Rekomendasi Game Solitaire Terbaik dan Populer yang Lebih Bervariatif

  

Game-solitaire

    Kalau membicarakan tentang game, maka selalu berujung pada game yang selalu bervariasi dan update tiap harinya. Sebab game makin hari makin banyak juga, seperti halnya game yang booming akhir-akhir ini yaitu game solitaire. Game ini paling lama umurnya dibandingkan game saat ini, tapi masih jadi incaran untuk dimainkan. 

    Teringat dulu saat masih zamannya menggunakan komputer, aku suka memainkan game ini di komputer. Game ini hadir pada tahun 90-an, wah aku sebagai anak 90-an akhir ini masih suka memainkannya hingga sekarang. Terlebih game solitaire ini bisa mengasah kemampuan otak, refresh, dan lebih santai juga. Gak akan kita temukan keadaan yang menegangkan atau mengerikan di sini. Karena game ini mengubah suasana menjadi begitu tenang.

    Paling menarik dari game solitaire ialah kita bisa memainkannya tanpa harus mendownload dulu, sebab bisa langsung dimainkan langsung di websitenya. Dan kita bisa langsung menikmati game ini dengan menyenangkan walaupun hp kita yang sudah uzur ini. Asalkan jaringan kita kuat dan cepat untuk bisa menikmatinya langsung. Nah, tunggu apa lagi. 

Rekomendasi game solitaire terbaik dan populer yang lebih bervariatif

1. Spider Solitaire 

Game-solitaire

    Salah satu variasi game solitaire yang populer dan menantang yaitu spider solitaire, permainan ini sangat populer belakangan ini. 

Sejarah Spider Solitaire 

    Kenyataannya permainan ini muncul lebih lama dari dugaan kita, dimana pada tahun 1700-an hadir di Eropa utara. Permainan yang sampai melintasi Atlantik ke Amerika Serikat pada tahun 1870. Namun dia lebih dikenal sebagai "Klondike Solitaire", kemudian dipersingkat lah hanya "Solitaire" Nah, muncul nama spider Solitaire ini di tahun 1949. Dan mengalami popularitasnya ketika telah diinstal oleh Microsoft XP pada tahun 2001. 

Cara Bermain untuk Gameplay dengan Tiga Tingkat Spider Solitaire

    Setelah kita mulai game, maka game akan segera loading. Terlihat klik hijau dan putih di tengah bawah layar. Ini akan memunculkan pemilihan mode permainan, di mana kita dapat memilih: 

Mudah: 1  

Sedang: 2 

Keras: 4 

    Fitur Permainan setelah memilih tadi, sehingga otomatis permainan Spider Solitaire akan memberikan kartu ke Table kita.Di sini kita cukup kumpulkan tiga belas kartu dari suit, dalam urutan menurun dari King ke Ace. Setelah satu set penuh tiga belas kartu dirakit, kemudian kartunya dibuang. Dalam permainan ini kita berupaya untuk menumpuk kartu ke dalam urutannya. 

    Seperti apa urutannya? Urutannya ini didasarkan pada setelan dan peringkat. Misalnya, kartu akan ditumpuk K, Q, J, 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, A tanpa campuran suit. Kita dapat memindahkan kartu disekitar permainan dengan mengikuti seperangkat aturan.

    Skor kita akan ditampilkan dalam jumlah gerakan pada samping kiri atas layar. Skor game dimulai dengan 500 poin. Setiap gerakan berkurang sebesar -1 poin. Jika kita telah memainkan Solitaire tingkat satu dan ingin mendapatkan tantangan sulit maka bisa memilih tingkat 4. Dalam permainan ini kita tinggal mengikuti semua urutannya, jika kita kurang strategi maka akan mengurangi poin kita juga. 

2. Solitaire Word Game

Solitaire-Word-Game

    Permainan ini jadi lebih menambah kosakata dalam bahasa inggris, permainan ini dikenal dengan solitaire word game. Dan bisa menambah ketelitian kita juga.

