Akhirnya, KKN Online Selesai. Cerita Kuliah Kerja Nge-edit Masa New Normal



Sejak mula KKN online diumumkan, aku termasuk orang yang kurang setuju dengan diadakannya KKN online karena semua benar-benar online, tanpa tatap muka dengan siapapun. Ya tapi itu pilihan yang tepat di era new normal, kampusku membuat keputusan dengan kegiatan kampus tidak boleh dilakukan di luar rumah, termasuk KKN. Kalau begitu, KKN alias Kuliah Kerja Nyata disebut pengabdian kepada masyarakat akan berubah menjadi Kuliah Kerja Nge-edit yang mana mengabdi kepada masyarakat dunia maya tentunya.

Bahkan dari mulai program kerja KKN Online yang aku susun ternyata proker yang tidak bisa dijalankan secara online. Bahkan aku ikut bergabung dengan mahasiswa KKN di daerah Padang untuk berlangsungnya proker tersebut. Pun DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) berbeda-beda pula tujuannya, sebagian DPL boleh saja melakukan kegiatan di luar rumah. Namun dengan DPL-ku tidak boleh, semuanya harus melalui jaringan internet.

Segala persiapan KKN luring (luar jaringan) telah disiapkan bersama teman-teman KKN di Padang, terpenting aku menjaga diri dengan mengikuti protokol pemerintah dan tetap mengikuti proker (program kerja) daring yang telah disetujui oleh DPL. Yap, tentu hal ini tidak menghalanginya perjalanan KKN kami.

Meski membagi dua waktu yang tidak sefrekuensi, meski menyelesaikan satu per satu proker, dimana lima proker untuk KKN Online yang udah menjadi tugas wajib dan proker lainnya untuk KKN Luring. Apapun itu, tanggung jawab ini memang harus diselesaikan tepat pada waktunya. Kalau kita berpikiran tugas yang dijalankan dengan niat dari hati, maka kita bisa menikmati prosesnya hingga akhir dengan baik.

Lain lagi ceritanya pada saat proker KKN online aku yang diterima oleh DPL. Ternyata proker tersebut hanyalah pedoman, boleh saja berubah jika di pertengahan jalan kita mendapatkan ide baru lagi. Nah, aku begitu rancangan proker yang diberikan pada awalnya berbeda dengan hasil proker yang aku selesaikan. Ya tau lah, aku selalu memiliki ide yang baru hingga akhirnya proker tersebut aku selesaikan dengan satu fokus tema yaitu Ekonomi Masa New Normal. Karena tanpa ekonomi diriku tak ada, sebab aku terlahir dan dibesarkan dari pemimpin bidang tersebut. Yang sudah aku ceritakan lewat artikel Menjadi Mahasiswa Akuntansi. Silahkan dibaca juga.


Ini adalah kelima proker KKN Onlineku yang telah terselesaikan dengan baik. 

Nah, maksudnya Ekonomi Masa New Normal apa? Teman-teman sudah tau belum, mengapa KKN kali ini dipilih tema Ekonomi Masa New Normal? Sebenarnya, proker ekonomi ini tak kurancang sekalipun, bahkan pada rancangan proker aku mengajukan tentang berbagai upaya dan usaha mengatasi covid'19. Namun DPL yang mengetahui dari awal bahwa aku anak akuntansi satu-satunya di kelompok. Beliau selalu menyarankan prokerku untuk bidangku sendiri, beda dari yang lain alias unik. Makanya aku memilih tema ekonomi masa new normal. Alhamdulillah, semua kegiatan KKN  berjalan dengan lancar karenanya aku mengikuti arahan yang diberikan oleh DPL dan beberapa pihak lurah. 

Di kelompok kami, kami diajak untuk berdiskusi sebelum menjalankan proker agar bermanfaat bagi masyarakat dunia maya. Diskusi dimulai dari pengajuan tema, membuat brosur kegiatan, mengedit vidio atau foto proker, mensosialisasikan proker ke media sosial, menggabungkan semua kegiatan menjadi vidio laporan KKN online. Dimana semua didiskusikan dan dibimbing bersama DPL. Tak bisa sekali proker siap, akan ada perbaikan yang mesti diperbaiki dengan baik sehingga bermanfaat dan diterima oleh masyarakat dunia maya.

