Doa dan Harapan di Tahun Ini

    

Doa-dan-Harapan-Tahun-ini

      Doa seperti tameng bagi setiap manusia untuk jadi sumber kekuatannya. Doa dapat memberikan dorongan, semangat, serta motivasi untuk terus melangkah maju. Tahun 2022 yang sudah berjalan selama 4 bulan, meski banyak step by step yang ingin dicapai. Tentunya sembari berdoa dan berjuang melakukan yang terbaik.  Untuk tahun ini aku tetap berdoa bisa melewati tahun-tahun dengan sangat menyenangkan sama atau bahkan lebih dari tahun sebelumnya.    

    Sebentar lagi bulan yang penuh berkah ini akan berakhir, jujur sedih mengingat banyak harapan-harapan yang ingin diselesaikan di bulan ini namun masih belum selesai. Mudah-mudahan apapun harapan-harapan di bulan selanjutnya makin dipermudah dan dilancarkan, aamiin.

    Sahabatulfah apa nih doa dan harapannya di tahun ini? Baik, izinkan aku berbagi mengenai doa dan harapan di tahun ini. Jika sahabatulfah berdoa maka sahabatulfah pasti berharap doa itu akan terkabulkan. Kalau tidak terkabulkan bagaimana? Tenang saja, selama masih hidup yakinlah meski doa kita tak dijawab dengan harapan yang sama tapi akan digantikan dengan jawaban yang lebih tepat buat kita kok. Aamiin. Karena semuanya tidak ada yang sia-sia. Pasti akan tergantikan dengan yang lebih baik dan tepat! Jadi seandainya doa dan harapan lain yang sangat random dikabulkan oleh-Nya, bisa jadi itu jawabannya dari doa kita juga. Cukup berbaik sangka ya!

    Sebelum itu, kita sama-sama perlu tahu bahwa doa itu menjadi sebuah permintaan atau permohonan. Cukup sama dengan istilah doa menurut bahasa yaitu permintaan dan permohonan. Sedangkan menurut istilah doa ialah penyerahan diri kepada Allah SWT dalam memohon keinginan dan meminta dihindarkan dari hal-hal yang dibenci. Doa juga termasuk ibadah. 

    Mengingat makna doa, sejatinya kita sebagai manusia itu pasti punya kekurangan dan keterbatasan yang diberikan-Nya sehingga tak ada kekuatan yang paling ampuh selain berdoa. Kekuatan kita untuk selalu menyadari bahwa doa itu bisa menjawab segala solusi dan problematika dari kehidupan kita. Padahal tanpa berdoa Allah pasti memberikan kepada kita tanpa kita minta, tapi dengan berdoa itulah tanda sikap menghamba kita dan sebagai manusia butuh kedekatan diri secara langsung kepada-Nya.

Baca juga: Harapan yang Terbesar Dalam Hidup yang Paling Diimpikan

Apa saja Manfaat Doa?

1. Kedamaian Batin

   Saat kita sedang mendapatkan masalah, hal ini yang membuat hati kita sangat gundah, sedih, atau sebagainya maka ketika berdoa setidaknya masalah di dalam hidup pasti akan selalu ada. Namun dengan berdoa kita pasti akan mendapatkan ketenangan, ketentraman, dan kedamaian batin. 

    Siapa yang termasuk paling kencang nangis saat berdoa? Apalagi saat banyak masalah, mengadu kepada-Nya menjadi senjata paling ampuh membuat perasaan kita lega. Suatu ketika, aku merasakan masalah yang dihadapi cukup berat tapi sesuai porsi kesanggupan aku kok. Tiba-tiba mengalir air mata, ketika berdoa itu semua masalah itu aku ucapkan. Berdoa sembari curhat gitu ceritanya, hehe. Nah, sehabis berdoa sambil menangis itu hal yang dirasakan itu ialah hati makin damai dan tenang. Walau masalah tetap saja ada tapi kedaimaian batin itu paling diinginkan didapatkan oleh kita. Sehingga selalu berdoa membuat hati kita semakin tenang lho. 

2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

    Berdoa bisa meningkatkan rasa percaya diri? Iya benar, jika kita berdoa karena ada sebuah impian besar yang harus diwujudkan. Cukup berdoa saja, yap kita akan makin percaya diri dengan mimpi yang dibuat tersebut. 

