Tips Menjalani Puasa di Rumah aja biar Tetap Produktif

Tips-Menjalani-Puasa-di-Rumah-biar-Tetap-Produktif

Bulan puasa tahun ini alhamdulillah sudah berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Sejenak terlintas di benak saat bulan puasa pada tahun 2020-2021 lalu, seketika masjid sepi. Jika ke masjid kita mesti membawa tikar masing-masing dari rumah, wajib menggunakan masker wajah dan tiap kita diberi jarak ketika hendak solat. Tak hanya itu, beberapa mesjid menerapkan protokol kesehatan seperti mencek suhu tubuh saat masuk ke mesjidnya. Banyak parno juga pada saat teman sebelahnya batuk-batuk dan lain-lain. Nah, banyaknya kendala seperti ini bikin kita lebih nyaman beribadah di rumah dong. 

Tapi kebiasaan ini, tidak berlaku di rumah kami. Aku selalu di ajak solat ke mesjid selama bulan ramadan di waktu solat subuh dan solat terawih. Begitu aku menyadari tahun ini ternyata jauh lebih membaik, aku sangat bersyukur karena masih bisa bertahan dan bertemu dengan bulan ramadan kali ini. Alhamdulillah.

Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi Pers pada tanggal 28 Desember 2021. Menurutnya kasus ini berhasil turun 99,6 persen, jumlah kasus ini jauh lebih rendah dari bulan-bulan sebelumnya. Itu artinya kemungkinan besar penambahan kasus covid’19 tidak terjadi. Beberapa negara pun sudah berada di akhir perjuangan covid’19 seperti negara Malaysia yang sudah siap berada pada situasi “Endemi”

Namun kita perlu menyadari, wabah pandemi yang terjadi beberapa tahun belakangan ini memberikan banyak sisi positifnya bagi kita. Percaya atau tidak, banyak keluarga yang lebih dekat saat berada di rumah saja. Padahal biasanya mereka pada sibuk masing-masing, jarang sekali bisa berkumpul bersama. Dan di tengah wabah ini membuat kita menjadi lebih bersyukur serta mendekatkan diri pada-Nya. 

Kita juga bersyukur bisa menghirup nafas hingga detik ini, bisa menikmati hari-hari bersama orang tercinta, dan bisa bertahan di tengah keadaan saat ini. Betapa banyak di luar sana yang dikeluarkan dari pekerjaannya, waktu berkumpul dengan keluarga pun susah, dan rencana kegiatan lainnya yang tertunda. 

Aku akan membagikan tips-tips menjalani puasa di rumah aja biar tetap produktif.

Tips Menjalani Puasa di Rumah aja biar Tetap Produktif

Setiap puasa aktivitasku banyak dilakukan di rumah saja. Lalu apa kegiatan yang aku lakukan biar tetap produktif?  Yuk disimak:

1. Membuat List Rencana Kegiatan

 Kalau aku biasanya akan membuat rencana kegiatan dari awal bangun tidur hingga tidur lagi. Aku buat rinci dalam catatan tersendiri. Seperti setelah sahur, aku mununggu jadwal solat subuh. Aku insya allah melaksanakan solat subuh di masjid dan mendengarkan ceramah subuh. Next, aku bakal melanjutkan tilawah pagi dan tak lupa bersedekah. Paginya, aku tidur sebentar biar nanti aku beraktivitas dengan segar kembali buat membersihkan rumah dimulai dari menyapu rumah, mengepel, dan membersihkan piring dll. 

Siangnya, aku membantu Mama memasak di dapur. Kami menyiapkan makanan untuk berbuka nanti, kadang karena banyak yang dimasak. Mulai dari lauk pauk, makanan buat berbuka, hingga minuman berbuka maka mengerjakannya sampai sore. Tak lupa tiap waktu solat, aku sempatkan buat membaca al-qur’an. Nah, kalau sempat di waktu sore itu aku sembari menunggu jadwal berbuka akan menyempatkan menulis di blogger. Kalau malam hari setelah berbuka, aku mengobrol bersama keluarga baru melanjutkan solat magrib dan tunggu waktu isya sehingga aku bersama keluarga pergi solat ke masjid. Pulang dari solat terawih kami biasanya mengaji lagi atau menyempatkan mengobrol sebentar baru kemudian tidur. 

Nah, agak panjang ya sepertinya namun aku berusaha agar kegiatan-kegiatan selama ramadan ini positif. Entah ada beberapa hari yang agak sedikit berbeda dari cerita di atas, tapi niatku tetap sama semoga bisa beribadah dengan maksimal dan mengkhatamkan al-qur’an, aamiin.

Yuk, mulai dari diri kita atur terlebih dahulu dengan merencanakan kegiatan selama puasanya.

