Membangun Makna Sukses dalam Diri. Simak 5 Tips Menjadi Pribadi Lebih Unggul

Membangun-Makna-Sukses-Tips-Menjadi-Pribadi-Unggul

Halo Buds, kita pernah kan merasakan hal-hal kecil yang ternyata berpengaruh besar buat hidup kedepannya? Seperti contoh, kita yang biasa-biasa saja seperti ini tapi bisa menikmati hari-hari dengan bahagia. Namun banyak di luar sana orang yang dianggap sukses tapi hanya fokus pada harta dan tahta, cuma jiwa raganya hancur.

Apakah kita pernah menyadari hal ini? Kenapa orang lain punya karir bagus, rumahnya bagus, impiannya tercapai selalu dianggap sebagai orang sukses. Padahal sebenarnya letak sukses itu kan, jauh dari itu.

Begitu saat kita mendapatkan takdir mengapa sih kita tidak langsung bersyukur. Padahal takdir kita seperti ini, ya pasti ada rencana baik yang dipersiapkan Tuhan untuk kita. Bahkan kalau diyakini juga tak akan ada skenario tiap orang yang sama percis dengan orang lainnya. 

Baik daripada bicara panjang lebar, aku mau bercerita nih mengenai aku. Masih ingat ketika masuk kuliah dulu. Saat ditanya oleh dosen, siapa yang anak IPA di sini? Tentu saja, aku pada saat itu nunjuk tangan dong. Iya kan? Lantas, jurusan aku ambil sekarang kan Akuntansi tapi malah bisa masuk ke jurusan anak IPS, ahh ranahnya anak IPS kok  bukan anak IPA. Tapi aku ambil sisi pandangnya yang berbeda, kenapa aku mendapatkan itu? Karena memang diriku sudah benar siap mendapatkannya.

Sehingga aku menjalani hari-hari ini dengan sepenuh hati bahkan bahagia aku melakukannya. Aku suka dengan hitung-hitungan. Tapi sejujurnya sedikit yang aku ketahui tentang akuntansi, dikatakan nekad tapi aku suka dengan hal itu.

Baca juga: Tips Hidup Bahagia dan Santai Ketika Menghadapi Masalah

Sampai ketika awal perkuliahan, aku tetapkan dasar-dasar pemikiran di semasa sekolah dulu. Pemikiran bahwa tiap soal itu hasilnya pasti, punya rumus, dan jelas hasilnya. Tapi aku mesti tau, ternyata ilmu sekarang ini adalah ilmu baru yang mesti aku pelajari lebih dalam. Harus menelaah dulu hingga mendapatkan hasil yang balance.

Saat masa perkuliahan itu pun hari-hari aku selalu aktif berorganisasi dan mengikut volunteer. Aku menjadi lebih rasa percaya, meski bertemu dengan orang banyak adalah kesulitan terbesarku saat sekolah dulunya. Bisa dibilang waktu sekolah dulu sudah terlanjur tidak suka mengikuti organisasi entah karena circle aku dulunya, maybe

Namun  menikmati semua kegiatan itu dapat melatih skill dan skill itu dilatih dimulai dari sekarang. Nah, menggali ilmu baru yang sangat baru diketahui itu, mengasah soft skill yang harus dipertajam, dan mulai aktif ngeblog

Aku menikmati itu semua.

Kali ini mundur ke waktu sebelum kuliah, saat aku tamat dari sekolah. Dimana saat itu, aku ingin dapat kuliah di luar daerah, ingin sekolah kedinasan juga, di sini memang effortnya itu luar biasa. Berjuang keras mempersiapkan itu, minta restu orangtua, hingga mempersiapkan bekal untuk mandiri secara anak bungsu yang memiliki notebane “manja” itu, tetapi aku berusaha untuk menepis anggapan itu. Namun sepertinya memang bahwa takdir yang diberikan itu mesti disyukuri. Tidak aku prediksi, tidak pula dikasih spoiler sama yang maha Kuasa kejadian buat diri ini bagaimana. Bahkan, intinya aku mendapatkan nilai plus yang aku inginkan selama ini ada dalam diri sendiri.

Jika kebanyakan orang lain berhura-hura hanya dapat sesuatu, lalu membuat mereka lupa diri, mengagungkan keberhasilannya, tapi ternyata mereka gagal secara batin. Padahal kan sebenar-benarnya kesuksesan itu bukan terletak dari seberapa besar harta, tahta, tingginya pangkat dan gelar, melainkan letaknya kesuksesan itu ada di dalam diri kita lho, di hati kita Buds.

