Lagu Kuman Hoala Koala yang Mengutarakan Nasihat Para Ibu

  

Lagu Kuman Hoala Koala yang Mengutarakan Nasihat Para Ibu

 Sebuah keresahan bagi  orangtua saat melihat betapa lesunya perkembangan dunia musik anak di Indonesia. Ya, lagu anak Indonesia semakin langka. Hampir lagu anak nasihat para Ibu Ayah (orang tua) yang menjadikan contoh mendidik dan menasehati anak tak begitu update lagi. Nah, pasti sebagian dari Ayah Ibu yang mulai khawatir melihat fenomena banyaknya lagu dalam dan luar negeri yang memiliki lirik yang tidak sesuai untuk anak. Ditambah lagi di era digital di mana semua informasi dapat dengan mudahnya diserap oleh otak anak dalam hitungan detik.


    Meskipun aku belum menjadi seorang Ibu saat ini, aku pun pernah terpikir juga kenapa lagu anak hampir dibilang punah alias tidak mengalami peningkatan seperti halnya lagu kaum milenial yang sering trending begitu saja. Alhasil, pertanyaan besar ini terjawab sudah setelah mendengarkan kabar perkembangan lagu anak Indonesia. 


    Ternyata pada akhir tahun 2020 terciptanya lagu masa kini yang berisikan karakter musikal yang bernama Hoala & Koala. Yeay!!! Menjadi kebahagiaan buat kita semua terkhusus para Ayah Ibu.


Lagu Anak Hoala Koala


   Hoala & Koala adalah sepasang sahabat yang sangat gemar menyanyi, sehingga karakter ini akan terus mengeluarkan banyak lagu ke depannya. Mengapa harus digambarkan dengan karakter 3D? Karena karakter ini akan menjadi karakter yang tak akan lekang oleh waktu dalam berkontribusi di dunia musik anak, tanpa mengkhawatirkan bahwa mereka akan tumbuh dewasa dan mengalami perubahan suara. 


    Selain Hoala & Koala, seluruh karakter yang ada di dalam animasi musik ini juga mampu bernyanyi, seperti tokoh Ayah, Ibu, Miss Jeruk, dan lainnya. Dengan banyaknya variasi karakter dan suara, diharapkan lagu-lagu yang disajikan tak hanya dapat menghibur anak-anak, namun juga dapat menghibur para orang tua yang menemani anaknya menonton atau mendengarkan lagu dari Hoala & Koala. Saat ini Hoala & Koala sudah memiliki 5 album dan lebih dari 45 lagu anak-anak baru yang bisa dilihat di Youtube, Spotify hingga iTunes.


Seperti Apa Karakter Hoala & Koala


    Karakter ini divisualisasikan dengan animasi 3D dan memiliki karakter seperti layaknya anak-anak zaman sekarang yang tumbuh berkembang di tengah era digital.


    Melihat kebanyakan musik anak-anak di Indonesia selama ini tidak pernah mendapat perlakuan istimewa dalam sisi penggarapan, Hoala & Koala menggarap seluruh musiknya dengan serius dan matang. Banyak musisi internasional yang terlibat di dalam pembuatan aransemen dari musik Hoala & Koala, serta banyak sekali alat musik yang tak lazim digunakan untuk lagu anak yang dipakai dalam penggarapan album-album Hoala & Koala, seperti saxophone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, harpa, hingga instrumen etnik Indonesia seperti gamelan dan angklung.


    Hoala & Koala ingin membuktikan bahwa tak selamanya musik anak-anak adalah musik yang sederhana dengan balutan musik yang juga sederhana. Selain itu, kualitas vokal yang ditampilkan juga merupakan kualitas vokal yang bisa disandingkan dengan musik di luar genre anak-anak.


    Selain kualitas vokal, keterlibatan musisi internasional hingga banyaknya instrumen yang digunakan, Hoala & Koala juga memiliki keunikan lainnya dalam pemilihan genre. Tak hanya satu genre children pop yang diangkat oleh Hoala & Koala, namun terdapat variasi genre lainnya seperti jazz, big band, swing, jpop, hingga etnik.



Lagu Anak Nasihat Para Ibu yang Relate dengan Kehidupan



    Nah, Hoala & Koala hadir untuk menjadi salah satu solusi sebagai lagu anak yang relate dengan kehidupan saat ini. Salah satu yang cocok sekali untuk dijadikan sebagai lagu untuk edukasi anak paud atau pra-sekolah adalah ‘Kata Ibu’. Coba dengarkan liriknya yang menggambarkan dialog antar ibu dan anak, pasti Ayah Ibu familiar dengan beberapa kondisi yang ada dalam lagu anak Indonesia ini kan.


    Karena pola irama yang dimiliki lagu anak-anak adalah pola yang sangat sederhana, maka lagu anak ini pun menggunakan irama dan notasi yang sangat sederhana. Sekali mendengarkannya saja, seharusnya irama dari lagu anak Indonesia ini pun sudah menempel di telinga pendengarnya.


    Kehadiran Hoala & Koala diharapkan dapat membangkitkan kembali dunia musik anak-anak dan menaikkan level serta pandangan umum atas lagu anak. 


Lagu Anak Kuman Hoala Koala



Lirik
Habis pergi harus segera mandi
Kalau kamu tak mandi kuman jadi sekompi
Kuman-kuman
Dapat kamu hilangkan
Jika kamu basuhkan badanmu
Yuk, bersihkan!

