Daftar Isi [Tampil]

Keep your dreams alive. Understand to achieve anything requires faith and belief in yourself, vision, hard work, determination, and dedication. Remember all things are possible for those who believe." 

- Gail Devers

“Jaga agar impianmu tetap hidup. Pahamilah untuk mencapai apapun membutuhkan keyakinan, percaya diri, visi, kerja keras, tekad dan dedikasi. Ingat segala sesuatu mungkin bagi mereka yang percaya”

- Gail Devers

    Berdasarkan quote di atas bahwa menjaga impian agar tetap hidup ialah percaya kepada impian-impian tersebut. Kita akan bisa memulainya dengan bersikap percaya diri, memiliki visi yang kuat dan diiringi dengan bekerja keras. Lebih tepatnya, kita mempercayai bahwa impiannya akan tercapai.

Bicara perihal impian, siapa sih yang tak mempunyai impian di masa depannya? Ya, setiap orang memiliki tujuan hidup yang ingin direalisasikannya. Tentunya, dengan senantiasa mewujudkan mimpi itu lewat berbagai proses yang berbeda-beda.

Masih terlintas di ingatanku ketika menjadi mahasiswa baru tahun 2017, tujuanku saat itu untuk bisa menyelesaikan  perkuliahan dengan hasil yang baik. Dan berharap suatu saat nanti di akhir perkuliahan bisa aktif berkontribusi dalam organisasi internal maupun eksternal kampus. Kenapa? Jawabannya adalah aktif berbagai kegiatan organisasi membuatku dapat mengasah skill baru serta membentuk sikapku menjadi lebih baik lagi.

Namun ternyata belakangan  ini pandemi mengharuskan kita untuk tidak banyak melakukan  aktivitas apapun di luar ruangan. Pandemi Covid-19 yang berlangsung membuat banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat. Utamanya ialah melakukan kegiatan yang awalnya bersifat tatap muka dalam proses pengajaran, hadir ke kampus untuk  kuliah, rapat organisasi dengan rekan-rekan, dan bertemu dengan dosen pembimbing untuk melakukan bimbingan, berubah drastis menjadi kegiatan berbasis online untuk mengurangi penyebaran virus covid’19. Aktivitas mengalami perubahan menjadi virtual yang mana terlihat banyak hal yang dilakukan dengan work from home.

Berdasarkan data We are Social-Hootsuite, per Januari 2021 ini jumlah pengguna internet di Indonesia meningkat sebesar 73,7% dari populasi penduduk  Indonesia yaitu 274,9 juta. 

Dan status penggunanya meningkat setahun terakhir, terjadi penambahan sebesar 27 juta pengguna. Akibatnya, aktivitas apapun dalam membangun impian benar-benar dilakukan secara online. Dan aktivitas lainnya seperti berbelanja dari rumah lewat platform e-commerce, aktivitas mengisi waktu luang dengan bermain games dan menonton film terbaru secara online, menjadikan kebutuhan akan akses internet selama pandemi meningkat tajam.

Bertekad Meraih Impian dengan Layanan Internet Cepat

Dalam meraih impian dan keinginan di masa depan akan banyak liku-liku di masa pandemi ini. Sebab keadaan mengharuskan kita mewujudkan impian secara online. Namun salah satunya berkat adanya internet IndiHome yang membuat mimpiku terselesaikan dengan lancar. Yaitu ujian sidang berakhir dengan khidmat. Jaringan internet yang super cepat seperti layanan IndiHome inilah yang membawa kemudahan saat ujian sidangku dan hasil ujian sidangnya sangat berpengaruh terhadap presentasi di hadapan para dosen. 

Ketika awalnya itu aku sendiri tidak yakin atau pesimis untuk menuntaskan aktivitas tanpa batas sebagai mahasiswa yang merangkap sebagai aktivis online. Ya, mengadakan rapat lebih intens lewat aplikasi meeting online dan bimbingan bersama dosen pembimbing online, sepertinya tak ada jalan lain untuk berkomunikasi secara online.

Jika diperhatikan untuk proses tatap muka saja cukup susah menyatukan isi kepala orang-orang. Ditambah pula aktivitas apapun dilakukan secara  online yang menyebabkan keputusan yang terbaik sangat diharapkan. Sehingga tak terbayangkan juga jika nanti dan seterusnya kegiatan akan serba online, dan selalu menuai harapan semoga pandemi ini segera berakhir.

