Jangan Menyerah. 5 Tips Supaya Kita Berani Bermimpi dan Bersikap Optimis

Siapakah yang ingin mengejar mimpi dalam kehidupannya? Pernahkah kita hampir menyerah lalu berhenti untuk bermimpi? Ya, tiap yang bermimpi pasti merasakan itu. Baca hingga habis ya, semoga tulisanku ini menginspirasi kita semua.



Seorang pemimpi ialah dia yang bersikap optimis dan berusaha mengejar impiannya apapun hasil akhirnya. Tapi bagaimanapun akhirnya jangan khawatir, pun saat proses kita seringkali merasa capek bahkan ingin sekali menyerah karena perlahan satu persatu keinginan itu belum terkabulkan jua. Sebenarnya keputusasaan itu timbulnya ketika terlalu berharap akan semua baik-baik saja, menyangka segalanya tidak ada masalah. Nah, ketika dihadapi masalah kita tiba-tiba berhenti sebelum ujian tersebut diberikan-Nya untuk menguatkan kita. Padahal yang kau inginkan kadang tidak sejalan itu belum tentu Allah biarkan begitu saja tapi ingat Allah ingin melihat kerja kerasmu dulu.

Kita sebaik prasangka pada-Nya. 


Semua yang terjadi atas kehendak-Nya. Tak usah takut apapun jalan yang ditempuh sekarang, yang terpenting lakukan semaksimal mungkin, berikan yang terbaik. Sebab kita tengah diuji oleh Allah. Sang Maha Cinta. Pun saat semua tidak sesuai ekspektasi, kita menyadari bahwa ternyata Allah gantikan semua itu dengan sesuatu yang jauh lebih baik. Dia maha baik, mengabulkan sesuatu itu tepat pada waktunya sebagai bagian dalam hidupmu. 

Semisal kita gagal dalam mencapai impian. Tidak diterima sekolah impian, pekerjaan impian. Atau semua keinginan kita belum dikabulkan, justru disitu kita harusnya menguatkan kerja dan usaha kita agar tercapai segala keinginan kita. Yakinlah kita belum gagal karena tidak lulus di suatu bidang saja, hanya saja kita belum berhasil melakukannya. Allah ingin mempersembahkan kado yang istimewa. Namun kita nikmati kegagalan demi kegagalan itu terlebih dahulu. Sebab orang-orang hebat sekalipun akan banyak kegagalan sebelum dia dikenal sebagai orang hebat.

Banyak mengingat saja bahwa yang diberikan kepadamu itu adalah partikel kesuksesan yang harus ditempuh dengan cara melewati beribu kegagalan, hingga akhirnya sukses. Duh, kalau kita mengingat ini. Maka jadi sebagai bahan renungan juga ya. 

Dan pastinya jatuh bangun dalam mengejar mimpi itu akan menjadi warna-warni pencapaianmu nantinya. Kita sama kok pernah merasakan harapan kadang malah tidak sesuai ekspektasi. Ketika tau bahwa semua perjalanan kesuksesan maka kita tak takut untuk mencobanya. Hingga pada akhirnya, liku-liku itu ditempuh malahan menjadikan dirimu dewasa. Untuk lebih kuat melalui rintangan itu. 

Yakin sajalah, sebaik tempat berserah diri hanyalaj kepada Allah SWT.  Sekali lagi, orang yang hebat pun akan menempuh jalannya gagal itu. Dalam mengejar mimpi itu tak ada kata bahkan tak kenal dengan namanya menyerah. Terus optimalkan kemampuan kita.  Kau hebat karena Allah mampukan dirimu untuk bisa dan berdaya.

Sedangkan, hasil akhirnya serahkan semua kepada Allah yang sudah menentukan takdir kita. Bahkan seorang bayi yang telah hadir ke dunia pun atas izin-Nya. Paling penting yaitu minta restu kedua orangtua, karena mereka adalah ridho Allah, maka meminta doa kepadanya sebagai bakti kita untuk menghormatinya, patuh kepadanya dan mewujudkan doanya sepaya melihat mereka bahagia di sisa umurnya. 

