Ayo ke Sumatera Barat. Disinilah Negeri Terindah di Dunia

    Apakah teman-teman tahu bahwa Sumatera Barat memiliki Negeri Terindah? Bagaimana keindahan alam Negeri  Pariangan Sumatera Barat?

Negeri Terindah  Pariangan Sumatera Barat


    Sebenarnya aku juga sudah lama ingin sekali menulis ranah Sumatra Barat yang satu ini.  Kita memiliki keindahan alam Minangkabau yang mengagumkan. Tanah Indonesia yang kaya akan keberagaman salah satunya tanah yang berada di propinsi Sumatera Barat. Nah, sobat. Tahukah kalian negeri terindah di dunia? 

    Negeri atau Perkampungan ini berada di lereng gunung Merapi. Negeri Pariangan berada di kabupaten Tanah Datar yang berada di provinsi Sumatera Barat. Dan Negeri Pariangan ini dapat ditempuh dengan waktu tiga jam dari kota Padang.


Negeri-Pariangan-Negeri-Terindah-di-Dunia
Negeri Terindah


    Perkampungan di lereng gunung Merapi nan asri ini bersaing berat dengan Desa Wengen dari Swiss, Desa Eze dari Prancis, Niagara On The Lake in Kanada, serta desa Cesky Krumlov dari republika Ceko.

    Ternyata negeri ini juga menjadi salah satu negeri terindah di dunia Bagaimana tidak, negeri ini begitu asri, tak hanya itu. Jika dilihat dari kebudayaannya yang kental bahkan masih kuat akan budaya Minangkabau.

    Selain itu, di negeri ini juga terdapat bangunan unik yang terbuat dari anyaman rotan dan kayu yang menjadi ciri khas daerah Negeri Minangkabau tercinta. Bangunan itu dinamakan, Rumah Gadang. Inilah rumah gadang tertua di Minangkabau.

Balairung Sari Tabek Negeri Pariangan 


Balairung-Sari-Tabek-Negeri-Pariangan
Balairung Sari Tabek

    Salah satu pengalamanku ketika aku beserta rombongan komplek pergi berliburan. Kami menuju Balairung Sari Tabek, setibanya kami disana kami bahkan disambut hangat oleh wali nagarinya.

Balairung-Sari-Tabek-Nagari-Pariangan
Balairung Sari Tabek

    Tak terbayangkan bukan dari kami saja sebagai masyarakat kota Padang yang ingin berkunjung kesana, namun akhir-akhir ini sering juga dikunjungi oleh turis mancanegara. Dan syukurnya, Nagari Pariangan menjadi salah satu destinasi mereka. Masya Allah, sebuah keajaiban yang dapat dibanggakan dari Sumatera Barat.

Dulang-Negeri-Pariangan
Aku memegang Dulang berada di kawasan Nagari Pariangan

    Sejarahnya berawal dari sistem pemerintahan Minangkabau pertama yang dicetus dari Negeri Pariangan itu sendiri. Pada mulanya negeri ini bernama desa kuno. Namun seiring berjalannya waktu, diubah menjadi Negeri Pariangan. Dan cikal bakal sistem pemerintahan desa ini diterapkan berdasarkan sistem pemerintahan negeri.

Masjid-Ishlah-Negeri-Pariangan
Masjid Ishlah. Sebuah mesjid ala dataran tinggi Tebet.

    Di desa ini terdapat masjid terbesar puluhan tahun yang lalu, dikenal dengan nama Masjid Ishlah. Masjid dengan gaya arsitektur Dongson ala dataran tinggi Tibet. Gambar tersebut memberikan jawaban bahwa Minangkabau sudah maju peradabannya di kala itu. 

    Pokoknya keren deh. Harapanku semoga, negeri kita ini selalu menjadi destinasi yang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia dan mendunia di negara lainnya.

    Sekian dulu ceritanya. Mohon maaf salah kata dan pengucapan.

Terima kasih 

1 comment:

  1. Keren�� Tulisannya mantap... Beberapa destinasi di Sumbar, inilah daerah yang asri banget... Makin cinta Indonesia :)

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak (Komentar akan dimoderasi) dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by diane555. Powered by Blogger.