2. Perhatikan Asupan karena Berpengaruh terhadap Produktivitas

Beberapa akun media sosial belakangan ini mendapatkan sorotan. Lantas makanan yang membuat perut kenyang dengan waktu lama diduduki tingkat paling tinggi yaitu biskuit, sedangkan paling rendah ialah nasi. Wah aku sempat kaget memperhatikan sorotan ini. Bisa-bisanya nasi yang jadi makanan pokok dan utama saat sahur dan berbuka ini malah paling rendah posisinya sebagai makanan yang membuat perut kenyang dalam waktu lama.

Tapi kita bisa lebih perhatikan apa makanan yang kita konsumsi, seberapa besar jumlahnya, dan bagaimana kandungannya. Sehingga puasa kita tidak terganggu akibat perut kelaparan, hehe. Seproduktif apapun kita tidak akan berasa puasanya kalau asupan makanan tersebut sudah tercukupi di tubuh kita.

3. Atur Jadwal Tidur dengan Baik

Kebiasaan saat hari-hari biasanya harus dihindari karena waktu tidur kita akan berubah. Terlebih lagi, agar terjaga saat sahur maka sebisa mungkin untuk tidur lebih cepat dari biasanya. 

Perubahan kebiasaan ini akan membuat tubuh kita menjadi lebih produktif saat beraktivitas. Kita bakal fit saat berkegiatan di luar dan siap menghadapi aktivitas sehari-hari. Intinya kita berusaha lebih memperbaiki jadwal tidur yang biasanya suka tidur larut malam, maka saat bulan puasa setidaknya kita usahakan tidur lebih cepat di awal waktu.

Nah sekian beberapa tips bermanfaat dalam menjalani puasa di rumah saja. Kamu perlu mencobanya nih agar tetap produktif. Nah, semoga bermanfaat!

Post a Comment

18 Comments

  1. Asupan nutrisi penting banget ya mb supaya gk lemes seharian harus banyakin makan sayur dan buah supaya asupan nutrisinya seimbang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa betul sekali Mba, asupan nutrisi sangat penting ya Mba..☺️😊

      Delete
  2. selama puasa emang perlu cari kegiatan ya biar kita bisa tetap produktif. puasa bukan jadi halangan buat kita bermalasan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Koh… Biar puasa jadi lebih produktif ya Koh😁😊

      Delete
  3. Aku nih yang adem ayem aja di rumah, gak suka ke mana-mana. Paling kalau mau keluar, ya udah, muter aja di jalan raya.
    Ada gak ya yang kayak aku gini di zaman now? :D

    ReplyDelete
  4. Atur jadwal tidur bener banget mbak, kalau biasa tidur malam jadi harus membiasakan tidur lebih awal biar sahurnya ga kesiangan

    ReplyDelete
  5. Bener banget deh perlu atur jadwal tidur, agar saat di pagi hingga menjelang sore dapat lebih produktif dan tidak mudah di serang rasa kantuk efek dari berpuasa. :)

    ReplyDelete
  6. Dengan adanya daftar rencana kegiatan, waktu jadi bisa digunakan lebih efektif ya... Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini jangan sampai ada waktu yang terbuang sia-sia...

    ReplyDelete
  7. bener banget nih asupan makanan yang kita konsumsi ketika sahur berpengaruh banget sama kondisi tubuh kita. Begitupun dengan jadwal tidur, sebisa mungkin kita harus atur jadwal tidur jangan sampai ga seimbang.

    ReplyDelete
  8. Atur jadwal tidur ini emang bener banget mbak. Karena harus bangun lebih awal, baiknya tidur lebih awal juga. Biar waktu istirahat tercukupi.

    ReplyDelete
  9. Memiliki rencan aktivitas menjadi hal penting ya, karena waktunya bisa terlihat dengan jelas. Jadi ga bentrok dan bisa memperkirakan waktu istrahat

    ReplyDelete
  10. Jadwal tidur saya malah acak-acakan nih. Kadang ngantuk banget tapi mau tidur ya gak tidur juga. Semoga bisa cepat memanage-nya nih

    ReplyDelete
  11. puasa di rumah aja juga tetap bisa asyik yaa asal kita bisa mengatur waktu dan kegiatan dengan baik

    ReplyDelete
  12. Nah iya, membuat list kegiatan itu penting ya biar selama puasa makin produktif

    ReplyDelete
  13. Makasih banget kak udah kasih informasinya yang keren selama puasa

    ReplyDelete
  14. Insyaallah pandemi akan berakhir, kan tentara Rusia udah menemukan lab yg diduga untuk penelitian dan pengembangan virus di Ukraina.

    Bikin list kegiatan atau rencana kegiatan emang penting supaya bisa produktif dan ga tidur doank selama puasa.

    ReplyDelete
  15. masyaallah masyaalla, terima kasih tipsnya kak. kalau lagi puasa ada aja halangan untuk produktifnya ya, tapi sebenernya mah kita cari cara aja biar tetap lancar ya

    ReplyDelete
  16. naini jadwal tidur mesti bagus juga nih. soalnya aku juga full kerja di rumah malah ga kenal waktu

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak dan saling follow ya, thanks 🙏😊