Nyatanya, sukses itu kita bisa mengenali diri kita, melewati jalan baru yang nyaman dan kita senangi, serta mengumpulkan partikel-partikel kecil yang berserakan selama ini biar menjadi pribadi lebih unggul dalam menggali makna sukses itu.

Aku punya tips-tips nih bagaimana membangun makna menjadi pribadi lebih unggul agar benar-benar merasakan sukses sesungguhnya. Berikut tips-tipsnya ya Buds:

1. Merasa Bersyukur dengan Apa yang Dimiliki

Dunia ini terlalu keras buat kita, makin parah lagi jika selalu mengeluh. Karena mengeluh tidak akan mengubah hidup kita, malah membuat semakin menderita, toh ujian hidup kita itu semuanya punya porsi kok. Tenang saja!

Bayangkan, jika kita diuji dengan hal-hal yang sebenarnya udah direncanakan dari jauh-jauh sepertinya perencanaan itu harus menerima kenyataan pahit. Bukankah itu bisa kita lewati  tanpa harus mengeluh. Toh dengan begitu kita jadi tau bahwa ujian yang dikasih Tuhan akan ada nilai lebih. Kalaupun hari ini tidak dibalasnya, sabar aja nanti akan dibalaskan dengan yang lebih baik. Percayalah!

So, selalu bersyukur deh atas semua nikmat yang diberikan-Nya. Bersyukur akan menambah rasa bahagia lho.

Membangun-Makna-Sukses-Tips-Menjadi-Pribadi-Unggul

2. Tidak Menjudge Hidup Orang Lain

Satu hal yang harus kita tahu bahwa kita tidak bisa menjudge orang lain seenaknya. Misalnya nih, enaknya hidup kamu gak ngapain-ngapain di rumah, kamu kasihan ya udah seperti itu berjuang, dan kata-kata judge yang seolah-olah kita mengetahui jalan orang lain itu. Padahal sebenarnya kita cuma tahu orang lain dari kulitnya saja.

Tidak tahu juga, mereka jatuh bangun buat menyemangati dirinya, entah harus melewati rintangan seperti apa sehingga mereka bisa seperti sekarang. Kita melihat mereka hanya tampak dari luarnya saja tapi tak tau dirinya pernah dibuat rapuh berkali-kali. Namun begitu kita tiba-tiba mengeluarkan kata-kata yang tidak seharusnya keluar, alhasil membuat dia down kembali.

Yuk jika ingin sukses maka mulai dari sekarang, jangan menilai hidup orang lain. Kita tidak tahu orang lain itu lebih baik atau lebih buruk dari kita, kan.

3. Tak Akan Iri dengan Pencapaian Orang Lain

Bisa jadi, hari ini kita melihat orang lain lalu merasa iri tiba-tiba. Padahal kita punya kelebihan yang bisa ditonjolkan sebagai nilai lebih.

Baca juga: Memaknai Self Love Dengan Menghargai Diri Sendiri dan Menikmati Hidup

Karena kalau kata orang “Iri tanda tak mampu”. Haha, padahal kita itu istimewa lho. Bahkan kelebihan kita itu belum tentu ada pada orang lain. Atau sebaliknya. Maka kenapa mesti iri satu sama pencapaian orang lain.

Padahal dengan benar-benar menerima kelebihan dan kekurangan itu, rasa bahagianya lebih luar biasa lho. Bahkan membuat kita lebih bersyukur bertemu dengan orang lain dan bisa mengenali diri kita lebih dalam juga.

4. Punya Waktu Luang

Karena begitu orang mendapatkan uang, tahta dan jabatan, mereka lupa bahwa dirinya diperbudak. Tak pernah ada waktu luang untuk menikmati waktu bersama keluarga dan orang tercinta. Yang ada dalam pikirannya ya tiga itu tadi. 

Mereka tidak lagi peduli akan mental. Pernah juga aku mendengar ucapan dari seorang pemimpin di salah satu perusahaan, aku pernah mengantarkan proposal kerja sama organisasi. Bahwa katanya mental kita mesti dikuatkan, tapi caranya melatih mental itu adalah terlalu keras dengan fisiknya, terlalu keras dengan pikiran dan hatinya. Sehingga menentang semua yang ada di dalam diri. Ini malah membuat kita semakin tertekan lho. Baginya, melatih mental itu dengan memaksakan di luar kesanggupannya hingga merasa telah kebal dengan semua cobaan apapun. Kalau ini yang terus menerus terjadi, dia tetap akan kuat secara batin namun secara fisik dia akan terus menurun. Karena memaksakan dirinya untuk harus melakukan itu.

“Bisa jadi kita berasa di masa kejayaan, tapi tubuh kita berada di masa kehancuran”

So, memberi jeda sejenak alias healing, dan refreshing itu membuat kita makin waras lho dan menjadi lebih baik. Maka luangkan waktumu, rehat sejenak, dan kosongkan semua masalah yang mengganggumu itu jauh lebih baik ketimbang menjadi budak oleh diri sendiri.

