Memaknai Self Love Dengan Menghargai Diri Sendiri dan Menikmati Hidup

July 04, 2021

Self-Love-Sahabatulfah

Buds, self love versi kalian gimana? Kalau aku sih lebih menghargai diri sendiri dan menikmati hidup dengan nyaman dan tenang. Bagaimana kita mencintai diri sendiri, kalau kita masih memiliki beberapa sifat yang kita benci, misalnya pemalas, tukang php, tukang gosip dan sebagainya. Wajar saja jika kita merasa sulit memaknai self love. Wajar jika kita tidak terlalu nyaman dengan diri sendiri. Namun, betapa banyak orang yang salah memaknai self love. 


Kali ini aku bahas definisinya dulu. Self love merupakan suatu keadaan dimana kita lebih mencintai kelebihan dan kekurangan kita. Tak akan bisa kita memisahkan keduanya sampai kapanpun, hehehe dah kayak jodoh aja. Yap, memang sebetulnya kelebihan dan kekurangan ini menjadi satu kesatuan dari diri yang harus kita miliki. Self love adalah bentuk penerimaan diri kita dengan apa adanya yang diberikan Tuhan yang Kuasa, lebih komplitnya bagaimana kita memperlakukan diri sendiri dengan baik.



Terkadang wajar kok kita merasakan sedih, kesal, marah atau apapun perasaan yang dirasakan. It’s okey, karena itu tak usah jadi beban masalah. Jadi, dengan begitu kita menerima diri kita sendiri. Ya, memang hidup pasti ada saja masalah yang datang. Seperti aku saat ini, menjadi mahasiswa akhir memang beban dan masalahnya tak lepas dari setumpuk proposal yang diperjuangkannya. Tak jarang mendapatkan banyak revisian lagi dan lagi. Aku sering bilang sama diri sendiri bisa yok, semangat yok, sedikit lagi fah kamu pasti bisa. Ya kata-kata itu menyemangatiku saat down, kemudian kembali lagi bangkit. Jadi, self love juga berkaitan loh dengan kesehatan mental kita.



Benar saja, saat aku bilang begitu kepada diriku sendiri. Tiba-tiba aku merasa energiku bertambah lagi. Mungkin saat inilah waktunya aku kejar target, berjuang dengan diri sendiri. Apapun itu, aku pasti mendahulukan asupan jiwa dan mental pastinya. Karena itu aku tidak akan pernah menyalahkan diri sendiri, tak mau membawa beban. Ternyata cara begini benar yang mana aku baca dari buku Dedy Dahlan, beliau mengatakan bahwa setiap passion, karier dan hidup yang mengendalikan kenikmatan dan kebahagiaannya adalah tangan kita. Tak usah percaya desas-desus di TV perihal wujud orang sukses, tak usah ikut-ikutan trend untuk menentukan apa yang kita nikmati, dan tak usah bergantung kepada orang lain untuk bisa beraktivitas dengan hati.



Self-Love-Ulfah-Aulia-Sahabatulfah


Dalam hidup, tiap orang pasti ada saja masalah. Kitalah figur untuk mencari kenikmatan dan kebahagiaan diri kita. Segala sesuatu yang kita pasti akan kita rasakan ketenangan dan kedamaiannya. Terbesit di benakku sebuah kata kesuksesan. Sering merenung kepada diri sendiri apakah aku akan sukses? Sekarang aku sadar kesuksesan tidak perlu dikejar, karena diri kitalah yang dikejar oleh kesuksesan. Ya, bagaimana kita conform pada zona yang kita lalui. 



Enggan bagi kita yang mengaku self love pada diri sendiri untuk membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain. Kalian pernah gak melihat orang lain tampak lebih hebat, jalannya begitu mulus, kariernya cemerlang, pokoknya semuanya sempurna dan terlintas di pikiran kita ingin menjadi seperti mereka. Lalu kita bertanya kepada mereka bagaimana caranya bisa sukses seperti mereka? Karena kita ingin dan kita tirulah cara mereka padahal belum tentu loh jalan yang kita lalui dengan mereka bakalan sama. Tapi akhirnya apa yang kita dapatkan, Buds? Hmm, yang ada kita tidak berhasil mencintai diri sendiri alias tidak bisa menikmati aktivitas kita. 



Ya, self love itu tidak semua keinginan kita harus dipenuhi. Ini yang mendasari kita hilang kontrol terhadap diri sendiri. Bahkan tak heran melihat orang yang melimpah ruah baik harta dan tahtanya tapi pas kita lihat diri mereka sibuk mengejar dunia mereka, sampai lupa bahwa mereka sedang dalam keadaan berbahaya. Ada kok orang yang hidupnya sederhana, namun mereka enjoy dalam menikmati hidupnya. Karena kitalah yang bertanggung jawab atas tindakan kita. Yok, sesekali luangkan waktunya untuk tidak terlalu kaku dengan pencapaian orang lain. 



Yang perlu diingat kita semua punya cara membuat diri kita berbahagia. Aku pribadi akan bahagia sekali jika aku tidak menjadi orang super sibuk. Aku senang dan bahagia apabila mempunyai banyak waktu dengan diri sendiri dan keluarga. Bagi pribadiku, meluangkan waktu jalan-jalan ke tempat healing seperti ke pantai itu membahagiakan kok. Atau sekedar duduk-duduk santai di depan rumah sambil melihat tanaman hijau (bagi yang pernah liat story ig pasti sering liat story aku seperti halaman rumah plus pepohonannya) nah tempat healing begitu yang kucari, yang menyebabkan timbul ketenangan dan kebahagiaan yang tiada tara. Selain banyaknya tanaman di halaman rumah, dan di seberang rumahku juga ada ladang tanaman yang hijau. Inilah bentuk rasa syukurku tinggal di kota, namun suasananya begitu asri ditandai dengan hijau alamnya sekitar rumahku. Di malam harinya, aku makan bercanda dan tertawa bersama keluarga, dan terakhir sebelum tidur aku mendengarkan musik, membaca buku, mendengarkan youtube, dan sebagainya. Ini sudah membuat hidupku lega, so enjoy and happy, Buds.