Untuk itu setelah berhasil melewati semuanya di tahun 2021 ini, aku seperti menerima angin segar bahwa impian satu diantaranya terwujud. Berkat internet super cepat yang alhamdulillah mengantarkan kelegaan dan kepuasan tersendiri. Karena ternyata hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Dengan mendapatkan hasil IPK di atas 3.5 di akhir perkuliahan online dengan tanpa halangan buat aku sekaligus menjalankan beberapa kegiatan organisasi, baik organisasi kampus (internal) maupun organisasi luar kampus (eksternal), seakan seperti mimpi. Padahal semua dilakukan secara daring (dalam jaringan). 

Percaya banget jika impian mahasiswa semester akhir itu sebenarnya tak muluk-muluk. Cukup dengan menyelesaikan kuliah di waktu yang telah diharapkan, memperoleh IPK yang  maksimal, serta berkontribusi dalam beberapa organisasi kampus menjadikan salah satu impian yang mereka wujudkan sesuai dengan tujuannya. Namun di balik kebahagiaan itu, tanpa ingin mengeluhkan keadaan tapi tetap saja ada perasaan kecewa dimana hari yang dianggap sakral oleh mahasiswa kebanyakannya, hari wisuda. Akan tetapi, wisuda tahun ini masih dilakukan secara online. It’s okey, but i’am got it.

Pencapaian-pencapaian Kecil Membersamai IndiHome selama 2 Tahun

Pertama kali aku memasang WiFi di rumah tahun 2019, aku pun langsung memilih dan mempercayakan pada layanan IndiHome. Kenapa IndiHome? Ya, reputasi IndiHome di Indonesia sudah begitu melekat dengan baik. Sehingga saat mendengarkan nama “IndiHome” langsung terpikirkan internetnya Indonesia.

    Sudah hampir 2 tahun lamanya aku dan keluarga percaya kepada IndiHome. Jika diperhatikan, beberapa poin yang dapat aku simpulkan pencapaian-pencapaian kecil keluargaku terwujud berkat adanya dukungan internet dari layanan IndiHome:

Bisa menjadi Seorang Blogger

Dengan adanya dukungan IndiHome aku mengawali impian aku dalam berproses menjadi seorang blogger. Aku merasa dunia blogger begitu mengasyikkan. Dari menuangkan ide, gagasan, dan pengalaman pribadi di blog aku mendapatkan beberapa job dan kerja sama dari beberapa brands. Apalagi menemukan teman-teman yang sehobi, ibarat kata mendapatkan teman-teman sefrekuensi dengan kita. Dari blog inilah aku mengembangkan passion dengan cara mendekatkan diri kepada sesama blogger, mengikuti seminar dan pelatihan seputar blogger baik gratis maupun berbayar serta ikut bergabung dalam komunitas-komunitas blogger. 

Aku mendapatkan job pertama setelah 6 bulan menggali seluk-beluk tentang dunia blog. Pastinya selama 6 bulan itu bukan waktu yang singkat dan mudah, ya Buds. Ada effort, kadang capek, putus asa, bahkan masalah-masalah banyak aku rasakan. Namun bagaimanapun, aku selalu ingat kata Mama dan Papa bahwa dalam hidup kamu harus merasakan nikmatnya lelah ketika berjuang, tapi selalu percaya bahwa hasil tak akan pernah menghianati proses. Ya, aku meyakini itu selama berusaha, cepat atau lambat usaha kita akan membuahkan hasil.

Abang Berhasil Membangun YouTube Gaming dari Rumah

Nah, prioritas abangku di rumah juga tak lepas dari peran IndiHome dalam beraktivitas lewat konten di YouTube-nya. Aku pernah melihat beliau sendiri live lewat platform media online. YouTube abangku ini membahas seputar gaming. Jadi, selain live di media sosialnya, dalam mengedit setiap konten benar-benar tekun beliau lakukan. Bahkan akan ada aktivitas paling penting adalah mengunggah video yang telah diedit ke YouTube. Dan aku pernah juga membantu beliau dalam mengunggah konten di YouTube tentunya semua memakan waktu yang lama, sangat dibutuhkan internet yang stabil. Jadi semua konten di YouTube beliau bisa teman-teman perhatikan bahwa konten akan berjalan dengan lancar dikarenakan adanya dukungan  jaringan IndiHome. 

Maka dari itu, begitu aku mengerti membuat konten YouTube itu tidak semudah yang dibayangkan. Ada perjuangan dan pengorbanan yang tak datang dengan sendirinya. Terkadang juga membutuhkan viewers supaya banyak orang yang melihat YouTube ini. Karena mau tidak mau, YouTube akan menghasilkan jika pengunjung yang terus setia menonton. Semoga makin sukses dengan konten YouTube-nya, Abangku.