Baca juga :


 

Kadang jalan kesuksesan tiap masing-masing orang itu berbeda. Tidak ada suatu kejadian sedikitpun yang terpikirkan manusia biasa, Allah Maha Hebat, Semuanya digariskan oleh-Nya untuk apapun, semua terjadi karena atas izin yang maha kuasa ini.  Hmm, rasanya muna kalau kita yang banyak dosa ini menceritakan ini saja, yuk baca tips supaya kita berani bermimpi.

Nah, bagaimana kita bisa berani bermimpi dan bersikap optimis. Usaha tak akan pernah mengkhianati akhir, setuju? Tapi yuk simak tips berikut ini.

Berikut ini adalah 5 tips supaya kita berani bermimpi dan bersikap optimis : 

1. Katakan Saya Bisa. 



https://www.sahabatulfah.com/2019/03/jangan-menyerah-5-tips-supaya-kita.html?m=1
I Can Do It
Semangati diri kita. Katakan mengapa orang bisa, tapi saya tidak. Katakanlah bahwa saya mampu. Dan semua di atas dunia ini tak ada yang mustahil, jikalau kita mencoba. 

Ingatkah waktu kecil, sewaktu itu kau tak pernah takut untuk menyampaikan saat ditanya mau menjadi seperti apa. Lantas tanpa banyak bicara akan mengatakan aku ingin menjadi seorang pilot, dokter, dan lainnya. Jangan karena saat ini menjadi orang biasa saja dan tidak yakin lagi padahal waktu dewasalah harusnya mengejar itu semua.

Bukankah kunci kesuksesan melewati kegagalan terlebih dahulu.  Kita harus bisa meyakini diri kita, setidaknya kita berusaha. Tentang hasil kita serahkan semuanya kepada yang Maha Bijaksana.

Jadi, sebaik-baiknya impian kita adalah yakin dengan proses menjalaninya. Kuatkan hati serta berdoalah pada-Nya.

2. Berani Keluar Dari Zona Nyaman.


https://www.sahabatulfah.com/2019/03/jangan-menyerah-5-tips-supaya-kita.html?m=1


Semakin besar mimpi yang kita inginkan, maka makin besar pula resiko terjadi. Tak usah bimbang dan carilah celah untuk keluar dari zona nyaman. Kalian merasakan nyaman berdiam diri, tapi tak cukup membuatmu kaya atau pintar. Makanya cukup menemukan orang atau partner yang tumbuh bersama, menjadi tempat ternyaman, dan keadaan yang baik. Dengan begitu  kita akan merasa aman karena merasa dihargai oleh mereka dengan tempat yang tenang.

Baca juga >>> season life pasanganmu

Balik lagi kepada dirimu. Anggaplah engkau tidak berani atau mencoba berusaha, tak melakukan apapun agar bisa merubahnya. Berani keluar dari zona nyaman ini sama halnya dengan keadaanmu selalu terhubung terhadap mimpi yang dibangun, mengerti bagaimana proses bermimpi, dan harus meraih mimpi itu meskipun banyak cobaan yang dilalui.

Tetaplah berusaha dan terus mencoba keluar dari zona nyamanmu.

3. Selalu Berserah Diri Pada-Nya


Maksudnya begini, banyak orang salah memaknai dalam kejadian tertentu. Misalnya, ketika hujan datang tiba-tiba pas kita berjuang. Berapa banyak yang mengeluh, kenapa hujan, mengapa ini terjadi. Padahal kita tahu yang terjadi saat panas tiba, tumbuhan kekeringan, mata air kering, dsb. Malah banyak musibah lainnya. Tapi dengan kita berserah diri tanpa mempermasalahkan suasana. Walau seketika Allah bisa saja mengubah keadaan banjir. Tapi begitu didesain oleh-Nya untuk tetap berserah diri pada-Nya. Harap menyelimutimu, kau tengadahkan tangan hingga hatimu tentram. Sebab doamu lebih yakin terkabulkan oleh-Nya ketika hujan.