Buds, saat keadaan pandemi gini self love saat ini lebih menjaga kesehatan juga. Lebih banyak berita yang beredar, maka kuatkan mental atau sebisa mungkin tidak menakut-nakutkan orang-orang. Yuk, fokus sama diri kita dulu. Sebab menjaga kesehatan kita sama dengan mencintai diri sendiri dan orang-orang tercinta kita. Kalau lingkungan sedang tidak baik-baik saja, mari kita berempati dan peduli kepada kesehatan fisik dan mental kita. 



Terakhir pesan self love untuk aku dan kita semua, cintailah diri sendiri sebelum kita mencintai orang lain, hehehe. Take care and take love, Buds!!!

28 comments:

  1. Cintailah diri sendiri👍👍

    ReplyDelete
  2. Klise sih perkara self love ini tapi patut untuk kita renungkan ya bahwa kita juga pantas bahagia dan harus menghargai usaha sendiri dulu heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya kak, benar-benar direnungkan biar kita bahagia dan menghargai diri sndiri🤗

      Delete
  3. Semangat skripsi! Berarti nanti sidangnya online ya.
    Caraku untuk Self love adalah makan makanan sehat dan olahraga. Ya menjaga kesehatan fisik dan psikis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat juga berkarya kak💪Hooh online kak, hehehe. Mantappp kak, tetap sehat kak🤗

      Delete
  4. Aku kadang suka 'kepleset' dengan kaya self love, niat hati mau self love dengan ngga kerja terus2an, eh malah keterusan rebahan hahahha... thx mba buat tulisannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duhh aku juga gituu kak, semoga bermanfaat ya kak🤗

      Delete
  5. Kadang citra dari kehidupan yang diberikan banyak orang di media sosial terkadang membuat saya gak self love, tapi mgkn dgn bersykur bisa membuat kita untuk merasa cukup menrima diri sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener kak, jadi gak perlu bnget percaya sama citra dunia maya kak biar kita always happy...

      Delete
  6. Setuju banget sih kalau kita udah mencintai diri sendiri dan mengenali diri kita apa adanya, Insya Allah mudah memberikan cinta untuk orang lain dengan tulus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar bangett, kalau sudah mencintai diri sendiri dengan baik sudah pasti juga tulus mencintai orang lain ya kak

      Delete
  7. setuju Kak..kita harus lbh pandai mencintai diri sendiri sebelum bisa mencintai orang lain.. tidak mengorbankan kebahagiaan diri demi kebahagiaan org lain, self love jg menurutku..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh betul kak, kebahagiaan buat diri itu memang paket komplit dalam bentuk self love

      Delete
  8. Betul kak, cintai diri sendiri perlu memang dengan membahagiakannya dan menyediakan waktu khusus alias me time. Karena diri sendiri juga perlu bahagia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya setuju kak, me time ternyata juga memang bisa membuat kita lebih bahagia dan mencintai diri sendiri ya kak

      Delete
  9. Bener banget Kak. Orang-orang tuh pada ngertinya self love dijadikan excuse untuk malas-malasan atau nggak merawat diri. Padahal misal aku sedang olahraga walau belum ada niatan untuk weigh loss pun udah termasuk self love karena aku dengerin kebutuhan tubuhku untuk beraktivitas fisik lebih dan jadi sehat. Buat yang mungkin struggling juga, bareng2 memotivasi satu sama lain yuk daripada menghakimi :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuu, sebenarnya buat menjaga tubuh dan merawat diri lebih self love daripada jadi orang mageran yah kak. Yukk sama-sama support diri kita kak biar tetap self love ;)

      Delete
  10. Yup. Its oke not to be oke.

    Kadang merasa baik-baik saja malah makin melukai ya


    Aku suka penjelasannya sederhana tapi dapat kak.

    ReplyDelete
  11. cintailah diri sendiri sebelum mencintai orang lain, agak susah sih menjalankannya tapi itu membuat bahagia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa memang agak susah tapi hasilnya bikin kita lebih bahagia kak

      Delete
  12. Bener banget. Jangan menyadarkan kebahagiaan kita ke orang lain. Nanti kecewa. Harus diri kita sendiri lah yg bahagia dulu dan mencintai diri sendiri dlu, br bisa membahagiakan dan mencintai orang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa benar sekali, cintai dan buat diri kita bahagia sebelum kita mencintai orang lain ya kak...

      Delete
  13. Pernah merasakan seperti itu, pengin seperti orang lain. Akhirnya sekarang udah merdeka, apapun yang didepanku itulah yang harus aku prioritaskan, aku yang terbaik buat aku sendiri, buat keluarga, buat orang2 yang aku cintai :)
    Aku menyebutnya dengan, merdeka!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren nih, baru tau dan pas banget kalo dah merasakan hal begitu sama dengan merdeka ya kak🤗

      Delete
  14. Apa love self termasuk egois,, maksud saya begini ketika kita mencibtai diri kita berarti kita lebih mementingkan diri kita daripada orang lain bukan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda dong. Kalo egois kita mencintai diri kita sendiri tanpa memikirkan orang lain kk, kalo self love kita lebih mencintai diri sendiri dan kita hidup juga membutuhkan org lain, karena itu kita masih merasa hidup buat orang lain jga...

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak (Komentar akan dimoderasi) dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by diane555. Powered by Blogger.