3. Memberikan Keputusan Terbaik

    Berdoa juga dapat menunjukkan jalan untuk keputusan terbaik. Ketika kita curhat kepada sesama manusia, setiap solusi yang berakhir nihil maka tetap jalan terbaik adalah berdoa. Karena memang batas kemampuan manusia itu terbatas, manusia hanya diberikan pemikiran yang tak seluas apa yang direncanakan oleh-Nya. Jadi, jika kita menginginkan alternatif keputusan terbaik tetap berdoa saja. Berdoa itu gratis dan tidak susah kok. Selama berdoa pastinya lebih baik daripada kita sebagai manusia mengeluh kepada diri sendiri. 

    Adapun doa dan harapan aku di tahun ini, sebenarnya, aku selalu berdoa dengan harapan yang sama dengan tahun-tahun sebelumnya seperti dimudahkan rezekinya, lancar urusannya dan sehat wal a'fiat. Selain itu bisa melihat orang tua selalu sehat dan bahagia. Berharap untuk kebaikan mereka pokoknya, dan bisa melihat anak-anaknya sukses serta bahagia mendapatkan pasangan yang terbaik nanti. Aamiin  ya Allah. Untuk doa dan harapan lainnya mungkin hanya aku dan Dia yang tahu. Tapi pastinya aku selalu berdoa kepada-Nya dalam keadaan apapun dan meminta hanya kepada-Nya. Karena aku percaya, semua harapan dan doa akan dikabulkan oleh-Nya di waktu yang tepat bukan di waktu cepat. 

    Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Terima kasih

Post a Comment

7 Comments

  1. Titik kepasrahan, walaupun sebagai umat kadang aku masih suka sombong. Suka males doa, karena ngerasa doa dari pendosa gak dikabulkan padahal ya justru banyak dosa itulah kudu sering-sering berdoa ya. :)

    Jarang terjadi, cuma ada masanya saat doa, kadang kayak terkoneksi langsung kepada Dia. Itu kayaknya pas udah mentok dan hopeless atau ngarep banget minta sesuatu ^^ makasih sharingnya, jadi reminder lagi buat aku begitu baca tulisan ini.

    ReplyDelete
  2. Wahh pd itu lagi bener-bener aku pelajarin banget, mulai bisa bicara didepan umum tanpa ragu, tidak belopotan kalau berbicara dan lain sebagainya dan setuju banget berdoa adalah sebuah awal memulai yang baik agar bisa tetap tenang dan santai

    ReplyDelete
  3. Doa adalah senjata paling ampuh mbak. Doa yang terbaik akan kembali pada kita. Tangan yang selalu mengadah tidak akan pernah datang dalam keadaan hampa.

    ReplyDelete
  4. Ditengah kegalauan kondisi hamil tua ini aku pun merasakan doa benar benar bisa menjadi penguat, bahwa kita tak sendiri, bahwa kita perlu yakin sama diri sendiri saat meminta kepadaNya

    ReplyDelete
  5. Sebaik-baik senjata umat muslim adalah doa yang kuat.
    MashaAllah~
    Apapun doanya, semoga Allah ijabah dengan takdir terbaik yang Allah ridlo. Seringkali merasa bahwa doa kita tidak terjawab, karena keadaan yang gini-gini aja. Semoga menjadi tabungan amal di akhirat kelak.

    Aamiin~

    ReplyDelete
  6. Luarbiasa.. terima kasih mbak atas pengingatnya. Akupun tim yang menjadikan doa sebagainkunci juga. Aku pernah saat diambang antara hidup dan mati ya . Saat itu posisi melahirkan. Masya Allah satu kekuatanku doa..merapal doa berharap hanya sama yang memagang kendali hidup kita.. bahkan nuh aku pernah berdoa untuk hal sepele lucu tapi alu percaya bahwa doa ini bisa jadi mempercepat harapan hatapanku terkabulkan. Aku selalu berusaha berpreasangka baik pada doa doaku

    ReplyDelete
  7. kalau saya doa kayaknya masih sama-sama aja seperti dimudahkan rezeki dan yang lainnya. tapi ada kalanya nih kita berdoa secara spesifik saat sedang mengalami masalah atau ada yang ngin dicapai. kalau yang begini doanya biasanya lebih khusyuk

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak dan saling follow ya, thanks 🙏😊