Cara Bermain untuk Solitaire Word Game

    Pilih ukuran kotak teka-teki yang diinginkan yaitu 12x12, 14x14 atau 16x16 agar bisa memulai teka-teki ini. Game ini juga tersedia tombol untuk saran dan bantuan. Selanjutnya kita dapat mencetak teka-teki hari ini, juga ada pilihan bahasa yang ada di sudut kiri bawah. 

    Nah, pada sudut kanan bawah layar selamat datang terdapat tombol untuk berbagi game, informasi pengembang, dan menginstal game sebagai aplikasi. Fitur permainan gamenya menawarkan berbagai level untuk dimainkan pada setiap ukuran papan. Setelah itu ada pilihan untuk menyelesaikan level, kita dapat mengatur tanggal dari pemilih tanggal kalender di sebelah kiri. Andai kita tidak menyukai level hari ini, maka kita dapat memilih hari lain. 

    Bagian atas kolom kiri disediakan daftar kata dengan sejumlah kata yang akan ditampilkan, dengan begitu kita pun dapat menghitung berapa banyak kata yang tersisa. 10 kata pertama ditampilkan kemudian menemukan katanya, setelah siap kata itu akan menghilang dan digantikan oleh kata baru. 

    Kata-kata yang kita temukan dapat muncul dalam teka-teki maju, mundur, atas, bawah, atau diagonal. Ketika menemukan kata-kata dalam teka-teki kata-kata akan tersorot dengan warna hijau. Sudut kiri bawah game berisi tombol untuk menjeda permainan, memulai ulang level, menghidupkan atau mematikan musik, menghidupkan atau mematikan suara, dan beralih antara mode gim layar normal dan penuh.

3. Mahjong Solitaire

Mahjong-solitaire

    Variasi lain dari permainan solitaire ialah mahjong. Ternyata solitaire ini gak hanya permainan kartu saja ya. Banyak game-game lainnya yang bervariasi seperti game mahjong ini.

Cara Bermain untuk Mahjong Solitaire

    Permainan Mahjong ini seperti pada umumnya yaitu kita dapat mengklik 2 ubin yang cocok. Pilih ubin yang dapat dicocokkan dengan garis langsung atau garis dengan tidak lebih dari dua putaran 90 derajat di dalamnya. 

    Potongan-potongan yang terhubung mungkin berdekatan, sepanjang tepi yang sama, memiliki koneksi di tengah lapangan permainan, atau muncul di baris selama Anda dapat menghubungkannya dengan garis yang berputar 90 derajat tidak lebih dari dua kali dan tidak menyentuh yang lain. 

    Ketika tidak ada gerakan valid yang tersisa, ubin secara otomatis direshuffle. Mode putar game yang memungkinkan kita untuk memilih antara pertandingan cepat dan mudah, normal dan sulit atau bermain melalui kumpulan 30 teka-teki yang harus dikalahkan secara berurutan. Saat permainan kita dapat menawarkan petunjuk ke arah mana ubin akan bergerak atau mengisi saat celah dibuat.

4. Hidden Solitaire

Hidden-Solitaire

    Permainan ini bertujuan untuk menemukan barang yang tersembunyi yang diberi nama yaitu Hidden Solitaire. Kita dapat menemukan semua benda tersembunyi di dalam game.

Cara Bermain untuk Hidden Solitaire

    Klik pembesar objek untuk memilihnya. Dengan cara cubit atau klik panjang gambar untuk memperbesar atau memperkecil. Terdapat tombol layar penuh di sudut kiri bawah permainan. 

    Skor game ini memiliki 10 level yang diatur waktunya. Ketika berhasil mencetak pada setiap objek tersembunyi yang kita temukan diberikan point 500, 200 untuk setiap nomor tersembunyi, dan 200 untuk setiap menemukan perbedaan. Skor di setiap level juga bergantung pada seberapa cepat menyelesaikan teka-teki. 

    Struktur tingkat level berisi 3 tahapan yaitu temukan sekitar selusin objek yang cocok dengan objek yang ditampilkan di bagian bawah layar, temukan angka 1 hingga 30 di level yang sama, dan temukan perbedaan antara dua gambar level. Setiap kali kita memainkan level tertentu, item yang dipilih dan urutan item berubah. 