Bayangkan, aku yang jarang untuk betah mengedit vidio dan foto. Tapi kali ini malah harus betah dan menjadi tantangan tersendiri.  Untungnya proker KKN online kulakukan mandiri, tak meminta bantuan siapapun sebab perbaikan demi perbaikan hanya akan memberatkan orang lain. Dan perbaikan itu hanya kita dan DPL saja yang memahami. Akhirnya, hasilnya puas sekali untuk semua proker KKN Online ini, pun DPL seringkali mengapresiasi prokerku.

Kalo perjalanan cerita mahasiswa KKN lainnya dalam mengerjakan proker KKN Online tentu akan berbeda-beda, tidak ada alur cerita sama sepertiku. Mungkin teman-teman yang sekelompok denganku mereka merasakan, proker yang selalu dibimbing dan diarahkan dengan baik oleh DPL, yang terpenting mereka mengikuti tahapan progress tersebut dengan sempurna. Juga kami mengadakan meeting via zoom beberapa kali dan pertemuan tatap muka khusus mahasiswa Padang.

Sedangkan proker KKN Luring berjalan dengan baik juga meskipun dalam perkumpulan banyak karakter yang dimiliki oleh teman-teman kurang seirama sehingga tidak banyak gaya dan cara berpikir mereka yang tak sama. Semua pertemuan selama sebulan memang melatih diri kita untuk memahami dan mengerti sikap masing-masing orang tersebut. Ya intinya banyak belajar dari perbedaan saat bertemu dengan teman-teman yang jurusan berbeda-beda.  

Berkumpul dan menjalankan proker tatap muka dengan teman beda jurusan

Akhirnya kata pepatah minang "Bapisah Bukannyo Bacarai". Selama sebulan bikin proker yang benar-benar nantang adrenalin, pada awal mengerjakan proker ada saja hal-hal yang menjadi perbedaan namun bisa selesai hingga akhirnya. Dan bikin proker online juga menjadi tantangan tersendiri akan selalu ada perbaikan, tapi tetap mencoba. Dan terus mencoba. Nah, dari Vidio proker pertama, vidio laporan proker, vidio bukti sosialisasi proker, dan sebagainya. Dan satu lagi, pilihan prokerku bidang ekonomi ini juga berharap semoga menjadi sebuah sejarah nanti yang akan dibagikan kepada anak cucu bahwa banyak hal yang terjadi pada ekonomi di masa new normal ini. Karena darah dan diriku terlahir dari ekonomi, seperti ceritaku di atas tadi.  

Sekian cerita akhir KKN ini, semoga cerita kegiatan KKN ini bermanfaat dan see you di cerita lainnya. Terima kasih banyak teman-teman sudah mampir dan membaca ceritanya.



4 comments:

  1. Waaah seru juga ya bisa KKN online, eh. Maksudku, aku tidak terbayang bahwa KKN akan diadakan secara online pasti agak ribet. Adikku, harusnya KKL di akhir tahun ini, mengunjungi pabrik2 di Pulau Jawa. nampaknya pihak kampus membatalkan kegiatan tersebut. Katanya sih, KKL nya bakal dialihkan ke pabrik yg ada di kota kami saja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehh ya begitulah. Seru gak seru ya harus seru gitu... Gapapa diasikin aja, ribet dikit ya dinikmati teruss.

      Wah, seruu tuu bisa KKL adiknya bisa main2 ke pabrik... Yang penting tetap patuhi protokol pemerintah,dan jaga stamina aja, meskipun hanya di kota sendiri๐Ÿ˜น

      Delete
  2. Halo Ulfa, salam kenal ya, sama2 urang awak ๐Ÿ˜ Bedanya aku udah belasan tahun merantau. Mana thn ini aku blm bs mudik gara2 pandemi. Huhu..

    KKN online pasti ada plus minusnya ya. Tp apapun itu diasikin aja, kondisi skrng memang menuntut kita berdamai dg kondisi yg ada. Semangat terus Ulfa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo uni๐Ÿ˜... Samo2 urang awak, pasti taragak bana Samo ranah Minang yo un๐Ÿ˜‡ semoga pandemi cepat berakhir dan bisa segera berkumpul bersama keluarga uni, hihihi

      Betul un, dinikmati aja lagi, meskipun KKN online.. Dan kondisi juga gak lagi stabil...๐Ÿ˜…

      Semangat terus juga un๐Ÿค—

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya, don't forget tinggalkan jejak dan saling follow ya, thanks ๐Ÿ™๐Ÿ˜Š

Theme images by UteHil. Powered by Blogger.