Tips Prokes Sederhana dan Mudah Diterapkan Agar Tetap Aman Saat Bepergian

Buds, gimana kondisi kalian saat ini? Sehat kan, tetap jaga kesehatan ya karena dunia sedang tidak baik-baik saja. Kita sama-sama tahu bahwa covid belum berakhir, justru bertambah kan.

Tips-Prokes-Sederhana

Ternyata, si covid versi delta sekarang ini lebih membahayakan daripada si covid versi alfa loh. Covid versi delta dapat menyebar dengan cepatnya hingga 15 detik. Wah, pokoknya tetap taati aturan ya. Sekarang tinggal bagaimana kita yang menjaga diri lebih ketat menerapkan prokes lagi. Dengan segala prokes yang digaungkan pemerintah.

Kini telah mulai Perlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang berlaku di beberapa kota. Nah, aku sendiri punya cara untuk menerapkan prokesku. Demi melindungi diri kita dari dunia yang sedang tidak baik-baik saja, Buds. Hal penting ini yang aku lakukan untuk menerapkan prokesku dan menjadi perhatian buat kita semua, Buds.

Berikut ini tips prokes sederhana dan mudah diterapkan agar tetap aman saat bepergian, kalian wajib tahu :


1. Tetap Gunakan Masker Saat Keluar Rumah


Aku sejujurnya sih diberlakukan pembatasan kegiatan atau di rumah saja gak ada masalah. Saat aku di rumah saja sinyal WiFi yang bagus udah mendukung kok, apalagi ditambah lingkungan rumah yang tenang yang membuatku tak mesti keluar untuk pergi tanpa tujuan saat kondisi tak menentu gini. Yang ada bikin kita gak tenang ya, bikin kita parno sama keadaan. Batuk sedikit orang kita malah berpikiran buruk, tapi memang seperti itu sih keadaan kita, yang terpenting jangan lupa gunakan masker kemana pun ya, Buds.


Seketat apapun peraturan dari pemerintah terkait protokol ini. Nah, kalau gak didukung dan diikuti oleh masyarakat sendiri, ya sama aja bohong. Toh, pemerintah gak bisa bekerja sendiri. Maka kita yang menaati aturan dengan menggunakan protokol kesehatan. Yang paling utama saat keluar rumah selalu bawa dan gunakan masker, ya Buds.


2.Bersihkan Badan dan Cuci Pakaian Setelah Pulang dari Manapun


Buds, virus ini gak terlihat jadi kita sendiri yang tahu dengan menyadari diri saat keluar rumah, maka segera membersihkan badan dan juga mencuci pakaian kita.Dan aku sendiri kalau pulang dari manapun akan selalu membersihkan badanku dan menaruh pakaian yang dikenakan tadi ke mesin cuci. Segampang itu, tapi lumayan sulit kalau belum terbiasa. Hehehe


Ya, begitu lah cara kita menjaga kesehatan tubuh ini. Karena itu kita tak tahu siapa dan dimana virus ini menempelnya. Namun satu hal yang penting, kita dapat menjauhi tempat yang berkerumun. 


3. Sterilkan Paket Belanja yang Dibawa


Mulai dari plastik, kotak paket, bungkusan makanan, dan sebagainya yang dapat disterilkan ketika kita pulang dari pasar atau mall. Bahkan saat tukang kurir yang datang mengantarkan paket kita maka jangan lupa untuk menyemprot paket tersebut dengan disinfektan agar paketnya lebih yakin untuk kita pegang dengan tangan. Pun setelah megang paketnya tersebut, kita harus mencuci tangan dengan sabun, boleh juga gunakan hand sanitizer sesudahnya.


4. Social Distancing Saat Bertemu dengan Orang


Social-Distancing-Saat-Bertemu-dengan-Orang-Sahabatulfah


Coba bayangkan saat ini kita berdekatan dengan orang-orang. Yang bikin kita parno banget ini nih, orang-orang yang masih berkerumun tanpa menjaga jarak. Serba salah ya apalagi bepergian, kalau maunya nongkrong dan mencari tempat makan yang paling sepi malah takut gak sesuai selera. Hingga akhirnya kita pilihlah tempat yang memang terkenal enak dan pastinya ramah di kantong tentunya bertemu dengan banyak orang.


Ya, walaupun disuruh buat social distancing tapi kan ruangan dan tempat di sana belum tentu aman. Nah, serba salah kan. Pokoknya kalau bepergian usahakan mencari waktu yang pas agar orang sepi dan tidak terlalu berkerumunan.


Tetap taati aturan prokes dan selalu bawa alat prokes saat bepergian, ya Buds.


32 comments:

  1. Tfs kak bener banget nih semoga kitas semua sehat selalu ya aamiin

    ReplyDelete
  2. Saya termasuk orang yg udah gak merhatiin hl bginian sih hehe karena kayak udah gak percaya aja gitu kalo corona ini emang bahaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuhhh karena informasi yg simpang siur juga salah satu yg bikin kita gak percaya ya. Tapi ntar lama2 kita akan terbiasa kok malah kayak flu aja gituuu

      Delete
  3. Udah bosen denger himbauan, taati prokes juga sudah, tapi masih belum kelar juga yaa ini pandemi malah makin parah. Penyekatan dimana-dimana.
    Saya sebenarnya udah ga ambil pusing lagi, yang penting kitanya taat prokes, cuma kadang berita di sosmed bikin parno

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iyaa kak, udah taati prokes gini tapi keadaan makin bahaya ya. Kadang kalau liat berita di sosmed tuh kita makin parno, auto skip tuh berita, duhh semoga si covid segera minggat dri bumi ini...