    Selain itu, ada petunjuk jika kita terjebak, cukup klik sudut kanan bawah yang dapat digunakan 3 kali per levelnya. Menggunakan tombol petunjuk dikenakan biaya 500 poin per penggunaan. Untuk memulai ulang jika kita kalah pada level permainan ini, maka cukup memulai kembali di level pertama. Itu artinya jika kalah maka dapat menyegarkan halaman game dan memulai level dari awal lagi.

    Ternyata game solitaire yang kita mainkan selama ini hanya satu saja ya. Gak menyangka sekarang ada pilihan game lainnya yang dapat dimainkan. Game yang selalu mengingatkan kita pada zaman dulu ini ternyata udah lama berkembang di negara lain selain Indonesia. 

    Kalau dari aku baru ini yang bisa dicoba, mungkin kalau teman-teman pernah mencoba game solitaire yang seru lainnya bisa kasih rekomendasi gamenya ya. Baiklah, sekian rekomendasi game solitaire terbaik dan bervariasi dari aku, terima kasih Buds

11 comments:

  1. Waaaah ntr mau coba Solitaire yg word dan hidden deh. Selama ini aku mainnya yg Klondike Mulu mba, cuma ngerti yg itu 😅. Naaah kalo mahjong tapi aku juga sukaaaa. Ngelatih mata banget Yaa cari mana yg bisa diconnect -in .

    Seruuu memang Solitaire ini. Games yg paling sering aku mainin setelah Mario Bros 🤭. Ngilangin jenuh banget, apalagi kalo sedang nunggu temen. JD kayak ga berasa :D

    ReplyDelete
  2. Dari 4 jenis game solitaire di atas, yang paling sering aku mainin dulu yang pertama yaitu spider soilitaire. Nah kalau Mahjong Solitaire kayaknya pernah main. Namun Solitaire Word Game dan Hidden Soilitaire belum pernah main sama sekali, sepertinya menarik.

    ReplyDelete
  3. Jadi ingat hobi lama main solitaire nih.. iya, dulu banget suka mainin ini online maupun offline. Baru tahu ternyat ada banyak macamnya ya..mau nyobain satu2 kapan2 ah.. Terimakasih infonya ya..

    ReplyDelete
  4. Jadi ingat masa-masa dulu, Kak. Kalau hari minggu ke rental komputer cuma buat main spider solitaire. Kalau ada yang online gini, jadi bisa main lagi, dan ga perlu ke rental komputer.

    ReplyDelete
  5. Aku jadi ketagihan main kartu di Solitaire ini mba. Haha

    Soalnya lumayan buat ngilangin jenuh & mumet. Gamenya juga sederhana walau masih mikir juga. Pas bisa selsesaiin gamenya rasanya ada perasaan senang & lega. Wkwkwkk

    ReplyDelete
  6. Wah aku suka nih yang word search hahahaha kayak main teka teki silang tapi caranya menemukan kata ya.
    .aku jadi nambh kosakata juga

    ReplyDelete
  7. Yang Hidden Solitaire ini menarik, bisa jadi ide untuk bermain game di rumah juga, menyembunyikan sesuatu di dapur, hihihi.. cobain, ah!

    ReplyDelete
  8. Ya ampun, game ini mainan aku dari semenjak sekolah. Dan mainan paling meriah lah, ga pake internet :D . Solitaire makin variatif ya, pokoknya mainan sepanjang zaman dah

    ReplyDelete
  9. Paling sering liat orang main solitire yg versi kartu tapi saya gapaham. Kalau disuruh milih, prefer pilih yg kedua deh, yg solitaire Word search, lumayan buat ningkatin kosakata b.inggris 😁

    ReplyDelete
  10. jujur aku baru tau yaa kalau ternyata game solitaire itu ragamnya ada banyak banget hahha, aku kira yang main kartu aja di komputer wkwkkwwk

    ReplyDelete
  11. wah udah lama ga main solitaire, terimakasi infonya kak :D

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak (Komentar akan dimoderasi) dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by diane555. Powered by Blogger.