Abang Ipar Menuntaskan Pekerjaan di Bidang Jaringan Telekomunikasi

Selama pandemi ini abang iparku atau suami dari kakak, acap kali mengerjakan  pekerjaan di bidang jaringan telekomunikasinya di rumah. Sangat berarti baginya layanan IndiHome setelah belakangan ini rutinitasnya secara work form home, untuk mengerjakan tugas kantornya sehari-hari. 

Terkadang aku pernah melihat beliau mengerjakan tanggung jawabnya sangat banyak, pun aku mendengarkan keluhannya karena capek banget tugas yang menumpuk.  Nah, dengan bekerja di dunia jaringan itu sangat perlu internet yang super lancar sehingga pekerjaannya makin cepat  terselesaikan.

Bagi sebagian keluarga yang lain menganggap keseharian keluarga ini hal yang biasa saja dan tak ada berartinya. Tapi sebagian yang lain bertanya-tanya, kok bisa dalam satu rumah mengerjakan aktivitasnya bersamaan secara online,  dan internetnya tetap lancar aja. 

Dan karena kami sebagai  pengguna telkomsel sekeluarga juga mempercayai IndiHome untuk mendukung aktivitas tanpa batas kami dan mewujudkan impian bersama. Meski sama-sama berkegiatan secara  online pun, kami yakin loh ada bantuan dan dukungan dari internet yang bisa kami lewati satu persatu. Yap, semua butuh planning yang  matang agar visi misi sekeluarga berjalan. 

Menunjang Kedaulatan Digital Bersama IndiHome

Layanan fixed broadband milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) memiliki tagline terbaru ialah “Aktivitas Tanpa Batas”. Di tengah situasi pandemi yang meyakinkan kita mesti tetap berkreasi dan kreatif meski hanya stay di rumah saja. IndiHome adalah salah satu pilihan yang tepat bagi keluarga Indonesia dengan jaringan dan layanannya yang prima.

Adapun dalam menunjang aktivitas tanpa batas yang sampai detik ini IndiHome masih dipercaya berperan aktif membangun kedaulatan digital. Apa itu kedaulatan digital? IndiHome memegang peran penting untuk data dan aktivitas pelanggannya di ranah digital. Selain itu, infrastruktur akses internet dengan jumlah pelanggan 8 juta pelanggan atau 85% di seluruh wilayah nusantara dari kota hingga pelosok desa. Dan kedaulatan IndiHome yang selalu memenuhi kebutuhan internet masyarakat Indonesia, serta terus mengakselerasi pemerataan dan kesetaraan konektivitas broadband terdepan sehingga memberi manfaat lebih bagi masyarakat Indonesia.

Layanan fixed broadband PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) IndiHome ini membuat aktivitas masyarakat terutama atlet sangat bergairah, IndiHome menunjang aktivitas atlet seperti IndiHome by LEAD, yang merupakan akademi eSport dengan konsep athlete enablement. Melalui program ini, IndiHome membuka kesempatan dengan adanya program pelatihan untuk pemain eSport agar bisa menjadi player yang bermental baja dan profesional. LEAD by IndiHome yang akan menunjang atlet eSport untuk terus selalu meningkatkan skill, kerja sama tim, dan menjaga kebugaran tubuh lewat asupan makanan bergizi.

Yuk, wujudkan impian kita bersama IndiHome. Sampai saat ini, aku bersama keluarga masih percaya menggunakan IndiHome di rumah selama pandemi, mungkin seterusnya. Coba deh perhatikan aktivitas apapun yang dilakukan selama pandemi butuh internet dengan akses yang cepat. Tak hanya itu,  buat hiburan di rumah agar tidak stress maka kita akan bisa menggunakan layanan fitur TV. Dan layanan bebas telepon yang tentunya  akan mempererat silaturahmi dengan sanak yang jauh di luar kota. Pokoknya semua telah dihadirkan oleh IndiHome dalam satu genggaman.

Buat teman-teman yang sedang mewujudkan impiannya sepertiku, meski hanya dari rumah kita bisa banget loh memakai IndiHome untuk menunjang aktivitas kita di masa pandemi, sehingga kita semakin produktif. Yuk, semangat! Semoga kita bisa membangun impian yang ingin dicapai, Buds. Dan terealisasikan satu persatu impian tersebut! Aamiin….   

Referensi:

Pengalaman pribadi

Infografis: Ulfah Aulia - sahabatulfah, diolah dengan aplikasi canva

https://indihome.co.id/about-indihome

https://indihome.co.id/event/indihome-blogger-days

https://industri.kontan.co.id/news/pandemi-membuat-akses-data-internet-terus-bertumbuh