Proses Menggeluti Hobi, Berawal dari Tidak Menemukan Passion

April 20, 2022

  

Proses-Menggeluti-Hobi-Berawal-dari-Tidak-Menemukan-Passion

    Halo Buds, siapa di sini yang memiliki hobi atau punya kesukaan ke bidang-bidang tertentu? Untuk menjalani dan menggeluti hobi ini tak jarang banyak orang yang mengorbankan waktu, tenaga, dan pikirannya agar bisa mengerjakan hobi atau kesukaannya itu. 

   Beberapa tahun belakangan ini hobi aku adalah menulis di blog. Berawal saat aku tidak menemukan passion apapun, kemudian mencoba membuat akun di blogspot. 

   Sebenarnya hanya untuk melepas rasa penasaran aku saja, karena melihat blogspot bisa menyalurkan ide kita di sana. Makin ke sini, aku makin menemukan kesukaan terhadap platform yang satu ini.

   Tahun 2017, aku membuat plafform blogspot dengan domain gratisan saja. Wajar ya, sebagai blogger cupu merasa tidak bisa mengotak-atik platform ini, tapi aku malah banyak belajar dari ketidaktahuan tersebut. 

   Caranya aku mencari komunitas yang bisa menyalurkan ide dan minat aku ini. Sembari mencari aku selalu menonton video di YouTube. Akhirnya solusi dari permasalahan terkait blogger seperti tidak tau cara mengelola blog teratasi satu persatu. 

Baca juga: Tujuan Ngeblog Ala Ulfah Aulia

   Beberapa tahun setelah membuat blogspot, aku yang semula tidak bisa menulis akan tetapi malah terlatih karena membiasakan diri membaca tulisan dari google dan buku-buku yang disukai. Aku pun senang, mengikuti live atau pun seminar terkait bidang kepenulisan. 

   Hingga akhirnya pertengahan tahun 2019, aku beranikan diri untuk membeli domain berbayar atau (dot)com. Alasannya waktu itu, karena merasa jatuh cinta pada dunia kepenulisan ini dan memulai investasi dengan cara membuat blog pribadi aku menjadi blog yang lebih profesional. 

   Ditambah pula ada promo pembelian domain (dot)com yang berkisar seharga nasi goreng di restoran besar saja. Dari beberapa testimoni di google bahwa domain yang aku beli tersebut terbilang cukup murah. 

Baca juga: Alasan Memilih Platform Blogger untuk Sahabatulfah.com

   Proses menggeluti hobi aku ini bisa dikatakan tidak ada hambatan yang sangat besar. Hanya saja, masalahnya saat mula ngeblog aku tidak menemukan lingkungan yang sehobi dengan aku. Namun tidak apa-apa karena sudah mengenal lebih dulu komunitas di online. 

   Meski lingkungan di luar sana tidak support tapi teman-teman di lingkungan online sudah aku temukan terlebih dahulu. 

   Liku-liku perjalanan menggeluti hobi aku berawal dari tidak menemukan passion. Jadi, nikmati aja prosesnya kalau itu benar passion kamu maka tidak ada halangan dan alasan untuk berhenti mencoba. Semoga bermanfaat, Buds. Terima kasih sudah membaca sampai akhir.


8 comments:

  1. Happy ngeblog dan being blogger mbak. Semoga tetep semangat ngeblognya dan terus istikomah nulisnya. Asikk loh bisa nulis di blog, dapat temen baru dan nambah penghasilan juga.

    ReplyDelete
  2. Yang terbaik memang menekuni apa yang kita sebut dengan "passion" sehingga bekerja dengan hati senang dan selalu ada alasan untuk berkarya dan belajar.
    Menulis di blog zaman sekarang memang banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan, printilan kecil-kecil. Tapi banyak juga tempat belajar dan sahabat blogger yang ramah dan welcome ketika ditanya-tanya terkait teknis.

    Selamat berkarya, kak.

    ReplyDelete
  3. Walaupun aku hobinya ngeblog dan motret, aku masih bingung menentukan mana uang jadi fokus hahahaha. Selamat menyelami hobinya ya mba

    ReplyDelete
  4. Menulis di blog bisa menjadi hobi yang menyenangkan mbak
    Karena selain menambah jaringan, ngeblog juga bisa memberikan penghasilan tersendiri bagi kita
    Nanti hal-hal teknis soal blog bisa dipelajari sambil jalan

    ReplyDelete
  5. aku juga mbak nggak punya hobi yang bisa menghasilkan gitu akhirnya memilih menekuni menulis aja deh sampai sekarang. dulu pernah suka merajut tapi kayaknya cuma sebagai hobi biasa aja soalnya aku nggak tekun dan kreatif anaknya

    ReplyDelete
  6. Wahhh keren nih memang tidak direncanakan yaa dan untungnya sekarang bisa menghasilkan sesuatu dari blog. Apalagi udah ada iklannya seperti ini, sepertinya setiap bulan sudah gajian dari adsense nih hhe

    ReplyDelete
  7. Aah.... aku setuju dengan konklusimu yang simple itu!

    At the end kita emang akan menemukan teman teman sejati itu ya dari circle yang kita sukai.

    Aku juga sempat ga punya teman loh say, dan alhamdulillaaah diganti Allah dengan teman teman dunia maya, dan sekarang teman temanku di dunia nyata ini balik pengen bersahabat sma aku karena punya "kepentingan" kenal sama "influencer"

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak (Komentar akan dimoderasi) dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by diane555. Powered by Blogger.