Malaka


3. Pastikan Barang Bawaan Lengkap

Nah, pastikan barang bawaan kita lengkap, Buds. Jangan sampai begitu kita sampai bandara, eh KTP atau identitas lainnya kita malah tinggal. Karena KTP juga termasuk syarat wajib untuk kita verifikasi data saat pemeriksaan barang. Atau sekarang diminta bawa kartu vaksin, maka perlu juga sediakan. Bisa juga disimpan ke dalam file hp, kok. Jangan khawatir.


Selain itu, perlengkapan barang-barang seperti koper kita yang boleh dibawa masuk cukup bermuatan 7 kg saja. Barang yang lebih dari 7 kg akan disuruh masuk ke bagasi. Untungnya, aku sebelum pergi menimbang barang bawaanku di rumah. Ternyata beratnya hanya 6 kg saja. Yang artinya aku bisa bawa masuk ke kabin bandaranya.


4. Tetap Fokus dengan Jadwal Flight

Siapa yang suka dengarkan lagu dengan headset? Hiks, aku sering banget di bandara menemukan orang seperti itu. Bagiku itu sih salah gak salah ya, barangkali mereka ingin menenangkan diri atau menghibur dirinya. Namun tetap fokus sama jadwal keberangkatan. 


Cuma yang perlu diperhatikan, sebelum itu kita mesti perhatikan himbauan dari pramugarinya. Karena mereka hanya memanggil kita dengan 3X panggilan saja, jangan sampai deh kita dipanggil pada panggilan terakhir yang bikin sakit jantung, hehehe.


Misalnya, pramugari akan memanggil seperti ini. Pesawat dengan nomor QZ-0123 dengan tujuan Jakarta menuju Padang, berangkat pukul 12.50 WIB. Dipersilahlan bersiap-siap di pintu masuk (Kurang lebih seperti itu, hehe)


Jadi, tetap pastikan telinga dan mata fokus ya dengan jadwal pesawat agar tidak terlewatkan, Buds.


5. Tetap Dengarkan Arahan Pramugari

Begitu sampai di atas pesawat, kita akan diberikan informasi penting,  baik dari pemasangan seat belt hingga pemasangan pelampung di atas pesawat. Hal ini bertujuan agar kita selalu berhati-hati dan terlindung saat ada kendala atau masalah yang terjadi.


Oleh karena itu, sahabatulfah dapat memetik dari pengalaman pertama kalinya naik pesawat sendirianku ini. Semoga bermanfaat ya, Buds!

20 comments:

  1. Pengalaman naik pesawat untuk pertama kali saya udah lama banget, sekitar 8 tahun yang lalu . Dan Alhamdulillah lancar. Waktu itu perjalanan dari Makassar ke Bandung. Hmm saya jadi kangen naik pesawat sendirian lagi nih kayaknya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya Mba, yukk ahh solo traveling biar bisa naik pesawat sendirian Mba😅

      Delete
  2. Saya jadi ingat pengalaman pertama naik pesawat dulu, mana gitu pertama naik pesawat langsung sendiri pula berangkatnya, duuhh dag dig dug derrr banget deh perasaan ini. Was-was dan khawatir sekaligus happy pastinya. Pokoknya dari sehari sebelum berangkat nano nano rame rasanya dah. Alhamdulillah semua berjalan lancar. Pengalaman pertama memang selalu berkesan ya Kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa benar2 jadi berkesan ya Kak, apalagi baru pertama kali hehehe tapi happy😅

      Delete
  3. Deg deg an tapi seru ya mbak hehehhehe.. saya juga samaaa awalnya deg deg an eehhh yang kedua ketiga dan seterusnya malah lebih seneng terbang sendiri dan keluar negeri pula... tapi emang mesti prepare.. terutama banget soal waktu.. jangan sampe ketinggalan pesawat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iyaa betull banget Mba, harus banget prepare itu semua yaa Mba biar perjalanannya aman” saja..🤭