Dari cerita di atas kita tahu bahwa apapun situasi, keadaan kita, jika Allah berkehendak maka kita tidak bisa apa-apa. Kadang hasil yang Allah kasih kepada kita, sesungguhnya ada kebaikan didalamnya. Allah tahu mana yang terbaik untuk hambanya.

4. Rutin Membuat Rencana


https://www.sahabatulfah.com/2019/03/jangan-menyerah-5-tips-supaya-kita.html?m=1
Berani Bermimpi


Ada yang bilang, " Ngapain kita repot-repot merencanakan kegiatan? Biar saja semuanya berjalan seperti air mengalir. Toh, kita tidak tahu juga apa yang terjadi nantinya. Jika dilihat pada kehidupan nyata. Rencanalah yang berhasil membuat seseorang sukses.

Seperti jika seorang dokter memberikan obat asal-asalan kepada pasiennya, maka pasien menjadi lebih parah penyakitnya. Atau jika seorang arsitek tidak teliti dengan perencanaan bangunan yang akan dibuatnya, bisa roboh bangunannya malah itu berakibat fatal. 


Oleh karenanya, sebuah perencanaan itu penting. Meskipun semua tergantung kita. Jika kita ingin sukses di suatu bidang, maka kita harus mempersiapkan diri dengan cara giat belajar hal tersebut. Apapun usaha yang kita lakukan tanpa sebuah perencananaan balik ke dirimu sendiri. Dan benar semua rencana Allahlah yang berkuasa atas segalanya. Namun jika kau telah mempersiapkan itu, solusi akan mudah didapatkan. 

5. Jangan lupa doa


https://www.sahabatulfah.com/2019/03/jangan-menyerah-5-tips-supaya-kita.html?m=1
Berani Bermimpi

Lakukan terus usaha tapi jangan pula lupa berdoa. Karena usaha saja, tanpa doa sia-sia. Maka kita sendiri butuh asupan yang bernama doa.

Jadi, berapapun mimpimu maka iringi selalu dengan bersungguh-sungguh yaitu lewat doa.

Sebenarnya ini yang paling penting. Mari selalu online berkomunikasi dengan Allah. Sebab semua butuh ridho-Nya dan optimislah dengan kemampuanmu. Tetaplah bermimpi sobat. Walaupun banyak orang yang menertawakannya.

Setidaknya kita tidak mendapatkan nilai nol saat mencoba, karena berani selalu menjadi point tertinggi dalam bermimpi. Keep fighting and spirit, DearπŸ’žπŸ’žπŸ’ž


Mohon maaf salah kata dan pengucapan.
Boleh untuk share di medsosnya...

Jangan lupa komentarnya juga

| Ig : @ulfahauliarismen | FB : @ulfahauliarismen |
Terima kasih 😊

11 comments:

  1. MasyaAllah sngat bermnfaat dn menginspirasiπŸ‘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kak, makasih yaπŸ’ͺπŸ’ͺ

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Jangan menyerah ya.. Semangat terus... 😘

    ReplyDelete
  4. Yuk capai impian kita dgn mncoba 5tipS itu.. :)
    Nice articel..

    ReplyDelete
  5. Tulisannya rapi mba. Keluar dari zona nyaman itu yang sulit ya mba

    ReplyDelete
  6. Sebuah tulisan yang flowly dan cocok untuk teman-teman pelajar & mahasiswa, 5 tips yang pengarang tawarkan merupakan rumusan yang tertuang dari pengalaman pengarang. Good job!

    ReplyDelete
  7. Berani bermimpi. Judulnya baguuus, cocok buat aku yg kadang2 masih ragu. Mksih banyak kaak πŸ˜ŠπŸ™

    ReplyDelete
  8. Cocok nih buat diri ini yg msih ragu utk bermimpi πŸ˜‚, lanjutkan terus kak!

    ReplyDelete
  9. Artikel bagus dan sangat menginspirasi πŸ˜ŠπŸ‘Œ

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, don't forget tinggalkan jejak dan saling follow ya, thanks πŸ™πŸ˜Š

Theme images by UteHil. Powered by Blogger.