      Delete
  4. Sayangnya, masih banyak perdebatan dan pihak yg kontra dengan Covid ini. Sedih aja sih karena kalau kayak gitu terus bakal tambah banyak yg abai prokes dan penderita makin bertambah. Kasian nakes dan dokter.
    Mungkin mereka yg gak percaya Covid karena memang belum pernah kena sih. Kalau sudah merasakan, mereka gak akan berani bilang gak percaya. ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa sayangnya begitu kak harus ditimpa dulu baru sadar selama ini salah gak ikuti prokes dsb, padahal kalau dari awal sadar dan peduli bisa mengurangi penularan covidnya, yg paling sayang itu memang tenaga medis ya walaupun diberi bonus insentif tapi mereka tetap beresiko banget.

      Delete
  5. Protokol kesehatan harus diteraokan. Ini juga artikel bagus. Bisa dicontoh

    ReplyDelete
  6. setuju! bahkan sekarang aku pakai double masker kalau keluar rumah, di jakarta kaya udh setiap jengkal ada potensi virus corona nya ya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kak, di pusat memang udah waspada mesti kitanya kalau keluar pake double masker gituuu

      Delete
  7. Kemanapun, atau dimanapun termasuk di rumah, sekarang harus menerapkan prokes. Yang enggak ke mana-mana, kayak di tempat tinggal saya juga positif Covid-19.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar kak, prokes selalu dijalankan kk. Nah ini kadang bisa juga dari paket atau barang yg dari luar karena kelupaan buat menyemprotkan ke barang itu, jadinya menempel di tubuh kita dg cepat nih.

      Delete
  8. semenjak terkena penyakit ini pun, saya jadi lebih berhati-hati. masker yang dipakai double dan sebisa mungkin jaga jarak dengan orang2 ketika harus beli2an keluar

    ReplyDelete
  9. Menerapkan prokes seperti memakai masker dan cuci tangan itu nggak hanya berguna mengurangi resiko terkena korona, tapi juga dsri berbagai macam sumber penyakit. Jadi menjaga kebersihan dan kesehatan itu jadi kebiasaan n gaya hidup yang banyak manfaatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yapp setuju banget kak malah mengatur dan menjaga pola hidup yg sehat ya kak...

      Delete
  10. saat kondisi seperti ini. menjaga kesehatan dan mentaati prokes memanglah suatu perihal yang sangat penting. Ini semua untuk menjaga diri kita sendiri dan orang yang kita cintai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iyaa mas, menjaga kesehatan kita saat ini sama dengan melindungi diri dan orang yg kita cintai juga ya...

      Delete
  11. iya nih, kita tuh harus tetap wanti-wanti prokes meskipun masih banyak orang yang udah abai. Sementara kasus covid semakin ngeri. Kalau saya minimal ada cuci tangan dan menjaga kebersihan badan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yapp setuju kak seminimal mungkin cukup cuci tangan dan kebersihan badan kita ya

      Delete
  12. Melihat kondisi negeri kita saat ini memang sangat memprihatikan ya. Jadi untuk membantu pemerintah dan menjaga orang di sekitar kita memang harus selalu menaati prokes. Bismilah, kita ikhtiar semaksimal mungkin. Semoga pandemi ini lekas usai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kakk, sama-sama berjuang menjaga diri kita dgn menaati aturan prokes ya kak, biar kondisi seperti ini segera usai, aamiin 🤗

      Delete
  13. Wah terima kasih tipsnya mba.. Saya juga berharap semoga herd imunity di negara ini cepat terbentuk supaya kita bisa beraktivitas secara normal lagi. Amin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mba, semoga keadaan ini segera membaik ya kak dan kita dapat mengambil hikmah dibaliknya kk

      Delete
  14. Terima kasih tipsnya mba, stay safe, jaga kesehatan dan tetap patuhi protokol kesehatan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas, iyaa stay healthy and safety ;)

      Delete
  15. kalau pakai masker kayaknya sekarang sudah jadi kebiasaan banget jadi kalau ke luar rumah nggak pakai masker itu rasanya ada yang kurang. kalau prokes yang lain kadang aku masih suka lupa kayak mensteril barang-barang belanjaan dan langsung mandi begitu tiba dari luar rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuu kak masker sudah jadi kebutuhan kita deh kayaknya saat ini dan memang bikin kebiasaan baru itu susah2 gampang diterapkan ya kak

      Delete
  16. Benar bangettt.sekarang tu jadi parno kalau mau kemana2. Lebih hati2 sekarang dan minimal nerapin prokes sederhana biar tetap aman dari virus.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak dan saling follow ya, thanks 🙏😊

ads
Theme images by Galeries. Powered by Blogger.