      Delete
  4. pertama kali naik pesawat sendiri itu ketika pulang dari Malaysia ke Pekanbaru tahun 2019. Perginya mudah karena bersama rekan media, pulangnya sendirian karena aku extend. Betul-betul panik kurang persiapan, tapi cukup membantu dengan adanya panduan-panduan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah dari luar negeri lebih prepare banget nihh, kalau kurang persiapan bagusnya ya baca arahan dan panduannya ya Mba🙏

      Delete
  5. Pertama kali naik pesawat sendiri adalah saat melakukan dinas ke Jakarta beberapa tahun lalu. Awalnya juga takut jalan sendiri, ternyata gak se menyeramkan yang saya bayangkan, hehehe.

    Agar gak bete, saat itu saya bawa buku untuk dibaca selama perjalanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa gak semenyaramkan itu ternyata ya.. Andai ingat pasti bawa buku aku Mba, tapi aku tetap mampir ke toko buku di bandara hehehe

      Delete
  6. Saya justru menyukai solo travelling. Mau apa-apa, ya serba sendiri. Cuma jadi harus tega bawa barang seringkas mungkin, biar kalau ke toilet nggak repot minta tolong orang untuk menunggui barang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asikk Bun, jadinya pengen ulang lagi.. Hehe, aku merasakan itu tapi saat bawa barang untungnya ada troli barang dan saat ke toilet ada kenalan yg sama” menuju penerbangan yang sama jadi lebih mudah Bun🤭

      Delete
  7. Rasanya ya deg-degan, ya happy yaa..kak.
    Setelah berhasil perjalanan pertama, biasanya ketagihan. Semoga segera ada perjalanan berikutnya dan semakin banyak jam terbangnya untuk solo travelling.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Alhamdulillah kak, memang ketagihan sih. Tapi semoga ada jalan buat solo traveling lagi kak, aamiin🙏

      Delete
  8. Aq udah naik pesawat sejak bayi. Tapi waktu itu kan belum sadar dan ingat. Jadi bisa dibilang naik pesawat pertama itu saat kuliah, karena ikut organisasi. Naik maskapai yang terkenal banyak masalah itu karena paling murah. Kesan pertamaku adalah: kok kayak naek bus ya, enjot2an. Apa jalan di udara ada kerikilnya juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe aku pun begitu pas naik pesawat skrg Mba, karena duduk paling belakang jadi serasa naik bus, berasa bnget roda2nya jalan😁

      Delete
  9. Sampai usia kepala 3 saya belum pernah naik pesawat. Pengin tapi takut hahaha. Ternyata begini ya rasanya mbak? Tapi tetep aja saya yang takut ketinggian gak berani naik pesawat 😅 meski udah sering ngantar saudara ke bandara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Mba, rasanya gitu tapi gapapa kalah takut ketinggian jangan ambil tempat duduk di tepi Mba, hehe baiknya duduk di tengah-tengah😅

      Delete
  10. bisa dibilang aku terlalu sering solo traveling, jadi kemana-mana akhirnya pergi sendiri
    memang kalau pergi sendiri kayak nggak punya temen sharing, tapi di jalan biasanya chit chat sama orang baru
    Datang lebih awal ini selalu aku usahakan, karena lokasiku di jember dan bandaranya di surabaya, mending milih berlama-lama di bandara daripada ketinggalan pesawat.
    apalagi kondisi jalanan lintas kabupaten kadang nggak bisa diprediksi, bisa aja macet yang bikin kita dateng terlambat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah setuju Mba, biasanya berasa gak ada teman sharing gitu tapi selalu ada teman baru yg bisa diajakin ngobrol yaap..
      Benar sekali Mba, yg wajib banget kita udah nyampe di bandara dulu apalagi kalau diprediksi selalu macet jadi lebih baiknya pergi lebih cepat😁

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak (Komentar akan dimoderasi) dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by diane555. Powered by Blogger.