Kuliner Melegenda Kue Singgang atau Bika Asli Sumatera Barat


Kuliner-Bika-Asal-Sumatera-Barat

    Cemilan khas dari Sumatera Barat yang sulit dijumpai sekarang ini ialah kue singgang atau bika. Kue singgang ini termasuk makanan favorit aku sejak kecil sampai dewasa ini. Dari dulu saat pergi jalan-jalan, tiap ketemu kue singgang ini aku pasti langsung beli. Begitulah saking doyannya, hehehe. Sayangnya sekarang sulit ditemui, kue singgang yang terkenal ini memang dirindukan sekali. Dan beberapa kue singgang atau bika yang terkenal di Sumbar ini harus menempuh beberapa jam perjalanan dari kota Padang seperti di Pariaman dan Padang Panjang. Yap, cukup panjang perjalanannya. 

    Kue bika atau singgang ini sering menjadi salah artian bagi orang luar daerah. Karena memang nama penyebutannya kue Bika ini ada dua, satu ada di Padang dan satu lagi ada di Medan. Tapi sebenarnya dua kue yang berbeda asalnya ini jauh sekali perbedaannya. Apa kira-kira perbedaannya, aku bakal bagikan perbedaan bika asli Padang dan Bika Asli Medan kepada sahabatulfah.

Perbedaan Bika Asli Padang dan Bika Asli Medan

    Memang dari namanya tampak sama ya, kalau sahabatulfah bukan orang Padang dan Medan pasti bertanya-tanya nih. Penasaran apa perbedaannya? Yuk disimak.

Perbedaan-Bika-Padang-Bika-Medan

1. Cara Pengolahannya

    Kalau kue bika asli Sumatera Barat diolah dengan cara dipanggang, sedangkan kue bika di Medan diolah dengan cara dikukus. Nah, berbagai bahan-bahan di Bika diaduk dengan bahan-bahan yang berbeda masing-masingnya. Sebenarnya di Padang, sebutan Bika ini jarang sekali dipakai. Sebab penjual Bika di Padang sering menamakan kue ini dengan kue Singgang. Kenapa dinamakan kue singgang? 

    Nah begini asal muasalnya. Sebenarnya kue Bika atau Singgang diberi nama itu karena cara memasaknya. Kue bika ini dibakar atau dipanggang, menggunakan periuk tanah yang sudah diberi bara di tungku api. Dimasak seperti ini supaya kue bisa matang dengan sempurna. Benar kan, cara memasaknya pun juga masih tradisional banget. 

Baca juga : Resep Daging Kambing dengan Bumbu Kacang yang Enak Disantap di Hari Raya Idul Adha 

2. Cara Penyajiannya

    Kue bika asli Medan disajikan dalam wadah atau tempat kue pada umumnya. Namun kue Bika asli Padang tidak demikian, karena kue dipanggang langsung dari bara dan tempat penyajiannya adalah daun waru atau kalau tidak ada dengan menggunakan daun jati saja. Nah, aroma daun waru inilah yang dominan memberikan aroma khas ke Bika.

3. Bentuk Bika 

    Kalau kue Bika asal Medan berbentuk serat atau punya pori seperti sarang tawon dan berwarna kuning. Sedangkan kue Bika asal Padang berbentuk seperti kue apem dan berwarna putih. 

    Baik, kuliner melegenda kue singgang atau bika ini membuat aku bernostalgia ke masa lalu. Aku jadi teringat masa-masa saat orang tuaku pergi dan aku selalu menitip buat dibelikan kue ini. Bahkan aku sampai sekarang sering membelinya sendiri, memakan kue legenda ini yang selalu bikin nagih. Hehe, kalau sahabatulfah apa kuliner melegenda yang disukai? 

Post a Comment

16 Comments

  1. Wow saya baru tau ada Kue Singgang di Sumatera Barat. Ternyata itu identik dengan BIka di Medan. Hanya cara pembuatan dan penyajian yang beda. Terima kasih sudah memberikanpengetahuannya.

    ReplyDelete
  2. wow baru tahu aku, coba kalau tahu dari dulu saat ke sumbar nyoba ini

    ReplyDelete
  3. Aku jadi kangen Bika Talago 😄. Baru nyobain yg itu doang mba, pas outing kantor ke Bukittinggi. Tapi itu aja udah enaaak, aku sukaaa ❤️❤️. Aku orang Medan sih, tapi kalo buka ambonnya yg khas Medan itu, aku ga doyan. Geli duluan liat bentuknya kayak sarang semut đŸ˜Ŗ.

    ReplyDelete
  4. Oh Bika nggak hanya ada di Medan ya
    Kue kue tradisional seperti ini itu emang favorit ya

    ReplyDelete
  5. Keduanya daku suka, karena rasanya khas, aromanya nikmat, dan suka dapat oleh² ini.
    Jadinya sama daku kuliner melegenda apa saja sih enak

    ReplyDelete
  6. kue Bika ternyata ada varian lain ya, aku tahunya bika medan aja. suka aku sama kue bika, manis legit. tapi yang made in Bandung, yang asli dari medan belum pernah nyoba huhuhu

    ReplyDelete
  7. Duh jadi pengen incip incip deh soalnya entah kenapa makanan dari setiap daerah menarik aja untuk dicicipi hehe

    ReplyDelete
  8. pinginnnn....saya belum pernah coba kue singgang

    kalo bikaambon saya sering bikin dan cara masaknya dipanggang say

    bukan dikukus

    ReplyDelete
  9. Baru tahu penampakan kue ini
    Jadi pengen icip rasanya gimana ini
    Semoga suatu saat bisa ketemu

    ReplyDelete
  10. Aku pernah nyoba bika kalo nggak salah ada dari Banjarmasin. Kalo dari Sumatera ini aku belum tahu. Tapi kayaknya ya ampir mirip sih ya

    ReplyDelete
  11. Aku udah sering makan bika ambon. Tapi bika singgang ini baru denger. Di jakarta kira-kira bisa dibeli di mana ya?

    ReplyDelete
  12. Waah menarik sekali kue khas sumatera barat ini, semiga bisa ada kesempatan mencobanya nanti đŸĨ°

    ReplyDelete
  13. yess ini legend banget di Bali juga banyaakk

    ReplyDelete
  14. Bika Asli Medan jadi ingat dulu waktu masih di Jakarta. Kalau teman pulang suka dibawain.

    ReplyDelete
  15. Kue bika ternyata banyak macamnya ya saya baru tau ada Bika Padang dan Bika Medan tapi jadi kepo rasa bika Padang gmn ya ?

    ReplyDelete
  16. Aku suka banget sama kue bika dr Medan.
    Btw baru tau aku sama kue singgang. Dr bentuknya berbeda bgt sama bika medan ya.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak dan saling follow ya, thanks 🙏😊