5. Bermanfaat bagi Orang Lain

Jika benar-benar ingin sukses, maka bermanfaatlah bagi orang lain. Merealisasikannya memang sulit tak segampang ucapan, tapi nilainya akan sangat bagus. Bahkan menambah nilai kebaikan dunia akhirat juga buat kita.

Begitu kita dapat memberikan sesuatu yang bermanfaat, entah itu memberikan ilmu, bantuan moril, memberikan semangat dan sebagainya yang bisa jadi membantu orang lain. Tanpa kita sadari bantuan itu bisa membuat orang lain merasa menjadi lebih baik lagi kedepannya, hal ini juga menambah kebahagiaan buat kita.

Jadi, sukses itu bukan dilihat dari materinya saja, parameter sukses yang dianggap oleh kebanyakan orang itu tak cukup lho, tapi kesuksesan itu jauh daripada itu. Sukses itu saat kita bisa menempatkan makna sukses itu di dalam hati, terus bisa membuat hati kita bahagia. dan membuat kita selalu bersyukur. Bahwa mindset kita hadir dan mempercayai semesta itu indah dengan segala kelimpahannya. 

Sekian dulu artikel dari sahabatulfah kali ini, bagaimana makna sukses yang kalian punya nih? Sharing dong, gimana arti sukses versi kalian masing-masing? Terima kasih, Buds udah membaca artikelnya sampai akhir🥰 Semoga bermanfaat ya❤️

27 comments:

  1. Semangat untuk selalu menjadi pribadi yang lebih baik. Ngeluh itu nggak apa-apa sih, asal abis ngeluh balik usaha dan semangat cari solusi dari masalahnya. Jangan cuma ngeluh-ngeluh doang gak ada action ya. Hoho..

    ReplyDelete
  2. sy sedang belajar poin2 di atas, terutama ttg bersyukur dan bermanfaat. semoga bisa!

    ReplyDelete
  3. Ah iya, KLO mau jadi orang yang sukses tentunya dimulai dari diri sendiri ya mbak
    Terima kasih sudah berbagi bagaimana cara menjadi pribadi yang lebih unggul
    Semoga kita semu selalu menjadi pribadi yg lebih baik lagi setiap harinya ya mbak

    ReplyDelete
  4. Kunci utama kehidupan itu cuma 2 yaitu bersyukur dan bersabar. Bersyukur dengan nikmat yang diberikan allah kepada kita dan bersabar atas cobaan yang menimpa kita. Dengan berbekal 2 hal ini pasti kita bisa menjadi pribadi yang unggul.

    ReplyDelete
  5. Ketika kita sudah mensyukuri apa yang kita dapatkan, maka tidak akan ada lagi rasa iri pada pencapaian orang lain. Fokus saja pada diri sendiri yaa, tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain

    ReplyDelete
  6. Bersyukur atas apa yang dimiliki, dan nggak perlu membanding-bandingkan dengan pencapaian orang lain. Terus persoalan waktu luang itu terasa banget amat berharga. Sejujurnya, nggak ada nikmat yang bisa kita nikmati diatas pekerjaan kita yang super sibuk selain waktu luang.

    ReplyDelete
  7. Kuncinya bersyukur dan fokus pada diri sendiri ya, kadang kehidupan membuat kita terlarut dan terbawa dalam kehidupan orang lain yang sebenarnya tak perlu kita ikuti. Kalau kita udah bisa melakukannya sendiri pastinya juga lebih puas

    ReplyDelete
  8. Benar juga. Kalau kita sudah bisa mensyukuri apapun yang telah kita miliki. Maka rasanya kita nggak akan kekurangan apapun. Dan kalau sudah begitu, kita akan mencoba berusaha semaksimal mungkin dengan apa yang kita miliki untuk menjadikannya lebih bermanfaat lagi. Kemudian sukses akan menyertai. Semangat...

    ReplyDelete
  9. terima kasih tipsnya, mbak. kalau aku jujur kadang masih suka iri nih sama pencapaian orang lain walau yah kadang sambil introspeksi diri dan berusaha mesyukuri diri sendiri juga sih. kayak kemarin kan tetanggaku beli mobil yang bagus sementara aku bisanya beli mobil bekas yang bobrok banget. sempat iri juga sih tapi kemudian aku kembali positif thinking setidaknya kami punya mobil yang bisa membawa anak-anak jalan-jalan tanpa takut kehujanan

    ReplyDelete
  10. Semangat banget baca artikel ini.
    Merasakan energi kebaikan yang luar biasa.
    Memang sukses dan standartnya ini harus banget kita pikirkan ulang. Karena kalau menuruti segala hawa nafsu, pasti jadi pribadi yang kurang bersyukur.