Kuman-kuman
Dapat kamu bersihkan dengan segera mandi
Setelah kamu pergi
Kuman-kuman
Dapat kamu bersihkan dengan segera mandi
Setelah kamu pergi

Setiap hari harus menggosok gigi
Kalau takgosok gigi kuman jadi sekompi
Kuman-kuman
Dapat kamu hilangkan
Jika kamu bersihkan gigimu
Setelah makan

Kuman-kuman
Dapat kamu bersihkan
Dengan menggosok gigi
Rutin setiap hari
Kuman-kuman
Dapat kamu bersihkan
Dengan menggosok gigi
Rutin setiap hari

Kalau kamu langsung mandi, gosok gigi
Kami lari
Kalau kamu langsung mandi, gosok gigi
Kami lari

Kuman-kuman
Dapat kamu bersihkan
Dengan segera mandi
Setelah kamu pergi
Kuman-kuman
Dapat kamu bersihkan
Dengan menggosok gigi
Rutin setiap hari

Lagu anak Indonesia ini bercerita tentang pengalaman setelah bermain di luar. Tadi anak-anak malas mandi setelah asyik bermain di luar, namun Ibu menegurnya. Katanya, kalau tidak mandi dan gosok gigi, nanti banyak kuman yang dapat menyebabkan penyakit. Jadi, anak-anak diajak setelah keluar untuk mandi dan gosok gigi dan tak lupa makan juga. 

Baik sekian artikel tentang Lagu Kumon Hoala Koala yang Mengutarakan Nasihat Para Ibu, Buds. Semoga lagu Hoala Koala yang lain banyak yang menginspirasi anak-anak Indonesia. Thanks you, Buds. See you🤗

16 comments:

  1. Mau lihat Hoala tayang di tv. Eh tapi pernah ditayangin di tv nggak ya?

    ReplyDelete
  2. Suka banget lagu-lagu inspiratif penuh dengan nilai pendidikan. Semoga bisa dijadikan pedoman dalam pendidikan nasional.

    ReplyDelete
  3. seneeeeng banget ada lagu dan animasi sekeren ini dari Indonesia, semoga bisa terus berkembang ya Hoala Koala emang penyelamat generasi milenial nih hihi

    ReplyDelete
  4. selalu saya buka nih channel Hoala Koala, sewaktu sendirian atau ketika keponakan2 saya datang

    akhirnya mereka kecanduan dan nyanyi2 lagu Hoala Koala di rumahnya

    ReplyDelete
  5. kereeeennn banget ini mah, krn saat ini sudah jarang lagu anak-anak yang baru. Kasihan anak-anak sekarang, yang mereka nikmati lagu yang bukan untuk usia mereka.

    ReplyDelete
  6. Aku jadi penggemar Koala dan Hoala nih. Asyik lihat animasinya dan dengerin musiknya. Horeee jadi riang gembira

    ReplyDelete
  7. Wah bagus ya lagunya, mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan tubuhnya. Perlu nih dikasih denger ke anakku biar nggak susah kalau diajak mandi, hehe

    ReplyDelete
  8. Ponakan daku sepertinya bakal suka nih sama Hoala Koala.
    Soalnya memang suka bingung ngasih rekomendasi lagu anak².
    Dengan lagu yang seusianya pasti lebih bagus untuk perkembangannya

    ReplyDelete
  9. Baru beberapa pekan terakhir aku kenal dengan karakter Hoala dan Koala ini. Salutttt sana inisiatirnya, ngeuh banget bahwa anak Indonesia butuh musikal 3D seperti ini.

    ReplyDelete
  10. Saya juga resah mbak saat mendengar lagu yang dinyanyikan anak anak sekarang. Apalagi saya punya anak balita jadi harus extra perhatikan lagu apa yang dia nyanyikan. Nanti mau coba kenalkan dengan Hoala dan Koala.

    ReplyDelete
  11. Inovasi keren nih, perlu banget ada orang yang peduli dengan lagu2 anak yang bagus dan mengedukasi. Acungin jempol deh, jadi pengen mereview juga ah...

    ReplyDelete
  12. Senang sekali kalau ada lagu anak-anak lagi. Soalnya sekarang anak-anak lebih suka nyanyian dewasa ya

    ReplyDelete
  13. Koalanya lucu ya. Anak anak pasti suka, liriknya juga mendidik. Harusnya lebih viral nih, biar bisa gantiin lagu lagu tiktok yang lebih banyak dinyanyiin anak anak. Mungkin kerjasama dg youtuber Diwan atau Jeevan akawa

    ReplyDelete
  14. Hola Koala ini bagus untuk memberikan edukasi kepada anak-anak. Lucu, anak2 pasti tertarik. Makin canggih teknologi makin banyak platform parenting seperti ini yaa... keren.. sesuai dengan orang tau milennial zaman now

    ReplyDelete
  15. Wah senangnya ada lagu anak Hoala Koala, secara sekarang sudah jarang ya lagu anak yang mengedukasi seperti ini

    ReplyDelete
  16. Iya ya, dulu 90an cukup banyak koleksi lagu anak. Sekarang dengerin bocil nyanyi lagu patah hati bukannya sampe ke hati lagunya, malah bingung. Wkwkw. Syukurlah, mulai muncul lagi lagu2 yang tepat untuk dikonsumsi anak-anak

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak (Komentar akan dimoderasi) dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by diane555. Powered by Blogger.