    Semoga Allah senantiasa cukupkan apa yang kita butuhkan.

    ReplyDelete
  11. Dari semua itu yang bikin agak berat adalah tentang "iri". Pengen sekali untuk enggak terlalu mikir pencapaian orang lain. Tapi ada saatnya juga jadi down karena kita merasa enggak ada artinya. Harus pintr-pintr bersyukur dan mengalihkan fokus ke hidup kita sendiri sepertinya, hehe.

    ReplyDelete
  12. Waktu luang yang selalu dirindukan saat kitu sibuk. Me time

    ReplyDelete
  13. Keren Ulfah insightnya, setiap orang punya indikator sukses masing-masing dan percaya kalau rejeki tidak akan pernah tertukar yaa..
    positive vibes banget nih pagi-pagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terkadang dengan positive vibes, yang berdatangan ke dalam hidup adalah hal-hal yang positif. Pun begitu juga sebaliknya.

      Delete
  14. Bener banget mba. Klo saya yang penting berbuat sama orang lain aja, insha Allah semua akan baik dan satu lagi bersyukur sekaligus melihat ke bawah bahwa masih ada yang kurang dari apa yang kita miliki saat ini.

    Terima kasih mba atas informasinya. Semoga bisa jadi pecut untuk kita semua untuk terus muhasabah diri

    ReplyDelete
  15. Merasa bersyukur dengan apa yang dimiliki saat ini memang salah satu langkah juga untuk agar bisa membangun makna sukses. Kadang kita terlalu sering lihat pencapaian orang lain sehingga tidak sadar bahwa diri ini pun miiliki keunggulan.

    ReplyDelete
  16. saat ini saya sedang berusaha menjadi pribadi yang lebih bermanfaat untuk orang lain, karena sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain

    ReplyDelete
  17. Dengan bersyukur banyak hal yang diperoleh, malah kenikmatan makin bertambah ya.
    Yuk semangat menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan sukses

    ReplyDelete
  18. sukses itu emang definisinya luas sih menurutku. bisa secara materi bisa juga tidak. tergantung bagaimana sudut pandang masing - masing. untuk kesuksesan finansial tentu berupa materi, kesuksesan karir tentu berupa jenjang karir atau mempertahankan posisi dan jabatan suatu pekerjaan. sukses dibidang lain yang jadi passion, bisa juga ketenaran atau kegelimangan prestasi. tetapi, tetap konsisten di jalur yang dipilih, itu juga sebuah kesuksesan. intinya memang, bersyukur sih. aku setuju dengan kakak

    ReplyDelete
  19. Setuju kak, salah satu kunci kelancaran dan bahagia adalah bersyukur senangtiasa. Juga menerima apa yang terjadi denyan ikhlas walau perlu jam terbang tinggi.

    ReplyDelete
  20. Seperti halnya lebah, tulisannya inspiratif dan bermanfaat sekali, kak. Saya sendiri sedang mencoba fokus seperti pada poin nomor empat. Namun dengan persfektif yang sedikit berbeda, bukan waktunya.. tapi kesempatannya.. waktunya? bisa kapan saja :)

    ReplyDelete
  21. aku paling ogah lah mikirin hidup orang lain, mikirin diri sendiri aja udh sibuk hahahah, mikirin yang lain apalagi karena iri dengki is a big no lah! malah destruktif buat diri sendiri

    ReplyDelete
  22. Tips nomor 1 yang paling sering terlupakan, bahkan diri sendiri pun sering merasa tidak sadar bahwasannya kita sendiri sudah memiliki apa-apa yang orang lain cita-citakan, tapi tetap saja diri selalu merasa tidak puas dan selalu ingin lebih 😥

    ReplyDelete
  23. Sukses itu butuh usaha ya mbak
    Makanya harus tetap semangat dan pantang menyerah meraih kesuksesan

    ReplyDelete
  24. Terus berusaha menjadi pribadi yang baik dan bermanfaat. Makasih Mbak ilmunya.

    ReplyDelete
  25. Memilih sifat perasaan mensyukuri keadaan memang no 1 apalagi tidak mengeluh dengan keadaan.

    ReplyDelete
  26. Makasih Mba tulisannya bikin mood membaik. Selalu bersyukur dengan apa yang kita miliki itu penting banget ya. Dan jangan sering-sering buka sosmed biar nggak nyalahin diri atas pencapaian orang lain. huhu

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak (Komentar akan dimoderasi) dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by diane555. Powered by Blogger.